Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Ba'asyir Dipindah ke Lapas Pasir Putih Nusakambangan

abu bakar ba asyir, lapas pasir putih nusakambangan, lapas batu overload, cilacap

Posted on 16 Jan 2013. Hits : 215

Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir dipindah dari Lembaga Pemasyarakatan Batu ke Lapas Pasir Putih di Pulau Nusakambangan, Cilacap.

Saat dihubungi dari Cilacap, Rabu, Kepala Lapas Batu Hermawan Yunianto mengatakan pemindahan Ba'asyir ke Lapas Pasir Putih dilakukan pada Selasa (15/1) sore.

"Pemindahan itu untuk lebih memudahkan pelayanan kepada yang bersangkutan, karena di Lapas Batu sudah 'overload' (melebihi kapasitas). Kemarin ada 405 warga binaan, hari ini berarti tinggal 404 orang, setelah dikurangi ustaz Ba'asyir, sedangkan kapasitasnya 232 orang," kata Hermawan yang juga Koordinator Lapas se-Nusakambangan dan Cilacap.

Ia mengatakan pihaknya berusaha memberikan tempat nyaman bagi warga binaan yang usianya telah lanjut.

Sesuai arahan Kepala Kantor Wilayah Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Jawa Tengah, kata dia Ba'asyir dialihkan ke Lapas Pasir Putih.

"Di sana (Lapas Pasir Putih, red.) udaranya lebih segar, tempat besuknya lebih bagus dan luas. Kalau di Batu, pas besukan padatnya bukan main, sementara yang datang (membesuk Ba'asyir, red.) kadang empat-lima orang sekaligus, sehingga untuk melayani yang bersangkutan agak repot jika digabung dengan yang lain," katanya.

Disinggung mengenai kemungkinan pemindahan tersebut dipermasalahkan oleh keluarga Ba'asyir maupun Tim Pembela Muslim (TPM) selaku kuasa hukumnya, dia mengatakan, kemungkinan hal itu tidak menjadi permasalahan.

"Yang penting pemberitahuan, kecuali dipindah ke tempat lain yang dijangkau lebih sulit. Ini masih di sekitar Nusakambangan," katanya.

Menurut dia, Ba'asyir juga tidak mempermasalahkan pemindahan ke Lapas Pasir Putih.

Bahkan sejak masuk Nusakambangan pada 6 Oktober 2012, kata dia, Ba'asyir merasa lebih nyaman dibanding saat masih berada di Rumah Tahanan Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia.

"Jika dibanding sebelumnya, beliau harus pakai kasur elektrik. Semenjak masuk Nusakambangan, kasur elektriknya langsung dipulangkan ke keluarganya karena beliau merasakan lebih bebas udara yang dikonsumsi, lebih banyak sinar matahari yang didapatkannya, sehingga semua peralatan tidur yang pakai penghangat elektrik dipulangkan," kata Hermawan yang akan dilantik sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Provinsi Gorontalo pada 18 Januari 2013. (ant/ed)

Museum Benteng Vredeburg Tambah Koleksi Jeep Willys

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menambah koleksi baru berupa kendaraan yang biasanya digunakan pada masa perjuangan, yaitu Jeep Willys.

Rektor Ingin Jadikan ISI Denpasar Jadi Pusat Seni

Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar Dr I Gede Arya Sugiartha bertekad mengantarkan lembaga pendidikan yang dipimpinnya itu menjadi pusat seni dan budaya unggulan.

Makanan Khas Denpasar Makin Beragam

Makanan dan minuman khas Kota Denpasar makin beragam sehingga mampu menambah daya tarik wisatawan yang berlibur di Bali.

Gagal di Brit Awards, Imagine Dragons Keluar dari 10 Besar

Brit Award telah membawa perubahan besar dalam komposisi tangga musik Inggris pada Minggu dengan mengeluarkan album band rock Amerika Serikat, Imagine Dragons, dari posisi 10 besar, serta mendorong penyanyi dan penulis lagu Inggris, Sam Smith, ke posisi puncak, menurut pejabat Charts Company.

Arema Jaga Mental Di Bali Island Cup

Arema Cronus Indonesia Malang, Jawa Timur, terus berupaya menjaga mental juara pemainnya sebelum melakoni kompetisi resmi Liga Super Indonesia (LSI), dengan mengikuti turnamen Bali Island Cup, 13-17 Maret 2015.