Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Alokasi Bantuan Siswa Miskin Untuk Balangan Turun

alokasi dana bsm, kabupaten balangan, mengalami penurunan

Posted on 29 Jun 2013. Hits : 388

Alokasi dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) untuk Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, yang diberikan oleh pemerintah pusat periode 2013 ini jumlahnya mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, Abdul Basyit di Paringin, ibu kota Balangan, Jum'at, alokasi dana yang diberikan pada 2013 ini sebesar Rp2,9 Miliar.

'Besaran dana tersebut turun drastis dari alokasi yang diberikan oleh pemerintah pada tahun sebelumnya, yang berjumlah Rp6,4 Miliar,' ujarnya.

Pada 2012 lalu, alokasi dana BSM sebesar Rp6,4 Miliar tersebut disalurkan kepada 1.781 siswa yang berasal dari 160 Sekolah Dasar (SD) se-Balangan.

Dengan turunnya besaran alokasi dana BSM periode 2013 ini, katanya, berimbas langsung pada pengurangan jumlah penerima.

'Mau tidak mau jumlah penerima harus dikurangi, menyesuaikan dengan besaran alokasi dana yang diberikan. 2013 ini hanya bisa dibagikan kepada 820 siswa,' katanya.

Jatah alokasi dana BSM tersebut diberikan pemerintah melalui Kementrian Pendidikan RI, berdasarkan hasil pendataan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tentang masyarakat miskin.

Hasil pendataan BPS tahun 2011 yang digunakan oleh Kementrian Pendidikan RI sebagai acuan tersebut menyebutkan bahwa angka kemiskinan di Balangan mengalami penurunan.

Namun, tambahnya, meskipun angka kemiskinan berdasarkan pendataan oleh BPS mengalami penurunan bukan berarti jumlah masyarakat miskin berkurang pula dengan serta merta.

'Kondisi ekonomi masyarakat setiap tahunnya selalu mengalami perubahan dan fakta dilapangan, masih banyak siswa dari keluarga kurang mampu yang sangat membutuhkan dana BSM,' tambahnya.(ant/rd)

Kalbar Koordinasikan Kabupaten/Kota Untuk Karnaval Khatulistiwa 2016

Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Pontianak dan pemerintah kabupaten/kota lainnya yang ada di Kalbar untuk mengemas kegiatan Karnaval Khatulistiwa tahun 2016.

Direktorat Sejarah Pameran Di Solok Selatan

Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar pameran sejarah dan nilai budaya di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, 27--30 Agustus.

Gubernur Optimistis Masa Depan Kemaritiman Maluku Maju

Gubernur Maluku Said Assagaff optimistis dengan masa depan dunia kemaritiman daerah ini akan semakin maju dan berkembang lewat pengembangan program tol laut, poros maritim, sertapelabuhan baru dan renovasi maupun agenda pembangunan kemaritiman lainnya.

Pemegang Rekor Manchester City Lopes Gabung Ke Monaco

Pencetak gol termuda Manchester City Marcos Lopes telah bergabung dengan Monaco dengan kesepakatan permanen, klub Liga Utama Inggris (Premier League) mengumumkan pada Jumat.

KPU Karimun Bongkar Puluhan Baliho Kampanye

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun bersama Panitia Pengawas Pemilu dibantu sejumlah polisi dan Satpol Pamong Praja membongkar puluhan baliho dan spanduk kampanye peserta pemilihan kepala daerah yang melanggar Peraturan KPU No 7 tahun 2015.