Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Alokasi Bantuan Siswa Miskin Untuk Balangan Turun

alokasi dana bsm, kabupaten balangan, mengalami penurunan

Posted on 29 Jun 2013. Hits : 388

Alokasi dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) untuk Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, yang diberikan oleh pemerintah pusat periode 2013 ini jumlahnya mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, Abdul Basyit di Paringin, ibu kota Balangan, Jum'at, alokasi dana yang diberikan pada 2013 ini sebesar Rp2,9 Miliar.

'Besaran dana tersebut turun drastis dari alokasi yang diberikan oleh pemerintah pada tahun sebelumnya, yang berjumlah Rp6,4 Miliar,' ujarnya.

Pada 2012 lalu, alokasi dana BSM sebesar Rp6,4 Miliar tersebut disalurkan kepada 1.781 siswa yang berasal dari 160 Sekolah Dasar (SD) se-Balangan.

Dengan turunnya besaran alokasi dana BSM periode 2013 ini, katanya, berimbas langsung pada pengurangan jumlah penerima.

'Mau tidak mau jumlah penerima harus dikurangi, menyesuaikan dengan besaran alokasi dana yang diberikan. 2013 ini hanya bisa dibagikan kepada 820 siswa,' katanya.

Jatah alokasi dana BSM tersebut diberikan pemerintah melalui Kementrian Pendidikan RI, berdasarkan hasil pendataan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tentang masyarakat miskin.

Hasil pendataan BPS tahun 2011 yang digunakan oleh Kementrian Pendidikan RI sebagai acuan tersebut menyebutkan bahwa angka kemiskinan di Balangan mengalami penurunan.

Namun, tambahnya, meskipun angka kemiskinan berdasarkan pendataan oleh BPS mengalami penurunan bukan berarti jumlah masyarakat miskin berkurang pula dengan serta merta.

'Kondisi ekonomi masyarakat setiap tahunnya selalu mengalami perubahan dan fakta dilapangan, masih banyak siswa dari keluarga kurang mampu yang sangat membutuhkan dana BSM,' tambahnya.(ant/rd)

Warga Biak Waspadai Beras Sintetis

Kalangan warga Biak penjual makanan di Kabupaten Biak Numfor, Papua, menIngkatkan kewaspadaan terhadap peredaran beras sintetis di wilayah itu, Sabtu.

327 Peserta Malaysia Dan Indonesia Seminar Di Bali

Sebanyak 327 peserta dari Malaysia dan sejumlah daerah di Indonesia ikut ambil bagian dalam Seminar dan lokakarya internasional Konseling Malindo ke-4 di Bali selama dua hari.

Konseling Mampu Kurangi Kenakalan Anak Didik

Para tenaga konseling profesional harus mampu mengurangi kenakalan anak didik, sekaligus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), dengan mengembangkan berpikiran positif.

Harga Gula Pasir Dan Telur Ayam Naik

Harga gula pasir dan telur ayam ras yang ditawarkan pedagang di Kota Ambon, Provinsi Maluku, mulai bergerak naik dan bervariasi.

Harga Bawang Di Ambon Mulai Bergerak Naik

Harga bawang merah yang ditawarkan para pedagang di Kota Ambon, Provinsi Maluku kini mulai bergerak naik dan bervariasi.