Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Alokasi Bantuan Siswa Miskin Untuk Balangan Turun

alokasi dana bsm, kabupaten balangan, mengalami penurunan

Posted on 29 Jun 2013. Hits : 388

Alokasi dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) untuk Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, yang diberikan oleh pemerintah pusat periode 2013 ini jumlahnya mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, Abdul Basyit di Paringin, ibu kota Balangan, Jum'at, alokasi dana yang diberikan pada 2013 ini sebesar Rp2,9 Miliar.

'Besaran dana tersebut turun drastis dari alokasi yang diberikan oleh pemerintah pada tahun sebelumnya, yang berjumlah Rp6,4 Miliar,' ujarnya.

Pada 2012 lalu, alokasi dana BSM sebesar Rp6,4 Miliar tersebut disalurkan kepada 1.781 siswa yang berasal dari 160 Sekolah Dasar (SD) se-Balangan.

Dengan turunnya besaran alokasi dana BSM periode 2013 ini, katanya, berimbas langsung pada pengurangan jumlah penerima.

'Mau tidak mau jumlah penerima harus dikurangi, menyesuaikan dengan besaran alokasi dana yang diberikan. 2013 ini hanya bisa dibagikan kepada 820 siswa,' katanya.

Jatah alokasi dana BSM tersebut diberikan pemerintah melalui Kementrian Pendidikan RI, berdasarkan hasil pendataan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tentang masyarakat miskin.

Hasil pendataan BPS tahun 2011 yang digunakan oleh Kementrian Pendidikan RI sebagai acuan tersebut menyebutkan bahwa angka kemiskinan di Balangan mengalami penurunan.

Namun, tambahnya, meskipun angka kemiskinan berdasarkan pendataan oleh BPS mengalami penurunan bukan berarti jumlah masyarakat miskin berkurang pula dengan serta merta.

'Kondisi ekonomi masyarakat setiap tahunnya selalu mengalami perubahan dan fakta dilapangan, masih banyak siswa dari keluarga kurang mampu yang sangat membutuhkan dana BSM,' tambahnya.(ant/rd)

Aset BNI di Tokyo Capai 54 Miliar Yen

BNI Cabang Tokyo mencatatkan peningkatan aset dari 33 miliar yen sepanjang 2013 dan meningkat hingga 54 miliar yyn pada 8 bulan pertama 2014.

Disnak Beri Arahan Pengurus DKM

Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bandung, Jawa Barat, memberikan arahan kepada 180 pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) menghadapi Idul Adha tentang pemahaman hewan kurban.

KKP Diimbau Pekerjakan Warga

Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mengimbau PT Kalimantan Prima Persada (KPP) selaku perusahaan baru sektor pertambangan batu bara di Desa Paring Luhung mempekerjakan warga lokal.

Bandung Target Rp 900 Juta Untuk PMI

Pemerintah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menargetkan kuota tahun 2014 dapat terkumpul dana sekitar Rp900 juta untuk keperluan Palang Merah Indonesia (PMI).