Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Alokasi Bantuan Siswa Miskin Untuk Balangan Turun

alokasi dana bsm, kabupaten balangan, mengalami penurunan

Posted on 29 Jun 2013. Hits : 388

Alokasi dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) untuk Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, yang diberikan oleh pemerintah pusat periode 2013 ini jumlahnya mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, Abdul Basyit di Paringin, ibu kota Balangan, Jum'at, alokasi dana yang diberikan pada 2013 ini sebesar Rp2,9 Miliar.

'Besaran dana tersebut turun drastis dari alokasi yang diberikan oleh pemerintah pada tahun sebelumnya, yang berjumlah Rp6,4 Miliar,' ujarnya.

Pada 2012 lalu, alokasi dana BSM sebesar Rp6,4 Miliar tersebut disalurkan kepada 1.781 siswa yang berasal dari 160 Sekolah Dasar (SD) se-Balangan.

Dengan turunnya besaran alokasi dana BSM periode 2013 ini, katanya, berimbas langsung pada pengurangan jumlah penerima.

'Mau tidak mau jumlah penerima harus dikurangi, menyesuaikan dengan besaran alokasi dana yang diberikan. 2013 ini hanya bisa dibagikan kepada 820 siswa,' katanya.

Jatah alokasi dana BSM tersebut diberikan pemerintah melalui Kementrian Pendidikan RI, berdasarkan hasil pendataan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tentang masyarakat miskin.

Hasil pendataan BPS tahun 2011 yang digunakan oleh Kementrian Pendidikan RI sebagai acuan tersebut menyebutkan bahwa angka kemiskinan di Balangan mengalami penurunan.

Namun, tambahnya, meskipun angka kemiskinan berdasarkan pendataan oleh BPS mengalami penurunan bukan berarti jumlah masyarakat miskin berkurang pula dengan serta merta.

'Kondisi ekonomi masyarakat setiap tahunnya selalu mengalami perubahan dan fakta dilapangan, masih banyak siswa dari keluarga kurang mampu yang sangat membutuhkan dana BSM,' tambahnya.(ant/rd)

Ketua Dpr Tinjau Lingkungan Komplek Parlemen

Ketua DPR RI Ade Komaruddin meninjau lingkungan dan fasilitas pendukung komplek parlemen di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Minggu.

Wihara Petak Sembilan Berbenah Jelang Imlek

Wihara Dharma Bhakti Petak Sembilan Glodok Jakarta Barat yang terbakar pada 2015 terus berbenah menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, Senin, 8 Februari 2016.

Operator Kapal Batam-Tanjungpinang Diimbau Waspada Cuaca Buruk

Syahbandar Pelabuhan Umum Telaga Punggur mengingatkan operator kapal Batam-Tanjungpinang untuk selalu berkoordinasi dan mewaspadai cuaca buruk selama pelayaran agar keselamatan penumpang terjamin.

Bantul Tidak Temukan Produk Asean Beredar Pasaran

Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak menemukan produk asal negara-negara ASEAN beredar di pasaran setempat setelah berlaku Masyarakat Ekonomi ASEAN pada akhir 2015.

Polsek Wonosari Gelar Operasi Minuman Keras

Kepolisian Sektor Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar operasi minuman keras untuk mengantisipasi peredaran minuman keras yang menyebabkan belasan orang tewas di Kabupaten Bantul, Sleman, dan Kota Yogyakarta.