Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Alokasi Bantuan Siswa Miskin Untuk Balangan Turun

alokasi dana bsm, kabupaten balangan, mengalami penurunan

Posted on 29 Jun 2013. Hits : 388

Alokasi dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) untuk Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, yang diberikan oleh pemerintah pusat periode 2013 ini jumlahnya mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, Abdul Basyit di Paringin, ibu kota Balangan, Jum'at, alokasi dana yang diberikan pada 2013 ini sebesar Rp2,9 Miliar.

'Besaran dana tersebut turun drastis dari alokasi yang diberikan oleh pemerintah pada tahun sebelumnya, yang berjumlah Rp6,4 Miliar,' ujarnya.

Pada 2012 lalu, alokasi dana BSM sebesar Rp6,4 Miliar tersebut disalurkan kepada 1.781 siswa yang berasal dari 160 Sekolah Dasar (SD) se-Balangan.

Dengan turunnya besaran alokasi dana BSM periode 2013 ini, katanya, berimbas langsung pada pengurangan jumlah penerima.

'Mau tidak mau jumlah penerima harus dikurangi, menyesuaikan dengan besaran alokasi dana yang diberikan. 2013 ini hanya bisa dibagikan kepada 820 siswa,' katanya.

Jatah alokasi dana BSM tersebut diberikan pemerintah melalui Kementrian Pendidikan RI, berdasarkan hasil pendataan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tentang masyarakat miskin.

Hasil pendataan BPS tahun 2011 yang digunakan oleh Kementrian Pendidikan RI sebagai acuan tersebut menyebutkan bahwa angka kemiskinan di Balangan mengalami penurunan.

Namun, tambahnya, meskipun angka kemiskinan berdasarkan pendataan oleh BPS mengalami penurunan bukan berarti jumlah masyarakat miskin berkurang pula dengan serta merta.

'Kondisi ekonomi masyarakat setiap tahunnya selalu mengalami perubahan dan fakta dilapangan, masih banyak siswa dari keluarga kurang mampu yang sangat membutuhkan dana BSM,' tambahnya.(ant/rd)

Pemilik Lahan Sepakat Bandara Emalamo Dibuka Kembali

Pemilik lahan kawasan Bandara Emalamo, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara (Malut), akhirnya menyepakati dibukanya kembal aktivitas penerbangan dari dan ke kabupaten itu, setelah ditutup selama bertahun-tahun.

Pembagian Dana PSKS Kediri Sempat Terkendala Jaringan

Pembagian dana program simpanan keluarga sejahtera (PSKS) di kantor pos wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, sempat terkendala jaringan yang tidak stabil.

Pemkab Butuh Rp200 Miliar Lebarkan Jalan Kalimalang

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat membutuhkan anggaran Rp200 miliar untuk melebarkan Jalan Raya Kalimalang sepanjang 17 kilometer.

Pencairan Dana Desa Terhambat Ketersediaan Payung Hukum

Pencairan dan penyaluran dana desa tahap pertama yang direncanakan berlangsung pertengahan April 2015 belum terwujud karena masih terhambat ketersediaan payung hukum di daerah.

PKB Bengkulu Dukung Ridwan Mukti Calon Gubernur

Partai Kebangkitan Bangsa Provinsi Bengkulu, resmi mendeklarasikan dukung Ridwan Mukti untuk Calon Gubernur Bengkulu pada pilkada serentak Desember 2015.