Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Alokasi Bantuan Siswa Miskin Untuk Balangan Turun

alokasi dana bsm, kabupaten balangan, mengalami penurunan

Posted on 29 Jun 2013. Hits : 388

Alokasi dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) untuk Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, yang diberikan oleh pemerintah pusat periode 2013 ini jumlahnya mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, Abdul Basyit di Paringin, ibu kota Balangan, Jum'at, alokasi dana yang diberikan pada 2013 ini sebesar Rp2,9 Miliar.

'Besaran dana tersebut turun drastis dari alokasi yang diberikan oleh pemerintah pada tahun sebelumnya, yang berjumlah Rp6,4 Miliar,' ujarnya.

Pada 2012 lalu, alokasi dana BSM sebesar Rp6,4 Miliar tersebut disalurkan kepada 1.781 siswa yang berasal dari 160 Sekolah Dasar (SD) se-Balangan.

Dengan turunnya besaran alokasi dana BSM periode 2013 ini, katanya, berimbas langsung pada pengurangan jumlah penerima.

'Mau tidak mau jumlah penerima harus dikurangi, menyesuaikan dengan besaran alokasi dana yang diberikan. 2013 ini hanya bisa dibagikan kepada 820 siswa,' katanya.

Jatah alokasi dana BSM tersebut diberikan pemerintah melalui Kementrian Pendidikan RI, berdasarkan hasil pendataan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tentang masyarakat miskin.

Hasil pendataan BPS tahun 2011 yang digunakan oleh Kementrian Pendidikan RI sebagai acuan tersebut menyebutkan bahwa angka kemiskinan di Balangan mengalami penurunan.

Namun, tambahnya, meskipun angka kemiskinan berdasarkan pendataan oleh BPS mengalami penurunan bukan berarti jumlah masyarakat miskin berkurang pula dengan serta merta.

'Kondisi ekonomi masyarakat setiap tahunnya selalu mengalami perubahan dan fakta dilapangan, masih banyak siswa dari keluarga kurang mampu yang sangat membutuhkan dana BSM,' tambahnya.(ant/rd)

IHSG BEI Melemah di Perdagangan Sore

Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa, ditutup melemah sebesar 22,81 poin atau 0,44 persen ke posisi 5.

Masyarakat Manado Minati Asus

Animo masyarakat Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) membeli produk komputer Asus cukup tinggi, menyusul pertumbuhan penjualan terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Kapal Tiongkok Masuki Perairan Sengketa

Tiga kapal Tiongkok memasuki perairan di sekitar kepulauan yang disengketakan dengan Jepang untuk pertama kalinya pasca-temu puncak Tiongkok-Jepang.

Indonesia Gelar Kejuaraan Dunia Wushu 2015

Indonesia akan menjadi penyelenggara Kejuaraan Dunia Wushu ke-13 di Istora Senayan Jakarta pada November 2015, kata Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Wushu Indonesia Iwan Kwok.

Wisatawan Myanmar Gandrungi Candi Borobudur

Duta Besar Myanmar untuk Indonesia U Min Lwin mengatakan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, merupakan objek wisata favorit warga Myanmar jika berkunjung ke Indonesia.