Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Alokasi Bantuan Siswa Miskin Untuk Balangan Turun

alokasi dana bsm, kabupaten balangan, mengalami penurunan

Posted on 29 Jun 2013. Hits : 388

Alokasi dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) untuk Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, yang diberikan oleh pemerintah pusat periode 2013 ini jumlahnya mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, Abdul Basyit di Paringin, ibu kota Balangan, Jum'at, alokasi dana yang diberikan pada 2013 ini sebesar Rp2,9 Miliar.

'Besaran dana tersebut turun drastis dari alokasi yang diberikan oleh pemerintah pada tahun sebelumnya, yang berjumlah Rp6,4 Miliar,' ujarnya.

Pada 2012 lalu, alokasi dana BSM sebesar Rp6,4 Miliar tersebut disalurkan kepada 1.781 siswa yang berasal dari 160 Sekolah Dasar (SD) se-Balangan.

Dengan turunnya besaran alokasi dana BSM periode 2013 ini, katanya, berimbas langsung pada pengurangan jumlah penerima.

'Mau tidak mau jumlah penerima harus dikurangi, menyesuaikan dengan besaran alokasi dana yang diberikan. 2013 ini hanya bisa dibagikan kepada 820 siswa,' katanya.

Jatah alokasi dana BSM tersebut diberikan pemerintah melalui Kementrian Pendidikan RI, berdasarkan hasil pendataan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tentang masyarakat miskin.

Hasil pendataan BPS tahun 2011 yang digunakan oleh Kementrian Pendidikan RI sebagai acuan tersebut menyebutkan bahwa angka kemiskinan di Balangan mengalami penurunan.

Namun, tambahnya, meskipun angka kemiskinan berdasarkan pendataan oleh BPS mengalami penurunan bukan berarti jumlah masyarakat miskin berkurang pula dengan serta merta.

'Kondisi ekonomi masyarakat setiap tahunnya selalu mengalami perubahan dan fakta dilapangan, masih banyak siswa dari keluarga kurang mampu yang sangat membutuhkan dana BSM,' tambahnya.(ant/rd)

Pasangan Marimoi Dan Aman Mendaftar Hari Terakhir

Dua pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara yaknipasangan Muhammad Hasan Bay-Mohctar Sangaji (Marimoi) dan Ali Ibrahim-Muhammad (Aman) mendaftar ke KPUD setempat hari terakhir, Selasa (28/7).

KPUD Pastikan Tiga Pasang Calon Ikut Pilkada

Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, memastikan hanya tiga pasang calon kepala daerah yang mendaftarkan diri untuk mengikuti pilkada serentak 9 Desember 2015.

Dinkes Kota Bogor Gunakan Siskohatkes Mudahkan Pelayanan

Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jawa Barat, melakukan pemeriksaan kesehatan bagi calon haji dengan menggunakan sistem komunikasi kesehatan haji atau Siskohatkes yang dapat mempercepat dan memudahkan pelayanan selama proses pemeriksaan berlangsung.

Bayern Mengkonfirmasi Kepindahan Vidal Dari Juventus

Bayern Munich mengkonfirmasi pada Selasa bahwa mereka telah menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dengan gelandang asal Chili Arturo Vidal dari Juventus yang diproyeksikan sebagai pengganti Bastian Schweinsteiger dengan biaya dikabarkan senilai 35 juta euro (38,6 juta dolar AS) Gelandang berusia 28 tahun itu telah direkrut tim juara Jerman untuk meningkatkan pilihan mereka di lini tengah setelah kapten Jerman Schweinsteiger bergabung ke Manchester United pada awal bulan ini.

Pegawai KPU Kenakan Pakaian Adat Layani Pendaftar

Pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengenakan pakaian adat Minangkabau dalam melayani pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati, Selasa.