Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Alokasi Bantuan Siswa Miskin Untuk Balangan Turun

alokasi dana bsm, kabupaten balangan, mengalami penurunan

Posted on 29 Jun 2013. Hits : 388

Alokasi dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) untuk Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, yang diberikan oleh pemerintah pusat periode 2013 ini jumlahnya mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, Abdul Basyit di Paringin, ibu kota Balangan, Jum'at, alokasi dana yang diberikan pada 2013 ini sebesar Rp2,9 Miliar.

'Besaran dana tersebut turun drastis dari alokasi yang diberikan oleh pemerintah pada tahun sebelumnya, yang berjumlah Rp6,4 Miliar,' ujarnya.

Pada 2012 lalu, alokasi dana BSM sebesar Rp6,4 Miliar tersebut disalurkan kepada 1.781 siswa yang berasal dari 160 Sekolah Dasar (SD) se-Balangan.

Dengan turunnya besaran alokasi dana BSM periode 2013 ini, katanya, berimbas langsung pada pengurangan jumlah penerima.

'Mau tidak mau jumlah penerima harus dikurangi, menyesuaikan dengan besaran alokasi dana yang diberikan. 2013 ini hanya bisa dibagikan kepada 820 siswa,' katanya.

Jatah alokasi dana BSM tersebut diberikan pemerintah melalui Kementrian Pendidikan RI, berdasarkan hasil pendataan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tentang masyarakat miskin.

Hasil pendataan BPS tahun 2011 yang digunakan oleh Kementrian Pendidikan RI sebagai acuan tersebut menyebutkan bahwa angka kemiskinan di Balangan mengalami penurunan.

Namun, tambahnya, meskipun angka kemiskinan berdasarkan pendataan oleh BPS mengalami penurunan bukan berarti jumlah masyarakat miskin berkurang pula dengan serta merta.

'Kondisi ekonomi masyarakat setiap tahunnya selalu mengalami perubahan dan fakta dilapangan, masih banyak siswa dari keluarga kurang mampu yang sangat membutuhkan dana BSM,' tambahnya.(ant/rd)

Saham Hongkong Dibuka Naik

Saham-saham Hongkong naik 0,41 persen dalam beberapa menit pertama perdagangan Kamis, menyusul kemajuan di New York dan Eropa didorong harapan kesepakatan untuk mempertahankan Yunani di zona euro akhirnya dapat dilakukan.

Wabup Mamuju Utara Kukuhkan Petugas Pendampingan Penyalahgunaan Narkoba

Wakil Bupati Kabupaten Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat, Muhammad Saal, mengukuhkan 95 orang sebagai petugas pendampingan penyalahgunaan narkoba di wilayah itu.

Ujian Tulis Calon KPID Usai Lebaran

Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Barat menjadwalkan pelaksanaan ujian tulis bagi calon komisioner KPID akan dilangsungkan setelah hari raya Idul Fitri 1435 H.

Puskesmas Lebak Layani 24 Jam Selama Lebaran

Pusat kesehatan masyarakat atau puskesmas di Kabupaten Lebak, Banten, melayani 24 jam selama Lebaran 1436 Hijriah guna memberikan pengobatan penyakit dasar kepada masyarakat di daerah itu.

Pemerintah Tingkatkan Kualitas Perkotaan Tangani Pemukiman Kumuh

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat fokus dalam meningkatkan kualitas kehidupan di kawasan perkotaan sebagai upaya guna menangani pemukiman kumuh yang terdapat di berbagai daerah perkotaan di Tanah Air.