Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Ungkap Kasus Pencurian Benda Pusaka, Polisi Libatkan Paranormal

polisi gunakan paranormal, ungkap pencurian, benda pusaka, bali

Posted on 21 Jun 2013. Hits : 566

Kepolisian Resor Badung, Bali, melibatkan beberapa paranormal untuk mengungkap kasus pencurian benda-benda pusaka di pura atau "pratima" yang makin marak terjadi.

"Dalam mengungkap kasus tersebut kami sengaja melibatkan beberapa 'orang pintar' karena hasil penyelidikan selama ini belum menemukan titik terang," kata Kepala Sub-Bagian Humas Polres Badung AKP I Made Dina di Mangapura, Jumat (21/6).

Selain itu, menurut dia, pencurian benda pusaka tersebut dianggap hal yang aneh karena para pencuri tidak meninggalkan barang bukti di tempat kejadian.

"Dalam pengungkapan kasus tersebut bukan berarti aparat kepolisian tidak bergerak, namun mempercepat kinerja agar tidak pencurian benda pusaka itu menyebar ke daerah lainnya di Pulau Dewata," ucapnya.

Menurut dia, hasil kerja sama dengan paranormal tidak akan diambil sepenuhnya, namun akan ditindaklanjuti dengan penyelidikan dan dukungan saksi-saksi di lapangan.

Hasil kerjasama dengan paranormal itu memang diakuinya belum menuai hasil, namun pihaknya terus berupaya mengungkap kasus tersebut.

Empat pura yang dibobol pencuri yang diperkirakan lebih dari satu orang itu di antaranya Pura Dalem Sangut di Dusun Beng, Pura Puseh Anggunan di Dusun Anggunan, Pura Puseh Kangin (Pura Pusering Jagat) di Dusun Senapahan, dan Pura Panti Dusun Senapahan.

Keempat pura tersebut saling berdekatan namun jauh dari permukiman warga di Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung dan diperkirakan aksi tersebut dilakukan pada Rabu (29/5) dini hari sehingga tak seorang pun warga yang melihat kejadian tersebut.

Dari empat pura itu, pencuri tidak berhasil membawa kabur "pratima" yang tersimpan di gedong penyimpanan di Pura Dalem Sangut. Sedangkan di tiga pura lainnya, "pratima" telah raib digasak pencuri.

Polisi dari Polres Badung dan Polsek Petang pada Rabu (29/5) telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mencari petunjuk awal kejadian itu.

Pencurian "pratima" di Badung dan di seluruh Bali bukan yang pertama. Pada tahun 2012 terdapat 27 pura yang dilaporkan mengalami kehilangan benda-benda sakral.

Meski telah berhasil menangkap lima orang tersangka, namun aksi pencurian "pratima" hingga kini kembali marak terjadi.(ris/ant)

Warga Penggugusuran Taman Tebet Tak Miliki KK

Warga yang terkena penertiban pemukiman liar di Taman Honda kawasan Tebet Timur, Jakarta Selatan, kebanyakan adalah pemulung yang tidak memiliki kartu keluarga, kata Kepala Seksi Pertamanan Kecamatan Tebet Amir Syah, di Jakarta, Kamis.

Arsenal Andalkan Kiper Ketiga Martinez Saat Hadapi Anderlecht

Pelatih Arsenal Arsene Wenger, pada ulang tahunnya yang ke-65, terpaksa memberi kesempatan bermain sejak awal kepada kiper ketiga Emilio Martinez untuk pertandingan Grup D Liga Champions pada Rabu, saat mereka melawan Anderlecht di Brussel.

Burundi Kirim Staf Medis Perangi Ebola

Burundi akan mengirim satu tim medis untuk membantu mengendalikan virus Ebola di Liberia, Sierra Leone dan Guinea.

Penundaan Jajaran Kabinet Belum Berdampak ke Pasar

Pengamat ekonomi makro dari Universitas Widya Mandira Kupang Dr Thomas Ola Langoday mengatakan penundaan pengumuman struktur kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tidak serta-merta membuat pelaku pasar gusar.

Kalbar Bangun Embarkasi Haji Internasional

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat berencana membangun Embarkasi Haji bertaraf internasional untuk melayani dan memudahkan keberangkatan jamaah haji dari provinsi itu.