Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tingkatkan Kapasitas Penegak Hukum, KPK Gelar Latihan Bersama Polri dan Kejaksaan

glar latihan bersama,kpk,polri,kejaksaan

Posted on 13 May 2013. Hits : 243

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Polri dan Kejaksaan menggelar pelatihan bersama peningkatan kapasitas penegak hukum dalam penanganan tindak pidana korupsi di Provinsi Papua.

Ketua KPK, Abraham Samad, kepada wartawan di Jayapura, Senin mengatakan, pelatihan bersama ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara KPK, Kejaksaan dan Kepolisian tentang optimalisasi pemberantasan tindak pidana korupsi yang ditandatangi 29 Maret 2012 di Kejaksaan Agung.

Kesepakatan tersebut, katanya, memuat hal-hal yang sangat strategis dalam penegakan hukum terhadap tindak pidana korupsi di Indonesia, meliputi koordinasi, supervisi, tukar menukar informasi, bantuan dalam penyelidikan, penyidikan dan penuntutan, bantuan pencarian tersangka ataupun terdakwa dan terpidana.

"Kesepakatan bersama ini juga meliputi bantuan dalam pelaksanaan putusan pengadilan, bantuan pengawasan terpidana dalam hal pembebasan bersyarat, bantuan personil dan pendidikan atau pelatihan bersama," katanya.

Abraham mengakui, dalam penanganan tindak pidana korupsi yang sifatnya "extra ordinary", diperlukan sinergitas di antara aparat penegak hukum dan auditor, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai profesional, integritas, pengawasan efektif dan penerapan sanksi tegas yang menimbulkan efek jera.

"Pelatihan bersama dilakukan sebagai upaya mengatasi berbagai kendala dalam penanganan perkara tindak pidana korupsi dan pengembalian kerugian keuangan negara' khususnya di Provinsi Papua, sehingga terwujud sinergi dan kerja sama yang lebih efektif di antara instansi penegak hukum dengan auditor dari Badan Pemeriksa Keuangan," urai Abraham.(ris/ant)

DPRD : 80 Persen Warga Teluk Pandan Kegelapan

Anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, Arpan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengatakan prihatin karena masih terdapat 80 persen warga di enam desa di kecamatan teluk pandan kegelapan karena belum menikmati aliran listrik PLN.

Artis Yg Akan Gelar Konser Gabungan Di Beijing

Rapper Korea Selatan Psy dan beberapa artis lain yang dikelola oleh YG Entertainment, satu agen hiburan terkemuka di Korea Selatan, akan menggelar konser bersama di Beijing pada Oktober, kata badan itu Kamis.

Parade 'Topeng Bondres' Awali Pembukaan LBF

Parade budaya 'Topeng Bondres' mengawali kegiatan pembukaan 'Legian Beach Festival VIII' disaksikan wisatawan nusantara dan asing di Legian, Bali, Kamis malam.

Bank Mandiri Bantu Alkes Puskesmas Di Medan

Bank Mandiri memberikan bantuan sejumlah alat-alat kesehatan senilai Rp150 juta kepada 39 puskesmas yang ada di Kota Medan, sebagai salah satu bentuk kepedulian peningkatan derajat kesehatan di kota itu.

Kemenag : Calon Haji Kota Bekasi 1.847 Orang

Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi, Jawa Barat, mencatat jumlah calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci di wilayah setempat pada 2014 mencapai 1.