Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tingkatkan Kapasitas Penegak Hukum, KPK Gelar Latihan Bersama Polri dan Kejaksaan

glar latihan bersama,kpk,polri,kejaksaan

Posted on 13 May 2013. Hits : 243

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Polri dan Kejaksaan menggelar pelatihan bersama peningkatan kapasitas penegak hukum dalam penanganan tindak pidana korupsi di Provinsi Papua.

Ketua KPK, Abraham Samad, kepada wartawan di Jayapura, Senin mengatakan, pelatihan bersama ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara KPK, Kejaksaan dan Kepolisian tentang optimalisasi pemberantasan tindak pidana korupsi yang ditandatangi 29 Maret 2012 di Kejaksaan Agung.

Kesepakatan tersebut, katanya, memuat hal-hal yang sangat strategis dalam penegakan hukum terhadap tindak pidana korupsi di Indonesia, meliputi koordinasi, supervisi, tukar menukar informasi, bantuan dalam penyelidikan, penyidikan dan penuntutan, bantuan pencarian tersangka ataupun terdakwa dan terpidana.

"Kesepakatan bersama ini juga meliputi bantuan dalam pelaksanaan putusan pengadilan, bantuan pengawasan terpidana dalam hal pembebasan bersyarat, bantuan personil dan pendidikan atau pelatihan bersama," katanya.

Abraham mengakui, dalam penanganan tindak pidana korupsi yang sifatnya "extra ordinary", diperlukan sinergitas di antara aparat penegak hukum dan auditor, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai profesional, integritas, pengawasan efektif dan penerapan sanksi tegas yang menimbulkan efek jera.

"Pelatihan bersama dilakukan sebagai upaya mengatasi berbagai kendala dalam penanganan perkara tindak pidana korupsi dan pengembalian kerugian keuangan negara' khususnya di Provinsi Papua, sehingga terwujud sinergi dan kerja sama yang lebih efektif di antara instansi penegak hukum dengan auditor dari Badan Pemeriksa Keuangan," urai Abraham.(ris/ant)

Relawan: Komitmen Jokowi Mulai Terbukti

Kalangan pengusaha muda yang tergabung dalam Entrepreneur and Professional for Jokowi menilai komitmen Presiden Joko Widodo terhadap pemberantasan korupsi sudah terbukti dengan upaya menyerahkan nama kandidat menteri ke KPK dan PPATK.

Unjuk Rasa Anti Ahok Ganggu Lalu Lintas

Arus lalu lintas jalan kawasan kantor DPRD DKI Jakarta, Jumat, terhambat unjuk rasa Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) yang menolak rencana pengangkatan Wakil Gubernur Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) menjadi gubernur pengganti Joko Widodo.

Wali Kota Apresiasi Kegiatan Simulasi Teroris

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengapresiasi kegiatan latihan pemeliharaan kemampuan prajurit Satuan Yonif 900/Raider Rindam IX Udayana dalam penanganan aksi terorisme di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

ITS Berstatus PTN-BH

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah resmi berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) terhitung sejak 17 Oktober 2014 bersama Unpad Bandung, Unhas Makassar, dan Undip Semarang.

Indonesia Konsultasi Dengan Brazil

Pemerintah mempersiapkan sesi konsultasi dengan Brazil terkait proteksi perdagangan daging ayam beku dan olahannya, di mana Negeri Samba tersebut telah melaporkan Indonesia ke World Trade Organization.