Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tingkatkan Kapasitas Penegak Hukum, KPK Gelar Latihan Bersama Polri dan Kejaksaan

glar latihan bersama,kpk,polri,kejaksaan

Posted on 13 May 2013. Hits : 243

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Polri dan Kejaksaan menggelar pelatihan bersama peningkatan kapasitas penegak hukum dalam penanganan tindak pidana korupsi di Provinsi Papua.

Ketua KPK, Abraham Samad, kepada wartawan di Jayapura, Senin mengatakan, pelatihan bersama ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara KPK, Kejaksaan dan Kepolisian tentang optimalisasi pemberantasan tindak pidana korupsi yang ditandatangi 29 Maret 2012 di Kejaksaan Agung.

Kesepakatan tersebut, katanya, memuat hal-hal yang sangat strategis dalam penegakan hukum terhadap tindak pidana korupsi di Indonesia, meliputi koordinasi, supervisi, tukar menukar informasi, bantuan dalam penyelidikan, penyidikan dan penuntutan, bantuan pencarian tersangka ataupun terdakwa dan terpidana.

"Kesepakatan bersama ini juga meliputi bantuan dalam pelaksanaan putusan pengadilan, bantuan pengawasan terpidana dalam hal pembebasan bersyarat, bantuan personil dan pendidikan atau pelatihan bersama," katanya.

Abraham mengakui, dalam penanganan tindak pidana korupsi yang sifatnya "extra ordinary", diperlukan sinergitas di antara aparat penegak hukum dan auditor, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai profesional, integritas, pengawasan efektif dan penerapan sanksi tegas yang menimbulkan efek jera.

"Pelatihan bersama dilakukan sebagai upaya mengatasi berbagai kendala dalam penanganan perkara tindak pidana korupsi dan pengembalian kerugian keuangan negara' khususnya di Provinsi Papua, sehingga terwujud sinergi dan kerja sama yang lebih efektif di antara instansi penegak hukum dengan auditor dari Badan Pemeriksa Keuangan," urai Abraham.(ris/ant)

Pemkot Ajak Wartawan Bersinergi Bangun Kota Tomohon

Pemerintah Kota(Pemkot) Tomohon, Provinsi SulawesiUtara (Sulut) mengajak wartawan bersinergi membangun kota tanpa melepaskan identitasnya, sebagai kontrol atas kebijakan yang dilakukan.

Agraria Jadikan Merapi Model Konsolidasi Tanah Bencana

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan akan menjadikan sertifikasi konsolidasi tanah di Lereng Gunung Merapi menjadi model acuan bagi daerah bencana lainnya dalam pembaruan status lahan.

Pakar Pertanyakan Pelimpahan Kasus BG Ke Kejagung

Pakar hukum pidana dari Universitas Indonesia Ganjar Laksmana Bonaprapta mempertanyakan pelimpahan kasus Komjen Pol Budi Gunawan dari KPK ke Kejaksaan Agung.

Ahmad Appa Minta Restu Gubernur Sulbar

Kepala Biro Umum Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat Ahmad Appa yang juga salah satu bakal calon bupati mengaku telah meminta restu Gubernur Sulawesi Barat, H Anwar Adnan Saleh terkait pencalonan dirinya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mamuju yang akan berlangsung Desember 2015.

Petani Mukomuko Ketiadaan Dana Operasikan Mesin Air

Petani di Desa Pasar Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, ketiadaan dana mengoperasikan mesin air untuk pengairan seluas 100 hektare sawah tadah hujan di wilayah itu.