Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tingkatkan Kapasitas Penegak Hukum, KPK Gelar Latihan Bersama Polri dan Kejaksaan

glar latihan bersama,kpk,polri,kejaksaan

Posted on 13 May 2013. Hits : 243

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Polri dan Kejaksaan menggelar pelatihan bersama peningkatan kapasitas penegak hukum dalam penanganan tindak pidana korupsi di Provinsi Papua.

Ketua KPK, Abraham Samad, kepada wartawan di Jayapura, Senin mengatakan, pelatihan bersama ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara KPK, Kejaksaan dan Kepolisian tentang optimalisasi pemberantasan tindak pidana korupsi yang ditandatangi 29 Maret 2012 di Kejaksaan Agung.

Kesepakatan tersebut, katanya, memuat hal-hal yang sangat strategis dalam penegakan hukum terhadap tindak pidana korupsi di Indonesia, meliputi koordinasi, supervisi, tukar menukar informasi, bantuan dalam penyelidikan, penyidikan dan penuntutan, bantuan pencarian tersangka ataupun terdakwa dan terpidana.

"Kesepakatan bersama ini juga meliputi bantuan dalam pelaksanaan putusan pengadilan, bantuan pengawasan terpidana dalam hal pembebasan bersyarat, bantuan personil dan pendidikan atau pelatihan bersama," katanya.

Abraham mengakui, dalam penanganan tindak pidana korupsi yang sifatnya "extra ordinary", diperlukan sinergitas di antara aparat penegak hukum dan auditor, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai profesional, integritas, pengawasan efektif dan penerapan sanksi tegas yang menimbulkan efek jera.

"Pelatihan bersama dilakukan sebagai upaya mengatasi berbagai kendala dalam penanganan perkara tindak pidana korupsi dan pengembalian kerugian keuangan negara' khususnya di Provinsi Papua, sehingga terwujud sinergi dan kerja sama yang lebih efektif di antara instansi penegak hukum dengan auditor dari Badan Pemeriksa Keuangan," urai Abraham.(ris/ant)

Dinkes Pangkalpinang Waspadai 'Leptospirosis' Selama Musim Hujan

Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel) mewaspadai 'leptospirosis' atau penyakit kencing tikus karena penyebaran penyakit ini cukup rawan selama musim hujan.

Disdik Pangkalpinang Fokuskan Wajib Belajar 4-6 Tahun

Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan lebih fokus pada program wajib belajar 4-6 tahun karena di usia itu perkembangan intelektual lebih tinggi.

Masyarakat Sambut Antusias Program Pelayanan 24 Jam

Masyarakat menyambut antusias program pelayanan administrasi 24 jam yang digelar Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung, sebagai bentuk keseriusan bekerja pemerintah.

DPRD : Pemkot Perlu Memperjelas Pembangunan Terminal Terboyo

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang memandang perlu pemkot setempat memperjelas rencana pembangunan Terminal Bus Terboyo Semarang yang nilai anggarannya sebesar Rp25 miliar.

Ombudsman Riau Minta Pemda Intervensi Rumah Sakit

Ombudsman perwakilan Riau meminta pemerintah daerah untuk mengambil langkah guna mengintervensi rumah sakit swasta agar menjadi tempat rujukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), sehingga diharapkan bisa mengurangi tumpukan pasien.