Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tingkatkan Kapasitas Penegak Hukum, KPK Gelar Latihan Bersama Polri dan Kejaksaan

glar latihan bersama,kpk,polri,kejaksaan

Posted on 13 May 2013. Hits : 243

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Polri dan Kejaksaan menggelar pelatihan bersama peningkatan kapasitas penegak hukum dalam penanganan tindak pidana korupsi di Provinsi Papua.

Ketua KPK, Abraham Samad, kepada wartawan di Jayapura, Senin mengatakan, pelatihan bersama ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara KPK, Kejaksaan dan Kepolisian tentang optimalisasi pemberantasan tindak pidana korupsi yang ditandatangi 29 Maret 2012 di Kejaksaan Agung.

Kesepakatan tersebut, katanya, memuat hal-hal yang sangat strategis dalam penegakan hukum terhadap tindak pidana korupsi di Indonesia, meliputi koordinasi, supervisi, tukar menukar informasi, bantuan dalam penyelidikan, penyidikan dan penuntutan, bantuan pencarian tersangka ataupun terdakwa dan terpidana.

"Kesepakatan bersama ini juga meliputi bantuan dalam pelaksanaan putusan pengadilan, bantuan pengawasan terpidana dalam hal pembebasan bersyarat, bantuan personil dan pendidikan atau pelatihan bersama," katanya.

Abraham mengakui, dalam penanganan tindak pidana korupsi yang sifatnya "extra ordinary", diperlukan sinergitas di antara aparat penegak hukum dan auditor, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai profesional, integritas, pengawasan efektif dan penerapan sanksi tegas yang menimbulkan efek jera.

"Pelatihan bersama dilakukan sebagai upaya mengatasi berbagai kendala dalam penanganan perkara tindak pidana korupsi dan pengembalian kerugian keuangan negara' khususnya di Provinsi Papua, sehingga terwujud sinergi dan kerja sama yang lebih efektif di antara instansi penegak hukum dengan auditor dari Badan Pemeriksa Keuangan," urai Abraham.(ris/ant)

Pemkab Siapkan Solusi Jangka Menengah Untuk PKL

Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Kubu Raya Nursyam Ibrahim mengatakan Pemerintah Daerah Kubu Raya akan memberikan solusi jangka menengah kepada para pedagang kaki lima (PKL) yang akan digusur pada jalur hijau dengan menempatkan pada pasar moderen rencana pembangunan mall di kabupaten itu.

Kemenkuh-HAM Dirikan LKPA di Kendari

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum-HAM) mendirikan Lembaga Khusus Pembinaan Anak (LKPA) di Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pelemparan KA Rangkasbitung-Merak Cukup Tinggi

Pelemparan perjalanan Kereta Api (KA) jurusan Rangkasbitung-Merak, selama sebulan terakhir cukup tinggi hingga menimbulkan luka parah.

OJK Dorong Penerapan 'Good Corporate Governance'

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong penerapan "good corporate governance" dengan menyelenggarakan training bagi 200 emiten dan perusahaan publik di bulan Agustus 2015.

Rupiah Senin Pagi Menguat

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin pagi bergerak menguat sebesar 46 poin menjadi Rp13.