Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tingkatkan Kapasitas Penegak Hukum, KPK Gelar Latihan Bersama Polri dan Kejaksaan

glar latihan bersama,kpk,polri,kejaksaan

Posted on 13 May 2013. Hits : 243

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Polri dan Kejaksaan menggelar pelatihan bersama peningkatan kapasitas penegak hukum dalam penanganan tindak pidana korupsi di Provinsi Papua.

Ketua KPK, Abraham Samad, kepada wartawan di Jayapura, Senin mengatakan, pelatihan bersama ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara KPK, Kejaksaan dan Kepolisian tentang optimalisasi pemberantasan tindak pidana korupsi yang ditandatangi 29 Maret 2012 di Kejaksaan Agung.

Kesepakatan tersebut, katanya, memuat hal-hal yang sangat strategis dalam penegakan hukum terhadap tindak pidana korupsi di Indonesia, meliputi koordinasi, supervisi, tukar menukar informasi, bantuan dalam penyelidikan, penyidikan dan penuntutan, bantuan pencarian tersangka ataupun terdakwa dan terpidana.

"Kesepakatan bersama ini juga meliputi bantuan dalam pelaksanaan putusan pengadilan, bantuan pengawasan terpidana dalam hal pembebasan bersyarat, bantuan personil dan pendidikan atau pelatihan bersama," katanya.

Abraham mengakui, dalam penanganan tindak pidana korupsi yang sifatnya "extra ordinary", diperlukan sinergitas di antara aparat penegak hukum dan auditor, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai profesional, integritas, pengawasan efektif dan penerapan sanksi tegas yang menimbulkan efek jera.

"Pelatihan bersama dilakukan sebagai upaya mengatasi berbagai kendala dalam penanganan perkara tindak pidana korupsi dan pengembalian kerugian keuangan negara' khususnya di Provinsi Papua, sehingga terwujud sinergi dan kerja sama yang lebih efektif di antara instansi penegak hukum dengan auditor dari Badan Pemeriksa Keuangan," urai Abraham.(ris/ant)

Pemkot Pangkalpinang Segera Renovasi Makam Belanda

Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung segera merenovasi makam Belanda atau kerkorf agar menjadi lebih menarik guna menunjang pariwisata dan keindahan kota.

Bangka Tengah Raih 35 Penghargaan

Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung sejak 2011 meraih sebanyak 35 penghargaan atas keberhasilan yang diraih di berbagai bidang.

PT Timah Diminta Tindak Lanjuti Keluhan Nelayan

PT Timah Tbk diminta menindaklanjuti keluhan nelayan Riau Silip yang menjadi korban dampak limbah kapal keruk milik perusahaan di perairan Pantai Mantras.

Komunitas Minta Pemkab Perhatikan Kerajinan Batu

Komunitas batu di Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Barat meminta oemerintah daerah setempat lebih serius memperhatikan pengembangan kerajinan berbahan batu akik dan batu mulia lokal untuk meningkatkan kesejahteraan para pelaku industri kreatif di daerah itu.

Lima SMP Di Pangkalpinang 'menginduk' Saat UN

Lima sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dipastikan 'menginduk' saat pelaksanaan ujian nasional (UN) karena tidak memenuhi syarat untuk melaksanakannya sendiri di sekolah masing-masing.