Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sekarang Operasi Hidrosefalus di Bali Gratis !

operasi hidrosefalus,gratis,bali

Posted on 06 May 2013. Hits : 270

Pemerintah Provinsi Bali menggratiskan biaya operasi penderita hidrosefalus dan penyakit kelainan bawaan lahir pada bayi dengan menggunakan dana program Jaminan Kesehatan Bali Mandara.

"Mulai 15 April 2013, ada penambahan jaminan untuk menanggung keseluruhan biaya operasi, perawatan, sampai benar-benar sembuh bagi penderita hidrosefalus, bayi tanpa anus, bayi tanpa saluran kencing, dan kecelakaan tunggal," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr Ketut Suarjaya di Denpasar, Senin.

Menurut dia, seringkali penderita kelainan bawaan pada bayi terjadi pada keluarga kurang mampu sehingga kondisi tersebut sangat berbahaya bagi penderita. Ia mencontohkan untuk operasi penderita hidrosefalus dibutuhkan biaya kisaran Rp30-50 juta.

"Hidrosefalus jika tidak ditangani dengan kondisi kepala makin membesar akan mengakibatkan penekanan pada otak. Hal itu bisa menyebabkan gangguan otak bahkan berakibat kematian," ujarnya.

Penderita hidrosefalus supaya ditanggung melalui JKBM, jelas dia, harus melalui rujukan dulu dari puskesmas. "Harus demikian karena puskesmas mempunyai kewajiban untuk menindaklanjuti pasien pascaoperasi, memberikan bimbingan, pembinaan, hingga promosi kesehatan bagi keluarga pasien," katanya.

Rujukan berjenjang, ucap Suarjaya, harus dilakukan untuk memperbaiki sistem dan mencegah penumpukan pasien di rumah sakit. Terkait tambahan layanan tersebut, sudah dibuat pula surat edaran gubernur kepada semua kabupaten/kota.

"Dengan penambahan layanan itu, juga berdampak dalam anggaran yang dialokasikan untuk JKBM dan hitungan premi per kapita per bulan. Tahun lalu hitungan premi Rp6.000 per kapita per bulan dengan total alokasi anggaran untuk JKBM sebesar Rp235,9 miliar," katanya.

Sementara untuk 2013, premi dinaikkan menjadi Rp8.500 per kapita per bulan sehingga total anggaran JKBM tahun ini menjadi Rp280,62 miliar atau ada penambahan lebih dari Rp44 miliar dibandingkan tahun lalu.

Pemprov Bali, mulai 1 Januari 2013 juga menambah layanan JKBM dengan menanggung biaya cuci darah atau hemodialisis seumur hidup bagi penderita gagal ginjal.(ris/ant)

DPRD Pamekasan Tolak Usulan Pencabutan TAP MPRS

DPRD Pamekasan, Jawa Timur, menegaskan menolak usulan sebagian kelompok masyarakat yang hendak mencabut TAP MPRS Nomor XXV/MPRS/1966 tentang Pembubaran PKI, karena dinilai bisa merusak keutuhan bangsa ini dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

SKK Migas: Bisnis Minyak Mentah Sedang Lesu

Bisnis minyak mentah di Indonesia saat ini sedang lesu setelah harga jatuh ke titik terendah yakni di kisaran 40 dolar---50 dolar AS per barel, kata Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Tirat Sambu Ichtijar.

Santai Menikmati Sarapan,Makan Siang dan Makan Malam Anda di Zupan

Zupan memiliki toko roti, kopi, juga menyajikan menu hidangan siap saji untuk sarapan pagi, makan siang ataupun makan malam anda sambil menikmati suasana santai nyaman.

Anggota Wantimpres : Menteri Menghina Presiden Harus Diganti

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (wantimpres) Suharso Monoarfa mengatakan, jika benar ada menteri Kabinet Kerja yang menghina Presiden Jokowi, maka sebaiknya menteri itu diganti saja.

Data Sementara Penumpang Hercules Tujuan Natuna

Posko Informasi Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Ranai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, mengumumkan data sementara penumpang tujuan Ranai yang tercatat dalam manifest pesawat Hercules yang pada Selasa jatuh di Medan, Sumatera Utara.