Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sekarang Operasi Hidrosefalus di Bali Gratis !

operasi hidrosefalus,gratis,bali

Posted on 06 May 2013. Hits : 216

Pemerintah Provinsi Bali menggratiskan biaya operasi penderita hidrosefalus dan penyakit kelainan bawaan lahir pada bayi dengan menggunakan dana program Jaminan Kesehatan Bali Mandara.

"Mulai 15 April 2013, ada penambahan jaminan untuk menanggung keseluruhan biaya operasi, perawatan, sampai benar-benar sembuh bagi penderita hidrosefalus, bayi tanpa anus, bayi tanpa saluran kencing, dan kecelakaan tunggal," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr Ketut Suarjaya di Denpasar, Senin.

Menurut dia, seringkali penderita kelainan bawaan pada bayi terjadi pada keluarga kurang mampu sehingga kondisi tersebut sangat berbahaya bagi penderita. Ia mencontohkan untuk operasi penderita hidrosefalus dibutuhkan biaya kisaran Rp30-50 juta.

"Hidrosefalus jika tidak ditangani dengan kondisi kepala makin membesar akan mengakibatkan penekanan pada otak. Hal itu bisa menyebabkan gangguan otak bahkan berakibat kematian," ujarnya.

Penderita hidrosefalus supaya ditanggung melalui JKBM, jelas dia, harus melalui rujukan dulu dari puskesmas. "Harus demikian karena puskesmas mempunyai kewajiban untuk menindaklanjuti pasien pascaoperasi, memberikan bimbingan, pembinaan, hingga promosi kesehatan bagi keluarga pasien," katanya.

Rujukan berjenjang, ucap Suarjaya, harus dilakukan untuk memperbaiki sistem dan mencegah penumpukan pasien di rumah sakit. Terkait tambahan layanan tersebut, sudah dibuat pula surat edaran gubernur kepada semua kabupaten/kota.

"Dengan penambahan layanan itu, juga berdampak dalam anggaran yang dialokasikan untuk JKBM dan hitungan premi per kapita per bulan. Tahun lalu hitungan premi Rp6.000 per kapita per bulan dengan total alokasi anggaran untuk JKBM sebesar Rp235,9 miliar," katanya.

Sementara untuk 2013, premi dinaikkan menjadi Rp8.500 per kapita per bulan sehingga total anggaran JKBM tahun ini menjadi Rp280,62 miliar atau ada penambahan lebih dari Rp44 miliar dibandingkan tahun lalu.

Pemprov Bali, mulai 1 Januari 2013 juga menambah layanan JKBM dengan menanggung biaya cuci darah atau hemodialisis seumur hidup bagi penderita gagal ginjal.(ris/ant)

Jokowi-JK Duduki Peringkat Teratas Dalam Pemberitaan

Lembaga survei Indonesia Indicator (I2) menyatakan, kandidat pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo - Jusuf Kalla (Jokowi-JK) menduduki peringkat teratas dalam pemberitaan media dalam jaringan kurun waktu 10 - 17 April 2014.

Cibulkova Lolos Ke Semifinal Malaysia Terbuka

Petenis peringkat 10 dunia Dominika Cibulkova mengalahkan petenis Kazakhstan Zarina Diyas untuk maju ke semifinal turnamen Malaysia Terbuka, Jumat.

Dosen UGM Hasilkan Benih Jagung Hibrida

Dosen Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada Diah Rachmawati menghasilkan benih jagung hibrida yang diberi nama Gama GS dan Gama SG yang merupakan silangan antara varietas Guluk-guluk dan Srikandi Kuning 1.

Gubernur Harap Guru Laksanakan Tanggung Jawab Secara Profesional

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus mengatakan, guru harus mendapat perhatian serius dan terus didorong untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara professional.

Polda Sumbar Siap Amankan Pemilu Ulang

Kepolisian Daerah Sumatera Barat siap untuk mengamakan pelaksanaan pemilu ulang di 11 tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan.