Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sekarang Operasi Hidrosefalus di Bali Gratis !

operasi hidrosefalus,gratis,bali

Posted on 06 May 2013. Hits : 270

Pemerintah Provinsi Bali menggratiskan biaya operasi penderita hidrosefalus dan penyakit kelainan bawaan lahir pada bayi dengan menggunakan dana program Jaminan Kesehatan Bali Mandara.

"Mulai 15 April 2013, ada penambahan jaminan untuk menanggung keseluruhan biaya operasi, perawatan, sampai benar-benar sembuh bagi penderita hidrosefalus, bayi tanpa anus, bayi tanpa saluran kencing, dan kecelakaan tunggal," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr Ketut Suarjaya di Denpasar, Senin.

Menurut dia, seringkali penderita kelainan bawaan pada bayi terjadi pada keluarga kurang mampu sehingga kondisi tersebut sangat berbahaya bagi penderita. Ia mencontohkan untuk operasi penderita hidrosefalus dibutuhkan biaya kisaran Rp30-50 juta.

"Hidrosefalus jika tidak ditangani dengan kondisi kepala makin membesar akan mengakibatkan penekanan pada otak. Hal itu bisa menyebabkan gangguan otak bahkan berakibat kematian," ujarnya.

Penderita hidrosefalus supaya ditanggung melalui JKBM, jelas dia, harus melalui rujukan dulu dari puskesmas. "Harus demikian karena puskesmas mempunyai kewajiban untuk menindaklanjuti pasien pascaoperasi, memberikan bimbingan, pembinaan, hingga promosi kesehatan bagi keluarga pasien," katanya.

Rujukan berjenjang, ucap Suarjaya, harus dilakukan untuk memperbaiki sistem dan mencegah penumpukan pasien di rumah sakit. Terkait tambahan layanan tersebut, sudah dibuat pula surat edaran gubernur kepada semua kabupaten/kota.

"Dengan penambahan layanan itu, juga berdampak dalam anggaran yang dialokasikan untuk JKBM dan hitungan premi per kapita per bulan. Tahun lalu hitungan premi Rp6.000 per kapita per bulan dengan total alokasi anggaran untuk JKBM sebesar Rp235,9 miliar," katanya.

Sementara untuk 2013, premi dinaikkan menjadi Rp8.500 per kapita per bulan sehingga total anggaran JKBM tahun ini menjadi Rp280,62 miliar atau ada penambahan lebih dari Rp44 miliar dibandingkan tahun lalu.

Pemprov Bali, mulai 1 Januari 2013 juga menambah layanan JKBM dengan menanggung biaya cuci darah atau hemodialisis seumur hidup bagi penderita gagal ginjal.(ris/ant)

24 Pebalap Bersaing Di Kejurnas Rally

Sebanyak 24 pebalap akan bersaing menjadi yang terbaik pada Kejurnas Rally 2014 putaran II di kawasan Perkebunan Lonsum, Rambong Sialang, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, 22-23 November 2014.

Mukomuko Cek Tanaman Pangan Rusak Diterjang Banjir

Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan mengecek tanaman pangan padi, jagung, dan kacang tanah yang rusak diterjang banjir bandang.

DPRD Ingatkan Gubernur Parkir Pejabat Tersandung Korupsi

Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Barat, kembali mengingatkan Gubernur Sulbar agar tegas mengambil sikap untuk 'memarkir' pejabat yang tersandung kasus dugaan korupsi.

Pemkab Lebak Optimalkan Gerakan K3 Raih Adipura

Pemerintah Kabupaten Lebak, mengoptimalkan gerakan kebersihan, ketertiban dan keindahan (K3) untuk meraih piala Adipura 2015.

Investor Cina Bangun Pabrik Baja Di Jambi

Investor Cina tertarik membangun pabrik baja di kawasan Pelabuhan Samudera Ujung Jabung, Jambi, yang baru saja dilakukan 'groud breaking' atau pemasangan tiang pancang pertama.