Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Puskesmas Serongga Kotabaru Dijadikan Rumah Sakit

puskesmas, pemkab kotabaru, rsu tipe c

Posted on 01 Sep 2013. Hits : 424

Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan,segera mengembangkan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Serongga di Kelumpang Hilir menjadi Rumah Sakit Umum (RSU) tipe C.

'Program tersebut merupakan salah satu komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,' kata Ketua Komisi III DPRD Kotabaru H Rusli Erfa, di Kotabaru, Minggu.

Rusli menjelaskan, kebutuhan rumah sakit di Serongga bersifat mendesak, karena saat ini Kecamatan itu sudah mengalami peningkatan jumlah penduduk yang cukup signifikan.

'Pembangunan rumah sakit di daerah kecamatan sangat diperlukan, mengingat rumah sakit umum daerah hanya berpusat di ibu kota Kabupaten Kotabaru,' ujarnya.

Selain itu, jarak daerah itu menuju RSUD Kotabaru yang berada di Kecamatan Serongga cukup jauh.

Kader Partai Amanat Nasional (PAN) ini menambahkan, Puskesmas Serongga memang layak untuk menjadi rumah sakit.

Hal ini didukung letak yang strategis berada di luar Pulau Laut, dan bangunan Puskesmas cukup lengkap meliputi ruang unit gawat darurat (UGD), ruang rawat inap, ruang poli dan pelayanan kesehatan selama 24 jam.

'Dengan pengembangan Puskesmas ini, akan membantu masyarakat pelosok yang ingin berobat,' jelasnya.

Dengan demikian, lanjut dia, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ketika akan berobat atau rawat inap.

Sebelumnya, Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani meminta manajemen rumah sakit umum daerahsetempat terus meningkatkan pelayanan kepada pasien.

'Karena selama ini pelayanan di RSUD Kotabaru masih belum maksimal,' katanya.

Menurut bupati, kualitas pelayanan rumah sakit harus tetap dijaga agar pemberian pelayanan kepada masyarakat, khususnya pasien yang datang tidak menurun.

Petugas rumah sakit harusnya memiliki prinsip bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien.

Bupati mengakui, sampai saat ini tenaga perawat di rumah sakit masih kurang, terutama tenaga perawat laki-laki.

'Untuk itu akan kita upayakan penambahan tenaga perawat tersebut,' ucapnya.

Peralatan medis di rumah sakit sebagian juga masih ada yang menggunakan peralatan lama, sehingga nantinya akan diganti dengan peralatan medis yang baru.

Kalau peralatan sudah lengkap, otomatis pelayanan kepada masyarakat akan bisa maksimal,' kata bupati.(ant/rd)

Gubernur : Beri Perlakuan Khusus Pasien Terduga MERS

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus minta dua jemaah haji asal Jambi yang merupakan suami-isteri yang diduga terinfeksi virus MERS (Middle East Respiratory Syndrome) dan kini dirawat RSU Raden Mattaher Jambi diberi perlakuan khusus.

Menpora Dorong Optimalisasi Diklat Ragunan

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mendorong optimalisasi Diklat Ragunan Jakarta yang merupakan sekolah khusus olahragawan muda Indonesia sebelum terjun dilevel nasional maupun internasional.

Presiden Inginkan Upaya Nyata Penanganan Sinabung

Presiden Joko Widodo menginginkan adanya upaya nyata percepatan pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi terkait bencana erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara.

Legislator : Fungsi Kontrol Harus Dimaksimalkan

Anggota DPRD Kalimantan Timur Dahri Yasin, mengatakan fungsi pengawasan yang merupakan kewenangan yang diberikan oleh undang-undang untuk mengawasi kinerja pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan harus dimaksimalkan.

PPP Riau Versi Romi : Muktamar SDA Mubazir

Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan versi Romahurmuziy menyatakan muktamar yang diselenggarakan oleh kubu Surya Dharma Ali, Jumat di Jakarta adalah sesuatu yang mubazir dan cenderung mengedepankan ego pribadi saja.