Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Polres Oku Sosialisasi Berlalu Lintas di Sekolah

polres oku, sosialisasi lalu lintas, sekolah

Posted on 06 Dec 2013. Hits : 319

Jajaran Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menggelar sosialisasi berlalu lintas atau keselamatan berkendaraan bekerja sama dengan Pertamina-Talisman wilayah setempat dan Pemerintah Kecamatan Peninjauan ke sekolah-sekolah di daerah itu.

Kegiatan tersebut digelar di Gedung Balai Pertemuan Kecamatan Peninjauan, Ogan Komering Ulu (OKU), Kamis, diikuti ratusan siswa di wilayah kecamatan itu, baik tingkat SMP maupun SMA sederajat.

"Anak sekolah mendominasi berlalu lintas. Namun, masih banyak anak sekolah yang belum cakap berkendaraan, karena rata-rata masih di bawah umur 17 tahun. Sehingga, perlu diberikan pemahaman soal berkendara yang baik agar tidak terjadi kecelakaan," kata Kapolres OKU, AKBP Mulyadi SIk MH.

Kasat Lantas Polres OKU, AKP Erwin Andeta SIk saat memberikan materi mengatakan dalam berkendaraan harus mematuhi aturan berlalu lintas, baik dari segi keamanan kendaraan, perlengkapan berkendara, serta mematuhi rambu-rambu.

"Hampir 25 persen kecelakaan lalulintas didominasi pelajar. Untuk itu, perlu adanya sosialisasi keselamatan berkendara. Kegiatan seperti ini tentu sangat membantu untuk memberikan wawasan keselamatan menggunakan kendaraan," kata Irwan Andeta.

Sementara, tingkat pelanggaran berlalu lintas di Kabupaten Ogan Komering Ulu berdasarkan hasil Operasi Zebra Satlantas Polres setempat cenderung tinggi, terutama untuk kendaraan roda dua dengan pengemudi masih berusia remaja dan berstatus pelajar.

"Sejak operasi zebra digelar 28 November lalu hingga saat ini, terdata sebanyak 706 pelanggaran. Namun, tidak semua kita tilang melainkan diberi teguran agar masyarakat disiplin berkendaraan dan taat lalulintas," kata Kapolres OKU AKBP Mulyadi SIk MH menambahkan.

Ketua pelaksana sosialisasi Andi Paisal mengatakan kegiatan itu dilakukan lantaran terus meningkatnya jumlah kendaraan, dimana berdampak dengan naiknya angka kecelakaan berkendara.

"Dengan kegiatan seperti ini, bisa menambah wawasan dalam berkendara yang baik, sehingga bisa menekan angka kecelakaan terutama di kawasan kerja," katanya.

Kegiatan sosialisasi tersebut disambut baik Camat Peninjauan, Feri Iswa.

"Kami sangat berterima kasih kepada JOB Pertamina Talisman yang telah menggelar kegiatan sosialisasi seperti ini, sehingga para pelajar bisa mematuhi aturan berlalu lintas," katanya.(ris/ant)

BPBD Terkendala Alat Berat Bersihkan Material Longsoran

Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Sumatera Barat, masih terkendala guna membersihkan material longsor yang menimbun badan jalan alternatif Sumbar-Riau karena hingga Senin sore alat berat belum juga datang ke lokasi kejadian.

Nelayan Pengastulan Butuh Jaminan Kesehatan

Sebagian besar nelayan di Desa Pengastulan, Gerogak, Kabupaten Buleleng, Bali, membutuhkan kartu jaminan kesehatan, mengingat mereka belum mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah pusat maupun provinsi.

Mahasiswa Universitas Brawijaya Ciptakan 'Getas Bakar' Disabilitas

Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang dari Fakultas Ilmu Komputer (Filkom), menciptakan alat peringatan kebakaran bagi para penyandang disabilitas, yakni berupa gelang untuk disabilitas sebagai alat kebakaran atau "Getas Bakar".

Hari Pertama 800 Orang Kunjungi Istana Open

Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Kota Bogor, Jawa Barat mencatat jumlah pengunjung di hari pertama Istana Open mencapai 800 orang dari total yang telah mendaftar sekitar 5.

Polisi Ringkus Dua Karyawan Salahgunakana Solar Bersubsidi

Kepolisian Resor Temanggung Jawa Tengah meringkus dua karyawan PT Barokah Agawe Makmur (BAM) Temanggung karena telah menyalahgunakan solar bersubsidi untuk keperluan pabrik kayu lapis tersebut.