Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Polda Bengkulu Akan Berlakukan Kawasan Tertib Hukum

polda, bengkulu, kawasan tertib hukum, hukum, tertib hukum

Posted on 01 Jan 2013. Hits : 475

Kepolisian Daerah Bengkulu merencanakan pemberlakuan kawasan percontohan tertib hukum di beberapa lokasi di Provinsi Bengkulu pada 2013.

"Kami akan berkerja sama dengan pemerintah kota dan kabupaten untuk merealisasikan program kawasan tertib hukum pada tahun 2013," kata Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bengkulu Brigadir Jenderal Polisi A.J. Benny Mokalu, Selasa.

Salah satu lokasi percontohan kawasan tertib hukum yang bisa diberlakukan dalam waktu dekat ini, kata dia, yakni pertokoan padat di Jalan Soeprapto. Dalam hal ini, pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bengkulu.

"Sistem kawasan tertib hukum dilakukan dengan menempatkan polisi secara terus-menerus di pertokoan Jalan Soeprapto untuk memastikan keadaan di lokasi tersebut bebas dari aksi kejahatan," katanya.

Selain polisi, warga di sekitar Jalan Soeprapto juga dilatih untuk menjaga lingkungan di sekitar tempat tinggal mereka agar benar-benar aman dari aksi para pelaku kriminal.

"Di kawasan tertib hukum, warga berperan aktif untuk mencegah dan menangkap para pelaku kejahatan dan menyerahkannya ke polisi untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku," katanya.

Kapolda menjelaskan, bila terjadi kejahatan di kawasan tertib hukum, warga berhak untuk mengejar pelaku dengan menggunakan kendaraan meski harus berlawanan dengan arus lalu lintas karena keadaannya sedang darurat.

"Setiap hari, semua kejadian gangguan keamanan di Kawasan percontohan tertib hukum dicatat dengan perinci, dan akan dievaluasi setiap bulan untuk bahan rencana program bulan berikutnya," katanya.

Bila suatu kawasan tertib hukum telah berhasil, lanjut Kapolda, akan dilanjutkan program kawasan tertib hukum di lokasi lainnya sehingga kasus kejahatan terus menurun dan semua wilayah menjadi aman.(ant/ ap)

Pabrik Siemens Cilegon Tingkatkan Manufaktur Lokal

Pabrik Siemens di Cilegon berkomitmen meningkatkan kerjasama dengan Indonesia untuk berkembang bersama memajukan industri lokal beserta dengan teknologinya.

Kenaikan Tarif PDAM Bekasi Berlaku Desember

Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi Bekasi menaikkan tarif sebesar 20 persen yang akan diberlakukan mulai Desember 2014.

Perguruan Tinggi Perlu Kelola Media Sosial

Perguruan tinggi perlu mengelola media sosial yang merepresentasikan namanya secara rapi dan saling terintegrasi, kata dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Iwan Awaluddin Yusuf.

Puluhan Foto Perjalanan Budaya Sentarum Dipamerkan

Sedikitnya 70 foto perjalanan budaya ke Danau Sentarum, Kapuas, Kalimantan Barat dari 10 fotografer muda dipamerkan di Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) Jakarta.

Bahan Material Di Bengkalis Langka

Sejumlah material bangunan di Pulau Bengkalis, Riau, mulai langka dan sulit didapat, hal itu disebabkan permintaan cukup tinggi untuk keperluan pembangunan insfratruktur di daerah setempat.