Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Polda Bengkulu Akan Berlakukan Kawasan Tertib Hukum

polda, bengkulu, kawasan tertib hukum, hukum, tertib hukum

Posted on 01 Jan 2013. Hits : 475

Kepolisian Daerah Bengkulu merencanakan pemberlakuan kawasan percontohan tertib hukum di beberapa lokasi di Provinsi Bengkulu pada 2013.

"Kami akan berkerja sama dengan pemerintah kota dan kabupaten untuk merealisasikan program kawasan tertib hukum pada tahun 2013," kata Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bengkulu Brigadir Jenderal Polisi A.J. Benny Mokalu, Selasa.

Salah satu lokasi percontohan kawasan tertib hukum yang bisa diberlakukan dalam waktu dekat ini, kata dia, yakni pertokoan padat di Jalan Soeprapto. Dalam hal ini, pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bengkulu.

"Sistem kawasan tertib hukum dilakukan dengan menempatkan polisi secara terus-menerus di pertokoan Jalan Soeprapto untuk memastikan keadaan di lokasi tersebut bebas dari aksi kejahatan," katanya.

Selain polisi, warga di sekitar Jalan Soeprapto juga dilatih untuk menjaga lingkungan di sekitar tempat tinggal mereka agar benar-benar aman dari aksi para pelaku kriminal.

"Di kawasan tertib hukum, warga berperan aktif untuk mencegah dan menangkap para pelaku kejahatan dan menyerahkannya ke polisi untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku," katanya.

Kapolda menjelaskan, bila terjadi kejahatan di kawasan tertib hukum, warga berhak untuk mengejar pelaku dengan menggunakan kendaraan meski harus berlawanan dengan arus lalu lintas karena keadaannya sedang darurat.

"Setiap hari, semua kejadian gangguan keamanan di Kawasan percontohan tertib hukum dicatat dengan perinci, dan akan dievaluasi setiap bulan untuk bahan rencana program bulan berikutnya," katanya.

Bila suatu kawasan tertib hukum telah berhasil, lanjut Kapolda, akan dilanjutkan program kawasan tertib hukum di lokasi lainnya sehingga kasus kejahatan terus menurun dan semua wilayah menjadi aman.(ant/ ap)

Arema Hentikan Berburu Pemain Asing

Manajemen Arema Cronus Indonesia Malang, Jawa Timur, menghentikan perburuannya untuk mendapatkan pemain asing karena kuota tiga pemain sudah terisi dan dipastikan bergabung dengan Singo Edan pada musim kompetisi 2015.

Pemain Korea Kunci Kemenangan Swansea

Gol yang dicetak pemain Korea Ki Sung-yueng pada babak pertama mengakhiri dua kekalahan beruntun Swansea, ketika mereka menang 1-0 atas Hull pada laga liga utama Inggris, Sabtu.

DPRD Kalsel Sosialisasikan Peraturan Pertanahan

Komisi I (Bidang Hukum dan Pemerintahan) DPRD Provinsi Kalimantan Selatan menyosialisasikan peraturan yang berkaitan dengan pertanahan.

Roma Ditahan Imbang AC Milan

AC Milan memberikan hasil imbang di kandang sendiri untuk pertama kalinya bagi AS Roma di musim ini, untuk membuat pasukan Rudi Garcia tertinggal tiga angka dari pemuncak klasemen Juventus pada Sabtu (Minggu WIB).

Pertanian Lampung Timur Didominasi Tanaman Pangan

Budidaya komoditas pertanian di Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung masih didominasi subsektor tanaman pangan, karena didukung kondisi lahan di daerah ini.