Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemilihan Wakil Ketua MA 13 Februari 2013

pemilihan wakil ketua ma, wakit ketua yudisial, abdul kadir mappong, one man one vote, jakarta

Posted on 07 Feb 2013. Hits : 257

Mahkamah Agung pada 13 Februari 2013 akan menyelenggarakan pemilihan wakil ketua bidang yudisial menggantikan Abdul Kadir Mappong yang pensiun per 1 Februari.

"Pada 13 Februari kami akan melakukan pemilihan wakil ketua secara langsung yang diikuti oleh seluruh hakim agung," kata Kabiro Hukum dan Humas Ridwan Mansyur, di Jakarta, Kamis.

Ridwan mengungkapkan bahwa Ketua MA Hatta Ali dalam rapat pleno telah berpesan untuk memilih calon yang memiliki integritas, berkemampuan dalam bidang yudisial dan senioritas.

"Pak ketua menyerahkan pilihan kepada para hakim agung, namun harus diperhatikan juga masalah kemampuan teknis di bidang yudisial, senioritas dan integritasnya," ungkapnya.

Ridwan juga mengungkapkan bahwa para hakim agung berhak untuk mengajukan diri menjadi calon.

"Para hakim agung memiliki hak dipilih dan memilih," kata Ridwan.

Ridwan mengatakan dengan prinsip "one man one vote" (satu orang memiliki satu hak pilih) akan memunculkan beberapa nama yang muncul untuk menjadi wakil ketua.

"Namun nanti akan mengerucut menjadi dua atau tiga nama untuk dipilih dalam pemilihan tersebut," katanya.

Sementara untuk ketua muda bidang pidana khusus yang menggantikan Djoko Sarwoko dan ketua muda bidang tata usaha negara (TUN) yang menggantikan Paulus Lotulung akan ditunjuk langsung oleh ketua MA.

"Untuk ketua muda akan ditunjuk langsung oleh ketua MA setelah pemilihan wakil ketua," kata Ridwan. (ant/ed)

Kementerian PUPR Dirikan Posko Lebaran

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membentuk Posko Lebaran di seluruh daerah Indonesia untuk memantau dan menangani secara darurat kerusakan jalan dan jembatan pada ruas jalan yang dikelola satuan kerja di berbagai wilayah.

Wawali Kunjungi Rumah Belajar Anak Pemulung Antang

Wakil Wali Kota Makassar H Syamsu Rizal mengunjungi rumah belajar anak pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang, Kecamatan Manggala, Makassar.

Mamuju Alami Inflasi 1,05 Persen

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, perkembangan hasil Survei Harga Konsumen 82 kota di Indonesia pada bulan Mei 2015, menunjukkan bahwa Kabupaten Mamuju ibukota Provinsi Sulawesi Barat, turut mengalami inflasi sebesar 1,05 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) 117,53.

Pasar Murah Berlakukan Kebijakan Satu KTP Satu Produk

Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Utara, akan menggelar pasar murah.

Demokrat Baru Tetapkan Cabup Di Enam Kabupaten

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Partai Demokrat Sulawesi Selatan Syamsu Rizal menyatakan jika partainya baru menetapkan kandidat bupati di enam daerah dari 11 kabupaten yang akan menggelar pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember 2015.