Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemilihan Wakil Ketua MA 13 Februari 2013

pemilihan wakil ketua ma, wakit ketua yudisial, abdul kadir mappong, one man one vote, jakarta

Posted on 07 Feb 2013. Hits : 257

Mahkamah Agung pada 13 Februari 2013 akan menyelenggarakan pemilihan wakil ketua bidang yudisial menggantikan Abdul Kadir Mappong yang pensiun per 1 Februari.

"Pada 13 Februari kami akan melakukan pemilihan wakil ketua secara langsung yang diikuti oleh seluruh hakim agung," kata Kabiro Hukum dan Humas Ridwan Mansyur, di Jakarta, Kamis.

Ridwan mengungkapkan bahwa Ketua MA Hatta Ali dalam rapat pleno telah berpesan untuk memilih calon yang memiliki integritas, berkemampuan dalam bidang yudisial dan senioritas.

"Pak ketua menyerahkan pilihan kepada para hakim agung, namun harus diperhatikan juga masalah kemampuan teknis di bidang yudisial, senioritas dan integritasnya," ungkapnya.

Ridwan juga mengungkapkan bahwa para hakim agung berhak untuk mengajukan diri menjadi calon.

"Para hakim agung memiliki hak dipilih dan memilih," kata Ridwan.

Ridwan mengatakan dengan prinsip "one man one vote" (satu orang memiliki satu hak pilih) akan memunculkan beberapa nama yang muncul untuk menjadi wakil ketua.

"Namun nanti akan mengerucut menjadi dua atau tiga nama untuk dipilih dalam pemilihan tersebut," katanya.

Sementara untuk ketua muda bidang pidana khusus yang menggantikan Djoko Sarwoko dan ketua muda bidang tata usaha negara (TUN) yang menggantikan Paulus Lotulung akan ditunjuk langsung oleh ketua MA.

"Untuk ketua muda akan ditunjuk langsung oleh ketua MA setelah pemilihan wakil ketua," kata Ridwan. (ant/ed)

Maya Rumantir Daftar Cagub Partai Gerindra

Maya Rumantir mendaftar sebagai bakal calon gubernur (Cagub) Sulawesi Utara (Sulut) di DPD Partai Gerindra provinsi tersebut.

Disperindag Ingatkan IKM Miliki Hak Cipta Produksi

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor, Jawa Barat mengimbau pelaku industri kecil menengah untuk memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk melindungi produk yang dihasilkannya dari persaingan produk.

Bupati Penajam : 'NSTP Marine' Jangan Sekadar Seremonial

Penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding/MoU terkait Nasional Science and Techno Park (NSTP) Marine, kata Bupari Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Yusran Aspar, jangan sekadar seremonial, namun harus direalisasikan.

GP Ansor Selenggarakan BPUN Di 51 Daerah

Gerakan Pemuda Ansor melalui Yayasan Mata Air menyelenggarakan Bimbingan Pasca-Ujian Nasional (BPUN) di 51 kabupaten dan kota dalam persiapan masuk perguruan tinggi negeri tahun 2015.

BKD Penajam Verifikasi Berkas Honorer Lulus CPNS

Badan Kepegawaian Daerah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kembali melakukan verifikasi berkas tenaga honorer kategori dua (K2) yang telah dinyatakan lulus tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2013.