Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemilihan Wakil Ketua MA 13 Februari 2013

pemilihan wakil ketua ma, wakit ketua yudisial, abdul kadir mappong, one man one vote, jakarta

Posted on 07 Feb 2013. Hits : 257

Mahkamah Agung pada 13 Februari 2013 akan menyelenggarakan pemilihan wakil ketua bidang yudisial menggantikan Abdul Kadir Mappong yang pensiun per 1 Februari.

"Pada 13 Februari kami akan melakukan pemilihan wakil ketua secara langsung yang diikuti oleh seluruh hakim agung," kata Kabiro Hukum dan Humas Ridwan Mansyur, di Jakarta, Kamis.

Ridwan mengungkapkan bahwa Ketua MA Hatta Ali dalam rapat pleno telah berpesan untuk memilih calon yang memiliki integritas, berkemampuan dalam bidang yudisial dan senioritas.

"Pak ketua menyerahkan pilihan kepada para hakim agung, namun harus diperhatikan juga masalah kemampuan teknis di bidang yudisial, senioritas dan integritasnya," ungkapnya.

Ridwan juga mengungkapkan bahwa para hakim agung berhak untuk mengajukan diri menjadi calon.

"Para hakim agung memiliki hak dipilih dan memilih," kata Ridwan.

Ridwan mengatakan dengan prinsip "one man one vote" (satu orang memiliki satu hak pilih) akan memunculkan beberapa nama yang muncul untuk menjadi wakil ketua.

"Namun nanti akan mengerucut menjadi dua atau tiga nama untuk dipilih dalam pemilihan tersebut," katanya.

Sementara untuk ketua muda bidang pidana khusus yang menggantikan Djoko Sarwoko dan ketua muda bidang tata usaha negara (TUN) yang menggantikan Paulus Lotulung akan ditunjuk langsung oleh ketua MA.

"Untuk ketua muda akan ditunjuk langsung oleh ketua MA setelah pemilihan wakil ketua," kata Ridwan. (ant/ed)

BPPT Bekasi Bangun Sistem Perizinan Online

Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Bekasi, Jawa Barat, menyiapkan terobosan untuk memperluas cakupan pelayanannya dengan membangun sistem pelayanan perizinan secara online.

Jangan Mau Jadi TKI Ilegal

Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Manado, Provinsi Sulawesi Utara mengharapkan TKI yang sudah ditempatkan ke luar negeri tidak menjadi ilegal karena tergiur ajakan sesama pekerja.

Hak Angket Hanya Strategi Putarbalikkan Fakta

Keputusan DPRD DKI Jakarta mengajukan hak angket atas Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama merupakan indikasi kecemasan terbongkarnya dana-dana siluman.

PMS Usulkan Pemkot Siantar Perdakan Motto Kota

DPC Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, mengusulkan motto kota 'Sapangambei Manoktok Hitei Ibagas Habonaron' atau Satu Membangun Titi, Semua Bisa Memanfaatkan Dalam Kebenaran menjadi peraturan daerah (Perda).

Pemberantasan Kejahatan Begal Perlu Sinergi

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Ronny F Sompie mengatakan diperlukan sinergitas dalam menanggulangi kejahatan, seperti begal motor yang kian marak dan meresahkan warga.