Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kejagung Periksa Lima Saksi Dugaan Korupsi KLH

kejagung, dugaan korupsi, klh, kementrian lingkungan hidup, jakarta

Posted on 19 Dec 2012. Hits : 330

Penyidik Kejaksaan Agung memeriksa lima saksi terkait kasus dugaan korupsi atas perjalanan dinas di Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) pada tahun anggaran 2009 yang merugikan negara senilai Rp1,2 miliar.

"Lima orang saksi terkait dugaan korupsi di perjalanan dinas di KLH hadir hari ini dan diperiksa sejak siang," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Setia Untung Arimuladi, di Jakarta, Selasa malam.

Kelima saksi tersebut adalah Staf Bagian Keuangan Biro Umum Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Suarsih binti Enos, Staf Bagian Akutansi KLH Mayda Awvia Zaich, Staf Biro Umum KLH Endah Lisyowati, Staf Biro Umum Perjalanan Dinas Biro Umum KLH Munadjib, dan Kabag Keuangan KLH Sugeng Yos Budiarso.

Kasus ini bermula ketika Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan dugaan pelanggaran pada alokasi anggaran perjalanan dinas di KLH pada 2009.

Pada tahun tersebut, Biro Umum Sekretariat KLH menyediakan Perjalanan Dinas Umum Dalam Negeri dengan pagu Rp9.474.713.000 dan realisasinya Rp9.474.397.410.

Namun, dalam pelaksanaannya, setelah dilakukan pemeriksaan, Kejagung menduga terdapat kegiatan yang tidak dilaksanakan.

"Pelaku dalam kasus ini membuat laporan pelaksaanaan pertanggungjawaban dalam bentuk laporan fiktif," jelas Untung.

Untung menjelaskan, kerugian negara dari kasus ini sebesar Rp1,2 miliar.

Penyidik sudah menetapkan tiga tersangka, yakni adalah Kepala Bagian Keuangan Biro Umum Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Amat S, Kepala Sub Bagian Verifikasi Biro Umum KLH Sulaeman dan mantan Asisten Departemen Kelembagaan Lingkungan Hidup Deputi 2 Biro Umum KLH Pudji H.

Mereka disangka melanggar Pasal dua dan tiga Undang Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) sebagaimana diubah pada Undang-Undang No.20 tahun 2001 jo pasal 55 ayat ke (1) ke-1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana, yaitu pasal penyalahgunaan kewenangan dengan ancaman pidana maksimal 20 tahun. (ant/ed/foto:google)

Empat Musibah Kebakaran Landa Sangatta Selama Ramadhan

Kepala Unit Pelaksana Tehnis Pencegahan Penanggulangan Kebakaran (UPT PPK) Kabupaten Kutai Timur, Failu mengatakan, selama Ramadhan terjadi empat kali musibah kebakaran rumah di Sangatta dan sekitarnya.

Kemacetan Terjadi Di Tegineneng Lampung

Arus lalu-lintas di Tegineneng, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, mengalami kemacetan seiring peningkatan volume kendaraan pada jalur Jalan Lintas Tengah Sumatera ini pada dua hari setelah Idul Fitri 1435 Hijriah.

Sulut Ekspor Biji Pala Ke Argentina

Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor komoditas biji pala ke Argentina sebanyak 6.

Dinas Kesehatan Musirawas Imbau Pemudik Gunakan Masker

Dinas Kesehatan Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, mengimbau seluruh pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk memakai masker karena peralihan cuaca saat ini kondisinya sangat terik, sehingga menimbulkan debu-debu di jalan cukup banyak.

Arus Balik Mulai Jumat

Arus balik Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah melalui Bandara Sepinggan Balikpapan, diperkirakan terjadi mulai Jumat (1/8) hingga Minggu (3/8).