Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kasus Korupsi Gapoktan Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor

korupsi gapoktan, pengadilan tipikor

Posted on 16 Dec 2013. Hits : 297

Kasus dugaan korupsi dana gabungan kelompok tani (Gapoktan) Desa Sabedo, Utan, Sumbawa, telah dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Pelimpahan kasus ini telah dilakukan Kejaksaan Negeri Sumbawa, karena berkasnya telah dinyatakan lengkap. "Tersangka dan barang bukti sudah kami limpahkan," kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sumbawa Sugeng Hariadi SH MH, di Sumbawa Besar, Senin.

Pelimpahan ini dilakukan, agar persidangan kasus itu di Pengadilan Tipikor segera dilaksanakan. Diperkirakan, dalam waktu satu minggu atau paling lambat awal tahun depan, persidangannya sudah dimulai.

Sugeng menyatakan, dalam kasus dugaan korupsi dana Gapoktan ini, pihaknya telah menetapkan seorang tersangka bernama Arifin Mustaram, yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris Gapoktan Adil Makmur Desa Sabedo.

"Kasus korupsi dana Gapoktan ini mencuat setelah adanya laporan dari masyarakat pada Januari 2013 lalu," Sugeng menegaskan.

Kronologis kasus, kata dia, berawal ketika Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB mengucurkan bantuan terhadap Gapoktan tersebut sebesar Rp75 juta. Bantuan itu langsung disalurkan melalui rekening kelompok tani.

"Modus yang dilakukan sekretaris Gapoktan itu, dengan melakukan pencairan bantuan dengan membuat surat kuasa dan memalsukan tanda tangan ketua serta bendahara. Dana itu kemudian digunakan untuk kepentingan pribadi," kata Kajari.

Selain kasus Gapoktan, menurut Kajari, sejumlah perkara tindak pidana korupsi lainnya juga segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor dalam waktu dekat.

Perkara yang siap dilimpahkan adalah kasus korupsi PNPM Kecamatan Empang dan korupsi ADD Desa Bukit Damai KSB, yang rencananya awal tahun 2014 akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Mataram.

"Saat ini berkasnya sedang diteliti jaksa penuntut umum (JPU), sedangkan kasus ADD Bukit Damai masih menunggu hasil perhitungan kerugian negara dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumbawa.(ris/ant)

Pelatih Rajawali Puji Permainan Timnya Walau Kalah

Pelatih Rajawali Bandung, Arifin, memuji permainan timnya meski kembali gagal meraih kemenangan perdana mereka di Liga Bola Basket Putri Nasional (WNBL) 2013-2014 setelah dikalahkan Sahabat Wisam Sehati Semarang 64-69.

Peneliti: Elektabilitas Ical Cenderung Stagnan

Peneliti Senior Founding Fathers House Dian Permata menilai elektabilitas Aburizal Bakrie (ARB) cenderung stagnan yaitu hanya naik satu persen dan tidak linear dengan perolehan elektabilitas partai Golkar.

Realisasi KUR Capai Rp1,45 Triliun

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara Luctor Tapiheru mengatakan realisasi kredit usaha rakyat di daerah tersebut hingga Februari 2014 mencapai Rp1,45 triliun.

PSP Padang Tuan Rumah Divisi Satu

Persatuan Sepak Bola Padang (PSP) ditunjuk PSSI pusat menjadi tuan rumah pelaksana kompetisi grup tiga divisi satu yang akan dimulai 29 April 2014.

Tim Pelatih Kurang Puas Terhadap Kemenangan Fever

Tim pelatih Surabaya Fever kurang puas terhadap kemenangan mereka atas Sritex Dragons Enduro Solo dengan skor 66-58 dalam laga lanjutan Seri IV Liga Bola Basket Putri Nasional (WNBL) Indonesia 2013-2014.