Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kasus Korupsi Gapoktan Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor

korupsi gapoktan, pengadilan tipikor

Posted on 16 Dec 2013. Hits : 331

Kasus dugaan korupsi dana gabungan kelompok tani (Gapoktan) Desa Sabedo, Utan, Sumbawa, telah dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Pelimpahan kasus ini telah dilakukan Kejaksaan Negeri Sumbawa, karena berkasnya telah dinyatakan lengkap. "Tersangka dan barang bukti sudah kami limpahkan," kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sumbawa Sugeng Hariadi SH MH, di Sumbawa Besar, Senin.

Pelimpahan ini dilakukan, agar persidangan kasus itu di Pengadilan Tipikor segera dilaksanakan. Diperkirakan, dalam waktu satu minggu atau paling lambat awal tahun depan, persidangannya sudah dimulai.

Sugeng menyatakan, dalam kasus dugaan korupsi dana Gapoktan ini, pihaknya telah menetapkan seorang tersangka bernama Arifin Mustaram, yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris Gapoktan Adil Makmur Desa Sabedo.

"Kasus korupsi dana Gapoktan ini mencuat setelah adanya laporan dari masyarakat pada Januari 2013 lalu," Sugeng menegaskan.

Kronologis kasus, kata dia, berawal ketika Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB mengucurkan bantuan terhadap Gapoktan tersebut sebesar Rp75 juta. Bantuan itu langsung disalurkan melalui rekening kelompok tani.

"Modus yang dilakukan sekretaris Gapoktan itu, dengan melakukan pencairan bantuan dengan membuat surat kuasa dan memalsukan tanda tangan ketua serta bendahara. Dana itu kemudian digunakan untuk kepentingan pribadi," kata Kajari.

Selain kasus Gapoktan, menurut Kajari, sejumlah perkara tindak pidana korupsi lainnya juga segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor dalam waktu dekat.

Perkara yang siap dilimpahkan adalah kasus korupsi PNPM Kecamatan Empang dan korupsi ADD Desa Bukit Damai KSB, yang rencananya awal tahun 2014 akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Mataram.

"Saat ini berkasnya sedang diteliti jaksa penuntut umum (JPU), sedangkan kasus ADD Bukit Damai masih menunggu hasil perhitungan kerugian negara dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumbawa.(ris/ant)

Astra Agro Lestari Kembangkan Perkebunan Sawit

PT Astra Agro Lestari Tbk mengembangkan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat seluas 18.

Pemkab Pacu Kreativitas Pelajar Kembangkan Website Sekolah

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung berupaya memacu kreativitas pelajar dalam mengembangkan website sekolah masing-masing melalui lomba.

AFFI Dukung Sertifikasi Produk Halal

Executive Vice-President Indonesia Flavor and Fragrance Association (AFFI) Paulus J Rusli mengatakan, penerapan sertifikat halal oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik MUI telah mendorong produk mereka diterima secara luas di masyarakat.

Bupati Minahasa Apresiasi Dokter Teladan

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow memberikan apresiasi atas prestasi utusan Kabupaten Minahasa sekaligus mewakili Provinsi Sulawesi Utara dr Caroline Prully Saerang yang meraih predikat tenaga kesehatan teladan Puskesmas tingkat nasional tahun 2014.

Roy Hodgson Himbau Pemain Muda Inggris Bermain Di Luar Negeri

Pelatih tim nasional Inggris Roy Hodgson menghimbau kepada para pemain muda internasional untuk bermain di luar negeri dan memperkaya pengalaman sepak bola mereka, daripada hanya duduk di bangku pemain cadangan di klub-klub Liga Utama Inggris yang dipenuhi para pemain asing.