Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Indonesia Ada di Peringkat 30 Dunia Untuk Negara Dengan Kasus Suap Terbanyak

indonesia, kasus, suap, negara

Posted on 15 Jul 2013. Hits : 320

Sebuah organisasi sosial global yang menentang aksi korupsi, Transparency International, melakukan survei guna memperoleh urutan negara-negara dengan kasus suap terbanyak. Dalam laporan hasil surveinya, Indonesia tercatat berada di peringkat ke-30, tepat di atas Thailand dan berada di bawah Mesir.

Seperti dilansir situs BBC, pekan lalu, laporan organisasi tersebut disajikan dalam bentuk persentase berdasarkan jumlah warga di masing-masing negara yang mengaku pernah melakukan kasus suap. Sebanyak 36% warga Indonesia mengaku telah melakukan kasus suap pada perusahaan negara.

Mesir dan Thailand yang menjepit peringkat Indonesia juga memiliki persentase yang sama persis (36%). Selain itu, hasil survei global tersebut membuktikan satu dari empat orang di dunia pernah menyuap instansi pemerintah pada 2012.

Di kawasan ASEAN sendiri, survei yang melibatkan 95 negara ini menempatkan Indonesia di peringkat ke 2 setelah Kamboja. Kasus suap di negeri tetangga tersebut tercatat sebesar 57%. Jumlah tersebut menyeretnya masuk ke jajaran 10 besar negara dengan tindakan penyuapan tertinggi.

Tingkat kasus suap di Indonesia lebih tinggi meninggalkan negara-negara tetangga lainnya seperti Thailand (18%) atau Filipina (12%). Bahkan Malaysia menjadi negara tetangga dengan volume kasus suap terendah sebanyak 3% saja.

Sekadar informasi, kasus suap tertinggi ternyata dilakukan oleh kebanyakan warga Afrika. Sebanyak 84% responden berkebangsaan Sierra Leone mengaku pernah memberikan dana suap pada perusahaan negara. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi dibanding 94 negara lainnya.

Sebaliknya, Denmark, Finlandia, Jepang dan Australia menjadi negara-negara dengan tingkat kasus suap terndah di dunia. Hanya 1% dari jumlah penduduk masing-masing mengaku melakukan tindakan penyuapan. (bn)

Surabaya Juara Umum 'Kapolres Ponorogo Cup'

Kontingen Surabaya yang sejak awal memang diunggulkan dalam perhelatan invitasi pencak silat Kapolres Ponorogo Cup II-2014 di Ponorogo, Jawa Timur, berhasil merebut juara umum dengan menempatkan lima atletnya sebagai juara 1.

Pemerintah Diminta Pastikan Kualitas Kalangan Ibu

Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PPP Okky Asokawati mengemukakan peringatan Hari Ibu setiap 22 Desember harus menjadi momentum bagi pemerintah untuk memastikan kualitas kalangan ibu di Indonesia.

25 Kader Demokrat Agam Dapat Penghargaan

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), memberikan penghargaan kepada 25 kader yang ikut andil dalam membesarkan partai tersebut.

Neraca Perdagangan Indonesia Masih Defisit

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Juda Agung memperkirakan neraca perdagangan November mengalami defisit dengan sifat jangka pendek.

Presiden Palestina Mulai Kunjungan Resmi

Presiden Pemerintah Otonomi Nasional Palestina Mahmoud Abbas pada Ahad (21/12) memulai kunjungan resmi ke Aljazair atas undangan Presiden Abdelaziz Bouteflika.