Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Indonesia Ada di Peringkat 30 Dunia Untuk Negara Dengan Kasus Suap Terbanyak

indonesia, kasus, suap, negara

Posted on 15 Jul 2013. Hits : 320

Sebuah organisasi sosial global yang menentang aksi korupsi, Transparency International, melakukan survei guna memperoleh urutan negara-negara dengan kasus suap terbanyak. Dalam laporan hasil surveinya, Indonesia tercatat berada di peringkat ke-30, tepat di atas Thailand dan berada di bawah Mesir.

Seperti dilansir situs BBC, pekan lalu, laporan organisasi tersebut disajikan dalam bentuk persentase berdasarkan jumlah warga di masing-masing negara yang mengaku pernah melakukan kasus suap. Sebanyak 36% warga Indonesia mengaku telah melakukan kasus suap pada perusahaan negara.

Mesir dan Thailand yang menjepit peringkat Indonesia juga memiliki persentase yang sama persis (36%). Selain itu, hasil survei global tersebut membuktikan satu dari empat orang di dunia pernah menyuap instansi pemerintah pada 2012.

Di kawasan ASEAN sendiri, survei yang melibatkan 95 negara ini menempatkan Indonesia di peringkat ke 2 setelah Kamboja. Kasus suap di negeri tetangga tersebut tercatat sebesar 57%. Jumlah tersebut menyeretnya masuk ke jajaran 10 besar negara dengan tindakan penyuapan tertinggi.

Tingkat kasus suap di Indonesia lebih tinggi meninggalkan negara-negara tetangga lainnya seperti Thailand (18%) atau Filipina (12%). Bahkan Malaysia menjadi negara tetangga dengan volume kasus suap terendah sebanyak 3% saja.

Sekadar informasi, kasus suap tertinggi ternyata dilakukan oleh kebanyakan warga Afrika. Sebanyak 84% responden berkebangsaan Sierra Leone mengaku pernah memberikan dana suap pada perusahaan negara. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi dibanding 94 negara lainnya.

Sebaliknya, Denmark, Finlandia, Jepang dan Australia menjadi negara-negara dengan tingkat kasus suap terndah di dunia. Hanya 1% dari jumlah penduduk masing-masing mengaku melakukan tindakan penyuapan. (bn)

Pemerintah Terima 200 Usulan 200 Kube

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, tahun ini mengusulkan sebanyak 200 Kelompok Usaha Bersama (Kube) ke pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan.

Petinju Bangka Optimis Raih Emas di Porprov

Atlet tinju Bangka Tengah Muhammad Jassa optimistis meraih medali emas dalam Pekan Olahraga Provinsi di Belitung, 9-17 September 2014.

ISI Denpasar Evaluasi Kualitas Penelitian

Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar melakukan evaluasi kualitas penelitian melalui seminar hasil penelitian, penciptaan dan pengabdiabn kepada masyarakat yang diikuti 36 dosen setempat.

Zulkifli Hasan : Hatta Ucapkan Selamat Kepada Jokowi

Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan mengungkapkan Hatta Rajasa memberikan ucapan selamat kepada Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan di kediaman Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, di Jakarta, Senin (1/9) malam.

Menkominfo Angkat Isu Penyadapan di Forum Dunia

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring mengangkat isu penyadapan ilegal pada forum dunia yakni Internet Governance Forum di Istanbul, Turki, 2-5 September 2014.