Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Indonesia Ada di Peringkat 30 Dunia Untuk Negara Dengan Kasus Suap Terbanyak

indonesia, kasus, suap, negara

Posted on 15 Jul 2013. Hits : 320

Sebuah organisasi sosial global yang menentang aksi korupsi, Transparency International, melakukan survei guna memperoleh urutan negara-negara dengan kasus suap terbanyak. Dalam laporan hasil surveinya, Indonesia tercatat berada di peringkat ke-30, tepat di atas Thailand dan berada di bawah Mesir.

Seperti dilansir situs BBC, pekan lalu, laporan organisasi tersebut disajikan dalam bentuk persentase berdasarkan jumlah warga di masing-masing negara yang mengaku pernah melakukan kasus suap. Sebanyak 36% warga Indonesia mengaku telah melakukan kasus suap pada perusahaan negara.

Mesir dan Thailand yang menjepit peringkat Indonesia juga memiliki persentase yang sama persis (36%). Selain itu, hasil survei global tersebut membuktikan satu dari empat orang di dunia pernah menyuap instansi pemerintah pada 2012.

Di kawasan ASEAN sendiri, survei yang melibatkan 95 negara ini menempatkan Indonesia di peringkat ke 2 setelah Kamboja. Kasus suap di negeri tetangga tersebut tercatat sebesar 57%. Jumlah tersebut menyeretnya masuk ke jajaran 10 besar negara dengan tindakan penyuapan tertinggi.

Tingkat kasus suap di Indonesia lebih tinggi meninggalkan negara-negara tetangga lainnya seperti Thailand (18%) atau Filipina (12%). Bahkan Malaysia menjadi negara tetangga dengan volume kasus suap terendah sebanyak 3% saja.

Sekadar informasi, kasus suap tertinggi ternyata dilakukan oleh kebanyakan warga Afrika. Sebanyak 84% responden berkebangsaan Sierra Leone mengaku pernah memberikan dana suap pada perusahaan negara. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi dibanding 94 negara lainnya.

Sebaliknya, Denmark, Finlandia, Jepang dan Australia menjadi negara-negara dengan tingkat kasus suap terndah di dunia. Hanya 1% dari jumlah penduduk masing-masing mengaku melakukan tindakan penyuapan. (bn)

Empat Deputi Staf Kepresidenan Resmi Dilantik

Sebanyak empat deputi Staf Kepresidenan dan dua Staf Khusus Kepresidenan dilantik oleh Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan di Auditorium Gedung III Sekretariat Negara Jakarta, Kamis, sekitar pukul 09.

Kemendagri Gelar Klarifikasi Pengesahan RAPBD DKI Jakarta

Kementerian Dalam Negeri menggelar rapat klarifikasi guna mengesahkan Rancangan Peraturan Gubernur tentang APBD DKI Jakarta Tahun Anggaran 2015 di Gedung F Kemendagri Jakarta, Kamis.

Menteri Susi Akan Pantau Rumput Laut NTT

Menteri Kelautan dan Perikanan (DKP) Indonesia Susi Pudjiastuti akan mengunjungi Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk memantau budidaya rumput laut serta melakukan beberapa kegiatan.

Pemerintah Berhasil Evakuasi 262 WNI Dari Yaman

Pemerintah RI berhasil mengevakuasi 262 WNI dari Ibu Kota Yaman, Sanaa, ke Kota Jizan, Arab Saudi, melalui jalur darat dengan menggunakan enam bus.

Percasi Aceh Gelar Kejuaraan Daerah

Pengurus Provinsi Percasi Aceh menggelar kejuaraan daerah catur yunior putra dan putri dan sekaligus sebagai ajang seleksi untuk Pekan Olahraga Wilayah di Banda Aceh, 18 -23 Mei 2015.