Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Indonesia Ada di Peringkat 30 Dunia Untuk Negara Dengan Kasus Suap Terbanyak

indonesia, kasus, suap, negara

Posted on 15 Jul 2013. Hits : 320

suap

Sebuah organisasi sosial global yang menentang aksi korupsi, Transparency International, melakukan survei guna memperoleh urutan negara-negara dengan kasus suap terbanyak. Dalam laporan hasil surveinya, Indonesia tercatat berada di peringkat ke-30, tepat di atas Thailand dan berada di bawah Mesir.

Seperti dilansir situs BBC, pekan lalu, laporan organisasi tersebut disajikan dalam bentuk persentase berdasarkan jumlah warga di masing-masing negara yang mengaku pernah melakukan kasus suap. Sebanyak 36% warga Indonesia mengaku telah melakukan kasus suap pada perusahaan negara.

Mesir dan Thailand yang menjepit peringkat Indonesia juga memiliki persentase yang sama persis (36%). Selain itu, hasil survei global tersebut membuktikan satu dari empat orang di dunia pernah menyuap instansi pemerintah pada 2012.

Di kawasan ASEAN sendiri, survei yang melibatkan 95 negara ini menempatkan Indonesia di peringkat ke 2 setelah Kamboja. Kasus suap di negeri tetangga tersebut tercatat sebesar 57%. Jumlah tersebut menyeretnya masuk ke jajaran 10 besar negara dengan tindakan penyuapan tertinggi.

Tingkat kasus suap di Indonesia lebih tinggi meninggalkan negara-negara tetangga lainnya seperti Thailand (18%) atau Filipina (12%). Bahkan Malaysia menjadi negara tetangga dengan volume kasus suap terendah sebanyak 3% saja.

Sekadar informasi, kasus suap tertinggi ternyata dilakukan oleh kebanyakan warga Afrika. Sebanyak 84% responden berkebangsaan Sierra Leone mengaku pernah memberikan dana suap pada perusahaan negara. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi dibanding 94 negara lainnya.

Sebaliknya, Denmark, Finlandia, Jepang dan Australia menjadi negara-negara dengan tingkat kasus suap terndah di dunia. Hanya 1% dari jumlah penduduk masing-masing mengaku melakukan tindakan penyuapan. (bn)

Kejurnas Renang Terbuka Perairan Diikuti Tujuh Provinsi

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) renang terbuka perairan di Teluk Dalam Ambon 2015, Jumat, diikuti peserta dari tujuh Provinsi di Indonesia.

Sby Perintahkan Kader Demokrat Bantu Pemerintah

Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) perintahkan para kadernya untuk membantu negara, rakyat dan Pemerintah mengatasi kondisi saat ini, agar terjadi stabilitas dan pemulihan ekonomi.

Pelajar SD Tewas Ditabrak Truk Di Karo

Seorang pelajar sekolah dasar Heber Hilkia Barus (12) warga Desa Serdang, Kecamatan Barus Jahe Kabupaten Karo, Sumatera Utara, tewas ditabrak truk, Jumat sekitar pukul 14.

Golkar Ical Alihkan Dukungan Ke Adnankio

DPP Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie menginstruksikan untuk mengalihkan dukungan dan memenangkan calon kepala daerah dari jalur perseorangan Adnan Puritcha Ichsan Yasin Limpo-Abdul Rauf Kr Kio (AdnanKio) dalam Pilkada Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

DPRD KSB Desak Eksekutif Sampaikan APBD Perubahan

DPRD Kabupaten Sumbawa Barat mendesak pihak eksekutif segera menyampaikan nota keuangan APBD Perubahan.