Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Indonesia Ada di Peringkat 30 Dunia Untuk Negara Dengan Kasus Suap Terbanyak

indonesia, kasus, suap, negara

Posted on 15 Jul 2013. Hits : 320

Sebuah organisasi sosial global yang menentang aksi korupsi, Transparency International, melakukan survei guna memperoleh urutan negara-negara dengan kasus suap terbanyak. Dalam laporan hasil surveinya, Indonesia tercatat berada di peringkat ke-30, tepat di atas Thailand dan berada di bawah Mesir.

Seperti dilansir situs BBC, pekan lalu, laporan organisasi tersebut disajikan dalam bentuk persentase berdasarkan jumlah warga di masing-masing negara yang mengaku pernah melakukan kasus suap. Sebanyak 36% warga Indonesia mengaku telah melakukan kasus suap pada perusahaan negara.

Mesir dan Thailand yang menjepit peringkat Indonesia juga memiliki persentase yang sama persis (36%). Selain itu, hasil survei global tersebut membuktikan satu dari empat orang di dunia pernah menyuap instansi pemerintah pada 2012.

Di kawasan ASEAN sendiri, survei yang melibatkan 95 negara ini menempatkan Indonesia di peringkat ke 2 setelah Kamboja. Kasus suap di negeri tetangga tersebut tercatat sebesar 57%. Jumlah tersebut menyeretnya masuk ke jajaran 10 besar negara dengan tindakan penyuapan tertinggi.

Tingkat kasus suap di Indonesia lebih tinggi meninggalkan negara-negara tetangga lainnya seperti Thailand (18%) atau Filipina (12%). Bahkan Malaysia menjadi negara tetangga dengan volume kasus suap terendah sebanyak 3% saja.

Sekadar informasi, kasus suap tertinggi ternyata dilakukan oleh kebanyakan warga Afrika. Sebanyak 84% responden berkebangsaan Sierra Leone mengaku pernah memberikan dana suap pada perusahaan negara. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi dibanding 94 negara lainnya.

Sebaliknya, Denmark, Finlandia, Jepang dan Australia menjadi negara-negara dengan tingkat kasus suap terndah di dunia. Hanya 1% dari jumlah penduduk masing-masing mengaku melakukan tindakan penyuapan. (bn)

Pemkot Bekasi Segel Dua Menara Telekomunikasi Ilegal

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, kembali menyegel dua menara telekomunikasiyang berdiri secara ilegal di dua wilayah kecamatan setempat, Rabu.

Tamu Hotel Jambi Melonjak

Jumlah tamu yang menginap pada hotel berbintang di Provinsi Jambi mengalami kenaikan sebesar 24,86 persen dari 16.

Pencoretan Dahlan Iskan Dipertanyakan

Motivator dan komisaris utama perusahaan motivasi PT Total Quality (Surabaya-Jakarta-Singapura) Johan Yan mengaku heran sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mencoret nama mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam bursa Kabinet Indonesia Hebat.

Temuan BPK Dan KPK Menjadi Perhatian

Wakil Bupati Tanah Laut, Kalsel, H Sukamta mengatakan, temuan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia dan Komisi Pemberantasan Korupsi terhadap pengelolaan pertambangan mineral menjadi perhatian pemerintah kabupaten.

Kota Pusat Banjarbaru Diselimuti Asap Pekat

Pusat Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis pagi sejak sekitar pukul 06.