Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Indonesia Ada di Peringkat 30 Dunia Untuk Negara Dengan Kasus Suap Terbanyak

indonesia, kasus, suap, negara

Posted on 15 Jul 2013. Hits : 320

suap

Sebuah organisasi sosial global yang menentang aksi korupsi, Transparency International, melakukan survei guna memperoleh urutan negara-negara dengan kasus suap terbanyak. Dalam laporan hasil surveinya, Indonesia tercatat berada di peringkat ke-30, tepat di atas Thailand dan berada di bawah Mesir.

Seperti dilansir situs BBC, pekan lalu, laporan organisasi tersebut disajikan dalam bentuk persentase berdasarkan jumlah warga di masing-masing negara yang mengaku pernah melakukan kasus suap. Sebanyak 36% warga Indonesia mengaku telah melakukan kasus suap pada perusahaan negara.

Mesir dan Thailand yang menjepit peringkat Indonesia juga memiliki persentase yang sama persis (36%). Selain itu, hasil survei global tersebut membuktikan satu dari empat orang di dunia pernah menyuap instansi pemerintah pada 2012.

Di kawasan ASEAN sendiri, survei yang melibatkan 95 negara ini menempatkan Indonesia di peringkat ke 2 setelah Kamboja. Kasus suap di negeri tetangga tersebut tercatat sebesar 57%. Jumlah tersebut menyeretnya masuk ke jajaran 10 besar negara dengan tindakan penyuapan tertinggi.

Tingkat kasus suap di Indonesia lebih tinggi meninggalkan negara-negara tetangga lainnya seperti Thailand (18%) atau Filipina (12%). Bahkan Malaysia menjadi negara tetangga dengan volume kasus suap terendah sebanyak 3% saja.

Sekadar informasi, kasus suap tertinggi ternyata dilakukan oleh kebanyakan warga Afrika. Sebanyak 84% responden berkebangsaan Sierra Leone mengaku pernah memberikan dana suap pada perusahaan negara. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi dibanding 94 negara lainnya.

Sebaliknya, Denmark, Finlandia, Jepang dan Australia menjadi negara-negara dengan tingkat kasus suap terndah di dunia. Hanya 1% dari jumlah penduduk masing-masing mengaku melakukan tindakan penyuapan. (bn)

Bupati Lebak Berharap Koperasi Dorong Ekonomi Kreatif

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengharapkan lembaga koperasi yang dikelola masyarakat dapat menumbuhkan ekonomi kreatif sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi juga penyerapan lapangan pekerjaan di daerah itu.

Menlu Suriah Berada Di Iran Untuk Bicara Dengan Para Sekutu

Menteri Luar Negeri Suriah Walid Muallem tiba di Iran Selasa (Rabu WIB) untuk bertemu dengan rekan sejawatnya Mohammad Javad Zarif untuk membahas situasi di kawasan itu, demikian kantor berita resmi IRNA melaporkan.

Kemendag Siapkan Roadmap Waralaba

Kementerian Perdagangan tengah menyiapkan roadmap waralaba yang akan dijadikan acuan untuk pengembangan bisnis tersebut mulai dari level usaha kecil menengah hingga masuk ke pasar internasional.

KKP : Nelayan Didorong 'Restocking' Rajungan Secara Mandiri

Kementerian Kelautan dan Perikanan mendorong nelayan di Tanah Air agar melakukan penebaran kembali (restocking) benih rajungan secara mandiri, kata Direktur Jenderal Perikanan Budi Daya KKP Slamet Soebjakto.

Israel Gunakan Penahanan Tanpa Pengadilan Atas Ektrimis Yahudi

Israel pada Selasa (Rabu WIB) menggunakan bentuk penahanan yang sudah berlaku berpuluh-puluh tahun tanpa proses pengadilan atas seorang ektrimis Yahudi untuk pertama kali menyusul protes keras atas pembakaran seorang bayi hingga menemui ajalnya.