Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Indonesia Ada di Peringkat 30 Dunia Untuk Negara Dengan Kasus Suap Terbanyak

indonesia, kasus, suap, negara

Posted on 15 Jul 2013. Hits : 320

Sebuah organisasi sosial global yang menentang aksi korupsi, Transparency International, melakukan survei guna memperoleh urutan negara-negara dengan kasus suap terbanyak. Dalam laporan hasil surveinya, Indonesia tercatat berada di peringkat ke-30, tepat di atas Thailand dan berada di bawah Mesir.

Seperti dilansir situs BBC, pekan lalu, laporan organisasi tersebut disajikan dalam bentuk persentase berdasarkan jumlah warga di masing-masing negara yang mengaku pernah melakukan kasus suap. Sebanyak 36% warga Indonesia mengaku telah melakukan kasus suap pada perusahaan negara.

Mesir dan Thailand yang menjepit peringkat Indonesia juga memiliki persentase yang sama persis (36%). Selain itu, hasil survei global tersebut membuktikan satu dari empat orang di dunia pernah menyuap instansi pemerintah pada 2012.

Di kawasan ASEAN sendiri, survei yang melibatkan 95 negara ini menempatkan Indonesia di peringkat ke 2 setelah Kamboja. Kasus suap di negeri tetangga tersebut tercatat sebesar 57%. Jumlah tersebut menyeretnya masuk ke jajaran 10 besar negara dengan tindakan penyuapan tertinggi.

Tingkat kasus suap di Indonesia lebih tinggi meninggalkan negara-negara tetangga lainnya seperti Thailand (18%) atau Filipina (12%). Bahkan Malaysia menjadi negara tetangga dengan volume kasus suap terendah sebanyak 3% saja.

Sekadar informasi, kasus suap tertinggi ternyata dilakukan oleh kebanyakan warga Afrika. Sebanyak 84% responden berkebangsaan Sierra Leone mengaku pernah memberikan dana suap pada perusahaan negara. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi dibanding 94 negara lainnya.

Sebaliknya, Denmark, Finlandia, Jepang dan Australia menjadi negara-negara dengan tingkat kasus suap terndah di dunia. Hanya 1% dari jumlah penduduk masing-masing mengaku melakukan tindakan penyuapan. (bn)

Ratusan Pelajar Bersihkan Sampah Pantai Baturakit

Ratusan pelajar dari tiga sekolah di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung bergotong royong membersihkan sampah yang berserakan di sepanjang Pantai Baturakit, Sabtu.

Pariwisata Tumbuh Sahid Group Investasi Ribuan Kamar

Sektor pariwisata Indonesia yang tumbuh positif mendorong Sahid Group memperluas investasi perhotelan dengan rencana menambah ribuan kamar, sehingga dalam tiga tihun ke depan jumlahnya ditargetkan menjadi 6.

Bupati Bangka Minta Sekolah Utamakan Lingkungan Hijau

Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, minta kepada para pengelola lembaga pendidikan di daerah itu mengutamakan lingkungan sekolah yang hijau dengan berbagai tanaman.

61 Hektare Sawah Rusak Akibat Banjir Solok

Pendataan sementara oleh aparat Pemerintahan Kecamatan Kubung dan Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, diketahui 61 hektare sawah masyarakat rusak akibat banjir yang melanda daerah itu, Jumat (31/10).

Wapres Apresisasi Peran Tokoh Agama Saat Pemilu

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan apresiasi kepada seluruh tokoh agama saat penyelenggaraan pemilihan umum 2014 yang dinilai mampu memberikan pesan perdamaian kepada seluruh umatnya sehingga pesta demokrasi tersebut bisa berjalan aman dan tidak membawa korban jiwa 'Para pemuka agama dinilai berhasil memberikan pesan kepada umatnya mengenai pentingnya berdemokrasi dengan baik, sehingga semua berjalan aman dan damai,' kata Jusuf Kalla saat memberikan sambutan dalam Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nadlatul Ulama di Kantor Pusat PBNU Jakarta, Sabtu.