Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Wow, Pelancong China Habiskan 102 Miliar Dollar AS untuk Wisata Luar Negeri

pelancong, china, habiskan 102 miliar dollar as

Posted on 05 Apr 2013. Hits : 611

Wisatawan asal negara China merupakan pelaku pariwisata terbesar di dunia terutama dalam hal melangsungkan perjalanan ke luar negeri. Hal ini terlihat pada total nilai pengeluaran yang mencapai 102 miliar dolar atau 78 miliar euro selama tahun 2012 silam.

Demikian hasil penelitian yang disampaikan Organisasi Pariwisata Dunia (World Tourism Organisation/WTO) PBB, Kamis.

Jumlah wisatawan China ke luar negeri melonjak dari 10 juta pada 2000 menjadi 83 juta pada 2012, badan yang berbasis di Madrid itu mengatakan dalam sebuah pernyataan, melukiskan peningkatan pesat dalam pendapatan masyarakat China dan juga longgarnya pembatasan-pembatasan perjalanan.

"Pengeluaran oleh wisatawan China di luar negeri telah meningkat hampir delapan kali lipat sejak 2000, didorong oleh menguatnya mata uang China. Wisatawan China menghabiskan 102 miliar dolar dalam perjalanan pariwisata internasional pada 2012, naik 40 persen dari 2011 yang mencapai 73 miliar dolar," kata WTO.

China kini telah menjadi "pemboros terbesar di bidang pariwisata internasional" dan WTO mencatat bahwa sejak 2005 negara itu telah melampaui Jerman, Amerika Amerika, Italia, Jepang, Prancis dan Inggris dalam pengeluaran perjalanan.

Setelah China, wisatawan dari Jerman dan Amerika Serikat mencatat pengeluaran terbesar berikutnya dalam perjalanan ke luar negeri, masing-masing menghabiskan sekitar 84 miliar dolar pada 2012.

Di antara negara-negara berkembang lainnya, yang menghabiskan pengeluaran terbanyak adalah Rusia dan Brasil.

Rusia melonjak dari posisi ke tujuh menjadi ke lima dengan kenaikan 32 persen dalam pengeluaran menjadi 43 miliar miliar dolar, sementara Brasil dari posisi ke-29 pada 2005 ke peringkat 12 dengan pengeluaran 22 miliar pada 2012.

"Pertumbuhan yang mengesankan dari pengeluaran pariwisata dari China dan Rusia menjadikan ke duanya masuk ke pasar pariwisata kelas menengah yang berkembang, yang tentunya akan terus mengubah peta pariwisata dunia," kata Sekretaris Jenderal UNWTO Taleb Rifai.

Kedatangan wisatawan internasional melebihi satu miliar untuk pertama kalinya dalam setahun terakhir meski ketidakpastian ekonomi global. Jumlah itu diprediksi akan terus meningkat pada 2013, WTO mengatakan pada Januari lalu. (bn)

75 PKL Peroleh Bantuan Tenda Kemdag

Sebanyak 75 pedagang kaki lima di wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memperoleh bantuan tenda dari Kementerian Perdagangan RI untuk menunjang usaha mereka.

PAD Semester Pertama Penuhi Target

Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Payakumbuh berhasil memenuhi target pendapatan asli daerah tahun anggaran 2014 sebesar 50,09 persen, atau Rp30.

Soekarno-Hatta Kebanjiran Pesawat Cadangan

Sejumlah maskapai penerbangan di Bandara Soekarno - Hatta, menyiapkan tambahan pesawat cadangan selama arus mudik lebaran 2014, guna mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang.

Pusat Perbelanjaan Ramai Pengunjung

Sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Palembang ramai dikunjungi pembeli untuk mencari berbagai keperluan dalam menghadapi lebaran yang tinggal beberapa hari lagi.

Jokowi Jadi Perhatian Timur Tengah

Terpilihnya Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia untuk masa bakti 2014-2019 menjadi perhatian media massa di kawasan Timur Tengah (Timteng) dengan beragam judul berita.