Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Wow, Pelancong China Habiskan 102 Miliar Dollar AS untuk Wisata Luar Negeri

pelancong, china, habiskan 102 miliar dollar as

Posted on 05 Apr 2013. Hits : 554

Wisatawan asal negara China merupakan pelaku pariwisata terbesar di dunia terutama dalam hal melangsungkan perjalanan ke luar negeri. Hal ini terlihat pada total nilai pengeluaran yang mencapai 102 miliar dolar atau 78 miliar euro selama tahun 2012 silam.

Demikian hasil penelitian yang disampaikan Organisasi Pariwisata Dunia (World Tourism Organisation/WTO) PBB, Kamis.

Jumlah wisatawan China ke luar negeri melonjak dari 10 juta pada 2000 menjadi 83 juta pada 2012, badan yang berbasis di Madrid itu mengatakan dalam sebuah pernyataan, melukiskan peningkatan pesat dalam pendapatan masyarakat China dan juga longgarnya pembatasan-pembatasan perjalanan.

"Pengeluaran oleh wisatawan China di luar negeri telah meningkat hampir delapan kali lipat sejak 2000, didorong oleh menguatnya mata uang China. Wisatawan China menghabiskan 102 miliar dolar dalam perjalanan pariwisata internasional pada 2012, naik 40 persen dari 2011 yang mencapai 73 miliar dolar," kata WTO.

China kini telah menjadi "pemboros terbesar di bidang pariwisata internasional" dan WTO mencatat bahwa sejak 2005 negara itu telah melampaui Jerman, Amerika Amerika, Italia, Jepang, Prancis dan Inggris dalam pengeluaran perjalanan.

Setelah China, wisatawan dari Jerman dan Amerika Serikat mencatat pengeluaran terbesar berikutnya dalam perjalanan ke luar negeri, masing-masing menghabiskan sekitar 84 miliar dolar pada 2012.

Di antara negara-negara berkembang lainnya, yang menghabiskan pengeluaran terbanyak adalah Rusia dan Brasil.

Rusia melonjak dari posisi ke tujuh menjadi ke lima dengan kenaikan 32 persen dalam pengeluaran menjadi 43 miliar miliar dolar, sementara Brasil dari posisi ke-29 pada 2005 ke peringkat 12 dengan pengeluaran 22 miliar pada 2012.

"Pertumbuhan yang mengesankan dari pengeluaran pariwisata dari China dan Rusia menjadikan ke duanya masuk ke pasar pariwisata kelas menengah yang berkembang, yang tentunya akan terus mengubah peta pariwisata dunia," kata Sekretaris Jenderal UNWTO Taleb Rifai.

Kedatangan wisatawan internasional melebihi satu miliar untuk pertama kalinya dalam setahun terakhir meski ketidakpastian ekonomi global. Jumlah itu diprediksi akan terus meningkat pada 2013, WTO mengatakan pada Januari lalu. (bn)

Partai Harus Tonjolkan Capres Komunikasikan Visi-Misi

Partai Politik harus segera menonjolkan calon presiden masing-masing dengan memberi kesempatan untuk mengkomunikasikan visi atau misi yang akan disusung ketika menjadi presiden, kata pengamat politik Universitas Gadjah Mada, Erwan Agus Purwanto.

Gencatan Senjata Diakhiri

Taliban Pakistan secara resmi mengakhiri gencatan senjata 40 hari namun masih tetap terbuka untuk perundingan dengan pemerintah, kata seorang juru bicara, Rabu.

49 CPNS Terancam Batal Diangkat Jadi PNS

Sebanyak 49 calon pegawai negeri sipil di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang dinyatakan lulus tes penerimaan pegawai pada 2013 terancam batal diangkat menjadi PNS, karena menggunakan ijazah tidak sesuai formasi.

Snyder Kembali ke Yunani Kuno untuk Sekuel '300'

Sutradara Hollywood Zack Snyder mengatakan ia belum mempertimbangkan tindak lanjut film hits 2007 "300" hingga Frank Miller, penulis novel yag dijadikan dasar naskah, mengatakan ia mengerjakan sebuah proyek lainnya.

Dokkes Polda Temukan Penyakit Degeneratif Di Kepolisian

Kepala Sub bidang Kespol Bidang Dokter dan Kesehatan ( Bidokkes) Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Barat Ajun Komisaris Besar dr Purwanta mengatakan, ditemukan penyakit degeneratif di lingkungan kepolisian.