Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Volume Perdagangan Sapi di Pasar Hewan Stabil

volume perdagangan sapi, sapi, ternak sapi, pasar hewan, hewan ternak, ekonomi, perdagangan

Posted on 08 Dec 2012. Hits : 757

Volume perdagangan sapi di pasar-pasar hewan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, masih tetap stabil, meskipun harga daging sapi selama beberapa pekan terakhir ini naik lebih dari 10 persen.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pasar Hewan Pemerintah Kabupaten Semarang, Agus Waryanto, ketika dihubungi di Semarang, Sabtu, menjelaskan sapi yang masuk ke Pasar Ambarawa setiap hari pasaran tercatat 800-850 ekor atau relatif sama sebelum terjadi kenaikan harga daging bulan lalu.

"Dari jumlah itu, yang terjual sekitar 40-45 persen atau rata-rata 350 ekor sapi. Dari sisi arus masuk dan keluar ternak di pasar-pasar hewan di Kabupaten Semarang relatif sama dengan November lalu," katanya.

Pasar Hewan Ambarawa dengan luas 3,1 hektare merupakan pasar ternak terbesar di Jawa Tengah dengan nilai transaksi pada hari pasaran Rp5 miliar hingga Rp8 miliar.

Ia menambahkan, dari sisi penerimaan retribusi delapan pasar hewan di Kabupaten Semarang juga mencapai target. Pada 2011, PAD dari pos retribusi pasar-pasar hewan mencapai Rp400 juta, sedangkan pada 2012 pihaknya optimistis target Rp460 juta bakal terlampaui.

Menurut dia, kenaikan harga daging sapi lebih banyak ditentukan oleh para pedagang sendiri karena setelah Hari raya Idul Adha lalu, mereka kehabisan stok sapi berukuran besar (Lemon).

"Saat ini banyak dijual sapi bakalan (Pedet). Harga sapi bakalan inilah yang malah naik hingga satu juta rupiah per ekor. Saat ini satu ekor bakalan sapi Rp5 juta padahal sebelumnya Rp4 juta," katanya.

Kenaikan harga sapi bakalan inilah, menurut Agus, yang menjadi salah satu pemicu kenaikan harga daging sapi belakangan ini. Harga sapi potong berat hidup sebelumnya Rp28.000-Rp29.000/kilogram, kini menjadi Rp30.000-Rp31.000/kg.

Menurut dia, ada kemungkinan harga daging sapi di tingkat konsumen menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2013 akan mengalami sedikit kenaikan karena adanya kenaikan konsumsi (permintaan). (ant/ ap)

Puspayoga Sambut Baik Berakhirnya Dualisme Kepengurusan Inkud

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga menyambut positif berakhirnya dualisme kepengurusan Induk Koperasi Unit Desa (Inkud) yang terjadi dalam setahun terakhir ini.

Pengelola Batasi Operasional Ramp Bekasi Barat III

PT Jasa Marga akan memberlakukan pembatasan operasional Gerbang Tol Keluar atau Ramp Bekasi Barat III Kota Bekasi, Jawa Barat, guna menghindari kerugian perusahaan.

Pemkab Agam Harapkan Masyarakat Adat Kendalikan Keramba

Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengharapkan delapan pimpinan desa adat di Kecamatan Tanjung Raya membuat peraturan pengendalian keramba jaring terapung di Danau Maninjau.

Berbagi Budaya Lewat Lukisan Empat Kota

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemkot Makassar mediasi dalam berbagi pengetahuan budaya lewat lukisan para pelukis asal empat kota di Indonesia yakni Jakarta, Surabaya, Bali dan Makassar.

Promosi Budaya Makassar Lewat Lukisan

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemkot Makassar Rusmayani Madjid mengatakan, promosi makassar lewat lukisan, dapat memberi peluang bagi Kota Makasasar untuk mengembangkan sektor pariwisata.