Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Volume Perdagangan Sapi di Pasar Hewan Stabil

volume perdagangan sapi, sapi, ternak sapi, pasar hewan, hewan ternak, ekonomi, perdagangan

Posted on 08 Dec 2012. Hits : 683

Volume perdagangan sapi di pasar-pasar hewan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, masih tetap stabil, meskipun harga daging sapi selama beberapa pekan terakhir ini naik lebih dari 10 persen.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pasar Hewan Pemerintah Kabupaten Semarang, Agus Waryanto, ketika dihubungi di Semarang, Sabtu, menjelaskan sapi yang masuk ke Pasar Ambarawa setiap hari pasaran tercatat 800-850 ekor atau relatif sama sebelum terjadi kenaikan harga daging bulan lalu.

"Dari jumlah itu, yang terjual sekitar 40-45 persen atau rata-rata 350 ekor sapi. Dari sisi arus masuk dan keluar ternak di pasar-pasar hewan di Kabupaten Semarang relatif sama dengan November lalu," katanya.

Pasar Hewan Ambarawa dengan luas 3,1 hektare merupakan pasar ternak terbesar di Jawa Tengah dengan nilai transaksi pada hari pasaran Rp5 miliar hingga Rp8 miliar.

Ia menambahkan, dari sisi penerimaan retribusi delapan pasar hewan di Kabupaten Semarang juga mencapai target. Pada 2011, PAD dari pos retribusi pasar-pasar hewan mencapai Rp400 juta, sedangkan pada 2012 pihaknya optimistis target Rp460 juta bakal terlampaui.

Menurut dia, kenaikan harga daging sapi lebih banyak ditentukan oleh para pedagang sendiri karena setelah Hari raya Idul Adha lalu, mereka kehabisan stok sapi berukuran besar (Lemon).

"Saat ini banyak dijual sapi bakalan (Pedet). Harga sapi bakalan inilah yang malah naik hingga satu juta rupiah per ekor. Saat ini satu ekor bakalan sapi Rp5 juta padahal sebelumnya Rp4 juta," katanya.

Kenaikan harga sapi bakalan inilah, menurut Agus, yang menjadi salah satu pemicu kenaikan harga daging sapi belakangan ini. Harga sapi potong berat hidup sebelumnya Rp28.000-Rp29.000/kilogram, kini menjadi Rp30.000-Rp31.000/kg.

Menurut dia, ada kemungkinan harga daging sapi di tingkat konsumen menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2013 akan mengalami sedikit kenaikan karena adanya kenaikan konsumsi (permintaan). (ant/ ap)

Bongkar Muat Teluk Bayur Meningkat

Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat setiap tahun mengalami peningkatan.

Polres Sumbawa Selidiki Maraknya Pencurian Ternak

Tim Penyidik Reserse Kriminal Polres Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, menyelidiki kasus pencurian ternak di wilayah hukum setempat yang tetap marak, terakhir terjadi di Brang Pelat, Desa Pelat, Kecamatan Unter Iwis.

Serangan Udara Tewaskan 35 Gerilyawan

Serangan-serangan udara di Yaman selatan menewaskan 25 tersangka anggota al Qaida Minggu, kata sumber-sumber suku setempat, dalam operasi kedua dari jenisnya dalam dua hari.

230 Polisi Amankan Rapat Pleno Di Lebak

Sebanyak 230 polisi mengamankan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pemilu DPR,DPRD dan DPD di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

DPRD Bengkalis Banyak Wajah Baru

Hasil Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Bengkalis, Riau, Minggu, menyatakan para calon legislatif yang berhasil menang dan menempati kursi di DPRD setempat didominasi wajah baru.