Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Volume Perdagangan Sapi di Pasar Hewan Stabil

volume perdagangan sapi, sapi, ternak sapi, pasar hewan, hewan ternak, ekonomi, perdagangan

Posted on 08 Dec 2012. Hits : 757

Volume perdagangan sapi di pasar-pasar hewan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, masih tetap stabil, meskipun harga daging sapi selama beberapa pekan terakhir ini naik lebih dari 10 persen.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pasar Hewan Pemerintah Kabupaten Semarang, Agus Waryanto, ketika dihubungi di Semarang, Sabtu, menjelaskan sapi yang masuk ke Pasar Ambarawa setiap hari pasaran tercatat 800-850 ekor atau relatif sama sebelum terjadi kenaikan harga daging bulan lalu.

"Dari jumlah itu, yang terjual sekitar 40-45 persen atau rata-rata 350 ekor sapi. Dari sisi arus masuk dan keluar ternak di pasar-pasar hewan di Kabupaten Semarang relatif sama dengan November lalu," katanya.

Pasar Hewan Ambarawa dengan luas 3,1 hektare merupakan pasar ternak terbesar di Jawa Tengah dengan nilai transaksi pada hari pasaran Rp5 miliar hingga Rp8 miliar.

Ia menambahkan, dari sisi penerimaan retribusi delapan pasar hewan di Kabupaten Semarang juga mencapai target. Pada 2011, PAD dari pos retribusi pasar-pasar hewan mencapai Rp400 juta, sedangkan pada 2012 pihaknya optimistis target Rp460 juta bakal terlampaui.

Menurut dia, kenaikan harga daging sapi lebih banyak ditentukan oleh para pedagang sendiri karena setelah Hari raya Idul Adha lalu, mereka kehabisan stok sapi berukuran besar (Lemon).

"Saat ini banyak dijual sapi bakalan (Pedet). Harga sapi bakalan inilah yang malah naik hingga satu juta rupiah per ekor. Saat ini satu ekor bakalan sapi Rp5 juta padahal sebelumnya Rp4 juta," katanya.

Kenaikan harga sapi bakalan inilah, menurut Agus, yang menjadi salah satu pemicu kenaikan harga daging sapi belakangan ini. Harga sapi potong berat hidup sebelumnya Rp28.000-Rp29.000/kilogram, kini menjadi Rp30.000-Rp31.000/kg.

Menurut dia, ada kemungkinan harga daging sapi di tingkat konsumen menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2013 akan mengalami sedikit kenaikan karena adanya kenaikan konsumsi (permintaan). (ant/ ap)

Tugas Utama Pimpinan DPRD Menyatukan Visi

Tugas utama para pimpinan DPRD Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), adalah mampu menyamakan visi dalam membangun Kota Padang dari anggota dewan yang ber;atar belakang beberapa partai politik (parpol).

Pemberangkatan Jemaah ke Arafah Tak Terganggu Kebakaran

Kepala Kantor Urusan Haji Indonesia Daerah Kerja Makkah Endang Jumali mengatakan tidak ada dokumen yang terbakar dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di bagian dapur Gedung Daker Makkah, Kamis.

BBPI Semarang Latih Nelayan Paser

Balai Besar Penangkapan Ikan (BBPI) Semarang, Jawa Tengah, melatih para nelayan Desa Harapan Baru, Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, untuk meningkatkan keterampilan merakit, merawat, dan mengoperasikan alat tangkap.

DPRD Riau : Pimpinan Harus Tempati Rumah Dinas

Pimpinan Sementara DPRD Riaumenyatakan setelah dilantik menjadi pimpinan definitif harus menempati rumah dinas yang telah disediakan dan tidak seperti periode sebelumnya yang menempati hanya ketuanya saja.

Malaysia Naikkan Harga Bensin

Kementerian Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi dan Kepenggunaan Malaysia mengumumkan subsidi bensin RON95 dan diesel diturunkan masing-masing sebanyak 20 sen per liter menyusul langkah rasionalisasi subsidi harga BBM yang mulai berlaku pada pukul 00.