Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Volume Perdagangan Sapi di Pasar Hewan Stabil

volume perdagangan sapi, sapi, ternak sapi, pasar hewan, hewan ternak, ekonomi, perdagangan

Posted on 08 Dec 2012. Hits : 757

Volume perdagangan sapi di pasar-pasar hewan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, masih tetap stabil, meskipun harga daging sapi selama beberapa pekan terakhir ini naik lebih dari 10 persen.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pasar Hewan Pemerintah Kabupaten Semarang, Agus Waryanto, ketika dihubungi di Semarang, Sabtu, menjelaskan sapi yang masuk ke Pasar Ambarawa setiap hari pasaran tercatat 800-850 ekor atau relatif sama sebelum terjadi kenaikan harga daging bulan lalu.

"Dari jumlah itu, yang terjual sekitar 40-45 persen atau rata-rata 350 ekor sapi. Dari sisi arus masuk dan keluar ternak di pasar-pasar hewan di Kabupaten Semarang relatif sama dengan November lalu," katanya.

Pasar Hewan Ambarawa dengan luas 3,1 hektare merupakan pasar ternak terbesar di Jawa Tengah dengan nilai transaksi pada hari pasaran Rp5 miliar hingga Rp8 miliar.

Ia menambahkan, dari sisi penerimaan retribusi delapan pasar hewan di Kabupaten Semarang juga mencapai target. Pada 2011, PAD dari pos retribusi pasar-pasar hewan mencapai Rp400 juta, sedangkan pada 2012 pihaknya optimistis target Rp460 juta bakal terlampaui.

Menurut dia, kenaikan harga daging sapi lebih banyak ditentukan oleh para pedagang sendiri karena setelah Hari raya Idul Adha lalu, mereka kehabisan stok sapi berukuran besar (Lemon).

"Saat ini banyak dijual sapi bakalan (Pedet). Harga sapi bakalan inilah yang malah naik hingga satu juta rupiah per ekor. Saat ini satu ekor bakalan sapi Rp5 juta padahal sebelumnya Rp4 juta," katanya.

Kenaikan harga sapi bakalan inilah, menurut Agus, yang menjadi salah satu pemicu kenaikan harga daging sapi belakangan ini. Harga sapi potong berat hidup sebelumnya Rp28.000-Rp29.000/kilogram, kini menjadi Rp30.000-Rp31.000/kg.

Menurut dia, ada kemungkinan harga daging sapi di tingkat konsumen menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2013 akan mengalami sedikit kenaikan karena adanya kenaikan konsumsi (permintaan). (ant/ ap)

Warga Blitar Tuntut Kades Berijazah Palsu Diganti

Ratusan warga Desa Jaten, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, mendatangi kantor pemerintah kabupaten setempat, minta agar kepala desa mereka yang tengah menjalani proses hukum terkait kasus dugaan penggunaan ijazah palsu, segera diganti.

PHBS Dibawa ke Tanah Suci

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) wajib dibawa ke tanah suci saat menunaikan Ibadah Haji untuk menghindari berbagai penyakit, kata Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi Rina Kuswidiati di Cimahi, Selasa.

Kabut Asap Selimuti Banjarbaru

Kabut asap tipis mulai menyelimuti Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Selasa sehingga cukup mengganggu aktivitas masyarakat di pagi hari terutama di luar rumah.

Perangkat Desa Gadung Datangi Kantor Dinas PU

Sejumlah perangkat Desa Gadung, Dusun 6 Jalan Mawar, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung, mendatangi kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) karena merasa proyek pembangunan drainase salah sasaran.

Sulut Ekspor Pala ke-5 Negara

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara Olvie Atteng mengatakan pada semester pertama 2014 daerah tersebut mengekspor bunga pala ke lima negara sahabat.