Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Syahril Japirin Kini Jadi Dirut PT Pelni

syahril, japirin, pelni, direktur, utama

Posted on 29 May 2013. Hits : 222

Syahril Japirin menggantikan Jussabella Sahea yang diberhentikan dengan hormat sebagai "nakhoda" baru atau sebagai Direktur Utama Perusahaan Perseroan PT Pelayanan Nasional Indonesia (Pelni).

Siaran pers Pelni yang diterima di Jakarta, Rabu, menyebutkan penggantian tersebut sesuai Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-259/MBU/2013 tanggal 27 Mei 2013 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelayaran Nasional Indonesia.

Dalam SK Menteri BUMN disebutkan bahwa Jussabella Sahea diberhentikan dengan hormat sebagai Direktur Utama PT Pelni (Persero).

Jussabella yang diangkat sebagai Dirut Pelni melalui SK Menteri BUMN tertanggal 27 Desember 2006 dan telah diperpanjang berdasarkan keputusan Pemegang Saham Pelni di Luar RUPS tertanggal 1 Maret 2012.

"Dengan ucapan terima kasih atas segala sumbangan tenaga dan pikirannya selama memangku jabatannya tersebut," tulis SK Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Jussabella Sahea lahir pada 16 November 1956 dan menempuh pendidikan terakhirnya di Magister Management Pemasaran Trisakti, Jakarta.

Ia memulai karirnya di Pelni sejak 1981. Sebelum dipercaya sebagai Dirut Pelni selama dua periode kepemimpinan, perempuan kelahiran Jakarta ini sempat menduduki jabatan sebagai Kepala Divisi Keagenan, Senior Manager Komersial, dan Direktur Usaha.

Jussabela juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum INSA (Asosiasi Pemilik Kapal Nasional Indonesia) Bidang Penumpang Roro dan Pengembangan Industri Pelayaran.

Sementara itu, Syahril Japarin sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Djakarta Lloyd (Persero) selama satu tahun terhitung 11 Januari 2011 (Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: KEP-02/MBU/2011), setelah sempat menempati posisi yang sama di perusahaan air minum Aetra.

Pelni adalah perusahaan pelayaran nasional yang menyediakan jasa angkutan transportasi laut, meliputi jasa angkutan penumpang dan muatan barang antar pulau. Pelni mengoperasikan 30 unit armada kapal penumpang.

Selain itu, ada 117 pelabuhan yang disinggahi kapal PELNI dengan 52 kantor cabang dan dilayani di 400 "travel agent" (biro perjalanan) yang tersebar di seluruh Indonesia. (bn)

Kualanamu Masuk 24 Besar Dunia Versi ASQ

Bandar Udara Internasional Kualanamu masuk kategori 24 besar dunia versi 'Airport Service Quality' (ASQ) yang merupakan lembaga dunia yang eksis dalam menilai pelayanan kebandarudaraan.

Uni Eropa Berikan 24 Juta Euro Untuk Riset Ebola

Komisi Eropa Kamis mengumumkan bahwa pihaknya memberikan 24,4 juta euro untuk penelitian Ebola yang sangat diperlukan.

Aceh Selatan Bangun Jalan Daerah Terpencil

Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, pada 2014 menganggarkan dana sebesar Rp1,2 miliar untuk membuka jalan baru di dua desa yang termasuk daerah tertinggal dan terpencil.

Garuda Layani Penerbangan Ke Timor Leste

PT Garuda Indonesia secara resmi akan membuka kembali rute penerbangan Denpasar-Timor Leste pergi pulang.

Warga Miskin Diimbau Manfaatkan Posbakum Gratis

Kalangan warga miskin di Kabupaten Biak Numfor, Papua diimbau dapat memanfaatkan jasa pelayanan bantuan hukum secara gratis melalui Pos bantuan hukum (Posbakum) yang disediakan Pengadilan Negeri Biak.