Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PLN Deklarasikan PLN Bersih

pln, perusahaan listrik negara, bumn

Posted on 21 Dec 2012. Hits : 250

PT PLN Persero berkomitmen menjadi perusahaan yang efisien dan bersih dari korupsi, sebab BUMN kelistrikan ini memegang peranan strategis sebagai penyedia tunggal energi listrik di Tanah Air.

Sekjen Transparency International-Indonesia (TI Indonesia) Natalia Soebagjo menuturkan, dua aspek yang perlu dibenahi di tubuh PLN adalah sistem pengadaan barang dan jasa, serta pelayanan terhadap masyarakat.

"Dua aspek tersebut selama ini masih menghadapi banyak persoalan," tutur Natalia dalam sambutannya pada acara 'Deklarasi PLN Bersih', di kantor pusat PLN, Jakarta, Jumat.

Ia menuturkan, pengadaan barang dan jasa di PLN masih terindikasi rentan terhadap hal-hal yang masuk dalam kategori korupsi, seperti suap, gratifikasi, konflik kepentingan. Sementara pelayanan PLN terhadap masyarakat juga masih sering dikeluhkan kurang responsif.

"Oleh sebab itu, untuk memperbaiki dua aspek ini, maka Februari lalu PLN memulai kerja sama dengan TI Indonesia. TI-Indonesia dalam kesepakatan ini berkomitmen untuk melakukan fasilitas dalam perbaikan dua aspek tersebut," paparnya.

Menurut Natalia, sebagai komitmen terhadap prinsip independensi, maka TI-Indonesia tidak mendapatkan pendanaan apapun dari PLN. Sebagai salah sau strategi TI-Indonesia dalam memperbaiki proses pengadaan barang dan jasa, diperkenalkan pada PLN mode "collective action againts corruption".

"Model ini dikembangkan oleh beberapa lembaga seperti Transparency International, CIPE, SIEMENS, World Bank Institute," terangnya.

Asumsi dasar dari konsep "collective action" ini adalah korupsi tidak pernah dilakukan sendirian, sehingga untuk melawannya dibutuhkan usaha bersama.

"'Collection action initiative' adalah sebuah mekanisme kesepakatan bersama yang dilaksanakan sekelompok pelaku usaha untuk menolak segala aspek penyuapan, gratifikasi, 'kick-back' dalam praktik bisnis mereka," paparnya.

Ia mengharapkan, PLN akan menjadi contoh bagi perusahaan BUMN di Indonesia untuk berkomitmen menjadi perusahaan yang bersih.

Untuk menegaskan komitmen bebas korupsi, PLN bersama dengan para vendornya melakukan penandatanganan dokumen deklarasi. Penandatanganan ini merupakan langkah awal bagi PLN dan vendor untuk berkomitmen menjalankan bisnis yang bersih.

"Untuk itu, PLN difasilitasi oleh TI Indonesia akan terus mengawal komitmen ini dengan mengintensifkan pertemuan antara para pihak untuk menyepakati langkah-langkah dalam kesepakatan tersebut," tegasnya. (ant/as)

Putri Indonesia Berharap 'JFC' Didik Anak Se-Indonesia

Putri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri berharap Dynand Fariz bersama 'Jember Fashion Carnaval' (JFC) mendidik anak-anak seluruh Indonesia yang tersebar di 34 provinsi untuk mengajarkan kreatifitas membuat kostum dan karnaval.

Korem 161/Wirasakti Gelar Seminar Kebangsaan

Korem 161/Wirasakti Kupang, Nusa Tenggara Timur menggelar Seminar Kebangsaan yang bertujuan untuk memperingati 70 Tahun Kemerdekaan Indonesia di Kupang, Senin.

Projo Jateng Dukung Budi Arie Kepala KSP

Jajaran pengurus dan simpatisan DPD Projo Jawa Tengah mendukung Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi menjadi Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) karena dia dinilai setia terhadap Tri Sakti dan Nawacita, program kerja Presiden Jokowi.

Karnaval Pesona Sriwijaya Sambut Kedatangan 'Kapsul Waktu'

Karnaval Pesona Sriwijaya akan menyambut kedatangan "kapsul waktu" yang melambangkan gerakan nasional ayo kerja 70 tahun Indonesia merdeka.

Suryadharma Ali Siap Jalani Sidang Perdana

Mantan Menteri Agama Suryadharma Ali mengaku siap menjalani sidang perkara kasus dugaan tindak pidana korupsi penyelenggaraan haji di Kementerian Agama periode 2012-2013 dan 2010-2011.