Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PLN Deklarasikan PLN Bersih

pln, perusahaan listrik negara, bumn

Posted on 21 Dec 2012. Hits : 205

PT PLN Persero berkomitmen menjadi perusahaan yang efisien dan bersih dari korupsi, sebab BUMN kelistrikan ini memegang peranan strategis sebagai penyedia tunggal energi listrik di Tanah Air.

Sekjen Transparency International-Indonesia (TI Indonesia) Natalia Soebagjo menuturkan, dua aspek yang perlu dibenahi di tubuh PLN adalah sistem pengadaan barang dan jasa, serta pelayanan terhadap masyarakat.

"Dua aspek tersebut selama ini masih menghadapi banyak persoalan," tutur Natalia dalam sambutannya pada acara 'Deklarasi PLN Bersih', di kantor pusat PLN, Jakarta, Jumat.

Ia menuturkan, pengadaan barang dan jasa di PLN masih terindikasi rentan terhadap hal-hal yang masuk dalam kategori korupsi, seperti suap, gratifikasi, konflik kepentingan. Sementara pelayanan PLN terhadap masyarakat juga masih sering dikeluhkan kurang responsif.

"Oleh sebab itu, untuk memperbaiki dua aspek ini, maka Februari lalu PLN memulai kerja sama dengan TI Indonesia. TI-Indonesia dalam kesepakatan ini berkomitmen untuk melakukan fasilitas dalam perbaikan dua aspek tersebut," paparnya.

Menurut Natalia, sebagai komitmen terhadap prinsip independensi, maka TI-Indonesia tidak mendapatkan pendanaan apapun dari PLN. Sebagai salah sau strategi TI-Indonesia dalam memperbaiki proses pengadaan barang dan jasa, diperkenalkan pada PLN mode "collective action againts corruption".

"Model ini dikembangkan oleh beberapa lembaga seperti Transparency International, CIPE, SIEMENS, World Bank Institute," terangnya.

Asumsi dasar dari konsep "collective action" ini adalah korupsi tidak pernah dilakukan sendirian, sehingga untuk melawannya dibutuhkan usaha bersama.

"'Collection action initiative' adalah sebuah mekanisme kesepakatan bersama yang dilaksanakan sekelompok pelaku usaha untuk menolak segala aspek penyuapan, gratifikasi, 'kick-back' dalam praktik bisnis mereka," paparnya.

Ia mengharapkan, PLN akan menjadi contoh bagi perusahaan BUMN di Indonesia untuk berkomitmen menjadi perusahaan yang bersih.

Untuk menegaskan komitmen bebas korupsi, PLN bersama dengan para vendornya melakukan penandatanganan dokumen deklarasi. Penandatanganan ini merupakan langkah awal bagi PLN dan vendor untuk berkomitmen menjalankan bisnis yang bersih.

"Untuk itu, PLN difasilitasi oleh TI Indonesia akan terus mengawal komitmen ini dengan mengintensifkan pertemuan antara para pihak untuk menyepakati langkah-langkah dalam kesepakatan tersebut," tegasnya. (ant/as)

BPK Akan Minta Izin DPR Periksa BI

Badan Pemeriksa Keuangan akan meminta izin Dewan Perwakilan Rakyat untuk memeriksa Bank Indonesia terkait penambahan penyertaan modal sementara oleh Lembaga Penjamin Simpanan kepada PT Bank Mutiara sebesar Rp1,25 triliun.

Penjualan Tata Motors Indonesia Capai 100 Unit

PT Tata Motors Indonesia yang beroperasi sejak September 2013, berhasil menjual lebih dari 100 unit produk otomotif selama kuartal pertama 2014.

Sulsel Turunkan 8 Atlet Hadapi Jatim Open

Kontingen Sulawesi Selatan menurunkan delapan atlet terbaiknya menghadapi kejuaraan atletik Turnamen Jatim Open di Surabaya, 24-26 April 2014.

Golput KPU Jembrana Capai 60 Ribu

Golput atau warga yang tidak menggunakan hak pilihnya saat Pemilu Legislatif di Kabupaten Jembrana, Bali, mencapai jumlah 60 ribu orang berdasarkan catatan dari Panwaslu setempat.

Paus Franciskus Imbau Prakarsa Perdamaian

Paus Franciskus menyerukan peluncuran prakarsa perdamaian di Suriah, Ukraina, Afrika dan Venezuela, dan menguraikan tentang kemiskinan serius, eksploitasi, dan kemubaziran yang mengganggu beberapa bagian dunia .