Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PLN Deklarasikan PLN Bersih

pln, perusahaan listrik negara, bumn

Posted on 21 Dec 2012. Hits : 250

PT PLN Persero berkomitmen menjadi perusahaan yang efisien dan bersih dari korupsi, sebab BUMN kelistrikan ini memegang peranan strategis sebagai penyedia tunggal energi listrik di Tanah Air.

Sekjen Transparency International-Indonesia (TI Indonesia) Natalia Soebagjo menuturkan, dua aspek yang perlu dibenahi di tubuh PLN adalah sistem pengadaan barang dan jasa, serta pelayanan terhadap masyarakat.

"Dua aspek tersebut selama ini masih menghadapi banyak persoalan," tutur Natalia dalam sambutannya pada acara 'Deklarasi PLN Bersih', di kantor pusat PLN, Jakarta, Jumat.

Ia menuturkan, pengadaan barang dan jasa di PLN masih terindikasi rentan terhadap hal-hal yang masuk dalam kategori korupsi, seperti suap, gratifikasi, konflik kepentingan. Sementara pelayanan PLN terhadap masyarakat juga masih sering dikeluhkan kurang responsif.

"Oleh sebab itu, untuk memperbaiki dua aspek ini, maka Februari lalu PLN memulai kerja sama dengan TI Indonesia. TI-Indonesia dalam kesepakatan ini berkomitmen untuk melakukan fasilitas dalam perbaikan dua aspek tersebut," paparnya.

Menurut Natalia, sebagai komitmen terhadap prinsip independensi, maka TI-Indonesia tidak mendapatkan pendanaan apapun dari PLN. Sebagai salah sau strategi TI-Indonesia dalam memperbaiki proses pengadaan barang dan jasa, diperkenalkan pada PLN mode "collective action againts corruption".

"Model ini dikembangkan oleh beberapa lembaga seperti Transparency International, CIPE, SIEMENS, World Bank Institute," terangnya.

Asumsi dasar dari konsep "collective action" ini adalah korupsi tidak pernah dilakukan sendirian, sehingga untuk melawannya dibutuhkan usaha bersama.

"'Collection action initiative' adalah sebuah mekanisme kesepakatan bersama yang dilaksanakan sekelompok pelaku usaha untuk menolak segala aspek penyuapan, gratifikasi, 'kick-back' dalam praktik bisnis mereka," paparnya.

Ia mengharapkan, PLN akan menjadi contoh bagi perusahaan BUMN di Indonesia untuk berkomitmen menjadi perusahaan yang bersih.

Untuk menegaskan komitmen bebas korupsi, PLN bersama dengan para vendornya melakukan penandatanganan dokumen deklarasi. Penandatanganan ini merupakan langkah awal bagi PLN dan vendor untuk berkomitmen menjalankan bisnis yang bersih.

"Untuk itu, PLN difasilitasi oleh TI Indonesia akan terus mengawal komitmen ini dengan mengintensifkan pertemuan antara para pihak untuk menyepakati langkah-langkah dalam kesepakatan tersebut," tegasnya. (ant/as)

Dolar Bervariasi Karena Ekonomi AS Tumbuh Moderat

Kurs dolar AS diperdagangkan bervariasi terhadap mata uang utama lainnya pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena data menunjukkan ekonomi AS kembali ke pertumbuhan moderat pada kuartal keempat 2014.

UEFA : Liverpool Dan Sparta Praha Tidak Langgar Peraturan FFP

Klub Liga Utama Inggris Liverpool dan klub Ceko Sparta Praha dinyatakan tidak melanggar peraturan-peraturan Financial Fair Play (FFP), oleh badan sepak bola Eropa pada Jumat.

Emas Naik Setelah PDB AS Lebih Buruk Dari Perkiraan

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik pada Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah data menunjukkan produk domestik bruto (PDB) AS tumbuh lebih rendah dari yang diperkirakan.

Pertumbuhan Ekonomi AS Melambat Jadi 2,2 Persen

Ekonomi Amerika Serikat tumbuh lebih lambat dari yang diperkirakan pada kuartal keempat 2014, tertekan oleh kenaikan lebih kecil dalam persediaan dan peningkatan lebih besar dalam impor, data revisi menunjukkan Jumat.

Taufan : Saya Tidak Mencalonkan Diri Ketua KNPI

Ketua demisioner DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Taufan EN Rotorasiko menyatakan tidak akan maju dalam bursa pencalonan ketua KNPI periode 2015-2018.