Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PHRI Malang: Hotel Melati Terancam Gulung Tikar

phri perhimpunan hotel restoran indonesia, malang, hotel melati, gulung tikar

Posted on 20 Dec 2012. Hits : 403

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kota Malang, Jawa Timur, mengemukakan sejumlah hotel kelas melati di wilayah itu terancam gulung tikar karena kalah bersaing dengan hotel-hotel berbintang yang tumbuh pesat.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang Herman Sumaryono, Kamis mengakui pesatnya pertumbuhan usaha perhotelan di daerah itu tidak sebanding dengan pertumbuhan tingkat hunian (okupansi), sehingga hotel-hotel kelas melati kian terpuruk karena kalah bersaing dengan hotel berbintang.

"Bahkan, masa libur panjang sekolah yang dilanjutkan dengan cuti bersama perayaan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013, sejumlah hotel kelas melati sama sekali tidak ada yang reservasi. Kondisi ini kan sangat memprihatinkan, padahal momen spesial seperti ini harusnya panen," katanya.

Ia mengemukakan momen spesial tahun baru hotel melati tidak memiliki program spektakuler sebagai fasilitas tambahan bagi tamu. Berbeda dengan hotel berbintang yang selalu menyelenggarakan acara khusus dan tidak sedikit yang mendatangkan artis ibukota.

Herman mengakui, even-even khusus bagi tamu tersebut juga menjadi kendala bagi hotel melati karena terbatasnya anggaran, apalagi hotel bintang pun sekarang tarifnya tidak berbeda jauh dengan hotel-hotel melati.

Kondisi inilah, tegasnya, yang membuat hotel melati sulit bersaing dan berkembang. Hotel-hotel berbintang sekarang juga berani pasang tarif murah dengan berbagai ragam promo untuk menarik tamu.

"Pesatnya pertumbuhan hotel di daerah ini bisa memicu perang tarif. Namun, kami berharap hotel-hotel berbintang juga bermain di kelasnya, jangan memasang tarif murah yang bisa mematikan hotel-hotel melati," ujarnya.

Jumlah hotel di Kota Malang saat ini sebanyak 60 hotel dan 15 di antaranya adalah berbintang. Jumlah tersebut belum termasuk yang "launching" dalam beberapa bulan terakhir ini, bahkan pada 2013 sedikitnya ada 18 hotel baru yang bakal dibuka di Kota Malang.

Sejumlah hotel baru yang dibuka pada tahun ini di antaranya adalah Hotel Olino, Hotel Savana dan Amaris Hotel. Selain pesatnya pertumbuhan hotel, guest house di Kota Malang pertumbuhannya juga sangat pesat, terutama dengan cara mendesain rumah-rumah bangunan kuno menjadi guest house yang representatif yang membidik para wisatawan mancanegara. (ant/ed)

Museum Benteng Vredeburg Tambah Koleksi Jeep Willys

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menambah koleksi baru berupa kendaraan yang biasanya digunakan pada masa perjuangan, yaitu Jeep Willys.

Rektor Ingin Jadikan ISI Denpasar Jadi Pusat Seni

Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar Dr I Gede Arya Sugiartha bertekad mengantarkan lembaga pendidikan yang dipimpinnya itu menjadi pusat seni dan budaya unggulan.

Makanan Khas Denpasar Makin Beragam

Makanan dan minuman khas Kota Denpasar makin beragam sehingga mampu menambah daya tarik wisatawan yang berlibur di Bali.

Gagal di Brit Awards, Imagine Dragons Keluar dari 10 Besar

Brit Award telah membawa perubahan besar dalam komposisi tangga musik Inggris pada Minggu dengan mengeluarkan album band rock Amerika Serikat, Imagine Dragons, dari posisi 10 besar, serta mendorong penyanyi dan penulis lagu Inggris, Sam Smith, ke posisi puncak, menurut pejabat Charts Company.

Arema Jaga Mental Di Bali Island Cup

Arema Cronus Indonesia Malang, Jawa Timur, terus berupaya menjaga mental juara pemainnya sebelum melakoni kompetisi resmi Liga Super Indonesia (LSI), dengan mengikuti turnamen Bali Island Cup, 13-17 Maret 2015.