Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PHRI Malang: Hotel Melati Terancam Gulung Tikar

phri perhimpunan hotel restoran indonesia, malang, hotel melati, gulung tikar

Posted on 20 Dec 2012. Hits : 403

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kota Malang, Jawa Timur, mengemukakan sejumlah hotel kelas melati di wilayah itu terancam gulung tikar karena kalah bersaing dengan hotel-hotel berbintang yang tumbuh pesat.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang Herman Sumaryono, Kamis mengakui pesatnya pertumbuhan usaha perhotelan di daerah itu tidak sebanding dengan pertumbuhan tingkat hunian (okupansi), sehingga hotel-hotel kelas melati kian terpuruk karena kalah bersaing dengan hotel berbintang.

"Bahkan, masa libur panjang sekolah yang dilanjutkan dengan cuti bersama perayaan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013, sejumlah hotel kelas melati sama sekali tidak ada yang reservasi. Kondisi ini kan sangat memprihatinkan, padahal momen spesial seperti ini harusnya panen," katanya.

Ia mengemukakan momen spesial tahun baru hotel melati tidak memiliki program spektakuler sebagai fasilitas tambahan bagi tamu. Berbeda dengan hotel berbintang yang selalu menyelenggarakan acara khusus dan tidak sedikit yang mendatangkan artis ibukota.

Herman mengakui, even-even khusus bagi tamu tersebut juga menjadi kendala bagi hotel melati karena terbatasnya anggaran, apalagi hotel bintang pun sekarang tarifnya tidak berbeda jauh dengan hotel-hotel melati.

Kondisi inilah, tegasnya, yang membuat hotel melati sulit bersaing dan berkembang. Hotel-hotel berbintang sekarang juga berani pasang tarif murah dengan berbagai ragam promo untuk menarik tamu.

"Pesatnya pertumbuhan hotel di daerah ini bisa memicu perang tarif. Namun, kami berharap hotel-hotel berbintang juga bermain di kelasnya, jangan memasang tarif murah yang bisa mematikan hotel-hotel melati," ujarnya.

Jumlah hotel di Kota Malang saat ini sebanyak 60 hotel dan 15 di antaranya adalah berbintang. Jumlah tersebut belum termasuk yang "launching" dalam beberapa bulan terakhir ini, bahkan pada 2013 sedikitnya ada 18 hotel baru yang bakal dibuka di Kota Malang.

Sejumlah hotel baru yang dibuka pada tahun ini di antaranya adalah Hotel Olino, Hotel Savana dan Amaris Hotel. Selain pesatnya pertumbuhan hotel, guest house di Kota Malang pertumbuhannya juga sangat pesat, terutama dengan cara mendesain rumah-rumah bangunan kuno menjadi guest house yang representatif yang membidik para wisatawan mancanegara. (ant/ed)

'Ngayogjazz' Beri Penonton Keleluasaan Pilih Musisi

Gelaran 'Ngayogjazz' 2014 yang berlangsung di Desa Wisata Brayut, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu, memberikan ruang yang leluasa bagi ribuan penonton untuk berinteraksi langsung dan memilih musisi yang diinginkan.

DPRD Makassar Minta Pemkot Buat Waduk Tunggu

Sejumlah anggota DPRD Makassar meminta kepada Pemerintah Kota Makassar untuk segera membuat waduk tunggu di sekitar Danau Balang Tonjong, Kecamatan Manggala, jelang masuknya musim penghujan ini.

Kadinkes Papua Puji Rumah Sakit Freeport

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg Aloysius Giyai memuji kedua rumah sakit di areal pertambangan PT Freeport Indonesia, setelah melakukan kunjungan kerja di Tembagapura.

Tim SAR Cari Bayi Korban Longsor Di Tapteng

Tim SAR (Search And Rescue) yang dibantu personel TNI AD dan Polri masih terus melakukan pencarian seorang bayi berusia empat bulan, korban Longsor di Desa Sibiobio, Kecamatan Sibabangun, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Dispenda Karimun Kumpulkan Pengusaha Sosialisasikan Pajak Daerah

Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Sabtu, di Tanjung Balai Karimun, mengumpulkan sebanyak 235 pengusaha hotel, restoran dan tempat hiburan untuk menyosialisasikan peraturan tentang pajak daerah.