Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PHRI Malang: Hotel Melati Terancam Gulung Tikar

phri perhimpunan hotel restoran indonesia, malang, hotel melati, gulung tikar

Posted on 20 Dec 2012. Hits : 403

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kota Malang, Jawa Timur, mengemukakan sejumlah hotel kelas melati di wilayah itu terancam gulung tikar karena kalah bersaing dengan hotel-hotel berbintang yang tumbuh pesat.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang Herman Sumaryono, Kamis mengakui pesatnya pertumbuhan usaha perhotelan di daerah itu tidak sebanding dengan pertumbuhan tingkat hunian (okupansi), sehingga hotel-hotel kelas melati kian terpuruk karena kalah bersaing dengan hotel berbintang.

"Bahkan, masa libur panjang sekolah yang dilanjutkan dengan cuti bersama perayaan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013, sejumlah hotel kelas melati sama sekali tidak ada yang reservasi. Kondisi ini kan sangat memprihatinkan, padahal momen spesial seperti ini harusnya panen," katanya.

Ia mengemukakan momen spesial tahun baru hotel melati tidak memiliki program spektakuler sebagai fasilitas tambahan bagi tamu. Berbeda dengan hotel berbintang yang selalu menyelenggarakan acara khusus dan tidak sedikit yang mendatangkan artis ibukota.

Herman mengakui, even-even khusus bagi tamu tersebut juga menjadi kendala bagi hotel melati karena terbatasnya anggaran, apalagi hotel bintang pun sekarang tarifnya tidak berbeda jauh dengan hotel-hotel melati.

Kondisi inilah, tegasnya, yang membuat hotel melati sulit bersaing dan berkembang. Hotel-hotel berbintang sekarang juga berani pasang tarif murah dengan berbagai ragam promo untuk menarik tamu.

"Pesatnya pertumbuhan hotel di daerah ini bisa memicu perang tarif. Namun, kami berharap hotel-hotel berbintang juga bermain di kelasnya, jangan memasang tarif murah yang bisa mematikan hotel-hotel melati," ujarnya.

Jumlah hotel di Kota Malang saat ini sebanyak 60 hotel dan 15 di antaranya adalah berbintang. Jumlah tersebut belum termasuk yang "launching" dalam beberapa bulan terakhir ini, bahkan pada 2013 sedikitnya ada 18 hotel baru yang bakal dibuka di Kota Malang.

Sejumlah hotel baru yang dibuka pada tahun ini di antaranya adalah Hotel Olino, Hotel Savana dan Amaris Hotel. Selain pesatnya pertumbuhan hotel, guest house di Kota Malang pertumbuhannya juga sangat pesat, terutama dengan cara mendesain rumah-rumah bangunan kuno menjadi guest house yang representatif yang membidik para wisatawan mancanegara. (ant/ed)

Tari Enggang Tampil Memukau Dalam GKPM

Tari Enggang yang disajikan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Kaltim tampil memukau dalam pembukaan Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) di Jakarta Convention Center (JCC).

Kalau Masih Ngotot, Prabowo Dinilai Tidak Bijaksana

Kuasa hukum pasangan presiden terpilih dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla, Taufik Basari menilai langkah kubu pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa tidak bijaksana jika masih akan mencari langkah lainnya setelah gugatannya sebagai pemohon ditolak seluruhnya oleh Mahkamah Konstitusi (MK) Majelis hakim MK, Kamis (21/8) malam, menolak seluruh gugatan kubu Prabowo-Hatta terhadap hasil Pilpres 2014 karena menilai berdasarkan seluruh pertimbangan, dalil yang diajukan pemohon atas pelanggaran yang bersifat terstruktur, sistematis, dan masif tidak terbukti menurut hukum.

Pesawat Tempur Serang Irak Utara

Pesawat-pesawat tempur Amerika membomi militan Islam di Irak utara dekat Bendungan Mosul, kata Komando Pusat militer AS Kamis, dalam serangan udara terbaru terhadap kelompok garis keras itu.

Bupati Apresiasi Kreativitas Peserta Karnaval Di Muntok

Bupati Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Zuhri M Syazali memberikan apresiasi positif kreativitas peserta karnaval HUT ke-69 Kemerdekaan RI yang diselenggarakan di daerah itu karena semakin meningkat dari tahun ke tahun.

UKM Diimbau Gunakan Label Halal

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), meminta kepada para pengusaha Usaha Kecil Menengah (UKM) di daerah ini untuk menggunakan label halal terhadap produknya yang akan dijual ke masyarakat.