Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PHRI Malang: Hotel Melati Terancam Gulung Tikar

phri perhimpunan hotel restoran indonesia, malang, hotel melati, gulung tikar

Posted on 20 Dec 2012. Hits : 403

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kota Malang, Jawa Timur, mengemukakan sejumlah hotel kelas melati di wilayah itu terancam gulung tikar karena kalah bersaing dengan hotel-hotel berbintang yang tumbuh pesat.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang Herman Sumaryono, Kamis mengakui pesatnya pertumbuhan usaha perhotelan di daerah itu tidak sebanding dengan pertumbuhan tingkat hunian (okupansi), sehingga hotel-hotel kelas melati kian terpuruk karena kalah bersaing dengan hotel berbintang.

"Bahkan, masa libur panjang sekolah yang dilanjutkan dengan cuti bersama perayaan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013, sejumlah hotel kelas melati sama sekali tidak ada yang reservasi. Kondisi ini kan sangat memprihatinkan, padahal momen spesial seperti ini harusnya panen," katanya.

Ia mengemukakan momen spesial tahun baru hotel melati tidak memiliki program spektakuler sebagai fasilitas tambahan bagi tamu. Berbeda dengan hotel berbintang yang selalu menyelenggarakan acara khusus dan tidak sedikit yang mendatangkan artis ibukota.

Herman mengakui, even-even khusus bagi tamu tersebut juga menjadi kendala bagi hotel melati karena terbatasnya anggaran, apalagi hotel bintang pun sekarang tarifnya tidak berbeda jauh dengan hotel-hotel melati.

Kondisi inilah, tegasnya, yang membuat hotel melati sulit bersaing dan berkembang. Hotel-hotel berbintang sekarang juga berani pasang tarif murah dengan berbagai ragam promo untuk menarik tamu.

"Pesatnya pertumbuhan hotel di daerah ini bisa memicu perang tarif. Namun, kami berharap hotel-hotel berbintang juga bermain di kelasnya, jangan memasang tarif murah yang bisa mematikan hotel-hotel melati," ujarnya.

Jumlah hotel di Kota Malang saat ini sebanyak 60 hotel dan 15 di antaranya adalah berbintang. Jumlah tersebut belum termasuk yang "launching" dalam beberapa bulan terakhir ini, bahkan pada 2013 sedikitnya ada 18 hotel baru yang bakal dibuka di Kota Malang.

Sejumlah hotel baru yang dibuka pada tahun ini di antaranya adalah Hotel Olino, Hotel Savana dan Amaris Hotel. Selain pesatnya pertumbuhan hotel, guest house di Kota Malang pertumbuhannya juga sangat pesat, terutama dengan cara mendesain rumah-rumah bangunan kuno menjadi guest house yang representatif yang membidik para wisatawan mancanegara. (ant/ed)

Hewan Kurban NTT Dijamin Sehat

Dinas Peternakan Nusa Tenggara Timur menjamin ternak yang diperjualbelikan untuk memenuhi kebutuhan kurban pada Idul Adha 1435 Hijriah adalah hewan yang sehat dan memenuhi syarat.

Wali Kota Bandarlampung Minta Laporkan Kekeringan

Wali Kota Bandarlampung Herman HN minta ketua rukun tetangga dan lurah segera melaporkan wilayah yang mengalami kekeringan, agar mobil tangki air segera ke lokasi untuk mendistribusikan air bersih yang diperlukan.

PNS Tak Disiplin Diberi Sanksi

Wakil Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menegaskan instansi terkait harus memberikan sanksi terhadap pegawai negeri sipil pemerintah setempat yang tidak disiplin dalam menjalankan tugasnya.

PBB Diminta Hentikan Pendudukan Israel 2016

Palestina meminta Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa untuk mengatur November 2016 sebagai batas waktu mengakhiri pendudukan Israel, menurut rancangan resolusi yang diperoleh AFP Rabu.

Gapki Berharap Pemprov Sumut Tetap Mendukung Sawit

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia berharap Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tetap mendukung dan melindungi sawit menyusul adanya rencana Gubernur H Gatot Pujo Nugroho mengambil sikap terkait belum 'gol'nya permintaan dana bagi hasil perkebunan.