Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PHRI Malang: Hotel Melati Terancam Gulung Tikar

phri perhimpunan hotel restoran indonesia, malang, hotel melati, gulung tikar

Posted on 20 Dec 2012. Hits : 346

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kota Malang, Jawa Timur, mengemukakan sejumlah hotel kelas melati di wilayah itu terancam gulung tikar karena kalah bersaing dengan hotel-hotel berbintang yang tumbuh pesat.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang Herman Sumaryono, Kamis mengakui pesatnya pertumbuhan usaha perhotelan di daerah itu tidak sebanding dengan pertumbuhan tingkat hunian (okupansi), sehingga hotel-hotel kelas melati kian terpuruk karena kalah bersaing dengan hotel berbintang.

"Bahkan, masa libur panjang sekolah yang dilanjutkan dengan cuti bersama perayaan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013, sejumlah hotel kelas melati sama sekali tidak ada yang reservasi. Kondisi ini kan sangat memprihatinkan, padahal momen spesial seperti ini harusnya panen," katanya.

Ia mengemukakan momen spesial tahun baru hotel melati tidak memiliki program spektakuler sebagai fasilitas tambahan bagi tamu. Berbeda dengan hotel berbintang yang selalu menyelenggarakan acara khusus dan tidak sedikit yang mendatangkan artis ibukota.

Herman mengakui, even-even khusus bagi tamu tersebut juga menjadi kendala bagi hotel melati karena terbatasnya anggaran, apalagi hotel bintang pun sekarang tarifnya tidak berbeda jauh dengan hotel-hotel melati.

Kondisi inilah, tegasnya, yang membuat hotel melati sulit bersaing dan berkembang. Hotel-hotel berbintang sekarang juga berani pasang tarif murah dengan berbagai ragam promo untuk menarik tamu.

"Pesatnya pertumbuhan hotel di daerah ini bisa memicu perang tarif. Namun, kami berharap hotel-hotel berbintang juga bermain di kelasnya, jangan memasang tarif murah yang bisa mematikan hotel-hotel melati," ujarnya.

Jumlah hotel di Kota Malang saat ini sebanyak 60 hotel dan 15 di antaranya adalah berbintang. Jumlah tersebut belum termasuk yang "launching" dalam beberapa bulan terakhir ini, bahkan pada 2013 sedikitnya ada 18 hotel baru yang bakal dibuka di Kota Malang.

Sejumlah hotel baru yang dibuka pada tahun ini di antaranya adalah Hotel Olino, Hotel Savana dan Amaris Hotel. Selain pesatnya pertumbuhan hotel, guest house di Kota Malang pertumbuhannya juga sangat pesat, terutama dengan cara mendesain rumah-rumah bangunan kuno menjadi guest house yang representatif yang membidik para wisatawan mancanegara. (ant/ed)

Biro Humas Setdaprov Riau Siap Rangkul Media

Kepala Biro Humas Setdaprov Riau, Yoserizal Zen yang baru dilantik memiliki tekad untuk merangkul semua media, baik cetak maupun elektronik yang nasional dan lokal untuk meningkatkan hubungan harmonis antara pemerintah dengan insan pers.

Hamilton Tercepat Pada Latihan Kedua Di Tiongkok

Lewis Hamilton mengembalikan Mercedes ke urutan teratas di daftar catatan waktu tercepat pada Jumat, dengan menorehkan waktu tercepat di sesi latihan kedua untuk Grand Prix Tiongkok.

Pemkab OKU Belum Terima SK Penonaktifan Bupati

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, belum menerima Surat Keputusan penonaktifan Yulius Nawawi sebagai bupati setempat, terkait dengan penahanannya yang tersandung kasus korupsi dana bantuan sosial di daerah itu.

Pemkab Kuansing Tingkatkan Jalan Penghubung Kecamatan

Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau akan memperbaiki dan meningkatkan kualitas ruas jalan yang menghubungkan Simandolak, Kecamatan Benai dengan Desa Pauh Angit, Kecamatan Pangean untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan serta menekan angka Lakalantas.

Golkar Pemenang Pemilu Di Konawe Selatan

Partai Golongan Karya diprediksi sebagai pengumpul suara terbanyak pada Pemilihan Umum legislatif 2014 di Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).