Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PHRI Malang: Hotel Melati Terancam Gulung Tikar

phri perhimpunan hotel restoran indonesia, malang, hotel melati, gulung tikar

Posted on 20 Dec 2012. Hits : 403

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kota Malang, Jawa Timur, mengemukakan sejumlah hotel kelas melati di wilayah itu terancam gulung tikar karena kalah bersaing dengan hotel-hotel berbintang yang tumbuh pesat.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang Herman Sumaryono, Kamis mengakui pesatnya pertumbuhan usaha perhotelan di daerah itu tidak sebanding dengan pertumbuhan tingkat hunian (okupansi), sehingga hotel-hotel kelas melati kian terpuruk karena kalah bersaing dengan hotel berbintang.

"Bahkan, masa libur panjang sekolah yang dilanjutkan dengan cuti bersama perayaan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013, sejumlah hotel kelas melati sama sekali tidak ada yang reservasi. Kondisi ini kan sangat memprihatinkan, padahal momen spesial seperti ini harusnya panen," katanya.

Ia mengemukakan momen spesial tahun baru hotel melati tidak memiliki program spektakuler sebagai fasilitas tambahan bagi tamu. Berbeda dengan hotel berbintang yang selalu menyelenggarakan acara khusus dan tidak sedikit yang mendatangkan artis ibukota.

Herman mengakui, even-even khusus bagi tamu tersebut juga menjadi kendala bagi hotel melati karena terbatasnya anggaran, apalagi hotel bintang pun sekarang tarifnya tidak berbeda jauh dengan hotel-hotel melati.

Kondisi inilah, tegasnya, yang membuat hotel melati sulit bersaing dan berkembang. Hotel-hotel berbintang sekarang juga berani pasang tarif murah dengan berbagai ragam promo untuk menarik tamu.

"Pesatnya pertumbuhan hotel di daerah ini bisa memicu perang tarif. Namun, kami berharap hotel-hotel berbintang juga bermain di kelasnya, jangan memasang tarif murah yang bisa mematikan hotel-hotel melati," ujarnya.

Jumlah hotel di Kota Malang saat ini sebanyak 60 hotel dan 15 di antaranya adalah berbintang. Jumlah tersebut belum termasuk yang "launching" dalam beberapa bulan terakhir ini, bahkan pada 2013 sedikitnya ada 18 hotel baru yang bakal dibuka di Kota Malang.

Sejumlah hotel baru yang dibuka pada tahun ini di antaranya adalah Hotel Olino, Hotel Savana dan Amaris Hotel. Selain pesatnya pertumbuhan hotel, guest house di Kota Malang pertumbuhannya juga sangat pesat, terutama dengan cara mendesain rumah-rumah bangunan kuno menjadi guest house yang representatif yang membidik para wisatawan mancanegara. (ant/ed)

Muhaimin Pilih Tak Jadi Menteri

Pengamat politik Indonesian Public Institute Karyono Wibowo menilai Muhaimin Iskandar memilih untuk tidak menjadi menteri di pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dengan kembali menjadi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Korban Kebakaran Mendapat Santunan

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan santunan kepada warga Terbah, Kemin Hadi Wiyono, yang rumahnya mengalami kebakaran pada Minggu (31/8) malam.

Militer Lesotho Didesak Kembali ke Barak

Pemerintah Afrika Selatan pada Ahad (31/8) mendesak Pasukan Pertahanan Lesotho kembali ke barak mereka dan mengizinkan pemerintah yang terpilih secara demokratis di Kerajaan tersebut melaksanakan kegiatannya.

Pemprov Luncurkan Radio Suara Rakyat Hulondalo

Pemerintah Provinsi Gorontalo akhirnya meluncurkan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Suara Rakyat Hulondalo setelah LPPL itu mengudara dengan siaran percobaan kurang lebih dua bulan.

Pemkot Dukung 'Food Safety' Masuk Desa

Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), mendukung penuh dan siap membantu menyukseskan program "Food Safety" Masuk Desa dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Sultra.