Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PHRI Malang: Hotel Melati Terancam Gulung Tikar

phri perhimpunan hotel restoran indonesia, malang, hotel melati, gulung tikar

Posted on 20 Dec 2012. Hits : 403

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kota Malang, Jawa Timur, mengemukakan sejumlah hotel kelas melati di wilayah itu terancam gulung tikar karena kalah bersaing dengan hotel-hotel berbintang yang tumbuh pesat.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang Herman Sumaryono, Kamis mengakui pesatnya pertumbuhan usaha perhotelan di daerah itu tidak sebanding dengan pertumbuhan tingkat hunian (okupansi), sehingga hotel-hotel kelas melati kian terpuruk karena kalah bersaing dengan hotel berbintang.

"Bahkan, masa libur panjang sekolah yang dilanjutkan dengan cuti bersama perayaan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013, sejumlah hotel kelas melati sama sekali tidak ada yang reservasi. Kondisi ini kan sangat memprihatinkan, padahal momen spesial seperti ini harusnya panen," katanya.

Ia mengemukakan momen spesial tahun baru hotel melati tidak memiliki program spektakuler sebagai fasilitas tambahan bagi tamu. Berbeda dengan hotel berbintang yang selalu menyelenggarakan acara khusus dan tidak sedikit yang mendatangkan artis ibukota.

Herman mengakui, even-even khusus bagi tamu tersebut juga menjadi kendala bagi hotel melati karena terbatasnya anggaran, apalagi hotel bintang pun sekarang tarifnya tidak berbeda jauh dengan hotel-hotel melati.

Kondisi inilah, tegasnya, yang membuat hotel melati sulit bersaing dan berkembang. Hotel-hotel berbintang sekarang juga berani pasang tarif murah dengan berbagai ragam promo untuk menarik tamu.

"Pesatnya pertumbuhan hotel di daerah ini bisa memicu perang tarif. Namun, kami berharap hotel-hotel berbintang juga bermain di kelasnya, jangan memasang tarif murah yang bisa mematikan hotel-hotel melati," ujarnya.

Jumlah hotel di Kota Malang saat ini sebanyak 60 hotel dan 15 di antaranya adalah berbintang. Jumlah tersebut belum termasuk yang "launching" dalam beberapa bulan terakhir ini, bahkan pada 2013 sedikitnya ada 18 hotel baru yang bakal dibuka di Kota Malang.

Sejumlah hotel baru yang dibuka pada tahun ini di antaranya adalah Hotel Olino, Hotel Savana dan Amaris Hotel. Selain pesatnya pertumbuhan hotel, guest house di Kota Malang pertumbuhannya juga sangat pesat, terutama dengan cara mendesain rumah-rumah bangunan kuno menjadi guest house yang representatif yang membidik para wisatawan mancanegara. (ant/ed)

200 Peserta Ikuti Festival Bahari Alor

Sekitar 200 peserta lokal dan asing ditargetkan berpartisipasi dalam Festival bahari Alor dan Adventure Indonesia (FAI) yang akan digelar 15-20 September 2015 di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pemkab Tabanan Raih Penghargaan Bhakti Koperasi

Pemerintah Kabupaten Tabanan, Bali meraih piagam penghargaan Bakti Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM)2015 berkat prestasinya dalambidang koperasi dan UKM.

Pedagang Makanan Kembali Manfaatkan Kawasan CFD Palembang

Puluhan pedagang aneka jenis makanan dan barang lain kembali memanfaatkan kawasan hari bebas kendaraan bermotor atau 'Car Free Day/CFD' di jalan sekitar Taman Kambang Iwak dan Jalan Sudirman Palembang sebagai tempat berjualan.

Dhimam Kritik Koalisi Majapahit Soal Skor Cawali-Cawawali

Salah satu bakal Calon Wali Kota Surabaya, Dhimam Abror, mengkritik Koalisi Majapahit yang beranggotakan enam parpol terkait persoalan hasil verifikasi skor tertinggi cawali-cawawali yang tidak diumumkan ke publik.

Cendekiawan : Politik Kebangsaan NU Tidak Perlu Diragukan

Cendekiawan muda Nahdlatul Ulama Dr Ifan Haryanto M.