Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Penuhi Suku Cadang Esemka Perlu Alih Teknologi

pt solo manufaktur kreasi, mobil esemka, alih teknologi, fx hadi rudyatmo

Posted on 03 Jun 2013. Hits : 355

Manajemen PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang menangani mobil Esemka perlu melakukan alih teknologi, dalam rangka mengantisipasi kebutuhan sebagian suku cadang pembuatan mobil tersebut.

'Bagian-bagian seperti Electronic Control Unit (ECU), ring piston dan dinamo stater memang masih diimpor dari China. Makanya, alih teknologi itu diperlukan sehingga ke depan sparepart Esemka sepenuhnya dipenuhi dari UKM di dalam negeri,' kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo kepada pers di Solo, Senin.

Ia mengatakan, penyediaan seluruh komponen dari dalam negeri tersebut idealnya bisa dilakukan dalam dua tahun mendatang. 'Dengan alih teknologi, saya yakin lama-lama penyediaan suku cadang bisa dipenuhi dengan mudah.' Dikatakan, kendati demikian, pihaknya tidak berwenang untuk mencampuri pengelolaan PT SMK, termasuk persoalan ketersediaan suku cadang dan mundurnya UKM rekanan PT SMK.

'Tugas saya hanya memperjuangkan agar Esemka lulus uji emisi dan mengusulkan perbaikan teknis terhadap prototype Esemka. Saat ini, seluruh pengelolaan berada di bawah kendali PT SMK,' kata FX Hadi Rudyatmo.

Diberitakan sebelumnya, puluhan pelaku UKM yang menjadi rekanan PT SMK mengundurkan diri dari kerja sama produksi mobil tersebut. Direktur PT SMK, Sulistyo Rabono mengungkapkan, mundurnya UKM tersebut turut mempengaruhi molornya waktu produksi dari jadwal semula.(ant/rd)

Sekjen PBB 'Sangat Prihatin' Dengan Pembunuhan Tokoh Terkenal Di Ukraina

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada Jumat (17/4) mengatakan ia 'sangat prihatin' dengan laporan mengenai pembunuhan tokoh terkenal di Ukraina belum lama ini, dan mengatakan kejahatan semacam itu mesti segera diselidiki.

Tobasa Bentuk Klinik Pertanian Atasi Ancaman Hama

Pemkab Toba Samosir (Tobasa) Sumatera Utara merencanakan pembentukan klinik-klinik pertanian yang dilengkapi laboratorium.

Kota Bengkulu Butuh Anggaran Triliunan Bangun Pariwisata

Pemerintah Kota Bengkulu menyatakan bahwa kota itu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit untuk membangun sektor pariwisata, bahkan mencapai triliunan rupiah.

Nelayan Tabanan Keluhkan Harga Lobster Turun Drastis

Masyarakat nelayan di Kabupaten Tabanan, Bali mengeluhkan harga lobster di pasaran turun drastis akibat adanya aturan bahwa penangkapan jenis ikan itu ukurannya harus yang melebihi 200 gram per ekornya.

Pemkot Bogor Tindak Minimarket Jual Minuman Beralkohol

Pemerintah Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, siap menindak tegas minimarket yang melanggar Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 6/M-DAG/PER/1/2015 tentang Larangan Menjual Minuman Beralkohol Golongan A.