Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Penuhi Suku Cadang Esemka Perlu Alih Teknologi

pt solo manufaktur kreasi, mobil esemka, alih teknologi, fx hadi rudyatmo

Posted on 03 Jun 2013. Hits : 355

Manajemen PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang menangani mobil Esemka perlu melakukan alih teknologi, dalam rangka mengantisipasi kebutuhan sebagian suku cadang pembuatan mobil tersebut.

'Bagian-bagian seperti Electronic Control Unit (ECU), ring piston dan dinamo stater memang masih diimpor dari China. Makanya, alih teknologi itu diperlukan sehingga ke depan sparepart Esemka sepenuhnya dipenuhi dari UKM di dalam negeri,' kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo kepada pers di Solo, Senin.

Ia mengatakan, penyediaan seluruh komponen dari dalam negeri tersebut idealnya bisa dilakukan dalam dua tahun mendatang. 'Dengan alih teknologi, saya yakin lama-lama penyediaan suku cadang bisa dipenuhi dengan mudah.' Dikatakan, kendati demikian, pihaknya tidak berwenang untuk mencampuri pengelolaan PT SMK, termasuk persoalan ketersediaan suku cadang dan mundurnya UKM rekanan PT SMK.

'Tugas saya hanya memperjuangkan agar Esemka lulus uji emisi dan mengusulkan perbaikan teknis terhadap prototype Esemka. Saat ini, seluruh pengelolaan berada di bawah kendali PT SMK,' kata FX Hadi Rudyatmo.

Diberitakan sebelumnya, puluhan pelaku UKM yang menjadi rekanan PT SMK mengundurkan diri dari kerja sama produksi mobil tersebut. Direktur PT SMK, Sulistyo Rabono mengungkapkan, mundurnya UKM tersebut turut mempengaruhi molornya waktu produksi dari jadwal semula.(ant/rd)

Disdukcapil Kudus Cetak 4.970 E-KTP

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, hingga kini mencetak 4.

Empat Basarnas Gabungan Sisir Perairan Sulbar

Basarnas dari Denpasar, Balikpapan dan Palu ikut membantu Basarnas Makassar yang melakukan penyisiran korban pesawat AirAsia QZ8501 di Perairan Majene, Sulawesi Barat dan Perairan Pinrang, Sulawesi Selatan.

Wali Kota Minta Pengelola Puskesmas Disiplin Waktu

Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano meminta kepada para pengelola belasan Puskesmas yang ada di daerah itu agar disiplin waktu dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Purbalingga Alokasikan Anggaran Untuk Perajin Batu Akik

Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, pada APBD 2015 telah mengalokasikan dana sekitar Rp900 juta untuk membantu peralatan bagi perajin batu akik, kata Wakil Bupati Purbalingga Tasdi.

Pebisnis Nasional Jajaki Peluang Pasar Eropa Tengah-Timur

Pelaku bisnis nasional akan menjajaki peluang pasar Eropa Tengah dan Timur untuk memperluas bisnis di kawasan tersebut.