Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Penuhi Suku Cadang Esemka Perlu Alih Teknologi

pt solo manufaktur kreasi, mobil esemka, alih teknologi, fx hadi rudyatmo

Posted on 03 Jun 2013. Hits : 355

Manajemen PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang menangani mobil Esemka perlu melakukan alih teknologi, dalam rangka mengantisipasi kebutuhan sebagian suku cadang pembuatan mobil tersebut.

'Bagian-bagian seperti Electronic Control Unit (ECU), ring piston dan dinamo stater memang masih diimpor dari China. Makanya, alih teknologi itu diperlukan sehingga ke depan sparepart Esemka sepenuhnya dipenuhi dari UKM di dalam negeri,' kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo kepada pers di Solo, Senin.

Ia mengatakan, penyediaan seluruh komponen dari dalam negeri tersebut idealnya bisa dilakukan dalam dua tahun mendatang. 'Dengan alih teknologi, saya yakin lama-lama penyediaan suku cadang bisa dipenuhi dengan mudah.' Dikatakan, kendati demikian, pihaknya tidak berwenang untuk mencampuri pengelolaan PT SMK, termasuk persoalan ketersediaan suku cadang dan mundurnya UKM rekanan PT SMK.

'Tugas saya hanya memperjuangkan agar Esemka lulus uji emisi dan mengusulkan perbaikan teknis terhadap prototype Esemka. Saat ini, seluruh pengelolaan berada di bawah kendali PT SMK,' kata FX Hadi Rudyatmo.

Diberitakan sebelumnya, puluhan pelaku UKM yang menjadi rekanan PT SMK mengundurkan diri dari kerja sama produksi mobil tersebut. Direktur PT SMK, Sulistyo Rabono mengungkapkan, mundurnya UKM tersebut turut mempengaruhi molornya waktu produksi dari jadwal semula.(ant/rd)

Jokowi Dilarang Jadi Ketum PDIP

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Maruara Sirait mengingatkan agar presiden terpilih Joko Widodo tidak boleh menjadi Ketua Umum DPP PDI-P karena sudah menjadi milik bangsa dan agar konsisten dengan janjinya.

Palangkaraya Terus Benahi Aset

Pemerintah Kota Palangka Raya, hingga kini terus membenahi masalah data aset terkait pemberian penilaian disclaimer atau tidak memberikan pendapat dari Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Kalimantan Tengah belum lama ini.

Indonesia-Australia Sepakati Kerja Sama Intelijen

Indonesia dan Australia menyepakati kerja sama intelijen dalam kerangka kerja sama keamanan atau Traktat Lombok di Nusa Dua Bali, Kamis.

Perbankan Dorong Program Transaksi non-Tunai

Perbankan mendukung program transaksi nontunai yang dicanangkan oleh Pemerintah melalui Bank Indonesia beberapa waktu laluKepala Kanwil II BCA Jateng-DIY Ratna Yanti.

Pemkab Buat Titik 0 KM

Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan membangun relokasi pedagang kaki lima dan membangun titik 0 kilometer untuk menunjang kunjungan wisata yang beberapa tahun ini mengalami peningkatan signigikan.