Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Penuhi Suku Cadang Esemka Perlu Alih Teknologi

pt solo manufaktur kreasi, mobil esemka, alih teknologi, fx hadi rudyatmo

Posted on 03 Jun 2013. Hits : 355

Manajemen PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang menangani mobil Esemka perlu melakukan alih teknologi, dalam rangka mengantisipasi kebutuhan sebagian suku cadang pembuatan mobil tersebut.

'Bagian-bagian seperti Electronic Control Unit (ECU), ring piston dan dinamo stater memang masih diimpor dari China. Makanya, alih teknologi itu diperlukan sehingga ke depan sparepart Esemka sepenuhnya dipenuhi dari UKM di dalam negeri,' kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo kepada pers di Solo, Senin.

Ia mengatakan, penyediaan seluruh komponen dari dalam negeri tersebut idealnya bisa dilakukan dalam dua tahun mendatang. 'Dengan alih teknologi, saya yakin lama-lama penyediaan suku cadang bisa dipenuhi dengan mudah.' Dikatakan, kendati demikian, pihaknya tidak berwenang untuk mencampuri pengelolaan PT SMK, termasuk persoalan ketersediaan suku cadang dan mundurnya UKM rekanan PT SMK.

'Tugas saya hanya memperjuangkan agar Esemka lulus uji emisi dan mengusulkan perbaikan teknis terhadap prototype Esemka. Saat ini, seluruh pengelolaan berada di bawah kendali PT SMK,' kata FX Hadi Rudyatmo.

Diberitakan sebelumnya, puluhan pelaku UKM yang menjadi rekanan PT SMK mengundurkan diri dari kerja sama produksi mobil tersebut. Direktur PT SMK, Sulistyo Rabono mengungkapkan, mundurnya UKM tersebut turut mempengaruhi molornya waktu produksi dari jadwal semula.(ant/rd)

Honda Minta Maaf Pada Stoner Atas Insiden Suzuka

Honda Racing telah meminta maaf kepada pebalap Australia Casey Stoner atas kerusakan katup sehingga mengakibatkan kecelakaan di ajang ketahanan "Suzuka 8 Jam" pada akhir pekan lalu dan mengakibatkan mantan juara dunia MotoGP itu menderita beberapa patah tulang.

Menu Kepah Khas Rupat Utara Semakin Diminati

Menu masakan dari kepah atau siput gayam merupakan sejenis kerang-kerangan air asin yang mudah didapat di Pantai Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengklais, Riau semakin diminati.

Dekranasda Samarinda Perkenalkan Batik Bermotif Ikan Pesut

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Samarinda, Kalimantan Timur, akan memperkenalkan batik bermotif Ikan Pesut pada pameran Hari Koperasi ke-68 tingkat Provinsi Kalimantan Timur, yang rencananya dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Panwas Pilkada Supiori Melapor Ke Bawaslu

Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kepala Daerah (Panwas Pilkada) Kabupaten Supiori, melapor ke Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia di Jakarta dan Bawaslu Provinsi Papua terkait dengan ketiadaan pengalokasian dana hibah pilkada serentak.