Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Penuhi Suku Cadang Esemka Perlu Alih Teknologi

pt solo manufaktur kreasi, mobil esemka, alih teknologi, fx hadi rudyatmo

Posted on 03 Jun 2013. Hits : 355

Manajemen PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang menangani mobil Esemka perlu melakukan alih teknologi, dalam rangka mengantisipasi kebutuhan sebagian suku cadang pembuatan mobil tersebut.

'Bagian-bagian seperti Electronic Control Unit (ECU), ring piston dan dinamo stater memang masih diimpor dari China. Makanya, alih teknologi itu diperlukan sehingga ke depan sparepart Esemka sepenuhnya dipenuhi dari UKM di dalam negeri,' kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo kepada pers di Solo, Senin.

Ia mengatakan, penyediaan seluruh komponen dari dalam negeri tersebut idealnya bisa dilakukan dalam dua tahun mendatang. 'Dengan alih teknologi, saya yakin lama-lama penyediaan suku cadang bisa dipenuhi dengan mudah.' Dikatakan, kendati demikian, pihaknya tidak berwenang untuk mencampuri pengelolaan PT SMK, termasuk persoalan ketersediaan suku cadang dan mundurnya UKM rekanan PT SMK.

'Tugas saya hanya memperjuangkan agar Esemka lulus uji emisi dan mengusulkan perbaikan teknis terhadap prototype Esemka. Saat ini, seluruh pengelolaan berada di bawah kendali PT SMK,' kata FX Hadi Rudyatmo.

Diberitakan sebelumnya, puluhan pelaku UKM yang menjadi rekanan PT SMK mengundurkan diri dari kerja sama produksi mobil tersebut. Direktur PT SMK, Sulistyo Rabono mengungkapkan, mundurnya UKM tersebut turut mempengaruhi molornya waktu produksi dari jadwal semula.(ant/rd)

Ibrahimovic Masuk Tim Psg Untuk Pertandingan Melawan Monaco

Zlatan Ibrahimovic berpeluang melakukan penampilan perdananya di Liga Prancis musim ini pada pertandingan Minggu di markas AS Monaco, setelah ia memulihkan diri dari cedera.

Bayern Dilaporkan Siap Rekrut Pemain Muda Juventus Coman

Juara Jerman Bayern Munich siap merekrut pemain sayap Prancis U-21 Kingsley Coman dari Juventus, menurut laporan-laporan media pada Sabtu.

260 Nelayan Asal Myanmar Belum Dipulangkan

Sebanyak 260 nelayan asal Myanmar yang pernah bekerja pada perusahaan perikanan di Kabupaten Kepulauan Aru belum dipulangkan ke negara asal mereka dan masih ditampung di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tantui, Ambon, Maluku.

Gubernur Bali Ingatkan Jajaran Mampu Kelola Perubahan

Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengingatkan jajarannya agar mampu mengelola perubahan dan menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan global yang sangat cepat sehingga program pembangunan tetap bermanfaat bagi masyarakat.

Seniman Amang Paparkan Sejarah FSS Lewat Buku

Seniman Amang Mawardi memaparkan bahwa sejarah Festival Seni Surabaya (FSS) lewat sebuah tulisan yang dirangkum lewat karya bukunya berjudul 'Dalam Lintasan Seni'.