Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Penuhi Suku Cadang Esemka Perlu Alih Teknologi

pt solo manufaktur kreasi, mobil esemka, alih teknologi, fx hadi rudyatmo

Posted on 03 Jun 2013. Hits : 355

Manajemen PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang menangani mobil Esemka perlu melakukan alih teknologi, dalam rangka mengantisipasi kebutuhan sebagian suku cadang pembuatan mobil tersebut.

'Bagian-bagian seperti Electronic Control Unit (ECU), ring piston dan dinamo stater memang masih diimpor dari China. Makanya, alih teknologi itu diperlukan sehingga ke depan sparepart Esemka sepenuhnya dipenuhi dari UKM di dalam negeri,' kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo kepada pers di Solo, Senin.

Ia mengatakan, penyediaan seluruh komponen dari dalam negeri tersebut idealnya bisa dilakukan dalam dua tahun mendatang. 'Dengan alih teknologi, saya yakin lama-lama penyediaan suku cadang bisa dipenuhi dengan mudah.' Dikatakan, kendati demikian, pihaknya tidak berwenang untuk mencampuri pengelolaan PT SMK, termasuk persoalan ketersediaan suku cadang dan mundurnya UKM rekanan PT SMK.

'Tugas saya hanya memperjuangkan agar Esemka lulus uji emisi dan mengusulkan perbaikan teknis terhadap prototype Esemka. Saat ini, seluruh pengelolaan berada di bawah kendali PT SMK,' kata FX Hadi Rudyatmo.

Diberitakan sebelumnya, puluhan pelaku UKM yang menjadi rekanan PT SMK mengundurkan diri dari kerja sama produksi mobil tersebut. Direktur PT SMK, Sulistyo Rabono mengungkapkan, mundurnya UKM tersebut turut mempengaruhi molornya waktu produksi dari jadwal semula.(ant/rd)

Kalla Minta Kedua Kubu Golkar 'Cooling Down'

Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta kedua kubu Partai Golkar, baik Aburizal Bakrie maupun Agung Laksono, untuk saling menahan diri guna menemukan jalan keluar yang baik bagi partai beringin tersebut.

Iwan Fals Diharapkan Jadi Penyemangat Pembangunan Desa

Penyanyi legendaris Iwan Fals diharapkan bisa menjadi penyemangat bagi para pemangku kepentingan untuk membangun desa, demikian kata Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar.

Fadli Zon: Kemenkominfo Harus Jelaskan Pemblokiran Situs

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai Menteri Hukum dan HAM harus menjelaskan alasan pemblokiran 19 situs atau media online yang diduga menyebarkan paham radikal di Indonesia.

Satpol Segel Bangunan Radiologi RS Mardi Rahayu

Satuan Polisi Pamong Praja Kudus, Jawa Tengah, Selasa, menyegel bangunan radiologi berlantai tiga milik Rumah Sakit Mardi Rahayu karena belum mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB).

Penertiban Swalayan Surabaya Tanpa Target Waktu

Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kota Surabaya menilai penertiban ratusan toko swalayan tak berizin yang sudah dimulai pada Senin (29/3) tidak memiliki target waktu.