Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Penuhi Suku Cadang Esemka Perlu Alih Teknologi

pt solo manufaktur kreasi, mobil esemka, alih teknologi, fx hadi rudyatmo

Posted on 03 Jun 2013. Hits : 355

Manajemen PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang menangani mobil Esemka perlu melakukan alih teknologi, dalam rangka mengantisipasi kebutuhan sebagian suku cadang pembuatan mobil tersebut.

'Bagian-bagian seperti Electronic Control Unit (ECU), ring piston dan dinamo stater memang masih diimpor dari China. Makanya, alih teknologi itu diperlukan sehingga ke depan sparepart Esemka sepenuhnya dipenuhi dari UKM di dalam negeri,' kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo kepada pers di Solo, Senin.

Ia mengatakan, penyediaan seluruh komponen dari dalam negeri tersebut idealnya bisa dilakukan dalam dua tahun mendatang. 'Dengan alih teknologi, saya yakin lama-lama penyediaan suku cadang bisa dipenuhi dengan mudah.' Dikatakan, kendati demikian, pihaknya tidak berwenang untuk mencampuri pengelolaan PT SMK, termasuk persoalan ketersediaan suku cadang dan mundurnya UKM rekanan PT SMK.

'Tugas saya hanya memperjuangkan agar Esemka lulus uji emisi dan mengusulkan perbaikan teknis terhadap prototype Esemka. Saat ini, seluruh pengelolaan berada di bawah kendali PT SMK,' kata FX Hadi Rudyatmo.

Diberitakan sebelumnya, puluhan pelaku UKM yang menjadi rekanan PT SMK mengundurkan diri dari kerja sama produksi mobil tersebut. Direktur PT SMK, Sulistyo Rabono mengungkapkan, mundurnya UKM tersebut turut mempengaruhi molornya waktu produksi dari jadwal semula.(ant/rd)

Makassar Gelar Parade Budaya Di HUT 407

Pemerintah Kota Makassar akan menggelar parade budaya pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-407 Kota Makassar, November 2014, dan semua etnis yang bermukim di kota ini akan dilibatkan.

Penjualan BBM Bersubsidi Rejanglebong Lancar

Penjualan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada sejumlah tempat di Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, hingga saat ini masih lancar dan belum ditemukan adanya antrean kendaraan yang akan mendapatkannya.

Bupati Banjar Lepas 330 Calon Haji

Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, Khairul Saleh melepas 330 calon haji Kabupaten Banjar yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci dalam tiga kali pemberangkatan.

Sekda Instruksikan Penarikan Paksa Mobil Dinas Dewan

Sekretaris Daerah Kota Bekasi Rayendra Sukarmadji akan menginstruksikan jajarannya untuk menarik paksa 21 unit mobil dinas dari tangan mantan anggota legislatif setempat.

Kajari Toboali Kunjungi Mess Atlet Porprov

Kepala Kejaksaan Negeri Toboali beserta Kapolres Bangka Selatan, Bangka Belitung, melakukan mengunjungi mess karantina atlet porprov di gedung Diklat Perkantoran Pemkab Bangka Selatan, Senin.