Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Penuhi Suku Cadang Esemka Perlu Alih Teknologi

pt solo manufaktur kreasi, mobil esemka, alih teknologi, fx hadi rudyatmo

Posted on 03 Jun 2013. Hits : 355

Manajemen PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang menangani mobil Esemka perlu melakukan alih teknologi, dalam rangka mengantisipasi kebutuhan sebagian suku cadang pembuatan mobil tersebut.

'Bagian-bagian seperti Electronic Control Unit (ECU), ring piston dan dinamo stater memang masih diimpor dari China. Makanya, alih teknologi itu diperlukan sehingga ke depan sparepart Esemka sepenuhnya dipenuhi dari UKM di dalam negeri,' kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo kepada pers di Solo, Senin.

Ia mengatakan, penyediaan seluruh komponen dari dalam negeri tersebut idealnya bisa dilakukan dalam dua tahun mendatang. 'Dengan alih teknologi, saya yakin lama-lama penyediaan suku cadang bisa dipenuhi dengan mudah.' Dikatakan, kendati demikian, pihaknya tidak berwenang untuk mencampuri pengelolaan PT SMK, termasuk persoalan ketersediaan suku cadang dan mundurnya UKM rekanan PT SMK.

'Tugas saya hanya memperjuangkan agar Esemka lulus uji emisi dan mengusulkan perbaikan teknis terhadap prototype Esemka. Saat ini, seluruh pengelolaan berada di bawah kendali PT SMK,' kata FX Hadi Rudyatmo.

Diberitakan sebelumnya, puluhan pelaku UKM yang menjadi rekanan PT SMK mengundurkan diri dari kerja sama produksi mobil tersebut. Direktur PT SMK, Sulistyo Rabono mengungkapkan, mundurnya UKM tersebut turut mempengaruhi molornya waktu produksi dari jadwal semula.(ant/rd)

Bisnis Online Rugikan Indonesia

Ciber Park Indonesia, menyatakan bisnis online telah merugikan Indonesia miliaran dolar karena pengawasan pajak dari transaksi online belum tersentuh sama sekali.

PPP Gabung Dengan Golkar

Partai Persatuan Pembangunan akan bergabung dengan Fraksi Partai Golkar di DPRD Sumatera Selatan, karena perolehan kursinya tidak mencukupi untuk membentuk fraksi.

Perkantoran Kupang Terganggu Pemadaman Listrik

Pemadaman listrik secara bergilir sejak Senin (29/9), cukup mengganggu aktivitas perkantoran dan usaha di Kupang, ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sungai Kalimalang Menghitam

Warga di sekitar bantaran Sungai Kalimalang, Cipinang Melayu, mengeluhkan air sungai yang tiba-tiba menjadi hitam dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Pembagian Cukai Rokok Rendah

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan bagi hasil penerimaan cukai rokok untuk daerah nisbi rendah, sehingga dia tidak segan untuk melakukan pengendalian tembakau di daerahnya.