Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemerintah Pastikan Bitung dan Palu Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

bitung, kawasan ekonomi khusus, sulawesi tengah

Posted on 26 Jul 2013. Hits : 233

Pemerintah memastikan penetapan Bitung di Sulawesi Utara dan Palu di Sulawesi Tengah, sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), karena dua wilayah tersebut telah memenuhi evaluasi dan memiliki persyaratan memadai.

"Diperkirakan tahun ini yang pasti akan segera kita keluarkan adalah Bitung dan Palu, karena mereka telah siap, bahkan pembangunan jalan tol Manado-Bitung akan dilakukan tahun ini," ujar Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa seusai rapat koordinasi membahas pengusulan KEK di Jakarta, Jumat.

Hatta mengatakan saat ini sejumlah perusahaan bersiap untuk berinvestasi di kawasan Bitung, sedangkan Palu dianggap cocok sebagai kawasan ekonomi khusus karena memiliki potensi dalam bidang pertanian dan pertambangan.

"Perusahaan yang masuk di Bitung, sudah siap. Sedangkan untuk Palu, seluruh prasyarat sudah terpenuhi, kita harapkan daerah tersebut akan berkembang karena memiliki potensi untuk pembangunan smelter," katanya.

Sementara, untuk penetapan Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Maloy di Kalimantan Timur dan Tanjung Api-Api di Sumatera Selatan sebagai KEK, masih belum dapat dilakukan karena belum memenuhi syarat.

"Kami meminta pemerintah daerah untuk melengkapi (persyaratan) seperti Mandalika dan Tanjung Api-Api, ini sudah hampir selesai, tapi masih menunggu blue print atau rencana perluasan pembangunan kawasan. Sedangkan untuk Maloy, kami menunggu konfirmasi pemerintah daerah," ujarnya.

Terkait perkembangan di KEK Sei Mangke, Sumatera Utara, Hatta memastikan masa produksi dari perusahaan yang berinvestasi di kawasan tersebut, PT Unilever, akan dimulai pada Oktober 2014.

"Produksi akan mulai Oktober 2014, dan itu akan menjadi satu-satunya perusahaan hilirisasi. Sedangkan, pelabuhan untuk curah segera selesai sebelum Oktober 2014 di Kuala Tanjung, demikian pula pelabuhan samudera dan kontainer mulai dibangun tahun depan," ujarnya.

Hatta mengharapkan kawasan Sei Mangke tersebut akan terintegrasi secara maksimal, dengan wilayah Kuala Tanjung, setelah pengelolaan PT Inalum beralih ke tangan pemerintah pada November 2013.

"Kawasan itu akan sangat ideal, karena adanya gerbang barat, selain Kuala Tanjung ada disitu, ada Inalum yang akan kita jadikan industri berbasis mineral alumina dan tentunya hilirisasi," ujarnya. (ant/as)

Masalah Rumah Bkala Selesai Pada 2030

Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) optimistis masalah "backlog" atau kekurangan ketersediaan rumah di Tanah Air dapat terselesaikan pada tahun 2030 dengan adanya upaya kerja sama dari berbagai pihak.

Ratusan Pedagang Demo Balai Kota

Seratusan pedagang Pasar Atjeh, Banda Aceh, berdemonstrasi di balai kota setempat, menuntut Wali Kota Banda Aceh mencabut larangan parkir di Jalan Diponegoro.

Putin Dituding Tawarkan Wilayah Ukraina Untuk Polandia

Ketua parlemen Polandia, Radoslaw Sikorski, mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin pada 2008 lalu pernah menawari Warsawa untuk membagi Ukraina menjadi dua wilayah sehingga bisa dikuasai kedua negara tersebut.

Bukit Asam Akuisisi Saham Bumi Sawindo

Perusahaan tambang batubara PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melalui anak usahanya PT Bukit Multi Investama (BMI) menyelesaikan akuisisi seluruh saham PT Bumi Sawindo Permai (BSP) guna mendukung pengembangan usaha grup perseroan secara berkelanjutan.

PBK OKU Tangani 50 Peristiwa Kebakaran

Dinas Penanggulangan Bencana Kebakaran Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, selama tiga bulan terakhir mencatat telah menangani 50 peristiwa musibah kebakaran di wilayah itu, namun tidak ada korban jiwa.