Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemadaman Listrik di Pasaman Akibat Gangguan Teknis

pln, pemadaman, listrik, pasaman

Posted on 05 Nov 2012. Hits : 548

PT PLN Ranting Lubuk Sikaping menyatakan pemadaman listrik di Pasaman diakibatkan gangguan teknis yang terjadi di dua arah, yakni dari gardu induk Bukittinggi dan Talu Simpang Ampek.

"Cuaca berupa angin kencang dan hujan lebat yang terjadi di Pasaman menyebabkan kerusakan jaringan listrik di beberapa titik, sehingga lampu di Pasaman mati total sejak kemarin (Minggu, 4/11)," kata Supervisor teknik PLN Kabupaten Pasaman Agus Salim di Lubuk Sikaping, Senin.

Ia mengatakan, belum diketahui lokasi pasti kerusakan jaringan listrik tersebut, namun diperkirakan gangguan terjadi pada pass tegangan di PTS atau pemutusan sementara dari Talu Simpang Ampek, Pasaman Barat.

Selain itu juga ada korsleting pada "double swich" di jaringan yang berasal dari Bukittinggi, tepatnya di sekitar Pelupuh dan Padang Hijau.

Menurut dia, pihak PLN sudah menurunkan sejumlah personel untuk menyusuri jaringan yang diperkirakan rusak tersebut agar secepatnya hidup kembali sehingga dapat menjawab keluhan warga.

Dia mengatakannya, kondisi jaringan yang melewati kawasan hutan membuat petugas sedikit kewalahan untuk mencari sumber kerusakan.

Sehingga dengan kondisi tersebut pencarian kerusakan dilakukan dengan penelusuran dari segala arah melalui pertolongan petugas di daerah tetangga.

"Petugas dari Pasaman menelusuri jaringan yang berada di dalam kawasan hutan menembus PTS Ampalu dan Bukittinggi, begitu juga dengan petugas yang ada dari dua daerah ini menelusuri menuju Pasaman," kata dia.

Dia menambahkan, setiap terjadi kerusakan jaringan listrik waktu yang paling lama adalah melakukan pencarian sumber kerusakan.

Sedangkan, jika sumber kerusakan sudah diketahui masa untuk perbaikan akan dapat dilakukan dalam waktu yang cepat.

"Kita akan terus mengoptimalkan petugas sehingga pada hari ini listrik di Pasaman akan dapat kembali menyala," kata dia. (ant/as)

Geolog : Cadangan Migas Mahakam Masih Besar

Geolog Rovicky Dwi Putrohari mengatakan cadangan minyak dan gas bumi di Blok Mahakam, Kalimantan Timur, masih cukup besar.

Pembalakan Liar Masih Marak Di Lumbanjulu

Aksi pembalakan liar masih marak di Lumbanjulu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, kata aktivis lingkungan Marandus Sirait, Minggu.

Presiden Jokowi Diharapkan Hadiri Hari Nusantara 2014

Ketua Komisi II bidang ekonomi dan keuangan DPRD Kalimantan Selatan Muharram mengharapkan kehadiran Presiden Joko Widodo pada puncak peringatan nasional Hari Nusantara 2014 di Kotabaru pada 13 Desember 2014.

Wagub Bali Hadiri Kegiatan Ritual 'Mendem Pedagingan'

Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta menghadiri kegiatan ritual 'Mendem Pedagingan' dan peresmian Balai Banjar Adat Umakepuh, Desa Adat Buduk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Sabtu malam.

Tarif Bus Di Simalungun Naik 25 Persen

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara dan Organda, sepakat menaikkan tarif angkutan umum (bus) sebesar 25 persen, dan pelajar 15 persen.