Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemadaman Listrik di Pasaman Akibat Gangguan Teknis

pln, pemadaman, listrik, pasaman

Posted on 05 Nov 2012. Hits : 548

PT PLN Ranting Lubuk Sikaping menyatakan pemadaman listrik di Pasaman diakibatkan gangguan teknis yang terjadi di dua arah, yakni dari gardu induk Bukittinggi dan Talu Simpang Ampek.

"Cuaca berupa angin kencang dan hujan lebat yang terjadi di Pasaman menyebabkan kerusakan jaringan listrik di beberapa titik, sehingga lampu di Pasaman mati total sejak kemarin (Minggu, 4/11)," kata Supervisor teknik PLN Kabupaten Pasaman Agus Salim di Lubuk Sikaping, Senin.

Ia mengatakan, belum diketahui lokasi pasti kerusakan jaringan listrik tersebut, namun diperkirakan gangguan terjadi pada pass tegangan di PTS atau pemutusan sementara dari Talu Simpang Ampek, Pasaman Barat.

Selain itu juga ada korsleting pada "double swich" di jaringan yang berasal dari Bukittinggi, tepatnya di sekitar Pelupuh dan Padang Hijau.

Menurut dia, pihak PLN sudah menurunkan sejumlah personel untuk menyusuri jaringan yang diperkirakan rusak tersebut agar secepatnya hidup kembali sehingga dapat menjawab keluhan warga.

Dia mengatakannya, kondisi jaringan yang melewati kawasan hutan membuat petugas sedikit kewalahan untuk mencari sumber kerusakan.

Sehingga dengan kondisi tersebut pencarian kerusakan dilakukan dengan penelusuran dari segala arah melalui pertolongan petugas di daerah tetangga.

"Petugas dari Pasaman menelusuri jaringan yang berada di dalam kawasan hutan menembus PTS Ampalu dan Bukittinggi, begitu juga dengan petugas yang ada dari dua daerah ini menelusuri menuju Pasaman," kata dia.

Dia menambahkan, setiap terjadi kerusakan jaringan listrik waktu yang paling lama adalah melakukan pencarian sumber kerusakan.

Sedangkan, jika sumber kerusakan sudah diketahui masa untuk perbaikan akan dapat dilakukan dalam waktu yang cepat.

"Kita akan terus mengoptimalkan petugas sehingga pada hari ini listrik di Pasaman akan dapat kembali menyala," kata dia. (ant/as)

Warga Binjai Serbu Pasar Murah

Pasar murah yang digelar Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara, diserbu warga demi mendapatkan sembilan bahan pokok rumah tangga yang dijual menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Beruang Madu Tak Ganggu Warga Rohul

Beruang madu yang dikabarkan telah memasuki pemukiman sejak beberapa pekan lalu tak mengganggu warga yang tengah beraktivitas, kata Kepala Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah, Azmi Jumairi, di Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan hulu (Rohul), Riau, Rabu.

Padang Perlu Kembangkan UMKMK

Anggota Komisi III Bidang Pembangunan DPRD Kota Padang, Sumatera Barat, Muzni Zen mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Padang perlu terus mengembangkan kegiatan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK).

Bupati Bantul : Wanita Layak Jadi Pemimpin

Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Surya Widati mengatakan, wanita layak dan mampu menjadi pemimpin bahkan hingga tataran dunia mengingat dalam sejarah tercatat sejumlah kaum hawa yang jadi pemimpin.

Kehadiran Atase Agama Sudah Mendesak

Ketua Komisi VIII DPR RI Saleh Partaonan Daulay menyatakan, kehadiran atase agama di beberapa negara sudah dirasakan mendesak, karena negara sudah tergolong mengabaikan kepentingan warganya terkait urusan pernikahan, pelayanan keagamaan dan kependudukan.