Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Meski Penyeberangan Sepi, ASDP Tetap Operasikan 28 Kapal

asdp, penyebarangan kapal, bakauheni, lampung selatang, merak

Posted on 15 Mar 2013. Hits : 514

PT ASDP Indonesia Ferry menyebutkan pihaknya tetap mengoperasikan 28 kapal feri untuk menyeberangkan penumpang, barang, dan kendaraan dari Sumatera ke Jawa maupun sebaliknya meski arus penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni dan Merak agak lengang belakangan ini.

"Arus penyeberangan sekarang lancar. Tidak terjadi antrean panjang kendaraan di areal pelabuhan. Waktu tempuh pelayaran kapal juga sesuai target karena kondisi cuaca juga cukup baik," kata Manager Operasi PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, di Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat.

Waktu tempuh pelayaran rute Bakauhenu-Merak berkisar 2-2,5 jam.

Pelabuhan Merak dan Bakauheni adalah pelabuhan penyeberangan utama yang menghubungkan Sumatera dan Jawa. Dengan demikian, hampir seluruh barang dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya dikirimkan melalui kedua pelabuhan penyeberangan itu.

Menurut Heru, kenaikan harga sejumlah komoditas asal Jawa di Sumatera tidak ada kaitannya dengan faktor penyeberangan karena tidak ada antrean panjang kendaraan di Bakauheni dan Merak.

Dalam seminggu hari terakhir, harga bawang di Lampung terus melambung, dan sekarang harga bawang merah telah mencapai Rp60.000 per kilogram dan bawang putih Rp55.000/kg. Pasokan kedua komoditas itu didatangkan dari Jawa dengan menggunakan jasa pelabuhan penyeberangan Merak dan Banten.

Selain itu, kata Heru, juga arus pengiriman barang nonsembako dari Sumatera ke Jawa juga berkurang belakangan ini. Hal itu terlihat dari tidak adanya antrean panjang truk barang di Bakauheni. (ant/as)

STIKOM Buka Puasa Bersama 107 Anak Yatim

Sekolah Tinggi Informatika dan Tehnik Komputer (Stikom) Bali bekerja sama dengan Ikatan Cendekiawan Muslim (ICMI) setempat mengadakan buka puasa bersama dengan 107 anak yatim dan dhuafa di kampus setempat.

Musyawarah Cabang PWI Sulut 24 Juli 2015

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sulawesi Utara (Sulut) Jootje Kumajas mengatakan, pelaksanaan musyawarah cabang (Muscab) PWI akan dilaksanakan 23-24 Juli 2015 di Manado.

DPRD Bone Bolango Harapkan Sentra Lumbung Pangan

DPRD Kabupaten Bone Bolango, berharap daerah itu bisa dijadikan sentra lumbung pangan, karena merupakan wilayah pertanian yang cukup besar di Provinsi Gorontalo.

Kodim-Masyarakat Bersihkan Jalan Trans Papua

Komando Distrik Militer (Kodim) 1711/Boven Digul menggelar serbuan teritorial karya bhakti bersama masyarakat dengan membersihkan kiri kanan jalan sepanjang jalur Jalan Trans Papua.

Pemkab Bone Bolango Programkan Bantuan BBR-HP

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango telah programkan bantuan Bahan Bangunan Rumah untuk Hunian Pantas (BBR-HP) kepada sejumlah warga kurang mampu di tahun 2015.