Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Meski Penyeberangan Sepi, ASDP Tetap Operasikan 28 Kapal

asdp, penyebarangan kapal, bakauheni, lampung selatang, merak

Posted on 15 Mar 2013. Hits : 430

PT ASDP Indonesia Ferry menyebutkan pihaknya tetap mengoperasikan 28 kapal feri untuk menyeberangkan penumpang, barang, dan kendaraan dari Sumatera ke Jawa maupun sebaliknya meski arus penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni dan Merak agak lengang belakangan ini.

"Arus penyeberangan sekarang lancar. Tidak terjadi antrean panjang kendaraan di areal pelabuhan. Waktu tempuh pelayaran kapal juga sesuai target karena kondisi cuaca juga cukup baik," kata Manager Operasi PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, di Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat.

Waktu tempuh pelayaran rute Bakauhenu-Merak berkisar 2-2,5 jam.

Pelabuhan Merak dan Bakauheni adalah pelabuhan penyeberangan utama yang menghubungkan Sumatera dan Jawa. Dengan demikian, hampir seluruh barang dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya dikirimkan melalui kedua pelabuhan penyeberangan itu.

Menurut Heru, kenaikan harga sejumlah komoditas asal Jawa di Sumatera tidak ada kaitannya dengan faktor penyeberangan karena tidak ada antrean panjang kendaraan di Bakauheni dan Merak.

Dalam seminggu hari terakhir, harga bawang di Lampung terus melambung, dan sekarang harga bawang merah telah mencapai Rp60.000 per kilogram dan bawang putih Rp55.000/kg. Pasokan kedua komoditas itu didatangkan dari Jawa dengan menggunakan jasa pelabuhan penyeberangan Merak dan Banten.

Selain itu, kata Heru, juga arus pengiriman barang nonsembako dari Sumatera ke Jawa juga berkurang belakangan ini. Hal itu terlihat dari tidak adanya antrean panjang truk barang di Bakauheni. (ant/as)

Jenazah TKW Sumbawa Dipulangkan Dari Arab

Jenazah tenaga kerja wanita (TKW) asal Dusun Malili, Desa Berare, Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa, yakni Khadijah Binti Hasan, akhirnya dipulangkan ke kampung halamannya dari Arab Saudi.

Kementerian Anggarkan Rp50 Miliar Perbaiki Perkebunan Teh

Kementerian Pertanian pada tahun ini menyiapkan anggaran Rp50 miliar untuk melakukan perbaikan perkebunan teh seluas 3.

USAID Gelar Pelatihan Pengajaran di Tobasa

United states agency for international development (USAID) Prioritas menggelar pelatihan pengajaran yang difokuskan pada materi pembelajaran akif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) bagi sejumlah guru di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara.

Bawaslu Riau Minta Rekapitulasi Ulang Dua Kecamatan

Badan Pengawas Pemilu Provinsi Riau merekomendasikan agar dilakukan rekapitulasi ulang di dua kecamatan di Kabupaten Kampar, Riau, karena adanya sengketa jumlah surat suara yang sah tidak sah mencapai 2.

Kepulauan 'Senkaku' Dilindungi Perjanjian Keamanan

Presiden Amerika Serikat Barack Obama Kamis mengatakan dalam konferensi pers di Jepang bahwa pulau-pulau yang berada di tengah sengketa sengit wilayah dengan Tiongkok dilindungi oleh perjanjian pertahanan yang mewajibkan Washington bertindak jika diserang.