Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Meski Penyeberangan Sepi, ASDP Tetap Operasikan 28 Kapal

asdp, penyebarangan kapal, bakauheni, lampung selatang, merak

Posted on 15 Mar 2013. Hits : 502

PT ASDP Indonesia Ferry menyebutkan pihaknya tetap mengoperasikan 28 kapal feri untuk menyeberangkan penumpang, barang, dan kendaraan dari Sumatera ke Jawa maupun sebaliknya meski arus penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni dan Merak agak lengang belakangan ini.

"Arus penyeberangan sekarang lancar. Tidak terjadi antrean panjang kendaraan di areal pelabuhan. Waktu tempuh pelayaran kapal juga sesuai target karena kondisi cuaca juga cukup baik," kata Manager Operasi PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, di Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat.

Waktu tempuh pelayaran rute Bakauhenu-Merak berkisar 2-2,5 jam.

Pelabuhan Merak dan Bakauheni adalah pelabuhan penyeberangan utama yang menghubungkan Sumatera dan Jawa. Dengan demikian, hampir seluruh barang dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya dikirimkan melalui kedua pelabuhan penyeberangan itu.

Menurut Heru, kenaikan harga sejumlah komoditas asal Jawa di Sumatera tidak ada kaitannya dengan faktor penyeberangan karena tidak ada antrean panjang kendaraan di Bakauheni dan Merak.

Dalam seminggu hari terakhir, harga bawang di Lampung terus melambung, dan sekarang harga bawang merah telah mencapai Rp60.000 per kilogram dan bawang putih Rp55.000/kg. Pasokan kedua komoditas itu didatangkan dari Jawa dengan menggunakan jasa pelabuhan penyeberangan Merak dan Banten.

Selain itu, kata Heru, juga arus pengiriman barang nonsembako dari Sumatera ke Jawa juga berkurang belakangan ini. Hal itu terlihat dari tidak adanya antrean panjang truk barang di Bakauheni. (ant/as)

Bandara Halim Sepi Saat Lebaran

Suasana di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta pada hari pertama Lebaran 1435 H, Senin,sepi bila dibandingkan dengan saat H-1 atau Minggu ( 27/7 ).

Ahmad Heryawan : 'Open House' Sarana Membuka Sekat Kedinasan

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyatakan kegiatan 'open house' di rumah dinas gubernur Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin, pada hari raya Lebaran merupakan sarana untuk membuka sekat kedinasan pemimpin dengan masyarakat umum di Jabar.

Erosi Pesisir Masih Kritis Di Thailand

Masalah erosi pantai Thailand dianggap parah di 44 lokasi di 19 provinsi di sepanjang Teluk Thailand, dengan kerusakan yang diakibatkan penyebab alam dan buatan manusia.

Zakat Fitrah Batam Rp10,26 Miliar

Pengumpulan zakat fitrah yang dilakukan seluruh badan amil zakat di Kota Batam, Kepulauan Riau, hingga Senin dini hari, mencapai Rp10,26 miliar.

Arus Silaturahim Dan Wisata Gabung Jalur Selatan

Arus lalu lintas silaturahim warga loka, wisata dana pemudik tumplek memadati jalur selatan Jabar dari Cileunyi - Nagreg - Garut - Tasikmalaya pada Hari Raya Idul Fitri 1435H, Senin.