Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Meski Penyeberangan Sepi, ASDP Tetap Operasikan 28 Kapal

asdp, penyebarangan kapal, bakauheni, lampung selatang, merak

Posted on 15 Mar 2013. Hits : 514

PT ASDP Indonesia Ferry menyebutkan pihaknya tetap mengoperasikan 28 kapal feri untuk menyeberangkan penumpang, barang, dan kendaraan dari Sumatera ke Jawa maupun sebaliknya meski arus penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni dan Merak agak lengang belakangan ini.

"Arus penyeberangan sekarang lancar. Tidak terjadi antrean panjang kendaraan di areal pelabuhan. Waktu tempuh pelayaran kapal juga sesuai target karena kondisi cuaca juga cukup baik," kata Manager Operasi PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, di Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat.

Waktu tempuh pelayaran rute Bakauhenu-Merak berkisar 2-2,5 jam.

Pelabuhan Merak dan Bakauheni adalah pelabuhan penyeberangan utama yang menghubungkan Sumatera dan Jawa. Dengan demikian, hampir seluruh barang dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya dikirimkan melalui kedua pelabuhan penyeberangan itu.

Menurut Heru, kenaikan harga sejumlah komoditas asal Jawa di Sumatera tidak ada kaitannya dengan faktor penyeberangan karena tidak ada antrean panjang kendaraan di Bakauheni dan Merak.

Dalam seminggu hari terakhir, harga bawang di Lampung terus melambung, dan sekarang harga bawang merah telah mencapai Rp60.000 per kilogram dan bawang putih Rp55.000/kg. Pasokan kedua komoditas itu didatangkan dari Jawa dengan menggunakan jasa pelabuhan penyeberangan Merak dan Banten.

Selain itu, kata Heru, juga arus pengiriman barang nonsembako dari Sumatera ke Jawa juga berkurang belakangan ini. Hal itu terlihat dari tidak adanya antrean panjang truk barang di Bakauheni. (ant/as)

Penderita Penyakit TB Di Sumut Masih Tinggi

Penderita penyakit TB atau 'tuberculosis' di Sumatera Utara dinilai tinggi di tengah status Indonesia yang masih masuk sebagai negara terbesar di dunia dengan masyarakat penyandang penyakit itu.

Tiga Sumur Geotermal Di Kerinci Uji Produksi

Tiga sumur panas bumi atau geotermal di Desa Lempur, Kabupaten Kerinci, Jambi, tengah diuji produksi oleh PT Pertamina Energi Geothermal (PGE) yang melakukan eksplorasi.

Pemkab Diminta Bangun 'Showroom' Produk Lokal

DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendesak pemerintah setempat membangun 'showroom' produk lokal untuk memfasilitasi pelaku usaha industri kecil menengah dalam memasarkan produknya.

Legislator : Pemprov Jabar Harus Kembangkan Sistem Hidroponik

Anggota DPRD Jawa Barat Sunatra menyatakan Pemerintah Provinsi Jabar harus mulai mengembangkan program sistem tanaman hidroponik kepada masyarakat agar dapat memiliki penghasilan dan menjaga kebutuhan pangan masyarakat.

Sulteng Siapkan Lima Atlet Hadapi Pra-PON

Pengurus Provinsi Persaudaran Olahraga Kempo Indonesia Sulawesi Tengah menyiapkan lima atlet menghadapi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) di Bandung, Jawa Barat, 1-4 Oktober 2015.