Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Meski Penyeberangan Sepi, ASDP Tetap Operasikan 28 Kapal

asdp, penyebarangan kapal, bakauheni, lampung selatang, merak

Posted on 15 Mar 2013. Hits : 514

PT ASDP Indonesia Ferry menyebutkan pihaknya tetap mengoperasikan 28 kapal feri untuk menyeberangkan penumpang, barang, dan kendaraan dari Sumatera ke Jawa maupun sebaliknya meski arus penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni dan Merak agak lengang belakangan ini.

"Arus penyeberangan sekarang lancar. Tidak terjadi antrean panjang kendaraan di areal pelabuhan. Waktu tempuh pelayaran kapal juga sesuai target karena kondisi cuaca juga cukup baik," kata Manager Operasi PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, di Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat.

Waktu tempuh pelayaran rute Bakauhenu-Merak berkisar 2-2,5 jam.

Pelabuhan Merak dan Bakauheni adalah pelabuhan penyeberangan utama yang menghubungkan Sumatera dan Jawa. Dengan demikian, hampir seluruh barang dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya dikirimkan melalui kedua pelabuhan penyeberangan itu.

Menurut Heru, kenaikan harga sejumlah komoditas asal Jawa di Sumatera tidak ada kaitannya dengan faktor penyeberangan karena tidak ada antrean panjang kendaraan di Bakauheni dan Merak.

Dalam seminggu hari terakhir, harga bawang di Lampung terus melambung, dan sekarang harga bawang merah telah mencapai Rp60.000 per kilogram dan bawang putih Rp55.000/kg. Pasokan kedua komoditas itu didatangkan dari Jawa dengan menggunakan jasa pelabuhan penyeberangan Merak dan Banten.

Selain itu, kata Heru, juga arus pengiriman barang nonsembako dari Sumatera ke Jawa juga berkurang belakangan ini. Hal itu terlihat dari tidak adanya antrean panjang truk barang di Bakauheni. (ant/as)

Sektor Pertanian Akan Disinerginakan Dengan Bisnis Center

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyatakan dukungannya terhadap pengembangan Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Singkut di Kabupaten Sarolangun untuk dapat dimasukkan dalam usulan pembangunan ke Bappeda Provinsi Jambi.

Pemkot Bitung Rakor Percepatan Pembangunan CDC

Pemerintah Kota Bitung Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah setempat terkait percepatan pembangunan gedung Christian Development Center (CDC), Jumat.

Gubernur Pastikan Isis Belum Masuki Babel

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Efendi memastikan faham radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) belum memasuki Babel.

Jambore Perdesaan Sehat 2014 Akan Kurangi Kesenjangan

Jambore Perdesaan Sehat 2014 diharapkan dapat mengurangi kesenjangan layanan kesehatan di berbagai perdesaan di Indonesia.

Taiwan Meyakini Batam Punya Peran Krusial

Pengusaha Taiwan menyakini Kawasan Perdagangan Bebas (FTZ) Batam memiliki peran penting dan strategis dalam implementasi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) 2015 termasuk peningkatan perdagangan Indonesia-Taiwan.