Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Meski Penyeberangan Sepi, ASDP Tetap Operasikan 28 Kapal

asdp, penyebarangan kapal, bakauheni, lampung selatang, merak

Posted on 15 Mar 2013. Hits : 514

PT ASDP Indonesia Ferry menyebutkan pihaknya tetap mengoperasikan 28 kapal feri untuk menyeberangkan penumpang, barang, dan kendaraan dari Sumatera ke Jawa maupun sebaliknya meski arus penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni dan Merak agak lengang belakangan ini.

"Arus penyeberangan sekarang lancar. Tidak terjadi antrean panjang kendaraan di areal pelabuhan. Waktu tempuh pelayaran kapal juga sesuai target karena kondisi cuaca juga cukup baik," kata Manager Operasi PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, di Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat.

Waktu tempuh pelayaran rute Bakauhenu-Merak berkisar 2-2,5 jam.

Pelabuhan Merak dan Bakauheni adalah pelabuhan penyeberangan utama yang menghubungkan Sumatera dan Jawa. Dengan demikian, hampir seluruh barang dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya dikirimkan melalui kedua pelabuhan penyeberangan itu.

Menurut Heru, kenaikan harga sejumlah komoditas asal Jawa di Sumatera tidak ada kaitannya dengan faktor penyeberangan karena tidak ada antrean panjang kendaraan di Bakauheni dan Merak.

Dalam seminggu hari terakhir, harga bawang di Lampung terus melambung, dan sekarang harga bawang merah telah mencapai Rp60.000 per kilogram dan bawang putih Rp55.000/kg. Pasokan kedua komoditas itu didatangkan dari Jawa dengan menggunakan jasa pelabuhan penyeberangan Merak dan Banten.

Selain itu, kata Heru, juga arus pengiriman barang nonsembako dari Sumatera ke Jawa juga berkurang belakangan ini. Hal itu terlihat dari tidak adanya antrean panjang truk barang di Bakauheni. (ant/as)

Gedung Parlemen Australia Jadi Target ISIS

Perdana Menteri Australia Tony Abbott pada Jumat mengatakan bahwa gedung parlemen menjadi target serangan kelompok Daulah Islam (atau juga dikenal dengan nama ISIS) dan menginstruksikan kepolisian federal untuk mengambil alih tugas pengamanan di sekitar bangunan wakil rakyat itu.

Pekalongan Rawan Krisis Air Bersih

Sebanyak 11 kelurahan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, kini rawan krisis air bersih karena debit air sumur warga menyusut bahkan sudah mulai mengering.

Kontingen Bulu Tangkis Yakin Cukur Maladewa

Manajer tim bulu tangkis Indonesia Lius Pongoh menyatakan optimis Greysia Polii dan kawan-kawan dapat menang mudah atas Maladewa pada pertandingan pertama beregu putri Asian Games di Incheon, Korea Selatan, Sabtu.

Kemenkop Siap Bantu Warga Kampung Nelayan

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) menyatakan siap membantu masyarakat Seribu Kampung Nelayan yang digagas presiden terpilih Joko Widodo, untuk berkoperasi.

Penambahan Jumlah Emiten Dorong Likuiditas Pasar

Bursa Efek Indonesia (BEI) optimistis penambahan jumlah perusahaan tercatat atau emiten di pasar modal melalui mekanisme penawaran umum perdana saham (IPO) sebanyak 30 perusahaan pada tahun ini dapat tercapai, sehingga likuiditas pasar modal Indonesia terus meningkat.