Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Meski Penyeberangan Sepi, ASDP Tetap Operasikan 28 Kapal

asdp, penyebarangan kapal, bakauheni, lampung selatang, merak

Posted on 15 Mar 2013. Hits : 514

PT ASDP Indonesia Ferry menyebutkan pihaknya tetap mengoperasikan 28 kapal feri untuk menyeberangkan penumpang, barang, dan kendaraan dari Sumatera ke Jawa maupun sebaliknya meski arus penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni dan Merak agak lengang belakangan ini.

"Arus penyeberangan sekarang lancar. Tidak terjadi antrean panjang kendaraan di areal pelabuhan. Waktu tempuh pelayaran kapal juga sesuai target karena kondisi cuaca juga cukup baik," kata Manager Operasi PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, di Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat.

Waktu tempuh pelayaran rute Bakauhenu-Merak berkisar 2-2,5 jam.

Pelabuhan Merak dan Bakauheni adalah pelabuhan penyeberangan utama yang menghubungkan Sumatera dan Jawa. Dengan demikian, hampir seluruh barang dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya dikirimkan melalui kedua pelabuhan penyeberangan itu.

Menurut Heru, kenaikan harga sejumlah komoditas asal Jawa di Sumatera tidak ada kaitannya dengan faktor penyeberangan karena tidak ada antrean panjang kendaraan di Bakauheni dan Merak.

Dalam seminggu hari terakhir, harga bawang di Lampung terus melambung, dan sekarang harga bawang merah telah mencapai Rp60.000 per kilogram dan bawang putih Rp55.000/kg. Pasokan kedua komoditas itu didatangkan dari Jawa dengan menggunakan jasa pelabuhan penyeberangan Merak dan Banten.

Selain itu, kata Heru, juga arus pengiriman barang nonsembako dari Sumatera ke Jawa juga berkurang belakangan ini. Hal itu terlihat dari tidak adanya antrean panjang truk barang di Bakauheni. (ant/as)

Ratusan Warga Kirab Budaya Suro Di Kediri

Ratusan warga dari berbagai daerah mengikuti kirab budaya suroan Komunitas Garudo Mukho Kediri, Jawa Timur, memeringati tahun baru Jawa 1 Suro yang bertetapan dengan tahun baru Islam 1 Muharam 1436 Hijriah, Sabtu.

Mantan Wagub Aceh Cocok Isi Kabinet Jokowi-JK

Mantan Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar mendapat dukungan dan penilaian positif dari berbagai kalangan sebagai salah satu sosok yang tepat mengisi posisi kabinet Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo/ M Jusuf Kalla.

Ekspor Buah Sumut 149,579 Juta Dolar AS

Nilai ekspor buah-buahan Sumatera Utara hingga Julitahun ini naik 68,75 persen atau menjadi149,579 juta dolar AS dipicu naiknya volume dan harga jual.

Comscore Tempatkan Berniaga Peringkat Pertama

ComScore, perusahaan analis media digital menempatkan Berniaga.

Perolehan PAD Kabupaten Sarolangun Diprediksi Lampaui Target

Perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sarolangun tahun ini diprediksi akan melampaui target, sebab hingga pertengahan Oktober 2014 sudah mencapai 92,33 persen.