Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kesyahbandaran Dumai: Cuaca Buruk Hingga 16 Januari

dumai, provinsi riau, cuaca buruk

Posted on 15 Jan 2013. Hits : 425

Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai, Provinsi Riau, mengeluarkan peringatan dini kejadian cuaca buruk di sejumlah perairan di Kepulauan Riau dan Sumatera mulai 11 Januari hingga 16 Januari 2013.

Kasi Keselamatan Berlayar Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai Ivan Apriano Polin, Selasa menyatakan, berdasarkan prakiraan cuaca BMKG bahwa cuaca buruk akibat angin kencang, hujan lebat dan gelombang tinggi di perairan Indonesia harus diantisipasi dini oleh para pengguna jasa kepelabuhanan.

"Maklumat pelayaran dari Dirjen Hubla Kemenhub meminta para syahbandar memberikan peringatan dini akan terjadinya cuaca buruk di sejumlah perairan," katanya.

Dia menjelaskan, diprediksi akan terjadi gelombang tinggi 2-3 meter di perairan Sumatera Barat dan Kepulauan Mentawai serta di beberapa perairan wilayah Sulawesi, Maluku, Halmahera, Manokwari, Biak dan Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

Selanjutnya, gelombang tinggi dari 3 hingga 4 meter di Perairan Kepulauan Riau dan Jambi, Bangka Belitung, Selat Karimata dan Perairan Bengkulu serta beberapa bagian di Lampung.

Terkait cuaca buruk tersebut, diinstruksikan kepada syahbandar agar menunda pemberian surat persetujuan berlayar bagi kapal yang akan berangkat dari Pelabuhan Dumai.

"Peringatan dini ini hanya diberlakukan bagi kapal yang berkapasitas 5 ribu GT kebawah dan kapal penumpang maupun kargo, dan kami hanya bersifat menyarankan agar menunda keberangkatan akibat cuaca buruk ini," katanya.

Ivan menerangkan, sejauh ini beberapa kapal ada yang menunda keberangkatan, seperti rencana kapal kargo pengekspor sayuran ke negara Singapura.

Sedangkan untuk kapal penumpang, tongkang, Ro-Ro dan Fery berkecepatan tinggi yang tetap berangkat tetap dikeluarkan izin berlayar hanya sampai ke wilayah perairan Bengkalis yang dirasa masih aman.

"Kami hanya mengizinkan berlayar sampai ke perairan Bengkalis, dan untuk melanjutkan perjalanan harus dengan izin Syahbandar setempat," ujarnya.(ant/id)

Jordania Minta Bukti Pilot Yang Ditawan Is Masih Hidup

Jordania pada Rabu mengatakan pihaknya masih menunggu bukti dari Negara Islam (IS) bahwa pilot Jordania yang ditawan kelompok jihadis itu masih hidup.

Kinerje Pimpinan UPT Dievaluasi

Aparat Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, melakukan evaluasi terhadap kinerja 15 pimpinan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan.

Ahok Dukung Rencana Pembuatan Pantai Pasir Putih

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mendukung rencana pembuatan pantai pasir putih di kawasan Pantai Ancol, Jakarta Utara oleh PT Pembangunan Jaya Ancol.

Gempa 5,7 SR Guncang Lepas Pantai California Utara

Gempa bumi berkekuatan 5,7 skala Richter mengguncang lepas pantai California Utara, Rabu, dan daerah pesisir yang luas di bawah perbatasan Oregon, kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), namun para pejabat setempat mengatakan tidak besar kerusakan atau cedera yang dilaporkan.

Agung Hengkang, Posisi Striker Persiba Kosong

Striker Agung Suprayogi memutuskan meninggalkan Persiba Balikpapan.