Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kesyahbandaran Dumai: Cuaca Buruk Hingga 16 Januari

dumai, provinsi riau, cuaca buruk

Posted on 15 Jan 2013. Hits : 425

Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai, Provinsi Riau, mengeluarkan peringatan dini kejadian cuaca buruk di sejumlah perairan di Kepulauan Riau dan Sumatera mulai 11 Januari hingga 16 Januari 2013.

Kasi Keselamatan Berlayar Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai Ivan Apriano Polin, Selasa menyatakan, berdasarkan prakiraan cuaca BMKG bahwa cuaca buruk akibat angin kencang, hujan lebat dan gelombang tinggi di perairan Indonesia harus diantisipasi dini oleh para pengguna jasa kepelabuhanan.

"Maklumat pelayaran dari Dirjen Hubla Kemenhub meminta para syahbandar memberikan peringatan dini akan terjadinya cuaca buruk di sejumlah perairan," katanya.

Dia menjelaskan, diprediksi akan terjadi gelombang tinggi 2-3 meter di perairan Sumatera Barat dan Kepulauan Mentawai serta di beberapa perairan wilayah Sulawesi, Maluku, Halmahera, Manokwari, Biak dan Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

Selanjutnya, gelombang tinggi dari 3 hingga 4 meter di Perairan Kepulauan Riau dan Jambi, Bangka Belitung, Selat Karimata dan Perairan Bengkulu serta beberapa bagian di Lampung.

Terkait cuaca buruk tersebut, diinstruksikan kepada syahbandar agar menunda pemberian surat persetujuan berlayar bagi kapal yang akan berangkat dari Pelabuhan Dumai.

"Peringatan dini ini hanya diberlakukan bagi kapal yang berkapasitas 5 ribu GT kebawah dan kapal penumpang maupun kargo, dan kami hanya bersifat menyarankan agar menunda keberangkatan akibat cuaca buruk ini," katanya.

Ivan menerangkan, sejauh ini beberapa kapal ada yang menunda keberangkatan, seperti rencana kapal kargo pengekspor sayuran ke negara Singapura.

Sedangkan untuk kapal penumpang, tongkang, Ro-Ro dan Fery berkecepatan tinggi yang tetap berangkat tetap dikeluarkan izin berlayar hanya sampai ke wilayah perairan Bengkalis yang dirasa masih aman.

"Kami hanya mengizinkan berlayar sampai ke perairan Bengkalis, dan untuk melanjutkan perjalanan harus dengan izin Syahbandar setempat," ujarnya.(ant/id)

Legislator Kaltim Dukung Perda Kawasan Tanpa Rokok

Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur Andika Hasan memberikan apresiasi dan mendukung rencana DPRD Kota Samarinda menerbitkan Peraturan Daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok di wilayah ibukota provinsi tersebut.

Belum Ada Warga Sulut Terinfeksi Virus Zika

Pejabat RSUP Prof RD Kandou Manado menyatakan hingga pekan pertama Februari tahun ini, belum ada wargaSulawesi Utara (Sulut) yang terinfeksi virus zika dan harus dirawat di rumah sakit.

SDN Pejuang Bertekad Pertahankan Predikat Sekolah Adiwiyata

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pejuang VII Kota Bekasi, Jawa Barat, bertekad akan mempertahankan predikat sebagai sekolah Adiwiyata yang berwawasan lingkungan sehat pada 2016.

Wali Kota Metro Kunjungi Bocah Sakit Jantung

Penjabat Wali Kota Metro Achmad Chrisna Putra mengunjungi Rendi Irawan (6), bocah penderita jantung bocor di Jalan Merica Kelurahan Iringmulyo Kecamatan Metro Timur.

Kekurangan PNS Pemkot Sukabumi Rekrut Tenaga Sukarela

Pemerintah Kota Sukabumi, Jawa Barat mengangkat tenaga kerja sukarela untuk mengisi kekurangan pegawai di sejumlah organisasi perangkat daerah.