Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kesyahbandaran Dumai: Cuaca Buruk Hingga 16 Januari

dumai, provinsi riau, cuaca buruk

Posted on 15 Jan 2013. Hits : 425

Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai, Provinsi Riau, mengeluarkan peringatan dini kejadian cuaca buruk di sejumlah perairan di Kepulauan Riau dan Sumatera mulai 11 Januari hingga 16 Januari 2013.

Kasi Keselamatan Berlayar Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai Ivan Apriano Polin, Selasa menyatakan, berdasarkan prakiraan cuaca BMKG bahwa cuaca buruk akibat angin kencang, hujan lebat dan gelombang tinggi di perairan Indonesia harus diantisipasi dini oleh para pengguna jasa kepelabuhanan.

"Maklumat pelayaran dari Dirjen Hubla Kemenhub meminta para syahbandar memberikan peringatan dini akan terjadinya cuaca buruk di sejumlah perairan," katanya.

Dia menjelaskan, diprediksi akan terjadi gelombang tinggi 2-3 meter di perairan Sumatera Barat dan Kepulauan Mentawai serta di beberapa perairan wilayah Sulawesi, Maluku, Halmahera, Manokwari, Biak dan Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

Selanjutnya, gelombang tinggi dari 3 hingga 4 meter di Perairan Kepulauan Riau dan Jambi, Bangka Belitung, Selat Karimata dan Perairan Bengkulu serta beberapa bagian di Lampung.

Terkait cuaca buruk tersebut, diinstruksikan kepada syahbandar agar menunda pemberian surat persetujuan berlayar bagi kapal yang akan berangkat dari Pelabuhan Dumai.

"Peringatan dini ini hanya diberlakukan bagi kapal yang berkapasitas 5 ribu GT kebawah dan kapal penumpang maupun kargo, dan kami hanya bersifat menyarankan agar menunda keberangkatan akibat cuaca buruk ini," katanya.

Ivan menerangkan, sejauh ini beberapa kapal ada yang menunda keberangkatan, seperti rencana kapal kargo pengekspor sayuran ke negara Singapura.

Sedangkan untuk kapal penumpang, tongkang, Ro-Ro dan Fery berkecepatan tinggi yang tetap berangkat tetap dikeluarkan izin berlayar hanya sampai ke wilayah perairan Bengkalis yang dirasa masih aman.

"Kami hanya mengizinkan berlayar sampai ke perairan Bengkalis, dan untuk melanjutkan perjalanan harus dengan izin Syahbandar setempat," ujarnya.(ant/id)

Pemkot Pangkalpinang Segera Renovasi Makam Belanda

Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung segera merenovasi makam Belanda atau kerkorf agar menjadi lebih menarik guna menunjang pariwisata dan keindahan kota.

Bangka Tengah Raih 35 Penghargaan

Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung sejak 2011 meraih sebanyak 35 penghargaan atas keberhasilan yang diraih di berbagai bidang.

PT Timah Diminta Tindak Lanjuti Keluhan Nelayan

PT Timah Tbk diminta menindaklanjuti keluhan nelayan Riau Silip yang menjadi korban dampak limbah kapal keruk milik perusahaan di perairan Pantai Mantras.

Komunitas Minta Pemkab Perhatikan Kerajinan Batu

Komunitas batu di Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Barat meminta oemerintah daerah setempat lebih serius memperhatikan pengembangan kerajinan berbahan batu akik dan batu mulia lokal untuk meningkatkan kesejahteraan para pelaku industri kreatif di daerah itu.

Lima SMP Di Pangkalpinang 'menginduk' Saat UN

Lima sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dipastikan 'menginduk' saat pelaksanaan ujian nasional (UN) karena tidak memenuhi syarat untuk melaksanakannya sendiri di sekolah masing-masing.