Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kesyahbandaran Dumai: Cuaca Buruk Hingga 16 Januari

dumai, provinsi riau, cuaca buruk

Posted on 15 Jan 2013. Hits : 425

Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai, Provinsi Riau, mengeluarkan peringatan dini kejadian cuaca buruk di sejumlah perairan di Kepulauan Riau dan Sumatera mulai 11 Januari hingga 16 Januari 2013.

Kasi Keselamatan Berlayar Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai Ivan Apriano Polin, Selasa menyatakan, berdasarkan prakiraan cuaca BMKG bahwa cuaca buruk akibat angin kencang, hujan lebat dan gelombang tinggi di perairan Indonesia harus diantisipasi dini oleh para pengguna jasa kepelabuhanan.

"Maklumat pelayaran dari Dirjen Hubla Kemenhub meminta para syahbandar memberikan peringatan dini akan terjadinya cuaca buruk di sejumlah perairan," katanya.

Dia menjelaskan, diprediksi akan terjadi gelombang tinggi 2-3 meter di perairan Sumatera Barat dan Kepulauan Mentawai serta di beberapa perairan wilayah Sulawesi, Maluku, Halmahera, Manokwari, Biak dan Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

Selanjutnya, gelombang tinggi dari 3 hingga 4 meter di Perairan Kepulauan Riau dan Jambi, Bangka Belitung, Selat Karimata dan Perairan Bengkulu serta beberapa bagian di Lampung.

Terkait cuaca buruk tersebut, diinstruksikan kepada syahbandar agar menunda pemberian surat persetujuan berlayar bagi kapal yang akan berangkat dari Pelabuhan Dumai.

"Peringatan dini ini hanya diberlakukan bagi kapal yang berkapasitas 5 ribu GT kebawah dan kapal penumpang maupun kargo, dan kami hanya bersifat menyarankan agar menunda keberangkatan akibat cuaca buruk ini," katanya.

Ivan menerangkan, sejauh ini beberapa kapal ada yang menunda keberangkatan, seperti rencana kapal kargo pengekspor sayuran ke negara Singapura.

Sedangkan untuk kapal penumpang, tongkang, Ro-Ro dan Fery berkecepatan tinggi yang tetap berangkat tetap dikeluarkan izin berlayar hanya sampai ke wilayah perairan Bengkalis yang dirasa masih aman.

"Kami hanya mengizinkan berlayar sampai ke perairan Bengkalis, dan untuk melanjutkan perjalanan harus dengan izin Syahbandar setempat," ujarnya.(ant/id)

Enam Peti Jenazah Korban MH17 Diterbangkan Dari Ukraina

Enam lagi peti mati berisi jenazah para korban jatuhnya penerbangan MH17 pesawat Malaysia Airlines pada Jumat diterbangkan dari Ukraina timur ke Belanda, kata para pejabat.

Kegiatan Investasi Triwulan III Tumbuh 6,19 Persen

Kegiatan investasi di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada triwulan III tahun 2014 mengalami pertumbuhan sebesar 6,19 persen, lebih tinggi dibandingkan posisi yang sama tahun lalu.

Hanura : Wiranto Persilakan Kader Muda Maju

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Hanura Natalis Situmorang mengatakan Ketua Umum Hanura Wiranto mempersilakan kader muda partai maju dalam kontestasi memperebutkan kursi ketua umum periode 2015-2020 dalam Musyawarah Nasional 2015.

Pemerintah Diharapkan Atasi Anjloknya Harga Daging Ayam

Pemerintah diharapkan segera mengatasi anjloknya harga daging ayam broiler dan telur ayam layer di pasaran, kata Dekan Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada Ali Agus.

TPID : Harga Cabai Diperkirakan Turun Akhir November

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memperkirakan harga cabai rawit di Kota Manado dan sekitarnya akan mengalami penurunan di akhir bulan November 2014.