Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kesyahbandaran Dumai: Cuaca Buruk Hingga 16 Januari

dumai, provinsi riau, cuaca buruk

Posted on 15 Jan 2013. Hits : 316

Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai, Provinsi Riau, mengeluarkan peringatan dini kejadian cuaca buruk di sejumlah perairan di Kepulauan Riau dan Sumatera mulai 11 Januari hingga 16 Januari 2013.

Kasi Keselamatan Berlayar Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai Ivan Apriano Polin, Selasa menyatakan, berdasarkan prakiraan cuaca BMKG bahwa cuaca buruk akibat angin kencang, hujan lebat dan gelombang tinggi di perairan Indonesia harus diantisipasi dini oleh para pengguna jasa kepelabuhanan.

"Maklumat pelayaran dari Dirjen Hubla Kemenhub meminta para syahbandar memberikan peringatan dini akan terjadinya cuaca buruk di sejumlah perairan," katanya.

Dia menjelaskan, diprediksi akan terjadi gelombang tinggi 2-3 meter di perairan Sumatera Barat dan Kepulauan Mentawai serta di beberapa perairan wilayah Sulawesi, Maluku, Halmahera, Manokwari, Biak dan Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

Selanjutnya, gelombang tinggi dari 3 hingga 4 meter di Perairan Kepulauan Riau dan Jambi, Bangka Belitung, Selat Karimata dan Perairan Bengkulu serta beberapa bagian di Lampung.

Terkait cuaca buruk tersebut, diinstruksikan kepada syahbandar agar menunda pemberian surat persetujuan berlayar bagi kapal yang akan berangkat dari Pelabuhan Dumai.

"Peringatan dini ini hanya diberlakukan bagi kapal yang berkapasitas 5 ribu GT kebawah dan kapal penumpang maupun kargo, dan kami hanya bersifat menyarankan agar menunda keberangkatan akibat cuaca buruk ini," katanya.

Ivan menerangkan, sejauh ini beberapa kapal ada yang menunda keberangkatan, seperti rencana kapal kargo pengekspor sayuran ke negara Singapura.

Sedangkan untuk kapal penumpang, tongkang, Ro-Ro dan Fery berkecepatan tinggi yang tetap berangkat tetap dikeluarkan izin berlayar hanya sampai ke wilayah perairan Bengkalis yang dirasa masih aman.

"Kami hanya mengizinkan berlayar sampai ke perairan Bengkalis, dan untuk melanjutkan perjalanan harus dengan izin Syahbandar setempat," ujarnya.(ant/id)

Puskesmas Sentani Keluhkan Jarak Kantor BPJS Kesehatan

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, mengeluhkan jarak Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) cabang Jayapura.

Wuysang Bawa CLS Jungkalkan Pelita Jaya

Mantan pebasket tim nasional, Mario Wuysang, membawa timnya CLS Knights menjungkalkan lawan mereka Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta 73-57 di Gedung Basket Hall A Senayan Jakarta, Sabtu.

Reklamasi Pantai Mamuju Perlu Dikaji Pemerintah

Proyek reklamasi pantai Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, perlu dikaji pemerintah, jangan sampai mengakibatkan dampak lingkungan, budaya, sosial dan ekonomi.

Pelatih PSM Dan Panpel Persipura Bersitegang

Pelatih PSM Makassar Rudy Keltjes sempat bersitegang dengan ketua panitia penyelenggara (Panpel) Persipura Fachrudin Pasolo di ruang pers di stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Sabtu petang.

Cardiff Dan Fulham Gagal Tinggalkan Zona Degradasi

Harapan-harapan Cardiff City dan Fulham untuk bertahan di Liga Utama Inggris tidak menjadi lebih baik setelah keduanya bermain imbang dengan Stoke City dan kalah dari Tottenham Hotspur, yang membuat mereka tetap menghuni zona degradasi dengan tiga pertandingan tersisa.