Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kesyahbandaran Dumai: Cuaca Buruk Hingga 16 Januari

dumai, provinsi riau, cuaca buruk

Posted on 15 Jan 2013. Hits : 425

Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai, Provinsi Riau, mengeluarkan peringatan dini kejadian cuaca buruk di sejumlah perairan di Kepulauan Riau dan Sumatera mulai 11 Januari hingga 16 Januari 2013.

Kasi Keselamatan Berlayar Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai Ivan Apriano Polin, Selasa menyatakan, berdasarkan prakiraan cuaca BMKG bahwa cuaca buruk akibat angin kencang, hujan lebat dan gelombang tinggi di perairan Indonesia harus diantisipasi dini oleh para pengguna jasa kepelabuhanan.

"Maklumat pelayaran dari Dirjen Hubla Kemenhub meminta para syahbandar memberikan peringatan dini akan terjadinya cuaca buruk di sejumlah perairan," katanya.

Dia menjelaskan, diprediksi akan terjadi gelombang tinggi 2-3 meter di perairan Sumatera Barat dan Kepulauan Mentawai serta di beberapa perairan wilayah Sulawesi, Maluku, Halmahera, Manokwari, Biak dan Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

Selanjutnya, gelombang tinggi dari 3 hingga 4 meter di Perairan Kepulauan Riau dan Jambi, Bangka Belitung, Selat Karimata dan Perairan Bengkulu serta beberapa bagian di Lampung.

Terkait cuaca buruk tersebut, diinstruksikan kepada syahbandar agar menunda pemberian surat persetujuan berlayar bagi kapal yang akan berangkat dari Pelabuhan Dumai.

"Peringatan dini ini hanya diberlakukan bagi kapal yang berkapasitas 5 ribu GT kebawah dan kapal penumpang maupun kargo, dan kami hanya bersifat menyarankan agar menunda keberangkatan akibat cuaca buruk ini," katanya.

Ivan menerangkan, sejauh ini beberapa kapal ada yang menunda keberangkatan, seperti rencana kapal kargo pengekspor sayuran ke negara Singapura.

Sedangkan untuk kapal penumpang, tongkang, Ro-Ro dan Fery berkecepatan tinggi yang tetap berangkat tetap dikeluarkan izin berlayar hanya sampai ke wilayah perairan Bengkalis yang dirasa masih aman.

"Kami hanya mengizinkan berlayar sampai ke perairan Bengkalis, dan untuk melanjutkan perjalanan harus dengan izin Syahbandar setempat," ujarnya.(ant/id)

Pemprov Imbau Dinas Memasang Foto Presiden Baru

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengimbau dinas, badan, kantor dan jajarannya untuk memasang foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden M Jusuf Kalla.

Pemkot Banjarmasin Gunakan Konsinyasi Untuk Bebaskan Lahan

Sekretaris Daerah Pemerintah KotaBanjarmasin Zulfadli Gazali menyatakan, puhaknya akan menggunakan cara konsinyasi atau penitipan uang pembayaran lahan di Jalan Veteran, Banjarmasin Tengah, ke Pengadilan Negeri setempat.

Dewan Pendidikan Balangan Gelar Seminar Wawasan Sekolah Adiwiyata

Dewan Pendidikan Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, mengadakan seminar peningkatan wawasan sekolah adiwiyata yang diikuti oleh unsur pendidik sekolah di wilayah ini.

Sekjen PBB Akan Kunjungi Tanduk Afrika

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon akan melakukan kunjungan ke Ethiopia, Djibouti dan Kenya pekan depan, memimpin delegasi enam organisasi internasional lainnya ke wilayah Tanduk Afrika.

Erdogan : 1.300 Pejuang Pembebasan Suriah Akan Bergabung Di Kobane

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Jumat mengatakan bahwa 1.