Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kemenhub Alokasikan Rp10 Miliar Bangun Shelter Bencana

kementerian perhubungan, mengalokasikan anggaran, pembangunan shelter bencana

Posted on 01 Jun 2013. Hits : 235

Kementerian Perhubungan mengalokasikan anggaran hingga sebesar Rp10 miliar untuk membangun 'shelter' bencana pada 2013.

'Kementerian Perhubungan mendapatkan Alokasi Anggaran Pembangunan Shelter Bencana Tahun 2013 yang direncanakan akan dibiayai menggunakan Bagian Anggaran (999) Bendahara Umum Negara (BA 999 BUN) sebesar Rp10 miliar,' kata Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan dalam rilis Kemenhub yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Menurut Menhub, usulan kegiatan prioritas Kementerian Perhubungan pada BA 999 BUN yakni pembuatan lapangan penanggulangan bencana termasuk pengawasan di Bandara Binaka Gunung Sitoli Provinsi Sumatera Utara sebesar Rp4,55 miliar, dan pemotongan bukit termasuk pengawasan di Bandara Lasikin Sinabang Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam sebesar Rp5,45 miliar.

Ia memaparkan, kedua kegiatan yang diusulkan tersebut dimaksudkan untuk peningkatan operasional penerbangan, penambahan area terbuka dalam rangka penguatan kapasitas kesiapsiagaan dan kemudahan evakuasi serta distribusi logistik dan obat-obatan saat terjadi bencana.

Mangindaan juga mengemukakan, bandara di daerah lokasi bencana dan daerah rawan bencana harus dioptimalkan sehingga dapat melayani operasi pesawat Hercules C-130 dan pesawat berpenumpang 50 orang dalam rangka evakuasi dan distribusi bantuan obat-obatan dan logistik dengan klasifikasi landasan 3C.

Klasifikasi tersebut berarti bahwa landasan memiliki panjang antara 1400 - 1800 meter, serta dapat menjadi tempat pendaratan bagi pesawat dengan bentang sayap antara 24 - 26 meter dan jarak roda utama terluar antara 6 - 9 meter.

'Bandar udara di sekitar daerah rawan bencana jika dimungkinkan juga dapat digunakan sebagai bandar udara 'crisis center' (pusat krisis) penanganan bencana,' katanya.

Sebagaimana diberitakan, Indonesia diharapkan menjadi pelopor bagi negara-negara ASEAN lainnya untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah Jepang dalam bidang penanggulangan bencana alam.(ant/rd)

Jalasenastri Korcab Pasmar-1 Gelar Lomba Tenis Berkebaya

Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir menggelar berbagai perlombaan untuk memperingati Hari Kartini 2014, di antaranya lomba tenis berkebaya dan lomba memasak nasi goreng berkebaya.

Umat Kristiani Khusuk Merayakan Tri Hari Paskah

Umat Kristiani di Nusa Tenggara Timur khusuk merayakan tri hari suci Paskah sejak malam Rabu atau Kamis Putih dan dilanjutkan dengan Jumat Agung, lalu Sabtu Alleya.

PGRI Lubuklinggau Minta Polisi Usut Kematian Guru

Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan minta jajaran Polres setempat mengusut tuntas kasus kematian guru SDN 47 di kota itu pekan lalu.

PLN Musirawas Perbaiki Jaringan Ke BTS Ulu

PT PLN Kabupaten Musiarwas, Sumatera selatan, sudah memperbaiki seluruh jaringan listrik ke beberapa desa di Kecamatan Bulang Tengah Suku Ulu setelah terputus akibat bencana alam beberapa waktu lalu.

Pakaian Jadi Bali Raup 6,36 Juta Dolar

Bali meraup devisa sebesar 6,36 juta dolar AS dari ekspor pakaian jadi bukan rajutan selama Februari 2014, menurun 4,83 persen dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 6,67 juta dolar AS.