Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kadistamben Bantah Ada Perusahaan Tambang Pasir Besi

tambang pasir, pasir besi, pertambangan

Posted on 23 Jan 2013. Hits : 585

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Pandeglang Girgi Jiantoro membantah ada perusahaan yang melakukan penambangan pasir besi di daerah itu.

"Sampai sekarang penambangan pasir besi hanya dilakukan oleh kelompok masyarakat dan koperasi, jadi tidak benar informasi yang menyebutkan ada perusahaan melakukan penambangan," katanya di Pandeglang, Rabu.

Ia menjelaskan, PT Sankay Jaya Mandiri yang disebut melakukan penambangan pasir besi di Desa Rancecet, Kecamatan Cinggu seluas 15 hektare, merupakan informasi salah.

"Yang benar, perusahaan itu menampung hasil tambang dari kelompok masyarakat dan koperasi pemegang izin pertambangan rakyat (IPR) pasir besi," katanya.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, mengeluarkan IPR bagi 18 koperasi dan kelompok masyarakat, dan sekarang sedang melakukan penambangan pasir besi tersebut.

Ia juga menjelaskan, seluruh pemegang IPR pasir besi tersebut merupakan warga Kabupaten Pandeglang, sehingga keberadaan bahan tambang itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Penerima IPR itu, di antaranya Sukawaris dengan lokasi kegiatan di Kempung Cijambu, Desa Sukawaris, Kecamatan Cikeusik seluas lima hektare, Nanang Waslim lokasi yang sama seluas satu hektare.

Kemudian, Kardi bin Nurja Blok Sasakrapet Kampung Cijambu, Desa Sukawaris luas satu hektare, E Haerudin di Blok Sasaprapet Desa Sukawaris seluas satu hektare, Yuliah Madjid di Blok Rancadaon II Kampung Sukarendah, Desa Sukawaris seluas sembilan hektare.

Selanjutnya, Martin di Blok Rancadaon II Kampung Sukarendah, Desa Sukawaris, Kecamatan Cikeusik dan Tb Rahmatullah di blok Rancadaon II Kampung Cilukut Desa Sukawaris.

Girgi juga menjelaskan, pengelolaan potensi pasir besi baru sekitar 50 persen, dari potensi sekitar 1.000 hektare, yang membentang di sepanjang pantai selatan di wilayah Kabupaten Pandeglang bagian selatan.(ant/id)

Bapedalda: Penanganan Limbah Medis Perlu Komitmen Bersama

Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Padang, Sumatera Barat, menyarankan permasalahan pengelolaan limbah medis baik dari rumah sakit, klinik maupun praktik dokter dan bidan diawali dengan komitmen bersama.

Tangerang Tak Mampu Cegah Penyusutan Lahan Produktif

Aparat Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, mengakui tidak mampu mencegah terjadi penyusutan lahan produktif akibat dijual pemilik kepada pengembang perumahan.

Dishub Yogyakarta Matangkan Kajian Jalan Searah

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta masih mematangkan kajian perubahan jalan searah khususnya di ruas Jalan Prawirotaman, Tirtodipuran, Kemasan dan Mondorakan, serta Lempuyangan.

PLN Madura Perluas Jaringan di 27 Daerah

PLN Madura, Jawa Timur, memperluas jaringan di 27 daerah yang tersebar di empat kabupaten pada tahun 2015, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

UI-KPPPA Gelar Anugerah Kepemimpinan Perempuan Indonesia

Program Studi Kajian Gender dan Pusat Riset Gender Universitas Indonesia (UI) bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) akan menggelar malam Anugerah Kepemimpinan Perempuan Indonesia pada Selasa (31/3).