Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kadistamben Bantah Ada Perusahaan Tambang Pasir Besi

tambang pasir, pasir besi, pertambangan

Posted on 23 Jan 2013. Hits : 585

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Pandeglang Girgi Jiantoro membantah ada perusahaan yang melakukan penambangan pasir besi di daerah itu.

"Sampai sekarang penambangan pasir besi hanya dilakukan oleh kelompok masyarakat dan koperasi, jadi tidak benar informasi yang menyebutkan ada perusahaan melakukan penambangan," katanya di Pandeglang, Rabu.

Ia menjelaskan, PT Sankay Jaya Mandiri yang disebut melakukan penambangan pasir besi di Desa Rancecet, Kecamatan Cinggu seluas 15 hektare, merupakan informasi salah.

"Yang benar, perusahaan itu menampung hasil tambang dari kelompok masyarakat dan koperasi pemegang izin pertambangan rakyat (IPR) pasir besi," katanya.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, mengeluarkan IPR bagi 18 koperasi dan kelompok masyarakat, dan sekarang sedang melakukan penambangan pasir besi tersebut.

Ia juga menjelaskan, seluruh pemegang IPR pasir besi tersebut merupakan warga Kabupaten Pandeglang, sehingga keberadaan bahan tambang itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Penerima IPR itu, di antaranya Sukawaris dengan lokasi kegiatan di Kempung Cijambu, Desa Sukawaris, Kecamatan Cikeusik seluas lima hektare, Nanang Waslim lokasi yang sama seluas satu hektare.

Kemudian, Kardi bin Nurja Blok Sasakrapet Kampung Cijambu, Desa Sukawaris luas satu hektare, E Haerudin di Blok Sasaprapet Desa Sukawaris seluas satu hektare, Yuliah Madjid di Blok Rancadaon II Kampung Sukarendah, Desa Sukawaris seluas sembilan hektare.

Selanjutnya, Martin di Blok Rancadaon II Kampung Sukarendah, Desa Sukawaris, Kecamatan Cikeusik dan Tb Rahmatullah di blok Rancadaon II Kampung Cilukut Desa Sukawaris.

Girgi juga menjelaskan, pengelolaan potensi pasir besi baru sekitar 50 persen, dari potensi sekitar 1.000 hektare, yang membentang di sepanjang pantai selatan di wilayah Kabupaten Pandeglang bagian selatan.(ant/id)

Akademisi Sarankan Perlu Tes Urine CPNS

Akademisi Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah Prof Dr HM Norsanie Darlan MS PH menyarankan perlunya tes urine bagi calon pegawai negeri sipil.

United Menang 2-1 Atas Arsenal

Gol bunuh diri Kieran Gibbs dan sepakan Wayne Rooney membawa Manchester United kembali ke empat besar Liga Utama Inggris, dengan kemenangan 2-1 atas tuan rumah Arsenal pada Sabtu.

Berlian Jegal Ambisi Juara Bertahan Mars Probolinggo

Tim 'kuda hitam' Berlian Semarang benar-benar tampil mengejutkan dengan menjegal ambisi juara bertahan Mars Kota Probolinggo menembus final Kejuaraan Nasional Bola Voli Antarklub PGN Livoli 2014 Divisi Utama.

PM Pakistan Desak Presiden AS Ikut Tangani Masalah Kashmir

Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif mendesak Presiden Amerika Serikat Barack Obama untuk ikut mengatasi pertikaian Kashmir dengan kepemimpinan India, pada saat resolusi awal akan membawa perdamaian abadi, stabilitas, dan kerja sama ekonomi ke Asia.

'Suku Cadang' Ilegal Membuat Red Bull Turun Posisi Start

Red Bull dicoret dari kualifikasi dan posisi startnya diturunkan ke barisan belakang untuk Grand Prix Abu Dhabi karena menggunakan 'mobil-mobil ilegal,' kata pengawas balap pada Sabtu.