Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kadistamben Bantah Ada Perusahaan Tambang Pasir Besi

tambang pasir, pasir besi, pertambangan

Posted on 23 Jan 2013. Hits : 585

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Pandeglang Girgi Jiantoro membantah ada perusahaan yang melakukan penambangan pasir besi di daerah itu.

"Sampai sekarang penambangan pasir besi hanya dilakukan oleh kelompok masyarakat dan koperasi, jadi tidak benar informasi yang menyebutkan ada perusahaan melakukan penambangan," katanya di Pandeglang, Rabu.

Ia menjelaskan, PT Sankay Jaya Mandiri yang disebut melakukan penambangan pasir besi di Desa Rancecet, Kecamatan Cinggu seluas 15 hektare, merupakan informasi salah.

"Yang benar, perusahaan itu menampung hasil tambang dari kelompok masyarakat dan koperasi pemegang izin pertambangan rakyat (IPR) pasir besi," katanya.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, mengeluarkan IPR bagi 18 koperasi dan kelompok masyarakat, dan sekarang sedang melakukan penambangan pasir besi tersebut.

Ia juga menjelaskan, seluruh pemegang IPR pasir besi tersebut merupakan warga Kabupaten Pandeglang, sehingga keberadaan bahan tambang itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Penerima IPR itu, di antaranya Sukawaris dengan lokasi kegiatan di Kempung Cijambu, Desa Sukawaris, Kecamatan Cikeusik seluas lima hektare, Nanang Waslim lokasi yang sama seluas satu hektare.

Kemudian, Kardi bin Nurja Blok Sasakrapet Kampung Cijambu, Desa Sukawaris luas satu hektare, E Haerudin di Blok Sasaprapet Desa Sukawaris seluas satu hektare, Yuliah Madjid di Blok Rancadaon II Kampung Sukarendah, Desa Sukawaris seluas sembilan hektare.

Selanjutnya, Martin di Blok Rancadaon II Kampung Sukarendah, Desa Sukawaris, Kecamatan Cikeusik dan Tb Rahmatullah di blok Rancadaon II Kampung Cilukut Desa Sukawaris.

Girgi juga menjelaskan, pengelolaan potensi pasir besi baru sekitar 50 persen, dari potensi sekitar 1.000 hektare, yang membentang di sepanjang pantai selatan di wilayah Kabupaten Pandeglang bagian selatan.(ant/id)

Golkar Sulsel Mengutuk Jika Tidak Ikut Pilkada

Ketua Dewan Pimpinan Daerah I Partai Golkar Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo melontarkan kutukannya terhadap orang-orang di partainya yang menjadi penyebab kader Golkar di seluruh Indonesia tidak bisa ikut pada pemilihan kepala daerah.

Wali Kota Sebut Pengadaan Ipad Dibutuhkan Legislator

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyebutkan bahwa pengadaan sabak atau Ipad terhadap 50 anggota DPRD yang dianggarkan senilai Rp750 juta itu memang dibutuhkan.

Bawaslu : Pengawasan Longgar Jika Anggaran Dipangkas

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan, Laode Arumahi menyatakan bahwa anggaran yang diusulkan oleh Panitia Pengawas Pemilu di 11 kabupaten tidak sesuai dengan usulannya, maka berpotensi pada pengawasan.

21 Daerah Meriahkan Pameran Bogor Expo 2015

Sebanyak 21 daerah di Indonesia ikut memamerkan produk kerajinannya di ajang Gebyar Wisata Kerajinan Bogor Expo 2015 dalam rangka memperingatai Hari Jadi Bogor ke-533 yang berlangsung di lapangan GOR Pajajaran Kota Bogor.

Alat Berat Menggali Tanah

Sebuah alat berat sedang melakukan penggalian tanah di proyek MRT.