Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kadistamben Bantah Ada Perusahaan Tambang Pasir Besi

tambang pasir, pasir besi, pertambangan

Posted on 23 Jan 2013. Hits : 585

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Pandeglang Girgi Jiantoro membantah ada perusahaan yang melakukan penambangan pasir besi di daerah itu.

"Sampai sekarang penambangan pasir besi hanya dilakukan oleh kelompok masyarakat dan koperasi, jadi tidak benar informasi yang menyebutkan ada perusahaan melakukan penambangan," katanya di Pandeglang, Rabu.

Ia menjelaskan, PT Sankay Jaya Mandiri yang disebut melakukan penambangan pasir besi di Desa Rancecet, Kecamatan Cinggu seluas 15 hektare, merupakan informasi salah.

"Yang benar, perusahaan itu menampung hasil tambang dari kelompok masyarakat dan koperasi pemegang izin pertambangan rakyat (IPR) pasir besi," katanya.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, mengeluarkan IPR bagi 18 koperasi dan kelompok masyarakat, dan sekarang sedang melakukan penambangan pasir besi tersebut.

Ia juga menjelaskan, seluruh pemegang IPR pasir besi tersebut merupakan warga Kabupaten Pandeglang, sehingga keberadaan bahan tambang itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Penerima IPR itu, di antaranya Sukawaris dengan lokasi kegiatan di Kempung Cijambu, Desa Sukawaris, Kecamatan Cikeusik seluas lima hektare, Nanang Waslim lokasi yang sama seluas satu hektare.

Kemudian, Kardi bin Nurja Blok Sasakrapet Kampung Cijambu, Desa Sukawaris luas satu hektare, E Haerudin di Blok Sasaprapet Desa Sukawaris seluas satu hektare, Yuliah Madjid di Blok Rancadaon II Kampung Sukarendah, Desa Sukawaris seluas sembilan hektare.

Selanjutnya, Martin di Blok Rancadaon II Kampung Sukarendah, Desa Sukawaris, Kecamatan Cikeusik dan Tb Rahmatullah di blok Rancadaon II Kampung Cilukut Desa Sukawaris.

Girgi juga menjelaskan, pengelolaan potensi pasir besi baru sekitar 50 persen, dari potensi sekitar 1.000 hektare, yang membentang di sepanjang pantai selatan di wilayah Kabupaten Pandeglang bagian selatan.(ant/id)

YLKI: PPN 10 Persen Tol Harus Dibatalkan

Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan kebijakan pemberlakuan Pajak Pertambahan Nilai untuk jalan tol harus dibatalkan karena pelayanan operator jalan bebas hambatan itu selama ini masih buruk.

Bulog Salurkan Raskin Di Wilayah Kepulauan Sulut

Kepala Perum Bulog Divre Sulawesi Utara Yayan Suparyan mengatakan, sementara ini pihaknya menyalurkan beras jatah untuk masyarakat miskin atau raskin di wilayah kepulauan di Provinsi Sulut itu.

Cegah Terjadinya Genangan, Kalibaru Dikeruk

Akibat minimnya perawatan mengakibatkan Kalibaru mengalami pendangkalan dan penyempitan.

Petani Keramba Manfaatkan Bahan Lokal Untuk Pakan

Petani keramba ikan di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, dilatih untuk memanfaatkan bahan lokal sebagai pakan ikan untuk menekan kenaikan harga pakan pabrikan.

Wayang Golek Meriahkan Cap Go Meh 2015

Pertunjukan wayang golek semalam suntuk turut memeriahkan rangkaian acara Pesta Rakyat Cap Go Meh 2015 yang akan digelar Kamis (5/3) di Vihara Dhanagun, Kota Bogor, Jawa Barat.