Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kadistamben Bantah Ada Perusahaan Tambang Pasir Besi

tambang pasir, pasir besi, pertambangan

Posted on 23 Jan 2013. Hits : 577

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Pandeglang Girgi Jiantoro membantah ada perusahaan yang melakukan penambangan pasir besi di daerah itu.

"Sampai sekarang penambangan pasir besi hanya dilakukan oleh kelompok masyarakat dan koperasi, jadi tidak benar informasi yang menyebutkan ada perusahaan melakukan penambangan," katanya di Pandeglang, Rabu.

Ia menjelaskan, PT Sankay Jaya Mandiri yang disebut melakukan penambangan pasir besi di Desa Rancecet, Kecamatan Cinggu seluas 15 hektare, merupakan informasi salah.

"Yang benar, perusahaan itu menampung hasil tambang dari kelompok masyarakat dan koperasi pemegang izin pertambangan rakyat (IPR) pasir besi," katanya.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, mengeluarkan IPR bagi 18 koperasi dan kelompok masyarakat, dan sekarang sedang melakukan penambangan pasir besi tersebut.

Ia juga menjelaskan, seluruh pemegang IPR pasir besi tersebut merupakan warga Kabupaten Pandeglang, sehingga keberadaan bahan tambang itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Penerima IPR itu, di antaranya Sukawaris dengan lokasi kegiatan di Kempung Cijambu, Desa Sukawaris, Kecamatan Cikeusik seluas lima hektare, Nanang Waslim lokasi yang sama seluas satu hektare.

Kemudian, Kardi bin Nurja Blok Sasakrapet Kampung Cijambu, Desa Sukawaris luas satu hektare, E Haerudin di Blok Sasaprapet Desa Sukawaris seluas satu hektare, Yuliah Madjid di Blok Rancadaon II Kampung Sukarendah, Desa Sukawaris seluas sembilan hektare.

Selanjutnya, Martin di Blok Rancadaon II Kampung Sukarendah, Desa Sukawaris, Kecamatan Cikeusik dan Tb Rahmatullah di blok Rancadaon II Kampung Cilukut Desa Sukawaris.

Girgi juga menjelaskan, pengelolaan potensi pasir besi baru sekitar 50 persen, dari potensi sekitar 1.000 hektare, yang membentang di sepanjang pantai selatan di wilayah Kabupaten Pandeglang bagian selatan.(ant/id)

Jokowi Lebaran Perpisahan Di Balaikota

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) merayakan Idul Fitri 1435 Hijriah bersama dengan keluarga besar pegawai Pemerintah Provinsi DKI dan DPRD setempat sebelum dilantik sebagai Presiden RI pada 20 Oktober mendatang.

Trans Kalimantan Poros Selatan Masih Ramai Pemudik

Arus mudik di ruas jalan Trans Kalimantan Poros Selatan, khususnya yang melintasi Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, hingga hari raya ini masih terlihat ramai.

Jusuf Kalla Minta Masyarakat Jaga Kedamaian

Calon wakil presiden terpilih sesuai rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jusuf Kalla meminta masyarakat Indonesia untuk menjaga kedamaian dalam merayakan Idul Fitri 1435 H.

Zoelva: Partisipasi Umat Islam Belum Selesai Pascapemilu

Partisipasi umat Islam belum selesai pasca-Pemilihan Umum Presiden 9 Juli 2014, kata Prof Dr Hamdan Zoelva dalam khutbahnya usai Shalat Idul Fitri 1435 H di Lapangan Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan, Senin.

Kalibukbuk Buleleng Alami Krisis Air Bersih

Masyarakat Banjar Celuk Buluh, Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali mengalami krisis air bersih akibat lokasi desa cukup tinggi dan pipa yang menyalurkan air dari Perusaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) tidak menjangkau daerah tersebut.