Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kadistamben Bantah Ada Perusahaan Tambang Pasir Besi

tambang pasir, pasir besi, pertambangan

Posted on 23 Jan 2013. Hits : 585

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Pandeglang Girgi Jiantoro membantah ada perusahaan yang melakukan penambangan pasir besi di daerah itu.

"Sampai sekarang penambangan pasir besi hanya dilakukan oleh kelompok masyarakat dan koperasi, jadi tidak benar informasi yang menyebutkan ada perusahaan melakukan penambangan," katanya di Pandeglang, Rabu.

Ia menjelaskan, PT Sankay Jaya Mandiri yang disebut melakukan penambangan pasir besi di Desa Rancecet, Kecamatan Cinggu seluas 15 hektare, merupakan informasi salah.

"Yang benar, perusahaan itu menampung hasil tambang dari kelompok masyarakat dan koperasi pemegang izin pertambangan rakyat (IPR) pasir besi," katanya.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, mengeluarkan IPR bagi 18 koperasi dan kelompok masyarakat, dan sekarang sedang melakukan penambangan pasir besi tersebut.

Ia juga menjelaskan, seluruh pemegang IPR pasir besi tersebut merupakan warga Kabupaten Pandeglang, sehingga keberadaan bahan tambang itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Penerima IPR itu, di antaranya Sukawaris dengan lokasi kegiatan di Kempung Cijambu, Desa Sukawaris, Kecamatan Cikeusik seluas lima hektare, Nanang Waslim lokasi yang sama seluas satu hektare.

Kemudian, Kardi bin Nurja Blok Sasakrapet Kampung Cijambu, Desa Sukawaris luas satu hektare, E Haerudin di Blok Sasaprapet Desa Sukawaris seluas satu hektare, Yuliah Madjid di Blok Rancadaon II Kampung Sukarendah, Desa Sukawaris seluas sembilan hektare.

Selanjutnya, Martin di Blok Rancadaon II Kampung Sukarendah, Desa Sukawaris, Kecamatan Cikeusik dan Tb Rahmatullah di blok Rancadaon II Kampung Cilukut Desa Sukawaris.

Girgi juga menjelaskan, pengelolaan potensi pasir besi baru sekitar 50 persen, dari potensi sekitar 1.000 hektare, yang membentang di sepanjang pantai selatan di wilayah Kabupaten Pandeglang bagian selatan.(ant/id)

Prancis Sediakan 100 Juta Euro Guna Perangi Rasisme

Pemerintah Prancis pada Jumat (17/4) mengungkapkan rencana aksi tiga tahap dengan nilai 100 juta euro (108 juta dolar AS) untuk membantu memerangi anti-Semitisme dan rasisme 'yang tak terperikan'.

WCS Targetkan Pencadangan 150.000 Hektare Kawasan Konservasi

Wildlife Conservation Society (WCS) wilayah Nusa Tenggara Barat menargetkan pencadangan kawasan seluas 150 ribu hektare untuk menambah luasan kawasan konservasi perairan di daerah itu.

Bupati Gorontalo Utara Imbau Warga Tanam Pohon

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, mengimbau masyarakat untuk giat dan rajin menanam pohon, guna menjaga kelangsungan hidup lingkungan alam.

Konjen Jepang Siap Datangkan Investor Ke Medan

Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang untuk Kota Medan yang baru Mr.

Dinas Pendidikan Pamekasan Raih Juara Terbanyak 2013-2015

Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan, Pulau Madura, Jawa Timur, menjadi institusi yang terbanyak meraih juara berbagai jenis lomba yang diikuti di lingkungan pemkab setempat dalam dua tahun terakhir.