Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kadistamben Bantah Ada Perusahaan Tambang Pasir Besi

tambang pasir, pasir besi, pertambangan

Posted on 23 Jan 2013. Hits : 585

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Pandeglang Girgi Jiantoro membantah ada perusahaan yang melakukan penambangan pasir besi di daerah itu.

"Sampai sekarang penambangan pasir besi hanya dilakukan oleh kelompok masyarakat dan koperasi, jadi tidak benar informasi yang menyebutkan ada perusahaan melakukan penambangan," katanya di Pandeglang, Rabu.

Ia menjelaskan, PT Sankay Jaya Mandiri yang disebut melakukan penambangan pasir besi di Desa Rancecet, Kecamatan Cinggu seluas 15 hektare, merupakan informasi salah.

"Yang benar, perusahaan itu menampung hasil tambang dari kelompok masyarakat dan koperasi pemegang izin pertambangan rakyat (IPR) pasir besi," katanya.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, mengeluarkan IPR bagi 18 koperasi dan kelompok masyarakat, dan sekarang sedang melakukan penambangan pasir besi tersebut.

Ia juga menjelaskan, seluruh pemegang IPR pasir besi tersebut merupakan warga Kabupaten Pandeglang, sehingga keberadaan bahan tambang itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Penerima IPR itu, di antaranya Sukawaris dengan lokasi kegiatan di Kempung Cijambu, Desa Sukawaris, Kecamatan Cikeusik seluas lima hektare, Nanang Waslim lokasi yang sama seluas satu hektare.

Kemudian, Kardi bin Nurja Blok Sasakrapet Kampung Cijambu, Desa Sukawaris luas satu hektare, E Haerudin di Blok Sasaprapet Desa Sukawaris seluas satu hektare, Yuliah Madjid di Blok Rancadaon II Kampung Sukarendah, Desa Sukawaris seluas sembilan hektare.

Selanjutnya, Martin di Blok Rancadaon II Kampung Sukarendah, Desa Sukawaris, Kecamatan Cikeusik dan Tb Rahmatullah di blok Rancadaon II Kampung Cilukut Desa Sukawaris.

Girgi juga menjelaskan, pengelolaan potensi pasir besi baru sekitar 50 persen, dari potensi sekitar 1.000 hektare, yang membentang di sepanjang pantai selatan di wilayah Kabupaten Pandeglang bagian selatan.(ant/id)

Legislator : Pemkot Medan Sikapi Pembongkaran Jalan

Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, diharapkan dapat bersikap terhadap kerusakan sebagian ruas jalan di daerah itu yang diakibatkan pembongkaran berbagai badan jalan dengan dalih untuk keperluan pembangunan infrastruktur.

DPRD Klungkung Kritisi Kinerja Pemerintah Setempat

Ketua Komisi I DPRD Klungkung, Bali Komang Suantara alias Otal berupaya mengkritisi kinerja pemerintah setempat, karena sasaran program kerja dinilainya belum sesuai dengan harapan.

Dinkes Bali Ingatkan Kebersihan Sebelum Konsumsi Buah

Dinas Kesehatan Provinsi Bali mengingatkan masyarakat terkait kebersihan sebelum mengonsumsi buah dan makanan agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri berbahaya.

Pemkab Batang Siap Fasilitasi Pembangunan Tol

Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, siap memfasilitasi pembangunan tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer yang sempat terhenti akibat masalah pembebasan sisa lahan.

Anggota DPRD Kabupaten Solok Reses Ke Dapil

Anggota DPRD Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), melakukan kunjungan lapangan (reses) ke Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat pada 28 Januari hingga 2 Februari 2015.