Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jepang Tertarik Bangun Kereta Super Cepat

jepang, super cepat, kereta cepat, jakarta surabaya

Posted on 16 Sep 2013. Hits : 1629

Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan mengatakan, Jepang tertarik membangun jembatan layang dan sistem kereta api super cepat di atas jalur ganda pantai utara Pulau Jawa.

"Selain itu, Jepang juga tertarik membangun rute Jakarta-Bandung dan Jakarta-Surabaya," kata Evert di Jakarta, Senin.

Menurut Menhub, Indonesia dan Jepang telah membahas dan mengkaji bersama mengenai dua rute tersebut.

Jepang saat ini memiliki teknologi kereta super yang kecepatannya hingga sekitar 300 kilometer per jam.

Menhub mengungkapkan, rencana untuk membangun rute kereta super cepat tersebut akan dilaksanakan setelah selesai pembangunan jalur ganda kereta di lintasan pantai utara Jawa.

Pihak Jepang juga tertarik untuk membangun jalur layang untuk kereta super cepat di atas jalur ganda tersebut.

Ia memperkirakan bahwa pembangunan rel kereta jalur ganda antara Jakarta dan Surabaya dapat diselesaikan pada akhir tahun 2013.

Evert memaparkan, kelak bila telah ada baik jalur layang dan jalur ganda, maka pengangkutan peti kemas akan menggunakan jalur ganda.

Sedangkan untuk perjalanan kereta super cepat diperkirakan akan dilakukan melalui jalur layang, baik yang rute Jakarta-Surabaya atau sebaliknya, maupun rute Jakarta-Bandung atau sebaliknya.

Menhub belum mengemukakan besaran investasi itu, kecuali menjalsakan bahwa agar tidak memberatkan maka akan diajukan sejumlah opsi seperti memperpanjang masa konsesi pengelolaan rute kereta super cepat tersebut.

"Ini agar tarif tiket yang dibebankan tidak terlalu tinggi," katanya.

Selain itu, ujar dia, bila telah dioperasikan maka diperkirakan waktu tempuh antara Jakarta dan Surabaya hanya sekitar 2,5 jam dengan kereta super cepat. (ant/as)

Mendikbud : Pembangunan Candi Borobudur Gunakan Ilmu Astronomi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan ilmu astronomi bukan hal baru bagi Indonesia, karena pembangunan Candi Borobudur berabad-abad lalu telah menggunakan ilmu tersebut.

Menkeu Harapkan Aturan Baru Percepat Realisasi Anggaran

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengharapkan tiga aturan baru terkait dengan antikriminalisasi pejabat bisa mempercepat realisasi anggaran, terutama bagi belanja infrastruktur, minimal hingga akhir tahun 2015.

BNPB-UGM Pasang EWS Kurangi Risiko Bencana Longsor

Badan Nasional Penanggulangan Bencana bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada memasang alat 'early warning system' di lokasi rentan gerakan tanah untuk mengurangi risiko bencana tanah longsor di Indonesia.

Staccato Gelar Kemah Teater Musik

Staccato, salah satu studio musik dan olah vokal di Denpasar, Bali, menggelar kemah teater musik selama enam hari, mulai 20 sampai 26 Juli 2015, melibatkan kalangan pelajar usia 7--15 tahun.

DIY Bahas Pengisian Kekosongan Jabatan Tiga Instansi

Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta akan membahas pengisian kekosongan pimpinan di tiga instansi yang ditinggal pejabatnya, karena ditunjuk sebagai pelaksana tugas bupati untuk tiga kabupaten.