Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jepang Tertarik Bangun Kereta Super Cepat

jepang, super cepat, kereta cepat, jakarta surabaya

Posted on 16 Sep 2013. Hits : 1629

Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan mengatakan, Jepang tertarik membangun jembatan layang dan sistem kereta api super cepat di atas jalur ganda pantai utara Pulau Jawa.

"Selain itu, Jepang juga tertarik membangun rute Jakarta-Bandung dan Jakarta-Surabaya," kata Evert di Jakarta, Senin.

Menurut Menhub, Indonesia dan Jepang telah membahas dan mengkaji bersama mengenai dua rute tersebut.

Jepang saat ini memiliki teknologi kereta super yang kecepatannya hingga sekitar 300 kilometer per jam.

Menhub mengungkapkan, rencana untuk membangun rute kereta super cepat tersebut akan dilaksanakan setelah selesai pembangunan jalur ganda kereta di lintasan pantai utara Jawa.

Pihak Jepang juga tertarik untuk membangun jalur layang untuk kereta super cepat di atas jalur ganda tersebut.

Ia memperkirakan bahwa pembangunan rel kereta jalur ganda antara Jakarta dan Surabaya dapat diselesaikan pada akhir tahun 2013.

Evert memaparkan, kelak bila telah ada baik jalur layang dan jalur ganda, maka pengangkutan peti kemas akan menggunakan jalur ganda.

Sedangkan untuk perjalanan kereta super cepat diperkirakan akan dilakukan melalui jalur layang, baik yang rute Jakarta-Surabaya atau sebaliknya, maupun rute Jakarta-Bandung atau sebaliknya.

Menhub belum mengemukakan besaran investasi itu, kecuali menjalsakan bahwa agar tidak memberatkan maka akan diajukan sejumlah opsi seperti memperpanjang masa konsesi pengelolaan rute kereta super cepat tersebut.

"Ini agar tarif tiket yang dibebankan tidak terlalu tinggi," katanya.

Selain itu, ujar dia, bila telah dioperasikan maka diperkirakan waktu tempuh antara Jakarta dan Surabaya hanya sekitar 2,5 jam dengan kereta super cepat. (ant/as)

Kalteng Bentuk BPSK

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah segera membentuk Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) di tingkat kabupaten untuk melindungi para konsumen dari unsur ketidakpuasan atas layanan yang diberikan produsen.

Pemimpin HAMAS Tolak Tuntutan Israel

Pemimpin HAMAS Khaled Meshaal, Kamis, menolak setiap usaha untuk melucuti senjata gerakan Islam Palestinanya di Gaza seperti yang dituntut Israel, dengan mengatakan senjata-senjata kelompok itu adalah "suci".

NTT Gelar Pilkada Serentak

Provinsi Nusa Tenggara Timur akan menggelar pemilihan kepala daerah serentak di sembilan daerah pada 2015, kata Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda NTT Silvester Banvatin.

Faksi Pemberontak Sepakat Akhiri Permusuhan

Wakil-wakil dari dua kelompok pemberontak dari Mali utara Kamis sepakat di ibu kota Burkinabe Ouagadougou untuk mengakhiri permusuhan dan membentuk satu front persatuan bagi perundingan dengan pemerintah Mali di Aljazair awal September.

Merek Dagang Lokal Akan di Waralabakan ke Internasional

Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) berencana mewaralabakan sejumlah merek dagang lokal atau dalam negeri ke pasar internasional, ujar Ketua Umum AFI Anang Sukandar.