Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jepang Tertarik Bangun Kereta Super Cepat

jepang, super cepat, kereta cepat, jakarta surabaya

Posted on 16 Sep 2013. Hits : 1629

Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan mengatakan, Jepang tertarik membangun jembatan layang dan sistem kereta api super cepat di atas jalur ganda pantai utara Pulau Jawa.

"Selain itu, Jepang juga tertarik membangun rute Jakarta-Bandung dan Jakarta-Surabaya," kata Evert di Jakarta, Senin.

Menurut Menhub, Indonesia dan Jepang telah membahas dan mengkaji bersama mengenai dua rute tersebut.

Jepang saat ini memiliki teknologi kereta super yang kecepatannya hingga sekitar 300 kilometer per jam.

Menhub mengungkapkan, rencana untuk membangun rute kereta super cepat tersebut akan dilaksanakan setelah selesai pembangunan jalur ganda kereta di lintasan pantai utara Jawa.

Pihak Jepang juga tertarik untuk membangun jalur layang untuk kereta super cepat di atas jalur ganda tersebut.

Ia memperkirakan bahwa pembangunan rel kereta jalur ganda antara Jakarta dan Surabaya dapat diselesaikan pada akhir tahun 2013.

Evert memaparkan, kelak bila telah ada baik jalur layang dan jalur ganda, maka pengangkutan peti kemas akan menggunakan jalur ganda.

Sedangkan untuk perjalanan kereta super cepat diperkirakan akan dilakukan melalui jalur layang, baik yang rute Jakarta-Surabaya atau sebaliknya, maupun rute Jakarta-Bandung atau sebaliknya.

Menhub belum mengemukakan besaran investasi itu, kecuali menjalsakan bahwa agar tidak memberatkan maka akan diajukan sejumlah opsi seperti memperpanjang masa konsesi pengelolaan rute kereta super cepat tersebut.

"Ini agar tarif tiket yang dibebankan tidak terlalu tinggi," katanya.

Selain itu, ujar dia, bila telah dioperasikan maka diperkirakan waktu tempuh antara Jakarta dan Surabaya hanya sekitar 2,5 jam dengan kereta super cepat. (ant/as)

Perusahaan Jalin Kemitraan Dengan Petani

Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan perusahaan yang tidak punya kebun kelapa sawit bermitra dengan petani untuk mendapatkan bahan baku.

Mahasiswa Perbatasan Jangan Hanya Jadi Penonton

Mahasiswa di kawasan perbatasan jangan hanya jadi penonton, melainkan harus meningkatkan kualitas pendidikan dan ketrampilan.

Penarikan Retribusi Gua Pindul Gunung Kidul Dihentikan

Pemerintah Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menghentikan penarikan retribusi masuk Kawasan Gua Pindul sejak Kamis (26/3), karena diduga masih terjadi kebocoran dana yang dipungut dari pengunjung tersebut.

Bandung Utama Kalahkan Stadium 67-60

Tim bola basket JNE Bandung Utama mengalahkan Stadium Jakarta 67-60 pada lanjutan IndiHome NBL Indonesia 2014-2015 seri ke-9 di GOR C-TRA Arena Kota Bandung, Sabtu.

Hotel Surabaya Padamkan Listrik Peringati Earth Hour

Pebisnis hotel di Surabaya, yakni Sheraton Hotel and Towers, memadamkan listrik selama satu jam untuk memperingati 'Earth Hour' yang dilaksanakan setiap tanggal 28 Maret sebagai kampanye kepedulian lingkungan.