Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Jepang Tertarik Bangun Kereta Super Cepat

jepang, super cepat, kereta cepat, jakarta surabaya

Posted on 16 Sep 2013. Hits : 1629

Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan mengatakan, Jepang tertarik membangun jembatan layang dan sistem kereta api super cepat di atas jalur ganda pantai utara Pulau Jawa.

"Selain itu, Jepang juga tertarik membangun rute Jakarta-Bandung dan Jakarta-Surabaya," kata Evert di Jakarta, Senin.

Menurut Menhub, Indonesia dan Jepang telah membahas dan mengkaji bersama mengenai dua rute tersebut.

Jepang saat ini memiliki teknologi kereta super yang kecepatannya hingga sekitar 300 kilometer per jam.

Menhub mengungkapkan, rencana untuk membangun rute kereta super cepat tersebut akan dilaksanakan setelah selesai pembangunan jalur ganda kereta di lintasan pantai utara Jawa.

Pihak Jepang juga tertarik untuk membangun jalur layang untuk kereta super cepat di atas jalur ganda tersebut.

Ia memperkirakan bahwa pembangunan rel kereta jalur ganda antara Jakarta dan Surabaya dapat diselesaikan pada akhir tahun 2013.

Evert memaparkan, kelak bila telah ada baik jalur layang dan jalur ganda, maka pengangkutan peti kemas akan menggunakan jalur ganda.

Sedangkan untuk perjalanan kereta super cepat diperkirakan akan dilakukan melalui jalur layang, baik yang rute Jakarta-Surabaya atau sebaliknya, maupun rute Jakarta-Bandung atau sebaliknya.

Menhub belum mengemukakan besaran investasi itu, kecuali menjalsakan bahwa agar tidak memberatkan maka akan diajukan sejumlah opsi seperti memperpanjang masa konsesi pengelolaan rute kereta super cepat tersebut.

"Ini agar tarif tiket yang dibebankan tidak terlalu tinggi," katanya.

Selain itu, ujar dia, bila telah dioperasikan maka diperkirakan waktu tempuh antara Jakarta dan Surabaya hanya sekitar 2,5 jam dengan kereta super cepat. (ant/as)

Kemdagri Diajak Awasi Lembaga Keuangan Mikro

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjajaki kerja sama dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemdagri) serta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk melakukan pengawasan lembaga-lembaga keuangan mikro (LKM) yang jumlahnya ribuan di Indonesia.

Disnak Jamin Hewan Kurban Sehat

Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur menjamin hewan kurban sapi dan kambing yang dijual baik kesehatannya.

79 Anggota DPR Aceh Dilantik

Sebanyak 79 dari 81 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh periode 2014-2019 hasil pemilihan umum legislatif 9 April lalu dilantik dalam sidang paripurna istimewa di Banda Aceh, Selasa.

Penerbangan Dibatalkan Akibat Kabut Asap

Operasional penerbangan maskapai Susi Air dari dan ke Bandara Beringin Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, pada Selasa dibatalkan akibat kabut asap yang menutup wilayah itu.

BLH Uji Kualitas Udara

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah melakukan pemantauan kualitas udara dimana terjadi kabut asap dan perlu dilakukan pengujian terhadap total partikulat gas SO, NO dan CO (TSP).