Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

ITS-Jerman Kembangkan Potensi Pulau Poteran-Maratua

its-jerman, potensi pulau poteran, kerja sama, pulau maratua

Posted on 14 Nov 2013. Hits : 243

ITS, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pemerintah Kabupaten Berau (Kaltim), dan Hochscule Wismar University of Applied Science bekerja sama untuk mengembangkan potensi Pulau Poteran di Sumenep (Jatim) dan Pulau Maratua di Berau.

'KKP telah menetapkan ITS untuk mengadopsi dua kepulauan, yakni Pulau Poteran di Kabupaten Sumenep dan Pulau Maratua di Kabupaten Berau,' kata Dekan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS Prof Ir Eko Budi Jatmiko MSc PhD di Surabaya, Kamis.

Di sela-sela 'Sustainable Island Development Initiatives (SIDI) Week 2013' pada 13-17 November 2013, ia menjelaskan tim ITS dan Jerman membahas kerja sama itu melalui SIDI di Surabaya pada 13-14 November, lalu tim berkunjung ke kedua pulau itu pada 15-17 November.

'Kerja sama ITS-Jerman itu sendiri merupakan tindak lanjut perjanjian kedua pihak yang ditandatangani pada tahun 2012, lalu KKP memberi apresiasi atas tindak lanjut kerja sama kami itu dalam bentuk SIDI 2013,' tuturnya.

Bahkan, dalam pernyataan tertulis pada SIDI 2013 itu, Dirjen Kepulauan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (KP3K) KKP Sudirman Saad mengakui hanya ada empat perguruan tinggi yang serius mengeksekusi 'adopsi' pulau itu.

'Yang benar-benar memberikan langkah kongkret untuk kerja sama ini hanya empat perguruan tinggi, yakni ITS, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Hasanudin (Unhas), dan Universitas Indonesia (UI),' ujar Eko mengutip Sudirman Saad.

Oleh karena itu, KKP berharap program SIDI dapat terus berlanjut untuk tahun-tahun mendatang, bahkan Dirjen KP3K mengaku siap memberi dukungan untuk pelaksanaan program ini agar bisa lebih implementatif nantinya.

'Fokus yang dikembangkan di kedua pulau itu pun berbeda. Untuk Pulau Poteran lebih ditujukan pada penelitian tentang ekstrak herbal tropis yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai bahan produk medis, gizi maupun kosmetik,' ungkapnya.(ant/rd)

Baznas Karimun Salurkan Zakat Rp 1,65 Miliar

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, selama 2014 menyalurkan zakat sekitar Rp1,65 miliar, meningkat dibandingkan 2013 sekitar Rp1,3 miliar.

Ledakan Bom di Stasiun Bus Tewaskan Puluhan Orang

Sebuah bom di satu stasiun bus di kota Gombe di timur laut Nigeria menewaskan sedikitnya 20 orang Senin, kekerasan terbaru di wilayah itu yang berulang kali ditargetkan oleh Boko Haram, kata Palang Merah.

Penumpang Kapal Cepat Palembang-Bangka Meningkat

Jumlah penumpang kapal cepat di Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan untuk keberangkatan tujuan Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dalam dua hari terakhir mengalami peningkatan.

Pemkot Bekasi Beri Penghargaan Tiga Lurah Perempuan

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, memberikan penghargaan kepada tiga lurah perempuan berkinerja baik dalam rangka memperingati Hari Ibu 2014, Senin.

Bendungan Alai Kalsel Diharapkan Segera Selesai

Anggota Komisi II atau Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel), H Riswandi mengharapkan pembangunan Bendungan Alai di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, segera selesai.