Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

ITS-Jerman Kembangkan Potensi Pulau Poteran-Maratua

its-jerman, potensi pulau poteran, kerja sama, pulau maratua

Posted on 14 Nov 2013. Hits : 243

ITS, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pemerintah Kabupaten Berau (Kaltim), dan Hochscule Wismar University of Applied Science bekerja sama untuk mengembangkan potensi Pulau Poteran di Sumenep (Jatim) dan Pulau Maratua di Berau.

'KKP telah menetapkan ITS untuk mengadopsi dua kepulauan, yakni Pulau Poteran di Kabupaten Sumenep dan Pulau Maratua di Kabupaten Berau,' kata Dekan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS Prof Ir Eko Budi Jatmiko MSc PhD di Surabaya, Kamis.

Di sela-sela 'Sustainable Island Development Initiatives (SIDI) Week 2013' pada 13-17 November 2013, ia menjelaskan tim ITS dan Jerman membahas kerja sama itu melalui SIDI di Surabaya pada 13-14 November, lalu tim berkunjung ke kedua pulau itu pada 15-17 November.

'Kerja sama ITS-Jerman itu sendiri merupakan tindak lanjut perjanjian kedua pihak yang ditandatangani pada tahun 2012, lalu KKP memberi apresiasi atas tindak lanjut kerja sama kami itu dalam bentuk SIDI 2013,' tuturnya.

Bahkan, dalam pernyataan tertulis pada SIDI 2013 itu, Dirjen Kepulauan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (KP3K) KKP Sudirman Saad mengakui hanya ada empat perguruan tinggi yang serius mengeksekusi 'adopsi' pulau itu.

'Yang benar-benar memberikan langkah kongkret untuk kerja sama ini hanya empat perguruan tinggi, yakni ITS, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Hasanudin (Unhas), dan Universitas Indonesia (UI),' ujar Eko mengutip Sudirman Saad.

Oleh karena itu, KKP berharap program SIDI dapat terus berlanjut untuk tahun-tahun mendatang, bahkan Dirjen KP3K mengaku siap memberi dukungan untuk pelaksanaan program ini agar bisa lebih implementatif nantinya.

'Fokus yang dikembangkan di kedua pulau itu pun berbeda. Untuk Pulau Poteran lebih ditujukan pada penelitian tentang ekstrak herbal tropis yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai bahan produk medis, gizi maupun kosmetik,' ungkapnya.(ant/rd)

Kehati Tanam 290 Ribu Mangrove Untuk Penghijauan

Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) menanam 290 ribu batang tumbuhan mangrove dalam dua tahun dari yang ditargetkan sebanyak 200 ribu batang sebagai langkah penghijauan di wilayah pesisir Indonesia.

Akom Lakukan Pertemuan Dengan Dpd Golkar Kalsel

Ketua DPR RI Ade Komarudin melakukan pertemuan dengan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I dan II Partai Golkar Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat malam.

Pengamat: Revisi Aturan Dni Melenceng Dari Nawacita

Pengamat Ekonomi Universitas Sam Ratulangi Manado Agus T Poputra mengatakan revisi aturan daftar investasi negatif (DIN) dinilai kebablasan dan akan melukai nasionalisme dan melenceng dari Nawacita.

Dalam Negeri Kuasai Bongkar Barang Pelabuhan Sulut

Pelayaran dalam negeri masih menguasai kegiatan bongkar barangdi sebagian besar pelabuhan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Korban Salah Tangkap Minta Namanya Dipulihkan

Seorang warga bernama Lucky Achadi meminta kepada Kepolisian Resor Pekanbaru, Provinsi Riau, memulihkan nama baiknya karena telah menjadi korban salah tangkap saat aparat menangani kasus narkoba.