Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

ITS-Jerman Kembangkan Potensi Pulau Poteran-Maratua

its-jerman, potensi pulau poteran, kerja sama, pulau maratua

Posted on 14 Nov 2013. Hits : 243

ITS, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pemerintah Kabupaten Berau (Kaltim), dan Hochscule Wismar University of Applied Science bekerja sama untuk mengembangkan potensi Pulau Poteran di Sumenep (Jatim) dan Pulau Maratua di Berau.

'KKP telah menetapkan ITS untuk mengadopsi dua kepulauan, yakni Pulau Poteran di Kabupaten Sumenep dan Pulau Maratua di Kabupaten Berau,' kata Dekan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) ITS Prof Ir Eko Budi Jatmiko MSc PhD di Surabaya, Kamis.

Di sela-sela 'Sustainable Island Development Initiatives (SIDI) Week 2013' pada 13-17 November 2013, ia menjelaskan tim ITS dan Jerman membahas kerja sama itu melalui SIDI di Surabaya pada 13-14 November, lalu tim berkunjung ke kedua pulau itu pada 15-17 November.

'Kerja sama ITS-Jerman itu sendiri merupakan tindak lanjut perjanjian kedua pihak yang ditandatangani pada tahun 2012, lalu KKP memberi apresiasi atas tindak lanjut kerja sama kami itu dalam bentuk SIDI 2013,' tuturnya.

Bahkan, dalam pernyataan tertulis pada SIDI 2013 itu, Dirjen Kepulauan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (KP3K) KKP Sudirman Saad mengakui hanya ada empat perguruan tinggi yang serius mengeksekusi 'adopsi' pulau itu.

'Yang benar-benar memberikan langkah kongkret untuk kerja sama ini hanya empat perguruan tinggi, yakni ITS, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Hasanudin (Unhas), dan Universitas Indonesia (UI),' ujar Eko mengutip Sudirman Saad.

Oleh karena itu, KKP berharap program SIDI dapat terus berlanjut untuk tahun-tahun mendatang, bahkan Dirjen KP3K mengaku siap memberi dukungan untuk pelaksanaan program ini agar bisa lebih implementatif nantinya.

'Fokus yang dikembangkan di kedua pulau itu pun berbeda. Untuk Pulau Poteran lebih ditujukan pada penelitian tentang ekstrak herbal tropis yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai bahan produk medis, gizi maupun kosmetik,' ungkapnya.(ant/rd)

Demonstran Tuntut Presiden Haiti Diturunkan

Ribuan demonstran anti pemerintah di Haiti, Selasa (25/11) menuntut Presiden Michel Martelly mengundurkan diri karena dituduh akan menjalankan rezim kediktatoran.

Mahasiswa Tetap Gelar Aksi Terkait Kenaikan BBM

Sejumlah mahsiswa yang tergabung dalam delapan organisasi di Kota Lubuklinggau/Musirawas, Sumatera Selatan, tetap akan menggelar aksi sebelum tuntutan mereka ditanggapi dua kepala daerah itu terkait kenaikan harga BBM akhir-akhir ini.

Bantul Intensif Bahas APBD 2015

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bersama pemerintah setempat terus menggelar rapat untuk mengintensifkan pembahasan anggaran pendapatan dan belanja daerah 2015.

Ambon Peringati Hari Guru Dengan Sederhana

Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-50 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang jatuh pada 25 November tingkat provinsi Maluku diperingati dalam sebuah upacara sederhana berlangsung di Ambon, Rabu.

Kendaraan Berat Akan Dikanalisasi

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan terobosan kreatif dalam Operasi Zebra Jaya 2014.