Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Hunian Hotel Bintang Sulteng Turun 3,12 Persen

sulawesi tengah, riau, amerika, eropa, hunian

Posted on 05 Dec 2012. Hits : 414

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat hunian kamar hotel bintang di Sulawesi Tengah selama Oktober 2012 sebesar 57,14 persen, turun 3,12 persen dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 60,14 persen.

Kepala BPS Sulawesi Tengah, Ibram Syahboedin di Palu, Rabu, mengatakan, turunnya tingkat hunian hotel itu, seiring berkurangnya kunjungan wisatawan ke provinsi beribu Kota Palu ini.

Selama Oktober 2012, kunjungan wisatawan ke Sulawesi Tengah mencapai 3.778 orang, sementara pada September 2012 sebanyak 3.832 orang.

Sementara itu, tingkat hunian hotel melati naik sebesar 3,94 persen, dibandingkan bulan sebelumnya.

"Bisa saja masyarakat lebih memilih hotel melati karena tarifnya lebih murah," ujar Ibram.

Lebih lanjut Ibram menyebutkan, tingkat hunian tempat tidur hotel selama Oktober 2012 sebesar 30,71 persen, atau naik tipis 1,53 persen dibanding bulan sebelumnya.

Sedangkan rata-rata lama tamu menginap di hotel selama Oktober 2012 sebesar 1,65 hari, naik sebesar 0,22 hari dibanding bulan sebelumnya.

Saat ini pengunjung hotel tidak hanya untuk menginap melainkan untuk melakukan sejumlah kegiatan seperti seminar, rapat, lokakarya atau pertemuan lainnya.

BPS juga mencatat jumlah wisatawan mancanegara di Sulawesi Tengah pada Oktober 2012 sebanyak 324 orang yang terdiri dari warga Asia (261 orang), disusul oleh warga Amerika (36 orang), warga Eropa (25 orang), dan warga Oceania (dua orang).

Jumlah hotel berbintang di Sulawesi Tengah sebanyak lima buah, dan sejumlah hotel berbintang lainnya sedang tahap pembangunan.(ant/ev)

KKP : Indonesia Butuh Infrastruktur Maritim Yang Mumpuni

Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Sjarief Widjaja mengatakan, Indonesia membutuhkan infrastruktur maritim yang mumpuni guna mengoptimalkan sumber daya kelautan di Tanah Air.

Distan : Sulteng 2013 Surplus Beras 300.000 Ton

Provinsi Sulawesi Tengah pada musim panen 2013 mengalami surplus beras sebanyak 300 ribu ton, kata Kepala Dinas Pertanian setempat Trie Iriany Lamakampali.

P2TP2A Tingkatkan Kesadaran Perlindungan Anak

Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan kesadaran dalam perlindungan anak melalui sosialisasi.

Perpustakaan Soeaman HS Alternatif Wisata Akhir Pekan

Perpustakaan Soeman HS menjadi alternatif liburan akhir pekan, lewat beragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung yang berbasiskan pendidikan.

Gelombang Laut Perairan Bangka Belitung Meningkat

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pada Minggu (26/10) ketinggian gelombang laut di sejumlah perairan Bangka Belitung meningkat dibandingkan beberapa hari sebelumnya.