Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Hunian Hotel Bintang Sulteng Turun 3,12 Persen

sulawesi tengah, riau, amerika, eropa, hunian

Posted on 05 Dec 2012. Hits : 414

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat hunian kamar hotel bintang di Sulawesi Tengah selama Oktober 2012 sebesar 57,14 persen, turun 3,12 persen dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 60,14 persen.

Kepala BPS Sulawesi Tengah, Ibram Syahboedin di Palu, Rabu, mengatakan, turunnya tingkat hunian hotel itu, seiring berkurangnya kunjungan wisatawan ke provinsi beribu Kota Palu ini.

Selama Oktober 2012, kunjungan wisatawan ke Sulawesi Tengah mencapai 3.778 orang, sementara pada September 2012 sebanyak 3.832 orang.

Sementara itu, tingkat hunian hotel melati naik sebesar 3,94 persen, dibandingkan bulan sebelumnya.

"Bisa saja masyarakat lebih memilih hotel melati karena tarifnya lebih murah," ujar Ibram.

Lebih lanjut Ibram menyebutkan, tingkat hunian tempat tidur hotel selama Oktober 2012 sebesar 30,71 persen, atau naik tipis 1,53 persen dibanding bulan sebelumnya.

Sedangkan rata-rata lama tamu menginap di hotel selama Oktober 2012 sebesar 1,65 hari, naik sebesar 0,22 hari dibanding bulan sebelumnya.

Saat ini pengunjung hotel tidak hanya untuk menginap melainkan untuk melakukan sejumlah kegiatan seperti seminar, rapat, lokakarya atau pertemuan lainnya.

BPS juga mencatat jumlah wisatawan mancanegara di Sulawesi Tengah pada Oktober 2012 sebanyak 324 orang yang terdiri dari warga Asia (261 orang), disusul oleh warga Amerika (36 orang), warga Eropa (25 orang), dan warga Oceania (dua orang).

Jumlah hotel berbintang di Sulawesi Tengah sebanyak lima buah, dan sejumlah hotel berbintang lainnya sedang tahap pembangunan.(ant/ev)

Dolar Menguat di Asia

Kurs dolar menguat di perdagangan Asia pada Kamis, karena perubahan sedikit "bullish" oleh Federal Reserve AS memicu harapan untuk kenaikan suku bunga AS lebih awal.

BI: Kenaikan BBM Sumbang Inflasi 2,31 Persen

Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) Luctor Tapiheru memperkirakan bila kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi Rp3000 per liter akan memberikan sumbangan inflasi Kota Manado sebesar 2,31 persen.

LIPI Patenkan 350 Hasil Penelitian Generasi Muda

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah mematenkan 350 hasil penelitian generasi muda untuk melindungi hasil inovasi anak bangsa dari pembajakan negara asing.

Target Imunisasi Aceh Masih Rendah

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Aceh M Yani mengatakan target pemberian imunisasi bagi anak-anak di provinsi itu masih cukup rendah.

Jonan Diminta Fokus Kembangkan Transportasi Multimoda

Mantan Plt Menteri Perhubungan Bambang Susantono meminta Menhub baru Ignasius Jonan memfokuskan pengembangan transportasi multimoda untuk penghematan biaya logistik nasional.