Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Hunian Hotel Bintang Sulteng Turun 3,12 Persen

sulawesi tengah, riau, amerika, eropa, hunian

Posted on 05 Dec 2012. Hits : 414

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat hunian kamar hotel bintang di Sulawesi Tengah selama Oktober 2012 sebesar 57,14 persen, turun 3,12 persen dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 60,14 persen.

Kepala BPS Sulawesi Tengah, Ibram Syahboedin di Palu, Rabu, mengatakan, turunnya tingkat hunian hotel itu, seiring berkurangnya kunjungan wisatawan ke provinsi beribu Kota Palu ini.

Selama Oktober 2012, kunjungan wisatawan ke Sulawesi Tengah mencapai 3.778 orang, sementara pada September 2012 sebanyak 3.832 orang.

Sementara itu, tingkat hunian hotel melati naik sebesar 3,94 persen, dibandingkan bulan sebelumnya.

"Bisa saja masyarakat lebih memilih hotel melati karena tarifnya lebih murah," ujar Ibram.

Lebih lanjut Ibram menyebutkan, tingkat hunian tempat tidur hotel selama Oktober 2012 sebesar 30,71 persen, atau naik tipis 1,53 persen dibanding bulan sebelumnya.

Sedangkan rata-rata lama tamu menginap di hotel selama Oktober 2012 sebesar 1,65 hari, naik sebesar 0,22 hari dibanding bulan sebelumnya.

Saat ini pengunjung hotel tidak hanya untuk menginap melainkan untuk melakukan sejumlah kegiatan seperti seminar, rapat, lokakarya atau pertemuan lainnya.

BPS juga mencatat jumlah wisatawan mancanegara di Sulawesi Tengah pada Oktober 2012 sebanyak 324 orang yang terdiri dari warga Asia (261 orang), disusul oleh warga Amerika (36 orang), warga Eropa (25 orang), dan warga Oceania (dua orang).

Jumlah hotel berbintang di Sulawesi Tengah sebanyak lima buah, dan sejumlah hotel berbintang lainnya sedang tahap pembangunan.(ant/ev)

Agama Suku Baduy Diminta Masuk E-KTP

Pemuka adat Baduy yang tinggal di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, meminta pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla mencantumkan kepercayaan Sunda Wiwitan sebagai agama pada kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP.

Kalteng Target Satu Desa Satu PAUD

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menargetkan program satu desa satu satu lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) pada 2015 nanti.

Aceh Ekspor Daun Nipah

Pengusaha Aceh akan melakukan ekspor perdana daun nipah sebagai salah satu bahan baku pembuat rokok ke Malaysia melalui Pelabuhan Kuala Langsa, Kota Langsa.

Jokowi Diminta Benahi 'Sea Coast Guard'

Kamar Dagang dan Industri Indonesia meminta pemerintahan Joko Widodo untuk membenahi masalah Badan Penjagaan Laut dan Pantai (Sea and Coast Guard) yang belum disahkan.

Tingkat Konsumsi Ikan Masyarakat Masih Rendah

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mencatat angka konsumsi ikan warga di daerah itu hingga saat ini masih rendah atau jauh di bawah rata-rata perkapita nasional.