Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Hunian Hotel Bintang Sulteng Turun 3,12 Persen

sulawesi tengah, riau, amerika, eropa, hunian

Posted on 05 Dec 2012. Hits : 414

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat hunian kamar hotel bintang di Sulawesi Tengah selama Oktober 2012 sebesar 57,14 persen, turun 3,12 persen dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 60,14 persen.

Kepala BPS Sulawesi Tengah, Ibram Syahboedin di Palu, Rabu, mengatakan, turunnya tingkat hunian hotel itu, seiring berkurangnya kunjungan wisatawan ke provinsi beribu Kota Palu ini.

Selama Oktober 2012, kunjungan wisatawan ke Sulawesi Tengah mencapai 3.778 orang, sementara pada September 2012 sebanyak 3.832 orang.

Sementara itu, tingkat hunian hotel melati naik sebesar 3,94 persen, dibandingkan bulan sebelumnya.

"Bisa saja masyarakat lebih memilih hotel melati karena tarifnya lebih murah," ujar Ibram.

Lebih lanjut Ibram menyebutkan, tingkat hunian tempat tidur hotel selama Oktober 2012 sebesar 30,71 persen, atau naik tipis 1,53 persen dibanding bulan sebelumnya.

Sedangkan rata-rata lama tamu menginap di hotel selama Oktober 2012 sebesar 1,65 hari, naik sebesar 0,22 hari dibanding bulan sebelumnya.

Saat ini pengunjung hotel tidak hanya untuk menginap melainkan untuk melakukan sejumlah kegiatan seperti seminar, rapat, lokakarya atau pertemuan lainnya.

BPS juga mencatat jumlah wisatawan mancanegara di Sulawesi Tengah pada Oktober 2012 sebanyak 324 orang yang terdiri dari warga Asia (261 orang), disusul oleh warga Amerika (36 orang), warga Eropa (25 orang), dan warga Oceania (dua orang).

Jumlah hotel berbintang di Sulawesi Tengah sebanyak lima buah, dan sejumlah hotel berbintang lainnya sedang tahap pembangunan.(ant/ev)

PBNU Minta Pemerintah Serius Garap Ekonomi Prorakyat

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meminta pemerintah serius menggarap sektor ekonomi yang lebih memihak kepada rakyat sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas demokrasi di Tanah Air.

Banjir Rendam 4.000 Rumah Di Dompu

Bencana banjir yang disertai longsor di Dompu, Nusa Tenggara Barat, pada Sabtu (31/1) menyebabkan 4.

Dua Tewas Akibat Longsor Di Bali

Sebanyak dua warga tewas akibat bencana longsor di Bali seiring hujan deras yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Didi Riyadi : VJ MTV Sekarang Lebih Berat

Aktor serba bisa Tanah Air Didi Riyadi mengatakan menjadi pemandu video atau 'Video Jockey' (VJ) saluran musik MTV saat ini lebih berat dengan tahun yang sebelumnya.

Disperindagsar Sebut Kotim Relatif Aman Apel Berbakteri

Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelola Pasar Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menilai daerah ini relatif aman apel berbakteri karena peredaran apel impor relatif kecil.