Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Hunian Hotel Bintang Sulteng Turun 3,12 Persen

sulawesi tengah, riau, amerika, eropa, hunian

Posted on 05 Dec 2012. Hits : 414

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat hunian kamar hotel bintang di Sulawesi Tengah selama Oktober 2012 sebesar 57,14 persen, turun 3,12 persen dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 60,14 persen.

Kepala BPS Sulawesi Tengah, Ibram Syahboedin di Palu, Rabu, mengatakan, turunnya tingkat hunian hotel itu, seiring berkurangnya kunjungan wisatawan ke provinsi beribu Kota Palu ini.

Selama Oktober 2012, kunjungan wisatawan ke Sulawesi Tengah mencapai 3.778 orang, sementara pada September 2012 sebanyak 3.832 orang.

Sementara itu, tingkat hunian hotel melati naik sebesar 3,94 persen, dibandingkan bulan sebelumnya.

"Bisa saja masyarakat lebih memilih hotel melati karena tarifnya lebih murah," ujar Ibram.

Lebih lanjut Ibram menyebutkan, tingkat hunian tempat tidur hotel selama Oktober 2012 sebesar 30,71 persen, atau naik tipis 1,53 persen dibanding bulan sebelumnya.

Sedangkan rata-rata lama tamu menginap di hotel selama Oktober 2012 sebesar 1,65 hari, naik sebesar 0,22 hari dibanding bulan sebelumnya.

Saat ini pengunjung hotel tidak hanya untuk menginap melainkan untuk melakukan sejumlah kegiatan seperti seminar, rapat, lokakarya atau pertemuan lainnya.

BPS juga mencatat jumlah wisatawan mancanegara di Sulawesi Tengah pada Oktober 2012 sebanyak 324 orang yang terdiri dari warga Asia (261 orang), disusul oleh warga Amerika (36 orang), warga Eropa (25 orang), dan warga Oceania (dua orang).

Jumlah hotel berbintang di Sulawesi Tengah sebanyak lima buah, dan sejumlah hotel berbintang lainnya sedang tahap pembangunan.(ant/ev)

Dua Sekolah Tabalong Nominasi Nasional Adiwiyata

Dua sekolah di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, SMA Negeri 2 Tanjung dan SMA Negeri 1 Tanta masuk nominasi nasional penilaian adiwiyata setelah sebelumnya menerim penghargaan penilaian adiwiyata tingkat provinsi Kalsel.

Kemenag Akan Nobatkan Keluarga Sakinah

Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan akan menobatkan keluarga sakinah tahun 2015 tingkat provinsi tersebut pada 23 Juli pada gelar acaranya di Asrama Haji Kalsel di Banjarbaru.

'SOTR' Gandeng Polisi Agar Tak Terlibat Tawuran

Satu komunitas yang sedang menyelenggarakan 'Sahur On the Road' (SOTR) berinisiatif melibatkan personel kepolisian dalam kegiatannya agar misi sosial kegiatan tersebut dapat berjalan lancar, termasuk menghindari provokasi-provokasi dari kelompok lain yang dapat memicu bentrok atau tawuran.

PDAM Langkat Gratiskan Masjid Selama Ramadhan

Perusahaan Daerah Air Minum Tirta ampu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menggratiskan pemakaian air selama bulan Ramadhan 1436 Hijriah bagi masjid maupun mushalla yang ada di wilayah kerjanya.

KWPSI Aceh Buka Puasa Bersama Anak Yatim

Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) Aceh melaksanakan kegiatan buka puasa bersama anak yatim dan memberi santunan kepada mereka di Banda Aceh, Minggu (5/7) malam.