Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Hunian Hotel Bintang Sulteng Turun 3,12 Persen

sulawesi tengah, riau, amerika, eropa, hunian

Posted on 05 Dec 2012. Hits : 414

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat hunian kamar hotel bintang di Sulawesi Tengah selama Oktober 2012 sebesar 57,14 persen, turun 3,12 persen dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 60,14 persen.

Kepala BPS Sulawesi Tengah, Ibram Syahboedin di Palu, Rabu, mengatakan, turunnya tingkat hunian hotel itu, seiring berkurangnya kunjungan wisatawan ke provinsi beribu Kota Palu ini.

Selama Oktober 2012, kunjungan wisatawan ke Sulawesi Tengah mencapai 3.778 orang, sementara pada September 2012 sebanyak 3.832 orang.

Sementara itu, tingkat hunian hotel melati naik sebesar 3,94 persen, dibandingkan bulan sebelumnya.

"Bisa saja masyarakat lebih memilih hotel melati karena tarifnya lebih murah," ujar Ibram.

Lebih lanjut Ibram menyebutkan, tingkat hunian tempat tidur hotel selama Oktober 2012 sebesar 30,71 persen, atau naik tipis 1,53 persen dibanding bulan sebelumnya.

Sedangkan rata-rata lama tamu menginap di hotel selama Oktober 2012 sebesar 1,65 hari, naik sebesar 0,22 hari dibanding bulan sebelumnya.

Saat ini pengunjung hotel tidak hanya untuk menginap melainkan untuk melakukan sejumlah kegiatan seperti seminar, rapat, lokakarya atau pertemuan lainnya.

BPS juga mencatat jumlah wisatawan mancanegara di Sulawesi Tengah pada Oktober 2012 sebanyak 324 orang yang terdiri dari warga Asia (261 orang), disusul oleh warga Amerika (36 orang), warga Eropa (25 orang), dan warga Oceania (dua orang).

Jumlah hotel berbintang di Sulawesi Tengah sebanyak lima buah, dan sejumlah hotel berbintang lainnya sedang tahap pembangunan.(ant/ev)

Bupati Musirawas Bantu Dana Operasional Lapas Narkoba

Bupati Musirawas Ridwan Mukti memberikan bantuan pribadi untuk menutupi kekurangan dana operasional Lembaga Pemasyarakatan Narkoba di wilayah itu, yang selama ini ditutupi para pejabat dan karyawan dengan menyisihkan sejumlah gajinya.

Pemkot Siapkan Tarif Tiket Kebun Raya Balikpapan

Pemerintah Kota Balikpapan hingga saat ini masih menyiapkan tarif masuk atau tiket masuk ke Kebun Raya Balikpapan (KRB) melalui surat keputusan wali kota setempat.

Menpan RB Harapkan Aparatur Pedomani Al Quran

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi Azwar Abubakar mengharapkan aparatur birokrasi, khususnya yang muslim, memedomani Al Quran, termasuk dalam bekerja.

Biro Keuangan Sulbar Diusulkan Jadi Badan Keuangan

Struktur pemerintahan Biro Keuangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat diusulkan menjadi Badan Keuangan Provinsi Sulbar, kata Anggota Komisi II DPRD Sulbar Ahmad Mustamin.

Liberia Berlakukan Jam Malam Karena Wabah Ebola

Pemerintah Liberia memberlakukan jam malam yang berlaku dari pukul 21.