Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Hunian Hotel Bintang Sulteng Turun 3,12 Persen

sulawesi tengah, riau, amerika, eropa, hunian

Posted on 05 Dec 2012. Hits : 414

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat hunian kamar hotel bintang di Sulawesi Tengah selama Oktober 2012 sebesar 57,14 persen, turun 3,12 persen dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 60,14 persen.

Kepala BPS Sulawesi Tengah, Ibram Syahboedin di Palu, Rabu, mengatakan, turunnya tingkat hunian hotel itu, seiring berkurangnya kunjungan wisatawan ke provinsi beribu Kota Palu ini.

Selama Oktober 2012, kunjungan wisatawan ke Sulawesi Tengah mencapai 3.778 orang, sementara pada September 2012 sebanyak 3.832 orang.

Sementara itu, tingkat hunian hotel melati naik sebesar 3,94 persen, dibandingkan bulan sebelumnya.

"Bisa saja masyarakat lebih memilih hotel melati karena tarifnya lebih murah," ujar Ibram.

Lebih lanjut Ibram menyebutkan, tingkat hunian tempat tidur hotel selama Oktober 2012 sebesar 30,71 persen, atau naik tipis 1,53 persen dibanding bulan sebelumnya.

Sedangkan rata-rata lama tamu menginap di hotel selama Oktober 2012 sebesar 1,65 hari, naik sebesar 0,22 hari dibanding bulan sebelumnya.

Saat ini pengunjung hotel tidak hanya untuk menginap melainkan untuk melakukan sejumlah kegiatan seperti seminar, rapat, lokakarya atau pertemuan lainnya.

BPS juga mencatat jumlah wisatawan mancanegara di Sulawesi Tengah pada Oktober 2012 sebanyak 324 orang yang terdiri dari warga Asia (261 orang), disusul oleh warga Amerika (36 orang), warga Eropa (25 orang), dan warga Oceania (dua orang).

Jumlah hotel berbintang di Sulawesi Tengah sebanyak lima buah, dan sejumlah hotel berbintang lainnya sedang tahap pembangunan.(ant/ev)

Bandara Kualanamu Sosialisaikan Penutupan Loket Penjualan Tiket

PT Angkasa Pura 2 dan Otoritas Bandara Wilayah II Medan menyosialisasikan rencana penutupan lokat penjualan tiket di berbagai lokasi Bandar Udara Kualanamu.

Pelayanan Satu Pintu Permudah Izin Investasi

Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Provinsi Maluku Fauzan Chatib menyatakan, untuk memudahkan investor menanamkan investasi di daerah ini perlu pelayanan satu pintu proses perizinan 'Pemerintah sudah mengarahkan untuk memberikan pelayanan satu pintu kepada para investor yang akan menanamkan modalnya di daerah ini, sehingga memudahkan proses perizinan,' kata Fauzan di Ambon, Jumat.

Komisioner KPU Mukomuko Lulus CPNS Mengundurkan Diri

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Dawud Gauraf menyatakan, komisioner yang lulus seleksi calon pegawai negeri sipil di daerah itu telah mengundurkan diri dari lembaga tersebut.

BI NTT Prediksi Inflasi Februari 0,4 Persen

Bank Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Timur memprediksi inflasi di NTT sebesar 0,4 persen pada Februari, salah satu pemicunya adalah kenaikan harga bahan pokok beras.

Disperindag Ingatkan Bahaya Gunakan Pakaian Bekas Impor

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor mengimbau warga untuk tidak menggunakan pakaian bekas impor, terutama untuk pakaian dalam dan baju anak karena disinyalir mengandung bakteri yang menggangu kesehatan.