Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Hunian Hotel Bintang Sulteng Turun 3,12 Persen

sulawesi tengah, riau, amerika, eropa, hunian

Posted on 05 Dec 2012. Hits : 414

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat hunian kamar hotel bintang di Sulawesi Tengah selama Oktober 2012 sebesar 57,14 persen, turun 3,12 persen dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 60,14 persen.

Kepala BPS Sulawesi Tengah, Ibram Syahboedin di Palu, Rabu, mengatakan, turunnya tingkat hunian hotel itu, seiring berkurangnya kunjungan wisatawan ke provinsi beribu Kota Palu ini.

Selama Oktober 2012, kunjungan wisatawan ke Sulawesi Tengah mencapai 3.778 orang, sementara pada September 2012 sebanyak 3.832 orang.

Sementara itu, tingkat hunian hotel melati naik sebesar 3,94 persen, dibandingkan bulan sebelumnya.

"Bisa saja masyarakat lebih memilih hotel melati karena tarifnya lebih murah," ujar Ibram.

Lebih lanjut Ibram menyebutkan, tingkat hunian tempat tidur hotel selama Oktober 2012 sebesar 30,71 persen, atau naik tipis 1,53 persen dibanding bulan sebelumnya.

Sedangkan rata-rata lama tamu menginap di hotel selama Oktober 2012 sebesar 1,65 hari, naik sebesar 0,22 hari dibanding bulan sebelumnya.

Saat ini pengunjung hotel tidak hanya untuk menginap melainkan untuk melakukan sejumlah kegiatan seperti seminar, rapat, lokakarya atau pertemuan lainnya.

BPS juga mencatat jumlah wisatawan mancanegara di Sulawesi Tengah pada Oktober 2012 sebanyak 324 orang yang terdiri dari warga Asia (261 orang), disusul oleh warga Amerika (36 orang), warga Eropa (25 orang), dan warga Oceania (dua orang).

Jumlah hotel berbintang di Sulawesi Tengah sebanyak lima buah, dan sejumlah hotel berbintang lainnya sedang tahap pembangunan.(ant/ev)

Tim Telusuri Jejak Tiga WNI Di Langtang

Tim Pencarian dan Evakuasi WNI di Nepal menelusuri jejak ketiga WNI atas nama Alma Parahita, Kadek Andana dan Jeroen Hehuwat yang berdasarkan informasi terakhir diketahui berada di sekitar Langtang di Pegunungan Himalaya.

Dishubkominfo Mataram Buat Database Potensi Parkir

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, telah membuat sistem database pemetaan potensi parkir di kota itu sebagai salah satu upaya mencapai target pajak parkir tahun 2015 sebesar Rp1,5 miliar.

Gubernur Imbau Siswa 'Pede' Jawab Soal UN

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher mengimbau agar seluruh siswa SMP/MTs dan sederajat agar pede (percaya diri) dalam menjawab soal Ujian Nasional (UN) SMP yang akan dilaksanakan pada Senin (4/5).

Balawista Siagakan 18 Personel Jaga Prosesi 'Banyupinaruh'

Badan penyelamat wisata tirta (Balawista) Denpasar, Bali menyiagakan 18 anggotanya yang tersebar di lima pos kawasan Pantai Sanur untuk menjaga keselamatan pengunjung saat melaksanakan prosesi ritual penyucian diri atau 'Banyupinaruh'.

3 Mei Momentum Kebebasan Pers Lebih Baik

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta berharap peringatan Hari Kebebasan Pers Dunia (World Press Freedom Day) yang jatuh pada 3 Mei merupakan momentum kebebasan pers lebih baik.