Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Beras Stabil di Awal Tahun 2013

harga beras, bandarlampung, bulog, op, operasi pasar

Posted on 04 Jan 2013. Hits : 1365

Sejumlah pedagang beras menyebutkan harga beras di Bandarlampung masih stabil di awal tahun 2013, dan pasokannya tetap lancar meski seluruh wilayah Lampung dilanda musim hujan belakangan ini.

"Meski kondisi cuaca hujan sehingga menghambat pengeringan gabah, namun harga beras masih bertahan seperti akhir tahun lalu dan pasokannya tetap lancar," kata Rodjie, salah satu pedagang beras di Pasar Tugu Bandarlampung, Jumat.

Ia menyebutkan harga beras asalan berkisar Rp7.800-Rp8.000/kg, kecuali beras OP Bulog Rp7.500/kg. Harga beras kualitas sedang berkisar Rp8.500-Rp9.500/kg, dan beras premium di atas Rp10.000/kg.

Menurut dia, volume penjualan beras juga tidak mengalami peningkatan atau sama seperti Desember tahun lalu, dan pasokannya melimpah.

"Stok beras juga melimpah, apalagi kini digelar OP beras Bulog. Tidak sulit mendapatkan beras dari penggilingan," katanya.

Para pedagang lainnya juga menyebutkan stok beras cukup banyak tersedia dan harganya relatif stabil seperti akhir tahun 2012.

Sementara itu, beras Bulog yang dijual melalui Operasi Pasar (OP) kurang diminati warga karena harganya tidak berbeda jauh dengan harga beras yang dijual para pedagang setempat.

"Kami menjual beras OP, juga beras produksi Lampung. Karena disparitas harganya tipis, banyak konsumen lebih suka memilih beras asalan lokal daripada beras OP itu," kata Rodjie.

Ia menyebutkan pihaknya tetap menawarkan beras OP kepada pembeli.

"Mereka hanya membeli beberapa kilogram saja beras OP, tetap lebih suka membeli beras lokal," katanya.

Namun, ia menyebutkan OP beras Bulog itu berperan besar untuk menahan laju kenaikan harga beras di Lampung, terutama saat kondisi cuaca hujan seperti sekarang.

Saat cuaca berhujan, petani dan penggilingan sulit mengeringkan gabah, karena umumnya gabah masih dikeringkan menggunakan terik matahari.

Ia juga menyebutkan OP beras Bulog itu juga mendorong penggilingan untuk segera menjual berasnya ke pasar agar pangsa pasarnya tidak tergerus beras Bulog.

"OP beras Bulog ini mengungutungkan masyarakat, meski yang membelinya masih sedikit dibandingkan beras lokal lainnya," katanya. (ant/ed)

Pemkot Minta Depot Pertamina Jaga Pasokan BBM

Pemerintah Kota Palu, Sulawes Tengah, meminta Depot Pertamina setempat menjaga kelancaran pasokan BBM guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang selama ramadhan dan menjelang Lebaran meningkat.

Dewan Kelautan Indonesia Kunjungi Maluku Utara

Dewan Kelautan Indonesia (Dekin) berkunjung ke Sofifi, Maluku Utara untuk mensosialisasikan lembaga tersebut, sekaligus megumpulkan data tentang potensi ekonomi kelautan di provinsi itu.

Pengrajin Badung Pasarkan Kebaya Bordir

Pengrajin asal Kabupaten Badung, Bali memasarkan kebaya jenis bordir khas Bali pada Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-37 di Taman Budaya Denpasar, 13 Juni-11 Juli 2015.

Pemprov Kaltim Dukung Program Zakat Community Development

Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak menyatakan dukungan terhadap pelaksanaan program Zakat Community Development (ZCD) yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di daerah.

Stan Batu Akik Pesta Kesenian Bali Ramai Pengunjung

Stan batu akik di areal Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-37 di Taman Budaya, Denpasar, Bali ramai didatangi pengunjung dari dalam maupun luar Bali.