Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Ekonomi Libya Melonjak Setelah Revolusi

libya, ekonomi libya, perekonomian libya

Posted on 24 May 2013. Hits : 271

Ekonomi Libya melonjak 105 persen pada 2012 dan akan tumbuh 20,2 persen tahun ini, karena terus pulih dari krisis yang disertai pemberontakan menggulingkan Muamar Gaddafi, Dana Moneter Internasional mengatakan pada Kamis.

Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan dalam penilaian terbarunya atas prospek negara Afrika Utara kaya minyak itu, sementara "situasi politik sedang menjalani normalisasi", pemerintah tidak memiliki kontrol atas bagian-bagian negara itu.

"Sementara pemerintah baru menyatukan berbagai kelompok kepentingan, negara itu terus menghadapi lanskap politik yang terfragmentasi dan perebutan kekuasaan suku, yang menyulitkan penyusunan konstitusi baru dan upaya untuk membangun kembali keamanan dan penegakan hukum." "Berlarut-larutnya ketidakpastian politik dan keamanan ini serta kerentanan terhadap fluktuasi harga minyak, menambah tantangan signifikan yang dihadapi oleh transisi," kata IMF, mendorong pemerintah untuk bergerak cepat dalam melaksanakan program reformasi mereka.

Minyak dan gas memberikan kontribusi lebih dari 80 persen terhadap PDB negara di Afrika Utara itu dan naik menjadi 97 persen dari pendapatan ekspornya.

IMF mencatat bahwa, setelah terjun 72 persen pada 2011, selama pemberontakan melawan Muamar Gaddafi, produksi hidrokarbon meroket 211 persen pada 2012 dan akan tumbuh hampir 17 persen tahun ini.

Dikatakan ekspor hidrokarbon akan meningkat 63 persen tahun ini.

Di sisi domestik, inflasi akan menetap menjadi 2,0 persen pada 2013 dari 6,1 persen tahun lalu dan 15,9 persen pada 2011.

IMF juga menyoroti keputusan oleh Dewan Umum Nasional pada Januari untuk melarang bunga atas transaksi keuangan, dengan perusahaan-perusahaan dan entitas negara dilarang membayar dan menerima bunga mulai awal 2015.

Hal itu akan menghalangi pinjaman bank konvensional, IMF merekomendasikan "pemerintah mempertimbangkan untuk menunda pelaksanaan hukum baru itu sampai sektor keuangan mampu memenuhi itu." (ant/as)

Pemkot Bitung Sosialisasikan Restatement Neraca TA 2014

Pemerintah Kota Bitung menyosialisasikan Pedoman Penyajian Kembali (Restatement) Neraca Pemerintah setempat untuk Tahun Anggaran 2014, berlangsung di gedung BPU, Senin (29/6).

Dishub Bekasi Mulai Pasang Rambu Jalur Mudik

Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mulai memasang sejumlah rambu portabel di sepanjang lintas arus mudik yang menghubungkan Jakarta dan Pantura guna meminimalisir angka kecelakaan.

Menteri : Penegakan Hukum Lemah Sebabkan Kasus Meningkat

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise menyebutkan lemahnya penegakan hukum menjadi salah satu faktor meningkatnya kualitas serta kuantitas kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Ekonomi Melambat Bukan Halangan Ciptakan Peluang Bisnis

Praktisi optimistis ekonomi melambat bukan halangan untuk menciptakan peluang bisnis terutama sektor manufaktur berbasis ekspor, namun untuk mencapai hal tersebut butuh dukungan pendanaan.

BI Balikpapan Siapkan Uang Tunai Rp4 Triliun

Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Balikpapan menyediakan uang kartal sebesar Rp4 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang kontan selama Ramadhan dan Idul Fitri 1436 Hijriah.