Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Direksi BPR Wajib Ikut Uji Kompetensi

bank perkreditan rakyat, kompetensi, ujian, yayasan uji

Posted on 13 May 2013. Hits : 203

Direksi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Provinsi Bali diwajibkan mengikuti uji kompetensi untuk meningkatkan profesionalitas dan kepemimpinan.

"Persaingan industri perbankan sangat ketat. Oleh karena itu, dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam mengelola BPR," kata Ketua Persatuan Bank Perkreditan Indonesia (Perbarindo) Provinsi Bali I Ketut Wiratjana di Denpasar, Senin.

Menurut dia, peningkatan kemampuan SDM pengelola adalah salah satu upaya untuk menguatkan BPR dalam industri perbankan. Lembaga keuangan tersebut harus mampu bersaing dengan bank lainnya ataupun koperasi yang tersebar di Pulau Dewata.

"Para direksi BPR yang mengikuti uji kompetensi itu harus mengikuti beberapa tahapan ujian dan 10 modul yang sudah ditetapkan oleh Yayasan Uji Kompetensi Certif," ujarnya.

Peserta yang lulus memperoleh sertifikat yang memiliki masa berlaku lima tahun dan hanya diberikan secara pribadi sebagai syarat untuk memimpin sebuah BPR.

Sertifikasi itu akan dilakukan lagi pada 2014 sebab akan ada pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Undang Undang Perbankan yang baru, yakni syarat menjadi para direksi BPR harus bersertifikat kompetensi.

Saat ini ada sebanyak 138 BPR berada di Bali dan perkembangannya terus membaik seiring dengan pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Sementara itu, I Nyoman Yudiarsa selaku perwakilan Yayasan Uji Kompetensi Certif mengatakan, uji kompetensi itu sudah diatur dalam peraturan Bank Indonesia yang dimulai sejak 2004.

"Sertifikasi itu sebagai persyaratan yang sudah ditetapkan oleh peraturan BI," ucapnya.

Tak hanya di Bali, sertifikasi itu dilaksanakan pada waktu yang bersamaan di Malang, Jawa Timur, dan Jakarta. (bn)

Legislatif Harapkan Yayasan Jargaria Tidak Pecat Mahasiswa

Kalangan legislatif di Kabupaten Kepulauan Aru mengharapkan pihak Yayasan Jargaria selaku pendiri Akademi Kebidanan mengembalikan 27 mahasiswa Akbid yang telah dipecatnya sejak akhir 2014 hingga awal tahun ini.

Sarundajang Paparkan Perluasan Bandara Kepada Menhub

Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Sinyo H Sarundajang memaparkan perluasan serta perpanjangan landasan pacu bandara internasional Sam Ratulangi Manado kepada Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Wapres Ajak NU Pikirkan Kemajuan Islam

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengajak ormas Islam Nahdlatul Ulama untuk bersama-sama memikirkan kemajuan Islam sehingga bisa menjadi referensi bagi dunia internasional dengan mengedepankan ajaran yang moderat serta menghilangkan radikalisme.

Pordasi Sulut Siap Hadapi Pra-PON

Pengprov Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Sulawesi Utara melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra-PON).

Kendari Benahi Irigasi Tingkatkan Produksi Padi

Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tengggara (Sultra), tahun ini akan fokus membenahi irigasi di daerah itu untuk meningkatkan produksi padi.