Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Direksi BPR Wajib Ikut Uji Kompetensi

bank perkreditan rakyat, kompetensi, ujian, yayasan uji

Posted on 13 May 2013. Hits : 203

Direksi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Provinsi Bali diwajibkan mengikuti uji kompetensi untuk meningkatkan profesionalitas dan kepemimpinan.

"Persaingan industri perbankan sangat ketat. Oleh karena itu, dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam mengelola BPR," kata Ketua Persatuan Bank Perkreditan Indonesia (Perbarindo) Provinsi Bali I Ketut Wiratjana di Denpasar, Senin.

Menurut dia, peningkatan kemampuan SDM pengelola adalah salah satu upaya untuk menguatkan BPR dalam industri perbankan. Lembaga keuangan tersebut harus mampu bersaing dengan bank lainnya ataupun koperasi yang tersebar di Pulau Dewata.

"Para direksi BPR yang mengikuti uji kompetensi itu harus mengikuti beberapa tahapan ujian dan 10 modul yang sudah ditetapkan oleh Yayasan Uji Kompetensi Certif," ujarnya.

Peserta yang lulus memperoleh sertifikat yang memiliki masa berlaku lima tahun dan hanya diberikan secara pribadi sebagai syarat untuk memimpin sebuah BPR.

Sertifikasi itu akan dilakukan lagi pada 2014 sebab akan ada pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Undang Undang Perbankan yang baru, yakni syarat menjadi para direksi BPR harus bersertifikat kompetensi.

Saat ini ada sebanyak 138 BPR berada di Bali dan perkembangannya terus membaik seiring dengan pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Sementara itu, I Nyoman Yudiarsa selaku perwakilan Yayasan Uji Kompetensi Certif mengatakan, uji kompetensi itu sudah diatur dalam peraturan Bank Indonesia yang dimulai sejak 2004.

"Sertifikasi itu sebagai persyaratan yang sudah ditetapkan oleh peraturan BI," ucapnya.

Tak hanya di Bali, sertifikasi itu dilaksanakan pada waktu yang bersamaan di Malang, Jawa Timur, dan Jakarta. (bn)

Kedatangkan Jenazah Korban Hercules Disambut Tangis Keluarga

Kedatangan Jenazah Letda Pnb Dian Sukma dari Medan Sumatera Utara disambut tangissaat tiba di kediaman keluarga di Perumahan Kalidoni Indah Permai Palembang Sumatera Selatan, Rabu malam.

PLN Keluhkan Operasional TV Kabel

PT Persero Perusahaan Listrik Negara rayon Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan, mengeluhkan operasional TV Kabel di wilayah itu, karena sebagian besar tiang listrik dijadikan cantolan kabel mereka, sehingga membuat semeraut keindahan kota.

Dishubkominfo Petakan Jalur Mudik Rawan Macet

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memetakan tiga titik di jalur mudik lebaran yang rawan terjadi kemacetan arus lalu lintas.

Perusahaan Didesak Taat Bayar THR Pekerja

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung terus mendesak dan mengingatkan pihak perusahaan untuk tidak mengabaikan dan taat membayar tunjangan hari raya (THR) para pekerja, karena bagian dari hak normatif.

Pendam Cenderawasih Bantu Bahan Pokok Di Ardipura

Penerangan Kodam (Pendam) XVII/Cenderawasih menyerahkan bantuan bahan makanan pokok, dalam kegiatan karya bhakti Pembinaan Teritorial (Binter) Satuan Non Komando kewilayahan TriwulanII 2015 di Polimak III, RW VI Kelurahan Ardipura.