Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Direksi BPR Wajib Ikut Uji Kompetensi

bank perkreditan rakyat, kompetensi, ujian, yayasan uji

Posted on 13 May 2013. Hits : 203

Direksi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Provinsi Bali diwajibkan mengikuti uji kompetensi untuk meningkatkan profesionalitas dan kepemimpinan.

"Persaingan industri perbankan sangat ketat. Oleh karena itu, dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam mengelola BPR," kata Ketua Persatuan Bank Perkreditan Indonesia (Perbarindo) Provinsi Bali I Ketut Wiratjana di Denpasar, Senin.

Menurut dia, peningkatan kemampuan SDM pengelola adalah salah satu upaya untuk menguatkan BPR dalam industri perbankan. Lembaga keuangan tersebut harus mampu bersaing dengan bank lainnya ataupun koperasi yang tersebar di Pulau Dewata.

"Para direksi BPR yang mengikuti uji kompetensi itu harus mengikuti beberapa tahapan ujian dan 10 modul yang sudah ditetapkan oleh Yayasan Uji Kompetensi Certif," ujarnya.

Peserta yang lulus memperoleh sertifikat yang memiliki masa berlaku lima tahun dan hanya diberikan secara pribadi sebagai syarat untuk memimpin sebuah BPR.

Sertifikasi itu akan dilakukan lagi pada 2014 sebab akan ada pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Undang Undang Perbankan yang baru, yakni syarat menjadi para direksi BPR harus bersertifikat kompetensi.

Saat ini ada sebanyak 138 BPR berada di Bali dan perkembangannya terus membaik seiring dengan pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Sementara itu, I Nyoman Yudiarsa selaku perwakilan Yayasan Uji Kompetensi Certif mengatakan, uji kompetensi itu sudah diatur dalam peraturan Bank Indonesia yang dimulai sejak 2004.

"Sertifikasi itu sebagai persyaratan yang sudah ditetapkan oleh peraturan BI," ucapnya.

Tak hanya di Bali, sertifikasi itu dilaksanakan pada waktu yang bersamaan di Malang, Jawa Timur, dan Jakarta. (bn)

ECB Indikasikan Langkah Kebijakan Moneter Lebih Longgar

Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi mengatakan pada Jumat bahwa ECB bersedia untuk mendorong kebijakan moneter yang lebih akomodatif, karena ekonomi benua itu mengalami stagnan.

Presiden Tiba Di WTC Untuk Puncak Sail

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono tiba di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC), Raja Ampat, Papua Barat, untuk memberikan kata sambutan dalam acara puncak Sail Raja Ampat tahun 2014.

DK PBB Gagal Capai Kesepakatan Soal Rombongan Kemanusiaan Rusia

Dewan Keamanan (DK) PBB pada Jumat (22/8) mengadakan konsultasi darurat mengenai perkembangan paling akhir di Ukraina Timur --pintu masuk rombongan bantuan kemanusiaan Rusia-- tapi gagal mencapai kesepakatan.

Pasutri Warga Korsel Ikuti Wisuda Di 'IBU'

Pasangan suami istri warga Korea Selatan, Lee Soung Suk dan Kim In Soung, dinyatakan lulus program pascasarjana dan mengikuti wisuda di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo Malang, Sabtu.

Kemenag Bengkulu Minta CJH Tidak Membawa Perhiasan

Kementerian Agama Wilayah Provinsi Bengkulu meminta calon jamaah haji dari daerah itu, terutama perempuan, agar tidak membawa perhiasan ke tanah suci Mekkah saat menyelenggarakan haji.