Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bank Indonesia Minta BPR Gencarkan Ekspansi

bank indonesia, bpr, ekspansi, gencar

Posted on 30 May 2013. Hits : 271

Bank Indonesia Batam meminta 42 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) meluaskan ekspansi ke daerah-daerah lain di Provinsi Kepulauan Riau selain Batam yang lebih membutuhkan BPR.

Deputi Bidang Sistem Pembayaran BI Batam Tadjudin Arief mengatakan hal itu di Batam, Kamis.

"Kami minta BPR ekspansi ke Tanjungpinang dan Karimun," kata Tadjudin Arief usai peresmian Bank Mutiara di Batam.

Ia mengatakan dari 42 BPR yang ada Kepri, 80 persen di antaranya masih terkonsentrasi di Batam. Padahal kota lain di Kepri membutuhkan BPR.

Menurut dia, perekonomian Tanjungpinang dan Karimun sedang bergeliat sehingga membutuhkan dorongan dari sektor perbankan.

"Perlu pemerataan pembangunan," kata dia.

Sementara itu, BI mempertimbangkan untuk membatasi jumlah BPR di Batam untuk menjaga persaingan antar bank.

Pada 2013, dari dua pengajuan izin BPR, BI Batam hanya mengizinkan satu di antaranya dan sekarang sedang dalam proses pembangunan. Sedang satu lainnya ditolak karena tidak ada kesepakatan soal modal awal sesuai dengan Peraturan BI.

"Satu BPR yang diizinkan itu di Tanjungpinang," kata dia.

Mengenai kredit macet, ia mengatakan NPL BPR di Batam sekitar dua persen, masih di bawah batas toleransi lima persen. Kebanyakan, kredit macet terjadi pada pembiayaan sektor konsumsi ketimbang modal kerja.

Untuk meminimalkan kredit macet, BI meminta perbankan untuk lebih hati-hati dan selektif sebelum menyalurkan dana. "BI meminta ada analisis mendalam," kata dia.

Menurut dia, BPR dan bank umum di Batam hanya mengutamakan ketersaraan agunan dalam menyalurkan kredit, padahal ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, seperti kapasitas, kondisi dan kapital warga yang kredit.

"Perbankan di sini, hanya menyeret kecukupan agunan 'colateral'. Asal agunan cukup saja, itu yang membuat NPL memburuk," kata dia. (bn)

'Nonseum' Museum Paling Aneh di Dunia

Mendengar nama museum, tentu kkebanyakan dari kita berfikiran tentang peninggalan sejarah yang sengaja di koleksi bukan? Nah, di pedalaman Austria, ada sebuah museum yang bikin pengunjungnya geleng-geleng kepala.

Target Pendapatan Sumsel 2015 Terjadi Penurunan

Target pendapatan Sumatera Selatan pada perubahan APBD tahun 2015 terjadi penurunan, karena itu dilakukan penyesuaian atas belanja dengan mempertimbangkan skala prioritas.

50 Titik Api Terpantau Di Indragiri Hilir

Sebanyak 50 titik api terpantau sejak Minggu (30/8) berada di sejumlah kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

Tim DVI Tidak Bisa Identifikasi Paket Dari Oksibil

Tim DVI Polda Papua tidak bisa mengidentifikasi paket yang dikirim dari Oksibil berupa sisa potongan korban pesawat Trigana yang jatuh 16 Agustus lalu di Distrik Oksob.

Gubernur NTT: Benahi RSUD Kupang

Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya meminta Direktur RSUD Prof Dr WZ Johannes Kupang yang baru, dr Dominikus Minggu Mere untuk membenahi rumah sakit rujukan milik pemerintah provinsi itu.