Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bank Indonesia Minta BPR Gencarkan Ekspansi

bank indonesia, bpr, ekspansi, gencar

Posted on 30 May 2013. Hits : 226

Bank Indonesia Batam meminta 42 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) meluaskan ekspansi ke daerah-daerah lain di Provinsi Kepulauan Riau selain Batam yang lebih membutuhkan BPR.

Deputi Bidang Sistem Pembayaran BI Batam Tadjudin Arief mengatakan hal itu di Batam, Kamis.

"Kami minta BPR ekspansi ke Tanjungpinang dan Karimun," kata Tadjudin Arief usai peresmian Bank Mutiara di Batam.

Ia mengatakan dari 42 BPR yang ada Kepri, 80 persen di antaranya masih terkonsentrasi di Batam. Padahal kota lain di Kepri membutuhkan BPR.

Menurut dia, perekonomian Tanjungpinang dan Karimun sedang bergeliat sehingga membutuhkan dorongan dari sektor perbankan.

"Perlu pemerataan pembangunan," kata dia.

Sementara itu, BI mempertimbangkan untuk membatasi jumlah BPR di Batam untuk menjaga persaingan antar bank.

Pada 2013, dari dua pengajuan izin BPR, BI Batam hanya mengizinkan satu di antaranya dan sekarang sedang dalam proses pembangunan. Sedang satu lainnya ditolak karena tidak ada kesepakatan soal modal awal sesuai dengan Peraturan BI.

"Satu BPR yang diizinkan itu di Tanjungpinang," kata dia.

Mengenai kredit macet, ia mengatakan NPL BPR di Batam sekitar dua persen, masih di bawah batas toleransi lima persen. Kebanyakan, kredit macet terjadi pada pembiayaan sektor konsumsi ketimbang modal kerja.

Untuk meminimalkan kredit macet, BI meminta perbankan untuk lebih hati-hati dan selektif sebelum menyalurkan dana. "BI meminta ada analisis mendalam," kata dia.

Menurut dia, BPR dan bank umum di Batam hanya mengutamakan ketersaraan agunan dalam menyalurkan kredit, padahal ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, seperti kapasitas, kondisi dan kapital warga yang kredit.

"Perbankan di sini, hanya menyeret kecukupan agunan 'colateral'. Asal agunan cukup saja, itu yang membuat NPL memburuk," kata dia. (bn)

Sekda : Truk Pengangkut Tanah Rusak Jalan Provinsi

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan meminta agar badan lingkungan hidup daerah memberikan teguran kepada perusahaan pemilik armada pengangkut tanah merah yang melintasi jalan provinsi karena merusak jalan.

Irman Gusman Teratas Polling Website Konvensi Demokrat

Hasil polling sementara calon presiden peserta konvensi Partai Demokrat yang dilakukan website konvensidemokrat.

Puskesmas Karimun Layani Ribuan Peserta BPJS

Puskesmas Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menyatakan telah melayani ribuan pasien yang menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Organda : Tidak Ada Kendala Angkut Di Belawan

Organisasi angkutan jalan raya menyatakan tidak ada kendala mengangkut barang dari Medan tujuan Belawan, maupun sebaliknya, pascaaksi mogok kerja di pelabuhan tersebut.

Polisi Selidiki Penipu Catut Nama Kapolsek Tempilang

Polisi Resort Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung masih melakukan penyelidikan kasus penipuan yang dilakukan pihak tertentu dengan mencatut nama Kepala Polsek Tempilang Ipda Selamet Riyadi.