Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bank Indonesia Minta BPR Gencarkan Ekspansi

bank indonesia, bpr, ekspansi, gencar

Posted on 30 May 2013. Hits : 271

Bank Indonesia Batam meminta 42 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) meluaskan ekspansi ke daerah-daerah lain di Provinsi Kepulauan Riau selain Batam yang lebih membutuhkan BPR.

Deputi Bidang Sistem Pembayaran BI Batam Tadjudin Arief mengatakan hal itu di Batam, Kamis.

"Kami minta BPR ekspansi ke Tanjungpinang dan Karimun," kata Tadjudin Arief usai peresmian Bank Mutiara di Batam.

Ia mengatakan dari 42 BPR yang ada Kepri, 80 persen di antaranya masih terkonsentrasi di Batam. Padahal kota lain di Kepri membutuhkan BPR.

Menurut dia, perekonomian Tanjungpinang dan Karimun sedang bergeliat sehingga membutuhkan dorongan dari sektor perbankan.

"Perlu pemerataan pembangunan," kata dia.

Sementara itu, BI mempertimbangkan untuk membatasi jumlah BPR di Batam untuk menjaga persaingan antar bank.

Pada 2013, dari dua pengajuan izin BPR, BI Batam hanya mengizinkan satu di antaranya dan sekarang sedang dalam proses pembangunan. Sedang satu lainnya ditolak karena tidak ada kesepakatan soal modal awal sesuai dengan Peraturan BI.

"Satu BPR yang diizinkan itu di Tanjungpinang," kata dia.

Mengenai kredit macet, ia mengatakan NPL BPR di Batam sekitar dua persen, masih di bawah batas toleransi lima persen. Kebanyakan, kredit macet terjadi pada pembiayaan sektor konsumsi ketimbang modal kerja.

Untuk meminimalkan kredit macet, BI meminta perbankan untuk lebih hati-hati dan selektif sebelum menyalurkan dana. "BI meminta ada analisis mendalam," kata dia.

Menurut dia, BPR dan bank umum di Batam hanya mengutamakan ketersaraan agunan dalam menyalurkan kredit, padahal ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, seperti kapasitas, kondisi dan kapital warga yang kredit.

"Perbankan di sini, hanya menyeret kecukupan agunan 'colateral'. Asal agunan cukup saja, itu yang membuat NPL memburuk," kata dia. (bn)

Inilah Situs Instansi Yang Membuka Lowongan CPNS 2014

Seperti yang kita ketahui bahwa pendaftaran CPNS 2014 dilakukan secara online dan situs online untuk pendaftaran CPNS 2014 yakni menpan.

Tempat Menarik Dimalam Hari

Mau Jalan jalan malam melepas stress pikiran yang melanda kita seharian, wahhh ada tempat alternatif jalan-jalan malam yang asik.

Stasiun Bogor Padat

Aktivitas pengguna kereta rel listrik (KRL) commuter line di Stasiun Bogor, Jalan Mayor Oking, Kota Bogor, Jawa Barat.

Gubernur : Pembangunan Rumah Pengungsi Waiela Tanggungan Pemkab

Gubernur Maluku Said Assagaff mengemukakan pembangunan kembali rumah warga Desa Negeri Lima,Kabupaten Maluku Tengah, yang rusak akibat jebolnya bendungan alami Waiela menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten.

Kuba Hasilkan Satu Miliar Dolar Dari Pariwisata Semester Pertama

Pendapatan Kuba dari pariwisata internasional mencapai 1,077 miliar dolar AS pada semester pertama 2014, atau empat persen lebih tinggi dari pada periode yang sama tahun lalu, Biro Statistik dan Informasi Nasional Kuba melaporkan pada Selasa.