Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bank Indonesia Minta BPR Gencarkan Ekspansi

bank indonesia, bpr, ekspansi, gencar

Posted on 30 May 2013. Hits : 271

Bank Indonesia Batam meminta 42 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) meluaskan ekspansi ke daerah-daerah lain di Provinsi Kepulauan Riau selain Batam yang lebih membutuhkan BPR.

Deputi Bidang Sistem Pembayaran BI Batam Tadjudin Arief mengatakan hal itu di Batam, Kamis.

"Kami minta BPR ekspansi ke Tanjungpinang dan Karimun," kata Tadjudin Arief usai peresmian Bank Mutiara di Batam.

Ia mengatakan dari 42 BPR yang ada Kepri, 80 persen di antaranya masih terkonsentrasi di Batam. Padahal kota lain di Kepri membutuhkan BPR.

Menurut dia, perekonomian Tanjungpinang dan Karimun sedang bergeliat sehingga membutuhkan dorongan dari sektor perbankan.

"Perlu pemerataan pembangunan," kata dia.

Sementara itu, BI mempertimbangkan untuk membatasi jumlah BPR di Batam untuk menjaga persaingan antar bank.

Pada 2013, dari dua pengajuan izin BPR, BI Batam hanya mengizinkan satu di antaranya dan sekarang sedang dalam proses pembangunan. Sedang satu lainnya ditolak karena tidak ada kesepakatan soal modal awal sesuai dengan Peraturan BI.

"Satu BPR yang diizinkan itu di Tanjungpinang," kata dia.

Mengenai kredit macet, ia mengatakan NPL BPR di Batam sekitar dua persen, masih di bawah batas toleransi lima persen. Kebanyakan, kredit macet terjadi pada pembiayaan sektor konsumsi ketimbang modal kerja.

Untuk meminimalkan kredit macet, BI meminta perbankan untuk lebih hati-hati dan selektif sebelum menyalurkan dana. "BI meminta ada analisis mendalam," kata dia.

Menurut dia, BPR dan bank umum di Batam hanya mengutamakan ketersaraan agunan dalam menyalurkan kredit, padahal ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, seperti kapasitas, kondisi dan kapital warga yang kredit.

"Perbankan di sini, hanya menyeret kecukupan agunan 'colateral'. Asal agunan cukup saja, itu yang membuat NPL memburuk," kata dia. (bn)

DPRD Kesal Gubernur NTB Tinggalkan Rapat Paripurna

Sejumlah anggota DPRD Nusa Tenggara Barat kesal terhadap Gubernur TGH M Zainul Majdi karena meninggalkan rapat paripurna tanpa ada alasan jelas kepada pimpinan dan anggota dewan.

IHSG Senin Ditutup Anjlok 3,49 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin ditutup anjlok sebesar 3,49 persen seiring dengan kinerja emiten kuartal I 2015 yang cenderung mengalami perlambatan.

ITDC-Polda Kerja Sama Wujudkan 'Mandalika Resort'

Perseroan Terbatas 'Indonesia Tourism Developement Corporation' bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat dalam rangka mempercepat terwujudnya pembangunan kawasan wisata 'Mandalika Resort' di Kabupaten Lombok Tengah.

Nelayan Cantrang Berharap Bantuan Penyelesaian Pinjaman Bank

Nelayan Kecamatan Juwana, Jawa Tengah, yang selama ini menggunakan jaring cantrang berharap mendapatkan bantuan penyelesaian tunggakan pinjaman di perbankan agar nantinya bisa membeli alat tangkap ikan yang baru sesuai ketentuan pemerintah.

DPRD Manado Ingatkan Kebocoran Soal UN SMP

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado, Sulawesi Utara, mengingatkan Dinas Pendidikan berhati-hati soal Ujian Nasional (UN) SMP agar tidak bocor.