Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bandara Bengkulu Menjadi Pusat Penerbangan Domestik Sumatera

bandara bengkulu, penerbangan domestik, sumatera

Posted on 18 Jan 2013. Hits : 372

Bandar udara Fatmawati Soekarno Bengkulu menjadi pusat penerbangan domestik Sumatra, dan sejak 2012 serta 2013 melayani beberapa daerah baru.

"Rute penerbangan baru yang dilayani pada 2013 antara lain Bengkulu-Krui-Lampung, setelah sebelumnya melayani Bengkulu-Muarabungo-Jambi," kata Kepala Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu Samsul Banri, Jumat.

Untuk penerbangan Bengkulu-Mukomuko sudah berjalan lancar, sedangkan rute baru Bengkulu-Mukomuko-Padang dan Bengkulu-Lubuklinggau- Palembang izin masih dalam proses dari Kementerian Perhubungan.

Ia mengatakan rute baru Bengkulu-Krui-Lampung akan efektif mulai akhir Januari 2013, sedangkan pesawat yang akan melayani rute itu prusahaannya masih proses tender.

Pesawat yang melayani rute baru tersebut berkapasitas 17-20 orang, dengan harga tiket antara Rp200 ribu hingga Rp300 ribu yang sudah disubsidi pemerintah dengan menggunakan dana APBN.

Penerbangan domestik itu akan memperlancar jasa pelayanan penitipan barang berharga dan produk pertanian dan kelautan secara cepat dari daerah masing-masing tujuan.

Penambahan rute penerbangan tersebut bukan berarti akan mematikan jasa angkutan darat seperti angkutan travel dan bus umum, tapi bisa mempercepat tujuan masyarakat yang berkepentingan baik pribadi maupun secara dinas, ujarnya.

Seorang pengusaha angkutan travel di Bengkulu Mulyadi mengatakan, penambahan rute transportasi udara itu akan berdampak pada usaha mereka.

"Terlebih apabila ongkosnya sama dengan angkutan travel, semua orang akan naik pesawat, mestinya pihak pemerintah bisa mengatasinya dengan harga tiket lebih tinggi dari biaya travel," ujarnya.(ant/id)

Presiden Lantik Wakil Gubernur Papua Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy untuk sisa masa jabatan 2012-2017 bersamaan dengan Kepala Badan Keamanan Laut Laksamana Madya TNI Desi Albert Mamahit.

FPKB DPR Bantu Pengungsi Rohingya

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR RI melalui tim solidaritas kemanusiaan akan memberikan bantuan kepada para pengungsi Rohingya dari Myanmar yang ditampung di lokasi pengungsian di Aceh dan Sumatera Utara.

Harga Daging Ayam Broiler di Ngawi Naik

Harga daging ayam pedaging atau ayam broiler di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, terpantau naik akibat stok di pasaran yang tidak mampu mencukupi permintaan konsumen.

Sumbar Buat Fasilitas Pengolahan Ikan Laut

Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat (Sumbar) telah membuat sejumlah fasilitas pengolahan ikan laut berupa sentra pengolahan, rumah kemasan serta outlet untuk meningkatkan nilai jual ikan sehingga lebih ekonomis.

Tapanuli Utara Inisiasi Hak Paten Kacang Sihobuk

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, menginisiasi penerbitan hak paten "Kacang Garing Sihobuk" sebagai langkah meligitimasi produk khas daerah itu, sehingga dapat melakukan pengawasan dan menjaga kualitas yang dimiliki.