Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bali Berencana Terapkan UMP Sektoral

upah minimum, provinsi bali, 2014

Posted on 16 Jan 2013. Hits : 269

Bali berencana menerapkan upah minimum provinsi secara sektoral mulai awal 2014.

"Tahun depan ada rencana penerapan UMP sektoral yakni besarnya upah berbeda-beda tergantung jenis pekerjaan, misalnya pariwisata, UMKM, dan bidang lain," kata Asisten Bidang Ketataprajaan Sekdaprov Bali I Wayan Suasta di Denpasar, Rabu.

Menurut dia, dengan penerapan UMP sektoral, pengupahan menjadi lebih objektif karena sesuai bidang pekerjaan karyawan.

"Jika UMP digeneralisasi atau ditetapkan sama, maka UMKM yang baru berkembang tentu tidak mampu menyesuaikan. Sedangkan kalau melanggar akan ada sanksi karena dianggap tidak memenuhi standar," kata Suasta yang juga Pelaksana Tugas Kadisnakertrans Provinsi Bali itu.

Untuk mewujudkan rencana itu, pihaknya akan mengumpulkan dewan pengupahan dan kalangan akademisi juga untuk membagi beberapa sektor tersebut.

"Besarnya UMP tentu tidak harus sama tetapi paling tidak dapat mendekati keadilan. Bisa saja UMP di sektor pariwisata yang tertinggi," ujarnya.

Suasta menambahkan, jika nanti UMP sektoral secara aturan dibenarkan, maka pihaknya bisa menetapkan pada akhir tahun, untuk diberlakukan pada 2014.

"Atau bisa juga pemprov tidak menetapkan UMP, jadi cukup ada UMK (upah minimum kabupaten) saja," ujarnya.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Bali pada akhir 2012 telah menetapkan UMP di Pulau Dewata mulai Januari 2013 sebesar Rp1.181.000.

Suasta mengatakan sampai saat ini belum menerima keluhan atau penolakan dari perusahaan atas nilai UMP tersebut.(ant/id)

Jepang Pamerkan Bangunan Tahan Gempa Di Surabaya

Pemerintah Jepang melalui Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya memamerkan sejumlah desain bangunan tahan gempa di Kota Pahlawan karena potensi bencana tersebut di Indonesia sangat besar.

Terminal Transit Passo Ditargetkan Rampung Akhir Tahun

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menargetkan pembangunan terminal transit Passo kecamatan Baguala rampung pada Desember 2015.

Ratusan Pendukung Ikhwanul Muslimin Mesir Ditahan

Lebih dari 500 pendukung Ikhwanul Muslim yang telah dilarang itu ditahan saat bentrokan meletus pada ulang tahun pemberontakan organisasi itu tahun 2011, kata seorang menteri, Senin, terbesar dalam operasi polisi Mesir selama beberapa bulan.

Pol PP Tandatangani Fakta Integritas

Polisi Pamong Praja (Pol PP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Sulut menandatangani fakta integritas sebagai komitmen melaksanakan tugas sesuai ketentuan dan aturan berlaku.

Din Syamsuddin Sesalkan Pernyataan Menteri Tedjo

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin menyesalkan ucapan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Tedjo Edhi yang menyatakan KPK tidak perlu dukungan rakyat yang tidak jelas.