Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bali Berencana Terapkan UMP Sektoral

upah minimum, provinsi bali, 2014

Posted on 16 Jan 2013. Hits : 269

Bali berencana menerapkan upah minimum provinsi secara sektoral mulai awal 2014.

"Tahun depan ada rencana penerapan UMP sektoral yakni besarnya upah berbeda-beda tergantung jenis pekerjaan, misalnya pariwisata, UMKM, dan bidang lain," kata Asisten Bidang Ketataprajaan Sekdaprov Bali I Wayan Suasta di Denpasar, Rabu.

Menurut dia, dengan penerapan UMP sektoral, pengupahan menjadi lebih objektif karena sesuai bidang pekerjaan karyawan.

"Jika UMP digeneralisasi atau ditetapkan sama, maka UMKM yang baru berkembang tentu tidak mampu menyesuaikan. Sedangkan kalau melanggar akan ada sanksi karena dianggap tidak memenuhi standar," kata Suasta yang juga Pelaksana Tugas Kadisnakertrans Provinsi Bali itu.

Untuk mewujudkan rencana itu, pihaknya akan mengumpulkan dewan pengupahan dan kalangan akademisi juga untuk membagi beberapa sektor tersebut.

"Besarnya UMP tentu tidak harus sama tetapi paling tidak dapat mendekati keadilan. Bisa saja UMP di sektor pariwisata yang tertinggi," ujarnya.

Suasta menambahkan, jika nanti UMP sektoral secara aturan dibenarkan, maka pihaknya bisa menetapkan pada akhir tahun, untuk diberlakukan pada 2014.

"Atau bisa juga pemprov tidak menetapkan UMP, jadi cukup ada UMK (upah minimum kabupaten) saja," ujarnya.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Bali pada akhir 2012 telah menetapkan UMP di Pulau Dewata mulai Januari 2013 sebesar Rp1.181.000.

Suasta mengatakan sampai saat ini belum menerima keluhan atau penolakan dari perusahaan atas nilai UMP tersebut.(ant/id)

Pemkot Bitung Janji Sambungan Listrik Di Kepulauan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung menjanjikan sambungan listrik bagi masyarakat yang berada di kepulauan Lembeh.

Dana Purna Bhakti DPRD Jambi Rp13 Juta

Setiap anggota DPRD Provinsi Jambi yang mengakhiri jabatannya akan mendapatkan uang purna bhakti sebesar Rp13 juta, kata Sekretaris DPRD Provinsi Jambi Emy, Jumat.

Disperindag : Stok Gula Pasir Babel 435 Ton

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung mencatat stok gula pasir di gudang distributor mencapai 435 ton dan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga karena pasokan dari sentra produksi lancar.

PDAM Mukomuko Butuh Rp200 Juta Untuk Gaji

Manajemen PDAM Tirta Selagan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membutuhkan dana sekitar Rp200 juta untuk membayar gaji karyawan yang tertunggak lima bulan dan operasional agar dapat beroperasi melayani pelanggan.

Gubernur Sulut : Seluruh Elemen Masyarakat Waspadai ISIS

Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang minta seluruh elemen masyarakat di daerah itu mewaspadai apabila terdapat aktivitas yang dicurigai berhungan dengan ISIS (Islamic State in Iraq and Syria) ISIS adalah organisasi yang telah dilarang pemerintah Idonesia, kata Gubernur Sarundajang dalam acara silaturahmi dengan Imam Masjid se Sulut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono, dikutip Kabag Humas Setda Provinsi Sulut, Dr Jemmy Kumendong di Manado, Jumat.