Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bali Berencana Terapkan UMP Sektoral

upah minimum, provinsi bali, 2014

Posted on 16 Jan 2013. Hits : 269

Bali berencana menerapkan upah minimum provinsi secara sektoral mulai awal 2014.

"Tahun depan ada rencana penerapan UMP sektoral yakni besarnya upah berbeda-beda tergantung jenis pekerjaan, misalnya pariwisata, UMKM, dan bidang lain," kata Asisten Bidang Ketataprajaan Sekdaprov Bali I Wayan Suasta di Denpasar, Rabu.

Menurut dia, dengan penerapan UMP sektoral, pengupahan menjadi lebih objektif karena sesuai bidang pekerjaan karyawan.

"Jika UMP digeneralisasi atau ditetapkan sama, maka UMKM yang baru berkembang tentu tidak mampu menyesuaikan. Sedangkan kalau melanggar akan ada sanksi karena dianggap tidak memenuhi standar," kata Suasta yang juga Pelaksana Tugas Kadisnakertrans Provinsi Bali itu.

Untuk mewujudkan rencana itu, pihaknya akan mengumpulkan dewan pengupahan dan kalangan akademisi juga untuk membagi beberapa sektor tersebut.

"Besarnya UMP tentu tidak harus sama tetapi paling tidak dapat mendekati keadilan. Bisa saja UMP di sektor pariwisata yang tertinggi," ujarnya.

Suasta menambahkan, jika nanti UMP sektoral secara aturan dibenarkan, maka pihaknya bisa menetapkan pada akhir tahun, untuk diberlakukan pada 2014.

"Atau bisa juga pemprov tidak menetapkan UMP, jadi cukup ada UMK (upah minimum kabupaten) saja," ujarnya.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Bali pada akhir 2012 telah menetapkan UMP di Pulau Dewata mulai Januari 2013 sebesar Rp1.181.000.

Suasta mengatakan sampai saat ini belum menerima keluhan atau penolakan dari perusahaan atas nilai UMP tersebut.(ant/id)

Jumlah Korban Jiwa Gempa di Nepal Lebih Dari Tiga Ribu Orang

Sebanyak 3218 orang telah tewas dan sebanyak 6500 orang lagi cedera akibat gempa kuat yang mengguncang Nepal pada Sabtu tengah hari (25/4), kata pihak berwenang pada Senin pagi.

Ratusan Penumpang Kapal Kandas Dievakuasi

Ratusan penumpang kapal motor penumpang (KMP) Mutiara Persada I telah berhasil dievakuasi setelah kandas satu mil dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, pada Minggu (26/4).

Sembilan Matahari Hadirkan 'Video Mapping' Istana Negara

Setelah sukses menghadirkan pertunjukan "video mapping" pada rangkaian acara Peringatan Ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA) di Gedung Merdeka Bandung, Jawa Barat, Sembilan Matahari akan menghadirkan pertunjukan kreatif serupa di Istana Negara.

Mataram Alokasikan Rp6 Miliar Untuk Pasar Mandalika

Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, tahun ini mengalokasikan anggaran sekitar Rp6 miliar untuk melanjutkan proses pembangunan Pasar Mandalika menjadi pasar sehat dan "higienis".

Papua Susun Perda Pajak Bagi WNA

Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan (Disnakerduk) Provinsi Papua bakal menyusun peraturan daerah tentang pajak bagi tenaga kerja yang merupakan warga negara asing di wilayah setempat.