Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bali Berencana Terapkan UMP Sektoral

upah minimum, provinsi bali, 2014

Posted on 16 Jan 2013. Hits : 269

Bali berencana menerapkan upah minimum provinsi secara sektoral mulai awal 2014.

"Tahun depan ada rencana penerapan UMP sektoral yakni besarnya upah berbeda-beda tergantung jenis pekerjaan, misalnya pariwisata, UMKM, dan bidang lain," kata Asisten Bidang Ketataprajaan Sekdaprov Bali I Wayan Suasta di Denpasar, Rabu.

Menurut dia, dengan penerapan UMP sektoral, pengupahan menjadi lebih objektif karena sesuai bidang pekerjaan karyawan.

"Jika UMP digeneralisasi atau ditetapkan sama, maka UMKM yang baru berkembang tentu tidak mampu menyesuaikan. Sedangkan kalau melanggar akan ada sanksi karena dianggap tidak memenuhi standar," kata Suasta yang juga Pelaksana Tugas Kadisnakertrans Provinsi Bali itu.

Untuk mewujudkan rencana itu, pihaknya akan mengumpulkan dewan pengupahan dan kalangan akademisi juga untuk membagi beberapa sektor tersebut.

"Besarnya UMP tentu tidak harus sama tetapi paling tidak dapat mendekati keadilan. Bisa saja UMP di sektor pariwisata yang tertinggi," ujarnya.

Suasta menambahkan, jika nanti UMP sektoral secara aturan dibenarkan, maka pihaknya bisa menetapkan pada akhir tahun, untuk diberlakukan pada 2014.

"Atau bisa juga pemprov tidak menetapkan UMP, jadi cukup ada UMK (upah minimum kabupaten) saja," ujarnya.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Bali pada akhir 2012 telah menetapkan UMP di Pulau Dewata mulai Januari 2013 sebesar Rp1.181.000.

Suasta mengatakan sampai saat ini belum menerima keluhan atau penolakan dari perusahaan atas nilai UMP tersebut.(ant/id)

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Landa Mukomuko

Hujan deras yang disertai angin kencang melanda Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Kamis, mengakibatkan sejumlah pohon di daerah itu roboh dan menimpa rumah warga.

ASDP Tanjungkalian Tambah Jadwal Penyeberangan Muntok-tanjungapiapi

PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian, Kepulauan Bangka Belitung menambah jadwal penyeberangan untuk melayani rute Muntok-Tanjung Apiapi, Sumatera Selatan pada masa libur Natal dan tahun baru 2015.

Ketum PBNU Minta PKB Dukung Hukuman Mati

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj meminta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan fraksinya di DPR RI mendukung hukuman mati, terutama untuk pelaku kejahatan besar seperti gembong narkoba.

Misa Natal Gereja Katolik Rangkasbitung Berjalan Aman

Pelaksanaan Misa Natal di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bernoda Rangkasbitung, Kabupaten Lebak berjalan aman dan lancar.

Ombudsman : Pelayanan Publik Pemda Di Malut Buruk

Ombudsman Perwakilan Maluku Utara (Malut) menilai pelayanan publik pemerintah daerah (pemda) di Malut, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masih buruh jika dilihat dari ketentuan Undang-Undang Pelayanan Publik.