Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

ASDP Cabang Ambon Kelola Sembilan Kapal Feri

pt asdp, kapal feri, ambon

Posted on 16 Jan 2013. Hits : 978

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ambon mengelola sembilan unit kapal feri yang beroperasi di sejumlah pelabuhan penyeberangan.

Kapal-kapal tersebut untuk melayani penyeberangan di Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat (SBB), Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan, kata Manager Usaha ASDP Cabang Ambon, Syamsudin Tanassy di Ambon, Rabu.

Ia menjelaskan, dari sembilan unit kapal feri dua diantaranya beroperasi di perairan Teluk Ambon masing-masing KMP Gabus dan KMP Teluk Ambon melintasi penyeberangan pelabuhan Desa Galala, Kecamatan Sirimau menuju Desa Poka Kecamatan Teluk dalam Teluk Ambon.

Sedangkan KMP Tanjung Koako dan KMP Jelusi melayani lintasan pelabuhan Hunimua, Desa Liang, Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon), Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), menuju pelabuhan Waipirit , Kercamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Untuk lintasan pelabuhan Tulehu, Kecamatan Salahutu, (P Ambon) menuju pelabuhan Pelauw (P Haruku) dan pelabuhan Wasilei dan Kulur (P Saparua) pulang - pergi disediakan KMP Layur.

KMP Samandar melayari lintasan pelabuhan Tulehu - menuju pelabuhan Umeputi, (Pulau Haruku), Pelabuhan Nalahia (Pulau Nusalaut) sampai pelabuhan Amahai, Kecamatan Amahai, Kabupaten Malteng.

"Khusus untuk KMP Samandar yang jadwal operasinya di pelabuhan Tulehu menuju Pulau Haruku dan Nusalaut hanya hari Selasa dan Rabu, sehingga hari-hari lainnya diperbantukan di pelabuhan Hunimua - Waipirit," ujarnya.

Sedangkan KMP Temi dan KMP Inalika melayani lintasan dari pelabuhan Galala, Kota Ambon menuju pelabuhan Namlea, Kabupaten Buru. Dan satu kapal feri lainnya yakni KMP Kerapu dua melayani lintasan Ambon - Ambalao - Wamsisi - Namrole - Leksula, Kabupaten Buru Selatan.

Tanassy menjelaskan, dermaga milik ASDP hanya lima buah meliputi pelabuhan Desa Galala, Poka, Namlea, Hunimua dan Waiprit.

Sedangkan pelabuhan penyeberang untuk kapal perintis yang bisa digunakan adalah pelabuhan Kailolo, Umeputi dan Nalahia yang dikelola Pemkab Malteng, ujar Tanassy.(ant/id)

Presiden Myanmar Kunjungi 3 Negara Eropa

Presiden Myanmar U Thein Sein Senin meninggalkan Nay Pyi Taw untuk kunjungan resmi 10 hari ke tiga negara di Eropa Barat - Jerman, Swiss dan Belanda, kata sumber-sumber resmi.

ISEI : Indonesia Harus Mulai Pembaruan Institusi Ekonomi

Indonesia dalam jangka pendek harus mulai pembaruan institusi ekonomi dan mutu modal manusia, kata Ketua Bidang Organisasi Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Edy Suandi Hamid.

Pemkab Kesulitan Bebaskan Lahan 'Bypass'

Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) masih kesulitan merampungkan proses pembebasan lahan untuk proyek pembangunan "bypass" Bandara Internasional Lombok tahap II karena adanya kenaikan harga lahan.

Presiden SBY Buka Rapim KPI 2014

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membuka rapat pimpinan (rapim) Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2014 di Istana Negara, Jakarta, Selasa.

Indonesia Jadi Panutan Kurikulum Anak Berkebutuhan Khusus

Indonesia menjadi panutan atau 'role model' bagi penerapan kurikulum anak berkebutuhan khusus di negara anggota organisasi Internasional Council for Education of People With Visual Impairment (ICEVI).