Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

ASDP Cabang Ambon Kelola Sembilan Kapal Feri

pt asdp, kapal feri, ambon

Posted on 16 Jan 2013. Hits : 978

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ambon mengelola sembilan unit kapal feri yang beroperasi di sejumlah pelabuhan penyeberangan.

Kapal-kapal tersebut untuk melayani penyeberangan di Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat (SBB), Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan, kata Manager Usaha ASDP Cabang Ambon, Syamsudin Tanassy di Ambon, Rabu.

Ia menjelaskan, dari sembilan unit kapal feri dua diantaranya beroperasi di perairan Teluk Ambon masing-masing KMP Gabus dan KMP Teluk Ambon melintasi penyeberangan pelabuhan Desa Galala, Kecamatan Sirimau menuju Desa Poka Kecamatan Teluk dalam Teluk Ambon.

Sedangkan KMP Tanjung Koako dan KMP Jelusi melayani lintasan pelabuhan Hunimua, Desa Liang, Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon), Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), menuju pelabuhan Waipirit , Kercamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Untuk lintasan pelabuhan Tulehu, Kecamatan Salahutu, (P Ambon) menuju pelabuhan Pelauw (P Haruku) dan pelabuhan Wasilei dan Kulur (P Saparua) pulang - pergi disediakan KMP Layur.

KMP Samandar melayari lintasan pelabuhan Tulehu - menuju pelabuhan Umeputi, (Pulau Haruku), Pelabuhan Nalahia (Pulau Nusalaut) sampai pelabuhan Amahai, Kecamatan Amahai, Kabupaten Malteng.

"Khusus untuk KMP Samandar yang jadwal operasinya di pelabuhan Tulehu menuju Pulau Haruku dan Nusalaut hanya hari Selasa dan Rabu, sehingga hari-hari lainnya diperbantukan di pelabuhan Hunimua - Waipirit," ujarnya.

Sedangkan KMP Temi dan KMP Inalika melayani lintasan dari pelabuhan Galala, Kota Ambon menuju pelabuhan Namlea, Kabupaten Buru. Dan satu kapal feri lainnya yakni KMP Kerapu dua melayani lintasan Ambon - Ambalao - Wamsisi - Namrole - Leksula, Kabupaten Buru Selatan.

Tanassy menjelaskan, dermaga milik ASDP hanya lima buah meliputi pelabuhan Desa Galala, Poka, Namlea, Hunimua dan Waiprit.

Sedangkan pelabuhan penyeberang untuk kapal perintis yang bisa digunakan adalah pelabuhan Kailolo, Umeputi dan Nalahia yang dikelola Pemkab Malteng, ujar Tanassy.(ant/id)

Jalintim Di Mesuji Rusak Ganggu Pengguna Jalan

Kerusakan jalan lintas timur Sumatera yang berada di Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung yang berbatasan dengan Sumatera Selatan dikeluhkan pengguna jalan karena mengganggu kelancaran dan keselamatan mereka.

Pemimpin Syiah Irak, Moqtada As-sadr, Serukan Pembaruan Pemerintah

Pemimpin Syiah Irak, Moqtada As-Sadr, pada Sabtu (13/2) menyerukan pembaruan pemerintah, dan menegaskan perlunya bagi pemerintah teknokrat serta tuntutan lain di dalam usulnya.

Jokowi Akan Bahas Keamanan Dengan Pemimpin As-Asean

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membahas masalah keamanan kawasan dengan pemimpin Amerika Serikat dan ASEAN dalam KTT ASEAN di California, Aerika Serikat, 15 hingga 16 Februari 2016.

Bupati : Perlu Sodetan Tangani Banjir Di Pemuteran

Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana mengatakan perlu sodetan untuk mengalirkan airke laut menanggulangi masalah banjir di objek wisata Pemuteran, Kecamatan Gerokgak.

Kementan Alokasikan Rp38 Juta Bantu Petani Bawang

Kementerian Pertanian mengalokasikan dana Rp38 juta per hektare untuk membantu petani bawang merah dan cabai agar mampu meningkatkan produktivitas komoditas strategis tersebut sehingga stok nasional tercukupi.