Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

ASDP Cabang Ambon Kelola Sembilan Kapal Feri

pt asdp, kapal feri, ambon

Posted on 16 Jan 2013. Hits : 978

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ambon mengelola sembilan unit kapal feri yang beroperasi di sejumlah pelabuhan penyeberangan.

Kapal-kapal tersebut untuk melayani penyeberangan di Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat (SBB), Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan, kata Manager Usaha ASDP Cabang Ambon, Syamsudin Tanassy di Ambon, Rabu.

Ia menjelaskan, dari sembilan unit kapal feri dua diantaranya beroperasi di perairan Teluk Ambon masing-masing KMP Gabus dan KMP Teluk Ambon melintasi penyeberangan pelabuhan Desa Galala, Kecamatan Sirimau menuju Desa Poka Kecamatan Teluk dalam Teluk Ambon.

Sedangkan KMP Tanjung Koako dan KMP Jelusi melayani lintasan pelabuhan Hunimua, Desa Liang, Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon), Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), menuju pelabuhan Waipirit , Kercamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Untuk lintasan pelabuhan Tulehu, Kecamatan Salahutu, (P Ambon) menuju pelabuhan Pelauw (P Haruku) dan pelabuhan Wasilei dan Kulur (P Saparua) pulang - pergi disediakan KMP Layur.

KMP Samandar melayari lintasan pelabuhan Tulehu - menuju pelabuhan Umeputi, (Pulau Haruku), Pelabuhan Nalahia (Pulau Nusalaut) sampai pelabuhan Amahai, Kecamatan Amahai, Kabupaten Malteng.

"Khusus untuk KMP Samandar yang jadwal operasinya di pelabuhan Tulehu menuju Pulau Haruku dan Nusalaut hanya hari Selasa dan Rabu, sehingga hari-hari lainnya diperbantukan di pelabuhan Hunimua - Waipirit," ujarnya.

Sedangkan KMP Temi dan KMP Inalika melayani lintasan dari pelabuhan Galala, Kota Ambon menuju pelabuhan Namlea, Kabupaten Buru. Dan satu kapal feri lainnya yakni KMP Kerapu dua melayani lintasan Ambon - Ambalao - Wamsisi - Namrole - Leksula, Kabupaten Buru Selatan.

Tanassy menjelaskan, dermaga milik ASDP hanya lima buah meliputi pelabuhan Desa Galala, Poka, Namlea, Hunimua dan Waiprit.

Sedangkan pelabuhan penyeberang untuk kapal perintis yang bisa digunakan adalah pelabuhan Kailolo, Umeputi dan Nalahia yang dikelola Pemkab Malteng, ujar Tanassy.(ant/id)

Pangkalan : Persediaan Gas 3 Kg Padang Cukup

Sejumlah pemilik pangkalan dan agen penyaluran gas elpiji menyebutkan, persediaan gas bersubsidi 3 kilogram (kg) di Kota Padang, Sumatera Barat, masih mencukupi.

Mentan : Kembangkan Beras Organik Untuk Pasar Eropa

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, pemerintah mengembangkan beras organik untuk membantu konsumsi di Merauke dan memenuhi pasar Eropa serta Amerika.

Serena Williams Sukses Atasi Hadangan Untuk Melaju Ke Putaran Ketiga

Serena Williams sempat mengalami kesulitan pada pertandingan Prancis Terbuka yang dilangsungkan pada Rabu, namun petenis peringkat satu dunia itu melaju ke putaran ketiga berkat kemenangan 5-7, 6-3, 6-3 atas petenis Jerman Anna-Lena Friedsam.

Platini : Blatter Harus Pergi Demi Kebaikan FIFA

Presiden UEFA Michel Platini melakukan salah satu penampilan paling emosionalnya sejak dirinya masih aktif bermain, ketika ia mengatakan bahwa inilah saatnya Sepp Blatter untuk berhenti sebagai presiden FIFA, di mana badan sepak bola itu kini menghadapi krisis korupsi.

Pekerja Sumut Akan Unjuk Rasa Protes BPJS

Serikat pekerja dan pengusaha Sumatera Utara merencanakan aksi damai memprotes layanan BPJS Kesehatan, kenaikan harga gas, dan 'kriminalisasi' terhadap perusahaan di sekitar Danau Toba.