Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

ASDP Bakauheni Operasikan 27 Kapal

asdp indonesia, merak, bakauheni, pelayaran lampung

Posted on 29 Jan 2013. Hits : 450

PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni menyebutkan penyeberangan kendaraan dan penumpang dari Pelabuhan Bakauheni ke Merak Banten atau sebaliknya, dalam dua minggu terakhir lancar, karena jumlah kapal yang dioperasikan mencapai 27 unit.

"Sementara itu, arus kendaraan dan penumpang yang hendak diseberangkan, jumlahnya tidak mengalami lonjakan. Tidak ada penumpukan di kedua pelabuhan itu," kata Manager Operasi PT ASDP Indonesia Feri Cabang Bakauheni, Heru Purwanto saat dihubungi di Pelabuhan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan, Selasa.

Menurut dia, kenaikan harga sejumlah sembako asal Pulau Jawa di kota Bandarlampung, seperti bawang merah dan bawang putih, tidak terkendala di penyeberangan Merak-Bakauheni .

Selain itu, kondisi cuaca juga cukup baik sehingga tidak menghambat kelancaran pelayaran kapal-kapal feri yang menghubungkan Pelabuhan Bakauheni dan Merak.

Ia memperkirakan pengiriman sembako terkendala di jalan karena faktor hujan atau banjir.

Mengenai kondisi Pelabuhan Bakauheni, ia menyebutkan sekarang agak lengang karena tidak ada penumpukan truk.

"Kendaraan yang tiba di pelabuhan bisa segera diangkut," katanya.

Pelabuhan Bakauheni dan Merak merupakan pintu utama yang menghubungkan Sumetera dan Jawa. Hampir seluruh barang dari Jawa ke Sumatera atau sebaliknya, dikirimkan melalui kedua pelabuhan tersebut.

Sementara itu, Stasiun Meteorologi Maritim (SMM) Lampung memprediksi tinggi gelombang di perairan Merak-Bakauheni pada Selasa hingga Rabu pagi berkisar 0,5-1,25 meter, sedang kondisi cuaca adalah berawan.

Menurut prakirawan SMM Lampung, Rintiana, arah dan kecepatan angin di perairan Selat Sunda bagian utara itu dari barat dan barat laut dengan kecepatan 5-10 knot.

Tinggi gelombang di Selat Sunda bagian selatan diperkirakan antara 0,75-1,25 meter, sedang ketinggian maksimumnya bisa mencapai dua meter.

Kondisi cuaca di Selat Sunda bagian selatan adalah hujan, dan kecepatan angin berkisar 5-15 knot dari arah barat dan barat laut. (ant/as)

Konferensi Tuna Eropa Apresiasi Langkah Tegas Indonesia

Sebanyak 300 peserta dari Eropa dan juga berbagai kawasan dunia lainnya menghadiri Konferensi Tuna Eropa yang membahas "ilegal fishing" (IUU Fishing) dan perbudakan modern dalam industri perikanan yang diadakan di Brussel.

Pemerintah Perbanyak Pola Lingkaran Produksi Jagung

Pemerintah akan memperbanyak pola lingkaran kerja sama sejumlah pihak dalam produksi jagung nasional, menyusul keberhasilan program tiga perusahaan di Mojokerto, Jawa Timur yakni penyedia bibit unggul, perbankan nasional dan pengguna komoditas itu sendiri.

Harga Kopi di Simalungun Jatuh

Harga jual komoditi kopi di pasaran Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mengalami penurunan dalam beberapa pekan ini sehingga membuat petani khawatir terhadap masa depan tanaman penikmat rasa ini.

Kementan Alokasikan Rp 900 Miliar Untuk Sumsel

Kementerian Pertanian mengalokasikan Rp 900 miliar untuk pengadaan bibit dan irigasi di Provinsi Sumatera Selatan.

Cimahi Gratiskan Pemeriksaan Kanker Serviks

Pemerintah Kota Cimahi, Jawa Barat, menggratiskan pemeriksaan kanker serviks atau leher rahim bagi kaum perempuan dengan metode pemeriksaan secara IVA (Inpeksi Visual Asam Asetat) di setiap Pusat Layanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit pemerintah di kota itu.