Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

ASDP Bakauheni Operasikan 27 Kapal

asdp indonesia, merak, bakauheni, pelayaran lampung

Posted on 29 Jan 2013. Hits : 450

PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni menyebutkan penyeberangan kendaraan dan penumpang dari Pelabuhan Bakauheni ke Merak Banten atau sebaliknya, dalam dua minggu terakhir lancar, karena jumlah kapal yang dioperasikan mencapai 27 unit.

"Sementara itu, arus kendaraan dan penumpang yang hendak diseberangkan, jumlahnya tidak mengalami lonjakan. Tidak ada penumpukan di kedua pelabuhan itu," kata Manager Operasi PT ASDP Indonesia Feri Cabang Bakauheni, Heru Purwanto saat dihubungi di Pelabuhan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan, Selasa.

Menurut dia, kenaikan harga sejumlah sembako asal Pulau Jawa di kota Bandarlampung, seperti bawang merah dan bawang putih, tidak terkendala di penyeberangan Merak-Bakauheni .

Selain itu, kondisi cuaca juga cukup baik sehingga tidak menghambat kelancaran pelayaran kapal-kapal feri yang menghubungkan Pelabuhan Bakauheni dan Merak.

Ia memperkirakan pengiriman sembako terkendala di jalan karena faktor hujan atau banjir.

Mengenai kondisi Pelabuhan Bakauheni, ia menyebutkan sekarang agak lengang karena tidak ada penumpukan truk.

"Kendaraan yang tiba di pelabuhan bisa segera diangkut," katanya.

Pelabuhan Bakauheni dan Merak merupakan pintu utama yang menghubungkan Sumetera dan Jawa. Hampir seluruh barang dari Jawa ke Sumatera atau sebaliknya, dikirimkan melalui kedua pelabuhan tersebut.

Sementara itu, Stasiun Meteorologi Maritim (SMM) Lampung memprediksi tinggi gelombang di perairan Merak-Bakauheni pada Selasa hingga Rabu pagi berkisar 0,5-1,25 meter, sedang kondisi cuaca adalah berawan.

Menurut prakirawan SMM Lampung, Rintiana, arah dan kecepatan angin di perairan Selat Sunda bagian utara itu dari barat dan barat laut dengan kecepatan 5-10 knot.

Tinggi gelombang di Selat Sunda bagian selatan diperkirakan antara 0,75-1,25 meter, sedang ketinggian maksimumnya bisa mencapai dua meter.

Kondisi cuaca di Selat Sunda bagian selatan adalah hujan, dan kecepatan angin berkisar 5-15 knot dari arah barat dan barat laut. (ant/as)

Banten Siapkan Gerai Pintar

Pemerintah Provinsi Banten menyiapkan gerai pintar atau rumah baca untuk mengatasi penyandang buta huruf yang tersebar di Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Serang.

Korut Bebaskan Satu Warga AS

Korea Utara membebaskan seorang dari tiga warga Amerika Serikat yang ditahan di negara itu, dan dalam satu tindakan yang mengejutkan mengizinkan satu pesawat Pentagon mendarat di Pyongyang Selasa untuk membawa dia pulang.

Bogor Tanggapi Sebagai Kota Macet

Bogor menanggapi hasil Pusat Penelitian dan Pengembangan Darat Kementerian Perhubungan terkait tingkat kemacetan di Kota Hujan itu yang menempati peringkat teratas setelah Jakarta sebagai dorongan untuk membenahi transportasi di kota itu.

Penertiban di Tebet Untuk Perluasan Taman

Penertiban ratusan bangunan liar di dekat kawasan Taman Honda di Tebet, Jakarta Selatan, oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Selatan bertujuan untuk perluasan taman.

Jajaran Kabinet Diharapkan Bukan Dari Era SBY

Pengamat ekonomi Enny Sri Hartati mengharapkan jajaran kabinet pemerintah Presiden Joko Widodo bukan bekas menteri di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.