Sekitar 80 ribu calon wirausahawan yang datang dari berbagai kalangan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Banten, dan Jawa Barat memenuhi Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta untuk memperingati tahun ke-3 Gerakan Kewirausahaan Nasional.

Sekitar 80 ribu calon wirausahawan termasuk di dalamnya wirausahawan pemula itu berasal dari perguruan tinggi dan komunitas strategis masyarakat umum.

"Kami mengundang 80 ribu calon wirausahawan yang potensial untuk dibina dalam acara puncak peringatan ke tiga GKN," kata Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso Budi Susetio di Jakarta, Senin.

Prakoso mengatakan peringatan GKN itu diharapkan mampu membangun semangat dan jiwa kewirausahaan generasi muda.

Peringatan GKN tahun ini menghadirkan pembicara Representative Microsoft AS Akhtar Badshah untuk berbagi pengalaman sekaligus memberikan motivasi kepada peserta untuk menjadi pengusaha-pengusaha global dengan ide dan gagasan yang kreatif.

Peringatan GKN sekaligus menjadi ajang kompetisi bagi calon wirausaha pemula yang terlebih dahulu menyiapkan business plan. Mereka yang memiliki business plan terbaik akan diberi modal awal paling banyak Rp25 juta untuk 1.500 proposal terpilih.

Dari aspek kewirausahaan, Indonesia saat ini telah memiliki 1,59 persen atau 3.707.205 wirausahawan dari jumlah populasi penduduk Indonesia.

"Idealnya untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan bangsa kita perlu wirausahawan minimal dua persen dari populasi penduduk," katanya dan menambahkan bahwa angka dua persen itu ditargetkan bisa tercapai sampai akhir tahun ini.

GKN tahun ini mengambil tema Spirit of Global Entrepreneurship yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II. (ant/as)