Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

3 Badan Usaha Pemerintah Digabung

menteri bumn, dahlan iskan, penggabungan

Posted on 19 Feb 2013. Hits : 521

Menteri BUMN Dahlan Iskan memberi lampu hijau kepada Perum LKBN Antara untuk mengakuisisi PT Balai Pustaka dan Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI).

"Penggabungan usaha Antara dengan Balai Pustaka dan PNRI diharapkan dapat diselesaikan pada tahun 2013 ini," kata Dahlan, usai menggelar Rapat Pimpinan di Kantor Perum Antara, Jakarta, Selasa.

Menurut Dahlan, dengan akuisisi tersebut maka Antara bisa mempunyai grup atau unit bisnis tersendiri sehingga ketergantungan terhadap dana "public service obligation" (PSO) bisa dikurangi atau dihilangkan sama sekali.

"Kita berhadap Antara, termasuk BUMN lainnya yang selama ini menjalankan fungsi PSO tidak lagi mengandalkan dana tersebut. Harus ada terobosan bisnis baru," kata Dahlan.

Ia menambahkan, Balai Pustaka diakuisisi dengan mengalihkan aset yang bersifat heritage dan non heritage dialihkan (diinbrengkan) kepada Antara, agar bisa keluar kesulitan berkompetisi dalam pasar yang semakin kompetitif.

Menurut Dahlan, untuk merealisasikan akuisisi tersebut terlebih dahulu Balai Pustaka menghilangkan posisi keuangan yang negatif saat ini dengan cara menjual aset untuk menutupi defisit.

Sementara itu, dengan mengakuisisi PNRI, maka Antara bisa mendapat dukungan keuangan dari bisnis komersial perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha percetakan ini.

"Ketika perekonomian negara sudah semakin maju yang ditandai dengan berkembangnya perusahaan swasta, maka PNRI tidak lagi dianggap strategis karena sudah bisa dilakukan oleh swasta," tegasnya.

Meski demikian, ujar mantan Dirut PLN ini, kondisi keuangan PNRI masih cukup bagus dalam kategori positif.

"PNRI sudah memiliki bisnis yang bagus, namun diharapkan bisa lebih berkembang lagi jika mendapat dukungan dari Antara," ujar Dahlan.

Untuk mempermudah proses akuisisi PNRI, ditambahkan Dahlan, seorang direksi Antara akan ditempatkan menjadi Dirut pada PNRI.

"Penetapan seorang direksi Antara di PNRI untuk mempermudah penyatuan kedua perusahaan itu," ujarnya. (bn/ant)

Inflasi Di Kalbar Selama Ramadhan Masih Terkendali

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat, Dwi Suslamanto mengungkapkan inflasi yang terjadi di Kalbar selama Ramadhan tahun ini masih terkendali, meski beberapa barang kebutuhan pokok mengalami kenaikan.

Pemprov Jambi Wacanakan Shalat Minta Hujan

Pemerintah Provinsi Jambi mewacanakanmengadakan shalat istisqa atau shalat minta hujan menyusul kemarau panjang melanda daerah itu.

Bandara Timika Perketat Pengawasan Cegah Penyelundupan Satwa

Pihak otoritas Bandara Moses Kilangin Timika, Papua, memperketat pengawasan di pintu masuk bandara tersebut untuk mencegah penyelundupan sejumlah satwa endemik Papua ke luar dari wilayah itu.

Masyarakat Diajak Wakaf Al Quran

Masyarakat Indonesia diajak untuk mendukung gerakan wakaf Al Quran untuk dapat memenuhi kebutuhan dua juta kitab suci bagi umat Islam di Tanah Air.

Pemkab Kuburaya : Investor Bantu Dorong Pertumbuhan UMKM

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Gemuruh mengharapkan masuknya investor yang dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya pasar tradisional di Kubu Raya.