Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

3 Badan Usaha Pemerintah Digabung

menteri bumn, dahlan iskan, penggabungan

Posted on 19 Feb 2013. Hits : 521

Menteri BUMN Dahlan Iskan memberi lampu hijau kepada Perum LKBN Antara untuk mengakuisisi PT Balai Pustaka dan Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI).

"Penggabungan usaha Antara dengan Balai Pustaka dan PNRI diharapkan dapat diselesaikan pada tahun 2013 ini," kata Dahlan, usai menggelar Rapat Pimpinan di Kantor Perum Antara, Jakarta, Selasa.

Menurut Dahlan, dengan akuisisi tersebut maka Antara bisa mempunyai grup atau unit bisnis tersendiri sehingga ketergantungan terhadap dana "public service obligation" (PSO) bisa dikurangi atau dihilangkan sama sekali.

"Kita berhadap Antara, termasuk BUMN lainnya yang selama ini menjalankan fungsi PSO tidak lagi mengandalkan dana tersebut. Harus ada terobosan bisnis baru," kata Dahlan.

Ia menambahkan, Balai Pustaka diakuisisi dengan mengalihkan aset yang bersifat heritage dan non heritage dialihkan (diinbrengkan) kepada Antara, agar bisa keluar kesulitan berkompetisi dalam pasar yang semakin kompetitif.

Menurut Dahlan, untuk merealisasikan akuisisi tersebut terlebih dahulu Balai Pustaka menghilangkan posisi keuangan yang negatif saat ini dengan cara menjual aset untuk menutupi defisit.

Sementara itu, dengan mengakuisisi PNRI, maka Antara bisa mendapat dukungan keuangan dari bisnis komersial perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha percetakan ini.

"Ketika perekonomian negara sudah semakin maju yang ditandai dengan berkembangnya perusahaan swasta, maka PNRI tidak lagi dianggap strategis karena sudah bisa dilakukan oleh swasta," tegasnya.

Meski demikian, ujar mantan Dirut PLN ini, kondisi keuangan PNRI masih cukup bagus dalam kategori positif.

"PNRI sudah memiliki bisnis yang bagus, namun diharapkan bisa lebih berkembang lagi jika mendapat dukungan dari Antara," ujar Dahlan.

Untuk mempermudah proses akuisisi PNRI, ditambahkan Dahlan, seorang direksi Antara akan ditempatkan menjadi Dirut pada PNRI.

"Penetapan seorang direksi Antara di PNRI untuk mempermudah penyatuan kedua perusahaan itu," ujarnya. (bn/ant)

Sumsel Tarik Minat Investor Asal Tiongkok

Pengusaha asal Tiongkok menyatakan tertarik berinvestasi di kawasan ekonomi khusus pelabuhan laut Tanjung Api-Api Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan yang disampaikan saat acara "Tiongkok Ekspo" di Kota Nanning beberapa waktu lalu.

Penerimaan PBB Pekanbaru Triwulan Iii Rp32,7 Miliar

Dinas Pendapatan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mencatat realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) hingga triwulan III tahun 2014 mencapai Rp32,7 miliar atau lebih besar dari target untuk periode itu sebesar Rp30 miliar.

APOEL Tahan Imbang Ajax Amsterdam

Ajax Amsterdam dan APOEL memainkan pertandingan menarik yang berakhir imbang 1-1 pada laga Liga Champions Selasa (Rabu WIB), namun kedua tim menyesali berbagai kesempatan yang dimiliki untuk mendulang tiga angka.

Mukomuko Beri Sapi Kurban Untuk Desa Miskin

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan memberikan bantuan sapi kurban untuk 15 desa dengan jumlah penduduk miskin terbanyak di daerah itu.

Debit Air Bendungan Tilong Menyusut

Debit air Bendungan Tilong di wilayah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur mengalami penurunan drastis hingga mencapai 10 juta meter kubik dari kapasitas tampung normal 17 juta meter kubik.