Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

3 Badan Usaha Pemerintah Digabung

menteri bumn, dahlan iskan, penggabungan

Posted on 19 Feb 2013. Hits : 521

Menteri BUMN Dahlan Iskan memberi lampu hijau kepada Perum LKBN Antara untuk mengakuisisi PT Balai Pustaka dan Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI).

"Penggabungan usaha Antara dengan Balai Pustaka dan PNRI diharapkan dapat diselesaikan pada tahun 2013 ini," kata Dahlan, usai menggelar Rapat Pimpinan di Kantor Perum Antara, Jakarta, Selasa.

Menurut Dahlan, dengan akuisisi tersebut maka Antara bisa mempunyai grup atau unit bisnis tersendiri sehingga ketergantungan terhadap dana "public service obligation" (PSO) bisa dikurangi atau dihilangkan sama sekali.

"Kita berhadap Antara, termasuk BUMN lainnya yang selama ini menjalankan fungsi PSO tidak lagi mengandalkan dana tersebut. Harus ada terobosan bisnis baru," kata Dahlan.

Ia menambahkan, Balai Pustaka diakuisisi dengan mengalihkan aset yang bersifat heritage dan non heritage dialihkan (diinbrengkan) kepada Antara, agar bisa keluar kesulitan berkompetisi dalam pasar yang semakin kompetitif.

Menurut Dahlan, untuk merealisasikan akuisisi tersebut terlebih dahulu Balai Pustaka menghilangkan posisi keuangan yang negatif saat ini dengan cara menjual aset untuk menutupi defisit.

Sementara itu, dengan mengakuisisi PNRI, maka Antara bisa mendapat dukungan keuangan dari bisnis komersial perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha percetakan ini.

"Ketika perekonomian negara sudah semakin maju yang ditandai dengan berkembangnya perusahaan swasta, maka PNRI tidak lagi dianggap strategis karena sudah bisa dilakukan oleh swasta," tegasnya.

Meski demikian, ujar mantan Dirut PLN ini, kondisi keuangan PNRI masih cukup bagus dalam kategori positif.

"PNRI sudah memiliki bisnis yang bagus, namun diharapkan bisa lebih berkembang lagi jika mendapat dukungan dari Antara," ujar Dahlan.

Untuk mempermudah proses akuisisi PNRI, ditambahkan Dahlan, seorang direksi Antara akan ditempatkan menjadi Dirut pada PNRI.

"Penetapan seorang direksi Antara di PNRI untuk mempermudah penyatuan kedua perusahaan itu," ujarnya. (bn/ant)

20 Persen Perumahan Bandarlampung Tak Miliki TPU

Sebanyak 20 persen perumahan di Kota Bandarlampung belum memiliki tempat pemakaman umum (TPU), yang seharusnya disiapkan berdasarkan perwali nomor 76 tahun 1992.

REI Diminta Bangun Rumah Murah di Sulsel

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo meminta Real Estate Indonesia (REI) Sulsel mengembangkan pembangunan rumah bagi masyarakat miskin di wilayah itu.

Menteri Korsel Desak Korut Terima Tawaran Dialog

Tokoh penting Korea Selatan mengenai Korea Utara Rabu menyerukan untuk "berhati-hati dan bijaksana" mengenai keputusan Pyongyang atas penawaran pembicaraan tingkat tinggi Seoul.

Audit Pertamina dan PLN Diharapkan Segera Rampung

Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) berharap dapat menuntaskan tinjauan pemeriksaan terhadap PT Pertamina dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada Oktober 2014, agar dapat menyimpulkan acuan harga jual solar untuk kedua BUMN itu.

Anderlecht Paksa Galatasaray Main Imbang

Gol pada fase akhir pertandingan dari Burak Yilmaz membuat Galatasaray bermain imbang 1-1 dengan Anderlecht pada pertandingan pembukaan Grup D Liga Champions mereka yang dimainkan Selasa (Rabu WIB), setelah Dennis Praet membuat tim tamu berada di jalur untuk membawa pulang kemenangan.