Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

3 Badan Usaha Pemerintah Digabung

menteri bumn, dahlan iskan, penggabungan

Posted on 19 Feb 2013. Hits : 521

Menteri BUMN Dahlan Iskan memberi lampu hijau kepada Perum LKBN Antara untuk mengakuisisi PT Balai Pustaka dan Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI).

"Penggabungan usaha Antara dengan Balai Pustaka dan PNRI diharapkan dapat diselesaikan pada tahun 2013 ini," kata Dahlan, usai menggelar Rapat Pimpinan di Kantor Perum Antara, Jakarta, Selasa.

Menurut Dahlan, dengan akuisisi tersebut maka Antara bisa mempunyai grup atau unit bisnis tersendiri sehingga ketergantungan terhadap dana "public service obligation" (PSO) bisa dikurangi atau dihilangkan sama sekali.

"Kita berhadap Antara, termasuk BUMN lainnya yang selama ini menjalankan fungsi PSO tidak lagi mengandalkan dana tersebut. Harus ada terobosan bisnis baru," kata Dahlan.

Ia menambahkan, Balai Pustaka diakuisisi dengan mengalihkan aset yang bersifat heritage dan non heritage dialihkan (diinbrengkan) kepada Antara, agar bisa keluar kesulitan berkompetisi dalam pasar yang semakin kompetitif.

Menurut Dahlan, untuk merealisasikan akuisisi tersebut terlebih dahulu Balai Pustaka menghilangkan posisi keuangan yang negatif saat ini dengan cara menjual aset untuk menutupi defisit.

Sementara itu, dengan mengakuisisi PNRI, maka Antara bisa mendapat dukungan keuangan dari bisnis komersial perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha percetakan ini.

"Ketika perekonomian negara sudah semakin maju yang ditandai dengan berkembangnya perusahaan swasta, maka PNRI tidak lagi dianggap strategis karena sudah bisa dilakukan oleh swasta," tegasnya.

Meski demikian, ujar mantan Dirut PLN ini, kondisi keuangan PNRI masih cukup bagus dalam kategori positif.

"PNRI sudah memiliki bisnis yang bagus, namun diharapkan bisa lebih berkembang lagi jika mendapat dukungan dari Antara," ujar Dahlan.

Untuk mempermudah proses akuisisi PNRI, ditambahkan Dahlan, seorang direksi Antara akan ditempatkan menjadi Dirut pada PNRI.

"Penetapan seorang direksi Antara di PNRI untuk mempermudah penyatuan kedua perusahaan itu," ujarnya. (bn/ant)

Bekasi Pasang Empat Alat Pengukur Kualitas Udara

Badan Pengelola Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jawa Barat, memasang empat alat pengukur kualitas udara di lokasi yang setiap harinya padat dilintasi kendaraan.

Pemprov Putuskan Kontrak Dengan PT Pala Banda

Gubernur Maluku, Said Assagaff menyatakan, pemerintah provinsi (Pemprov) setempat telah memutuskan kontrak kerjasama dengan PT Pala Banda Permai karena berdasarkan evaluasi ternyata tidak memberikan konstribusi bagi pendapatan asli daerah (PAD).

Adhy Niaga Klarifikasi Tuduhan Menristekdikti Kepada Media

Pemilik Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Adhy Niaga, Adi Firdaus mengklarifikasi sejumlah temuan Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi M Nasir setelah inspeksi mendadak pada Kamis (21/5).

Organda Bogor Pantau Kepatuhan KTR Di Angkot

Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Bogor, Jawa Barat, memantau kepatuhan sopir angkot terhadap Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Rokok, Sabtu.

Iwan Fals Meriahkan Passionville 2015 Di Yogyakarta

Musisi Iwan Fals akan tampil memeriahkan puncak kompetisi kreativitas Passionville 2015 bertema 'Live Up Your Passion' di Yogyakarta, Oktober 2015.