Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Cegah Banjir, Pemerintah Bangun Sudetan Ciliwung ke Banjir Kanal Timur

sudetan, ciliwung, banjir, kanal, timur

Posted on 11 Apr 2013. Hits : 927

Pembangunan infrastruktur Kali Ciliwung sampai Kanal Banjir Timur sepanjang 2,1 kilometer, ditargetkan selesai dalam dua bulan.

Anggaran pembangunan sudetan sebesar Rp 500 sampai Rp 700 miliar, akan diusahakan dari hasil sisa lelang dan APBN perubahan 2013.

"Pembebasan lahan akan diusahakan seminimal mungkin, karena sudetan akan berada di bawah jalan raya," ujar Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, Jumat (18/1/2013).

Trase sudetan yang berbentuk terowongan, menghubungkan Sungai Ciliwung di belakang Sekolah Tinggi Ilmu Statistik di Jalan Otista, memanjang ke Jalan Otista 3, hingga tembus Kanal Banjir Timur.

"Saat penggalian (sudetan) akan ada pagar rumah yang terkena, namun nanti akan diperbaiki seperti semula," ungkap Djoko.

Kanal Banjir Timur memiliki panjang 23,5 kilometer, yang menampung aliran air Sungai Ciliwung, Sungai Cipinang, Sungai Sunter, Sungai Buaran, Sungai Jati Kramat, dan Sungai Cakung.

Daerah Kanal Banjir Timur lebih kurang 207 kilometer persegi (sekitar 20.700 hektare) yang berada di 13 kelurahan. Dua di Jakara Utara, dan 11 di Jakarta Timur. (bn)

DPR Sepakati Harga Minyak 60 Dolar/Barel

Komisi VII DPR dan Kementerian ESDM menyepakati harga minyak Indonesia (Indonesia crude price/ICP) dalam RAPBN Perubahan 2015 sebesar 60 dolar per barel.

LIPI: Hambatan Utama Jokowi Adalah PDIP

Pengamat politik LIPI Ikrar Nusa Bhakti menilai hambatan utama kinerja Presiden Joko Widodo adalah PDIP selaku partai pengusungnya dalam Pilpres 2014 silam.

Presiden Hormati Proses Hukum

Presiden Joko Widodo mengatakan hingga saat ini masih mengikuti proses hukum, baik untuk kasus Komjen (Pol) Budi Gunawan maupun Bambang Widjojanto, dan tidak ingin turut campur dalam proses tersebut.

Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok Turun

Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di Cilacap, Jawa Tengah, turun sebagai dampak penurunan harga bahan bakar minyak dan elpiji 12 kilogram, kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Cilacap Dian Arinda Murni.

Topeng Kayu Tradisional Bantul Diminati Seniman Mancanegara

Topeng kayu tradisional produk perajin pedukuhan Kadekrowo, Desa Gilangharjo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, selain diminati seniman dalam negeri juga seniman dari mancanegara.