Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Cegah Banjir, Pemerintah Bangun Sudetan Ciliwung ke Banjir Kanal Timur

sudetan, ciliwung, banjir, kanal, timur

Posted on 11 Apr 2013. Hits : 927

sudetan ciliwung

Pembangunan infrastruktur Kali Ciliwung sampai Kanal Banjir Timur sepanjang 2,1 kilometer, ditargetkan selesai dalam dua bulan.

Anggaran pembangunan sudetan sebesar Rp 500 sampai Rp 700 miliar, akan diusahakan dari hasil sisa lelang dan APBN perubahan 2013.

"Pembebasan lahan akan diusahakan seminimal mungkin, karena sudetan akan berada di bawah jalan raya," ujar Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, Jumat (18/1/2013).

Trase sudetan yang berbentuk terowongan, menghubungkan Sungai Ciliwung di belakang Sekolah Tinggi Ilmu Statistik di Jalan Otista, memanjang ke Jalan Otista 3, hingga tembus Kanal Banjir Timur.

"Saat penggalian (sudetan) akan ada pagar rumah yang terkena, namun nanti akan diperbaiki seperti semula," ungkap Djoko.

Kanal Banjir Timur memiliki panjang 23,5 kilometer, yang menampung aliran air Sungai Ciliwung, Sungai Cipinang, Sungai Sunter, Sungai Buaran, Sungai Jati Kramat, dan Sungai Cakung.

Daerah Kanal Banjir Timur lebih kurang 207 kilometer persegi (sekitar 20.700 hektare) yang berada di 13 kelurahan. Dua di Jakara Utara, dan 11 di Jakarta Timur. (bn)

KLHK : Instrumen Distribusi Lahan Hutan Belum Kuat

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengakui hingga kini instrumen teknis distribusi lahan hutan pada rakyat serta komitmen pemerintah Indonesia di era Presiden Joko Widodo, belum kuat.

Aceh Kembangkan Perpustakaan Penjara

Pemerintah Aceh melalui Badan Arsip dan Perpustakaan menggandeng lembaga permasyarakatan dan rumah tahanan untuk mengembangkan perpustakaan di penjara.

Komisi V DPRD Jabar Gelar Tes Urine

Komisi V DPRD Jawa Barat menggelar tes urine bagi 20 orang yang terdiri atas pimpinan dan anggotanya di Gedung DPRD Jawa Barat, Kota Bandung, Senin, sebagai upaya penanggulangan terhadap bahaya narkotika.

Disnakeswan Temukan Kasus Rabies di 155 Desa

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali hingga saat ini sudah menemukan kasus anjing positif rabies pada 155 desa di Pulau Dewata.

Aktivis Lingkungan Wujudkan Wisata Bandar Bakau

Seorang aktivis lingkungan di Kota Dumai, Riau, Darwis Saleh, berhasil mewujudkan suatu objek wisata alam bandar bakau di tepi pantai berkat perjuangan bersama yang keras dan gigih selama hampir 10 tahun.