Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Cegah Banjir, Pemerintah Bangun Sudetan Ciliwung ke Banjir Kanal Timur

sudetan, ciliwung, banjir, kanal, timur

Posted on 11 Apr 2013. Hits : 927

Pembangunan infrastruktur Kali Ciliwung sampai Kanal Banjir Timur sepanjang 2,1 kilometer, ditargetkan selesai dalam dua bulan.

Anggaran pembangunan sudetan sebesar Rp 500 sampai Rp 700 miliar, akan diusahakan dari hasil sisa lelang dan APBN perubahan 2013.

"Pembebasan lahan akan diusahakan seminimal mungkin, karena sudetan akan berada di bawah jalan raya," ujar Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, Jumat (18/1/2013).

Trase sudetan yang berbentuk terowongan, menghubungkan Sungai Ciliwung di belakang Sekolah Tinggi Ilmu Statistik di Jalan Otista, memanjang ke Jalan Otista 3, hingga tembus Kanal Banjir Timur.

"Saat penggalian (sudetan) akan ada pagar rumah yang terkena, namun nanti akan diperbaiki seperti semula," ungkap Djoko.

Kanal Banjir Timur memiliki panjang 23,5 kilometer, yang menampung aliran air Sungai Ciliwung, Sungai Cipinang, Sungai Sunter, Sungai Buaran, Sungai Jati Kramat, dan Sungai Cakung.

Daerah Kanal Banjir Timur lebih kurang 207 kilometer persegi (sekitar 20.700 hektare) yang berada di 13 kelurahan. Dua di Jakara Utara, dan 11 di Jakarta Timur. (bn)

Belanda Dan Singapura Berminat Kapal Buatan Kalbar

Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya mengatakan Belanda dan Singapura berminat untuk membeli kapal buatan putra daerah Kalbar.

Grup ICBC Dukung Pembangunan Ekonomi Indonesia

Grup Industrial and Commercial Bank of China Ltd (ICBC) telah menandatangani empat kesepakatan dengan berbagai lembaga dalam mendukung pembangunan ekonomi Indonesia melalui penyediaan fasilitas pembiayaan dalam mata uang renminbi (RMB).

24 Warga Miskin Bengkalis Terima Bantuan Rumah

Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menyerahkan 24 kunci Rumah Layak Huni (RLH) kepada warga miskin di tujuh Desa Kecamatan Bukit Batu, Selasa.

Jakarta Diharap Waspadai Peningkatan Air Kali Pesanggrahan

Warga Jakarta diharapkan mewaspadai debit air Kali Pesanggrahan yang dalam beberapa jam terakhir terpantau meningkat secara signifikan.

10 Kades Kubu Raya Dapat Penghargaan

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalbar memberikan penghargaan kepada 10 kepala desa yang ada di kabupaten itu karena dinilai memiliki kinerja baik dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa.