Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Cegah Banjir, Pemerintah Bangun Sudetan Ciliwung ke Banjir Kanal Timur

sudetan, ciliwung, banjir, kanal, timur

Posted on 11 Apr 2013. Hits : 891

Pembangunan infrastruktur Kali Ciliwung sampai Kanal Banjir Timur sepanjang 2,1 kilometer, ditargetkan selesai dalam dua bulan.

Anggaran pembangunan sudetan sebesar Rp 500 sampai Rp 700 miliar, akan diusahakan dari hasil sisa lelang dan APBN perubahan 2013.

"Pembebasan lahan akan diusahakan seminimal mungkin, karena sudetan akan berada di bawah jalan raya," ujar Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, Jumat (18/1/2013).

Trase sudetan yang berbentuk terowongan, menghubungkan Sungai Ciliwung di belakang Sekolah Tinggi Ilmu Statistik di Jalan Otista, memanjang ke Jalan Otista 3, hingga tembus Kanal Banjir Timur.

"Saat penggalian (sudetan) akan ada pagar rumah yang terkena, namun nanti akan diperbaiki seperti semula," ungkap Djoko.

Kanal Banjir Timur memiliki panjang 23,5 kilometer, yang menampung aliran air Sungai Ciliwung, Sungai Cipinang, Sungai Sunter, Sungai Buaran, Sungai Jati Kramat, dan Sungai Cakung.

Daerah Kanal Banjir Timur lebih kurang 207 kilometer persegi (sekitar 20.700 hektare) yang berada di 13 kelurahan. Dua di Jakara Utara, dan 11 di Jakarta Timur. (bn)

Nilai Tukar Rupiah Terdongkrak Euforia Pilpres

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi bergerak menguat sebesar 131 poin menjadi Rp11.

Antrean Kendaraan Mulai Padati Pelabuhan Bakauheni

Antrean kendaraan pribadi dan truk mulai memadati Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, enam hari menjelang (H-6) Idul Fitri 1435 Hijriah.

Kerry-Abbas Bahas Gencatan Senjata

Menteri Luar Negeri AS John Kerry pada Rabu pagi membahas dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas kemungkinan dicapainya gencatan senjata guna mengakhiri pertempuran berdarah di Jalur Gaza.

Presiden SBY 'Setor' Zakat ke Baznas

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan zakat penghasilan dan zakat fitrah secara langsung kepada Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) saat menerima Pimpinan Baznas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu.

Polresta Banjarmasin Amankan Lokasi Transaksi Keuangan

Polresta Banjarmasin Kalimantan Selatan, menjelang Idul Fitri 2014 bakal menambah pengamanan terhadap lima lokasi transaksi keuangan yang dianggap sebagai lokasi paling vital untuk beraksinya tindak kejahatan.