Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Cegah Banjir, Pemerintah Bangun Sudetan Ciliwung ke Banjir Kanal Timur

sudetan, ciliwung, banjir, kanal, timur

Posted on 11 Apr 2013. Hits : 739

Pembangunan infrastruktur Kali Ciliwung sampai Kanal Banjir Timur sepanjang 2,1 kilometer, ditargetkan selesai dalam dua bulan.

Anggaran pembangunan sudetan sebesar Rp 500 sampai Rp 700 miliar, akan diusahakan dari hasil sisa lelang dan APBN perubahan 2013.

"Pembebasan lahan akan diusahakan seminimal mungkin, karena sudetan akan berada di bawah jalan raya," ujar Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, Jumat (18/1/2013).

Trase sudetan yang berbentuk terowongan, menghubungkan Sungai Ciliwung di belakang Sekolah Tinggi Ilmu Statistik di Jalan Otista, memanjang ke Jalan Otista 3, hingga tembus Kanal Banjir Timur.

"Saat penggalian (sudetan) akan ada pagar rumah yang terkena, namun nanti akan diperbaiki seperti semula," ungkap Djoko.

Kanal Banjir Timur memiliki panjang 23,5 kilometer, yang menampung aliran air Sungai Ciliwung, Sungai Cipinang, Sungai Sunter, Sungai Buaran, Sungai Jati Kramat, dan Sungai Cakung.

Daerah Kanal Banjir Timur lebih kurang 207 kilometer persegi (sekitar 20.700 hektare) yang berada di 13 kelurahan. Dua di Jakara Utara, dan 11 di Jakarta Timur. (bn)

Warga Kanada Unjuk Rasa

Beberapa ribu orang turun ke jalan di kota-kota terbesar Kanada Sabtu untuk menyerukan legalisasi ganja - unjuk rasa tahunan yang terjadi secara internasional setiap 20 April.

Polres Oku Ringkus Bandar Narkoba

Jajaran Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan berhasil meringkus bandar narkoba jenis sabu-sabu dengan tersangka Erw (30), warga Desa Baturaden, Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten setempat, Minggu (20/4).

Pesawat Ringan Jatuh di Filipina

Pesawat ringan lain yang digunakan untuk penyemprotan pestisida di perkebunan pisang jatuh di Filipina selatan selama akhir pekan, kata polisi Senin.

Semangat Belajar Pasar Modal Kaum Wanita Meningkat

Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai bahwa semangat perempuan untuk belajar mengenal industri pasar modal cenderung meningkat.

'Legowo' Terima Kekalahan

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Riau menyatakan "legowo" menerima kekalahan pada pemilu legislatif 2014 untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi yang diperkirakan hanya mendapat tiga kursi.