Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pelabuhan Internasional Vietnam Selatan Disewakan

pelabuhan, internasional, vietnam, selatan, disewakan

Posted on 23 Jul 2013. Hits : 181

Kementerian Perhubungan Vietnam telah menyetujui tawaran untuk menyewa pelabuhan internasional Cai Mep-Thi Vai di pantai selatan Provinsi Ba RiaVung Tau selama 30 tahun, tawaran pertama dari jenisnya sejauh ini, kata laporan Portal Pemerintah Vietnam, Senin.

Administrasi Maritim Vietnam mengatakan pihaknya sedang mencari operator yang memenuhi syarat untuk kedua terminal internasional Cai Mep dan terminal kargo umum Thi Vai.

Dua penawaran untuk dua pelabuhan akan berlangsung pada kuartal ketiga atau keempat tahun ini.

Harga paket tetap tahunan adalah 219,5 juta dolar AS untuk terminal Cai Mep dan 130,5 juta dolar AS untuk terminal kargo umum Thi Vai.

Para investor harus melakukan pembayaran lain selain harga tetap, dan pembayaran ini akan berubah setiap tahun, tergantung pada keuntungan sebelum pajak dari investor, menurut administrasi.

Menurut departemen perhubungan, tawaran diadakan untuk memastikan bahwa pelabuhan akan dioperasikan oleh investor dengan kemampuan keuangan yang kuat dan profesional.

Hal ini diharapkan dapat mengurangi monopoli, meningkatkan daya saing dan meningkatkan pelayanan, dan bisa menciptakan terobosan bagi banyak pelabuhan di Vietnam.

Bisnis FDI juga bisa mengambil bagian dalam tender, kata kementerian itu.

Kompleks pelabuhan Cai Mep-Thi Vai dibuka pada akhir Januari setelah empat tahun konstruksi. Proyek, senilai 13 triliun VND (613 juta dolar AS), dibiayai oleh pinjaman Bantuan Pembangunan Resmi Jepang dan modal timbal balik Vietnam.

Terminal Cai Mep terdiri dari dua dermaga 600 meter panjangnya. Ia bisa menangani kapal hingga 100.000 DWT dan memiliki kapasitas tahunan sekitar 700.000 TEU.

Terminal Thi Vai juga memiliki dua dermaga, dan dapat menangani kapal 50.000 ton. Terminal ini memiliki kapasitas 1,6-2.000.000 ton per tahun. (ant/win)

Ultimatum Penuntasan Jual Beli Listrik

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengultimatum PT Pertamina dan PT PLN untuk secepatnya membuat kesepakatan perjanjian jual beli listrik pada sembilan lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) atau proyek geothermal yang sedang dikerjakan Pertamina.

179 Migran Yang Diculik Dibebaskan

Tentara Meksiko telah membebaskan 179 pekerja migran tak berdokumen Amerika Tengah dengan tujuan Amerika Serikat, kata jaksa penuntut umum Rabu.

70 Persen Korban Lakalantas Usia Produktif

PT Jasa Raharja Sulawesi Tengah mengklaim sekitar 70 persen dari korban kecelakaan lalulintas (lakalantas) di daerah itu rata-rata usia produktif sehingga perlu mendapat perhatian serius.

Divre Bulog Salurkan Raskin

Divisi Regional (Divre) Bulog Maluku mulai menyalurkan beras Raskin jatah tahun 2014 bagi masyarakat yang tersebar pada beberapa kecamatan di Seram Bagian Timur (SBT).

Wabah Flu Burung Menyebar Lagi

Korea Utara telah memberitahu Organisasi Dunia untuk Kesehatan Hewan (OIE) bahwa flu burung sedang menyebar di negara itu setelah wabah penyakit itu merebak lagi, kata laporan radio Amerika Serikat Kamis.