Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

NUS Tawarkan Mata Kuliah "Online" Gratis Mulai 2014

nus, universitas nasional singapura, mata kuliah online gratis, coursera, materi kuliah terbuka internet

Posted on 21 Feb 2013. Hits : 374

Universitas Nasional Singapura (NUS) mulai awal 2014 menawarkan sejumlah mata kuliah "online" gratis bekerja sama dengan Coursera, situs penyedia materi kuliah terbuka di internet.

Menurut laporan Straits Times Online yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis, pada tahap awal, universitas terbaik di Asia Tenggara itu menawarkan dua mata kuliah yang dapat diakses publik secara gratis itu.

Kedua mata kuliah itu adalah "Unpredictable? Randomness, Chance and Free Will" (Tak Dapat Diperkirakan? Pengacakan, Peluang dan Pilihan Bebas) dan "Write Like Mozart: An Introduction to Classical Music Composition" (Menulis Seperti Mozart: Pengantar untuk Komposisi Musik Klasik".

Mengutip keterangan NUS, Straits Times menyebutkan kedua mata kuliah yang akan diasuh Profesor Valerio Scarani dari Pusat Kajian Teknologi Kuantum dan Assosiat Profesor Peter Ivan Edwards dari Konservatorium Musik Yong Siew Toh itu akan diberikan selama enam sampai delapan minggu dimana setiap sesinya berlangsung dari satu setengah hingga tiga jam.

Dalam konteks Indonesia, perihal pengembangan sistem pengajaran online telah pun pernah disinggung Wakil Presiden Boediono saat berbicara di Konvensi Kampus Kesembilan dan Temu Tahunan Ke-15 Forum Rektor Indonesia di Semarang 18 Januari lalu.

Saat itu, Wapres Boediono bahkan meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh menyusun cetak biru pengembangan sistem pengajaran online berbahasa Indonesia yang dapat diakses dan dimanfaatkan semua universitas dan para mahasiswanya di Tanah Air dengan biaya minimal. (ant/ed)

PDIP Raih 11 Kursi DPRD Depok

Hasil rapat pleno KPU Kota Depok menyebutkan PDI Perjuangan berhasil meraih suara terbanyak dengan jumlah 165.

LPS : 18 Investor Berminat Beli Bank Mutiara

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memastikan ada 18 investor yang berminat untuk membeli saham PT Bank Mutiara Tbk, hingga batas akhir waktu penerimaan 'Letter of Interest' pada Selasa (22/4).

Empat Kapal Pengawas Perikanan Mutakhir Beroperasi 2015

Empat kapal Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia (SKIPI) dengan spesifikasi dan postur termutakhir yang pernah dimiliki Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP direncanakan beroperasi pada Oktober 2015.

Harga Sembako di Palu Stabil

Harga sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) di pasaran Kota Palu, hingga kini masih cukup stabil pascapemungutan suara Pemilu 9 April 2014, kata juru bicara pemerintah setempat.

Atlet Putra Jambi Masuk Pelatnas Asian Games

Dua atlet putra Jambi dipastikan bergabung masuk ke program Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Cabang Dayung untuk persiapan menghadapi Asian Games di Korea Selatan pada tahun ini.