Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

NUS Tawarkan Mata Kuliah "Online" Gratis Mulai 2014

nus, universitas nasional singapura, mata kuliah online gratis, coursera, materi kuliah terbuka internet

Posted on 21 Feb 2013. Hits : 456

Universitas Nasional Singapura (NUS) mulai awal 2014 menawarkan sejumlah mata kuliah "online" gratis bekerja sama dengan Coursera, situs penyedia materi kuliah terbuka di internet.

Menurut laporan Straits Times Online yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis, pada tahap awal, universitas terbaik di Asia Tenggara itu menawarkan dua mata kuliah yang dapat diakses publik secara gratis itu.

Kedua mata kuliah itu adalah "Unpredictable? Randomness, Chance and Free Will" (Tak Dapat Diperkirakan? Pengacakan, Peluang dan Pilihan Bebas) dan "Write Like Mozart: An Introduction to Classical Music Composition" (Menulis Seperti Mozart: Pengantar untuk Komposisi Musik Klasik".

Mengutip keterangan NUS, Straits Times menyebutkan kedua mata kuliah yang akan diasuh Profesor Valerio Scarani dari Pusat Kajian Teknologi Kuantum dan Assosiat Profesor Peter Ivan Edwards dari Konservatorium Musik Yong Siew Toh itu akan diberikan selama enam sampai delapan minggu dimana setiap sesinya berlangsung dari satu setengah hingga tiga jam.

Dalam konteks Indonesia, perihal pengembangan sistem pengajaran online telah pun pernah disinggung Wakil Presiden Boediono saat berbicara di Konvensi Kampus Kesembilan dan Temu Tahunan Ke-15 Forum Rektor Indonesia di Semarang 18 Januari lalu.

Saat itu, Wapres Boediono bahkan meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh menyusun cetak biru pengembangan sistem pengajaran online berbahasa Indonesia yang dapat diakses dan dimanfaatkan semua universitas dan para mahasiswanya di Tanah Air dengan biaya minimal. (ant/ed)

Medan Pantau Harga Sembako di Pasar

Pemerintah Kota Medan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah Sumatera Utara melakukan peninjauan langsung ke Pusat Pasar guna mengamati dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak terhadap harga kebutuhan bahan pokok.

ASN Terlibat Terorisme Dijatuhi Sanksi Berat

Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat tindak pidana terorisme akan dijatuhi sanksi berat, bisa berupa pemberhentian tidak hormat, kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi.

Menkes: Kesehatan Adalah Hulu Kesejahteraan

Menteri Kesehatan Nila Moeloek menegaskan pentingnya kesehatan sebagai awal dari kesejahteraan masyarakat dan mengimbau masyarakat untuk dapat menjaga kesehatan dengan mengutamakan perilaku promotif-preventif dibandingkan kuratif.

Insa harapkan Pelabuhan Cilamaya Tetap Dibangun

Ketua Umum Asosiasi Pemilik Kapal Nasional Indonesia (Insa) Carmelita Hartoto mengaku optimistis Pelabuhan Cilamaya, Karawang Utara akan tetap dibangun.

Kelangkaan Semen Ganggu Proyek Pembangunan Pemerintah

Kelangkaan semen di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, menyebabkan terhambatnya pengerjaan sejumlah proyek pemerintah seperti pembangunan rumah sakit.