Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

NUS Tawarkan Mata Kuliah "Online" Gratis Mulai 2014

nus, universitas nasional singapura, mata kuliah online gratis, coursera, materi kuliah terbuka internet

Posted on 21 Feb 2013. Hits : 456

Universitas Nasional Singapura (NUS) mulai awal 2014 menawarkan sejumlah mata kuliah "online" gratis bekerja sama dengan Coursera, situs penyedia materi kuliah terbuka di internet.

Menurut laporan Straits Times Online yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis, pada tahap awal, universitas terbaik di Asia Tenggara itu menawarkan dua mata kuliah yang dapat diakses publik secara gratis itu.

Kedua mata kuliah itu adalah "Unpredictable? Randomness, Chance and Free Will" (Tak Dapat Diperkirakan? Pengacakan, Peluang dan Pilihan Bebas) dan "Write Like Mozart: An Introduction to Classical Music Composition" (Menulis Seperti Mozart: Pengantar untuk Komposisi Musik Klasik".

Mengutip keterangan NUS, Straits Times menyebutkan kedua mata kuliah yang akan diasuh Profesor Valerio Scarani dari Pusat Kajian Teknologi Kuantum dan Assosiat Profesor Peter Ivan Edwards dari Konservatorium Musik Yong Siew Toh itu akan diberikan selama enam sampai delapan minggu dimana setiap sesinya berlangsung dari satu setengah hingga tiga jam.

Dalam konteks Indonesia, perihal pengembangan sistem pengajaran online telah pun pernah disinggung Wakil Presiden Boediono saat berbicara di Konvensi Kampus Kesembilan dan Temu Tahunan Ke-15 Forum Rektor Indonesia di Semarang 18 Januari lalu.

Saat itu, Wapres Boediono bahkan meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh menyusun cetak biru pengembangan sistem pengajaran online berbahasa Indonesia yang dapat diakses dan dimanfaatkan semua universitas dan para mahasiswanya di Tanah Air dengan biaya minimal. (ant/ed)

30 Paramedis Hewan Qurban Disiapkan

Kepala Dinas Pertanian Kelautan Perikanan Kota Mataram H Mutawalli mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 30 orang paramedis untuk melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban sebelum dan setelah Idul Adha 1435 Hijriah.

Kemarau Potensi 'Hotspot' Semakin Luas

Musim kemarau di beberapa provinsi mengakibatkan potensi "hotspot" atau titik api semakin meluas, kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho.

Bali Ekspor Barang Antik ke AS

Bali mengekspor barang-barang furniture antik terbanyak ke Amerika Serikat, meskipun persaingan aneka barang perabotan rumah tangga di pasaran antarbangsa cukup ketat.

Dinas PU DKI Bakal Dibagi Dua

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana membagi Dinas Pekerjaan Umum (PU) menjadi dua bagian, yakni Dinas PU Jalan dan Dinas PU Tata Air.

Pemkab Siapkan 10 Hektare TPU

Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua telah menyiapkan lahan seluas 10 hektare untuk areal tempat pemakaman umum (TPU) berlokasi di Kampung Maryendi-Ambroben Sub Distrik Samofa.