Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

NUS Tawarkan Mata Kuliah "Online" Gratis Mulai 2014

nus, universitas nasional singapura, mata kuliah online gratis, coursera, materi kuliah terbuka internet

Posted on 21 Feb 2013. Hits : 456

Universitas Nasional Singapura (NUS) mulai awal 2014 menawarkan sejumlah mata kuliah "online" gratis bekerja sama dengan Coursera, situs penyedia materi kuliah terbuka di internet.

Menurut laporan Straits Times Online yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis, pada tahap awal, universitas terbaik di Asia Tenggara itu menawarkan dua mata kuliah yang dapat diakses publik secara gratis itu.

Kedua mata kuliah itu adalah "Unpredictable? Randomness, Chance and Free Will" (Tak Dapat Diperkirakan? Pengacakan, Peluang dan Pilihan Bebas) dan "Write Like Mozart: An Introduction to Classical Music Composition" (Menulis Seperti Mozart: Pengantar untuk Komposisi Musik Klasik".

Mengutip keterangan NUS, Straits Times menyebutkan kedua mata kuliah yang akan diasuh Profesor Valerio Scarani dari Pusat Kajian Teknologi Kuantum dan Assosiat Profesor Peter Ivan Edwards dari Konservatorium Musik Yong Siew Toh itu akan diberikan selama enam sampai delapan minggu dimana setiap sesinya berlangsung dari satu setengah hingga tiga jam.

Dalam konteks Indonesia, perihal pengembangan sistem pengajaran online telah pun pernah disinggung Wakil Presiden Boediono saat berbicara di Konvensi Kampus Kesembilan dan Temu Tahunan Ke-15 Forum Rektor Indonesia di Semarang 18 Januari lalu.

Saat itu, Wapres Boediono bahkan meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh menyusun cetak biru pengembangan sistem pengajaran online berbahasa Indonesia yang dapat diakses dan dimanfaatkan semua universitas dan para mahasiswanya di Tanah Air dengan biaya minimal. (ant/ed)

Menkominfo Minta Pemprov Maluku Segera Kelola DAU

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku segera mengelola Dana Alokasi Umum (DAU) yang disediakan pemerintah pusat melalui program-program yang bisa dirasakan oleh masyarakat setempat.

Menkominfo Beri Alat Redam Suara Untuk Paparisa

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara berjanji akan memberi bantuan alat pelengkap peredam suara, acoustic wall untuk melengkapi studio musik di Paparisa Ambon Bergerak yang merupakan rumah bersama berbagai komunitas kreatif di Kota Ambon.

Panwaslu Meminta KPU Ternate Proaktif

Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), meminta kepada KPU Kota Ternate agar proaktif dan dapat mendorong verifikasi tingkat PPS yang saat ini dalam tahapan verifikasi.

Pengurus RW Bekasi Protes Sistem Jalur Lokal

Sejumlah pengurus Rukun Warga di Kota Bekasi, Jawa Barat, memprotes sistem jalur lokal pada Penerimaan Peserta Didik Baru Online 2015 yang dirasa tidak efektif mengakomodasi kepentingan warga sekitar.

BMKG : Angin Kencang Di Wilayah Perbatasan Maluku

Angin kencang dengan kecepatan mencapai 45 KM/jam berhembus di empat wilayah perbatasan Provinsi Maluku pada beberapa hari ke depan.