Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kerjasama Selatan-Selatan Antara RI dan India

kerjasama, internasional, republik indonesia, india

Posted on 04 Mar 2013. Hits : 371

Kedutaan Besar India di Jakarta menyelenggarakan Hari Kerja Sama Ekonomi Teknik India sebagai bagian dari upaya memperkuat kerja sama Selatan-Selatan India dengan Indonesia.

Demikian siaran pers dari Kedutaan Besar India di Jakarta yang diterima Redaksi www.ciputranews.com, Senin. ITEC Day yang diselenggarakan di Kedubes India Jakarta pada Jumat, 1 Maret 2013, dihadiri antara lain Utusan Khusus Presiden untuk Penanggulangan Kemiskinan H.S. Dillon, para duta besar dan sejumlah peserta pelatihan ITEC.

Duta Besar Gurjit Singh menyampaikan program ITEC yang diprakarsai 1964 dan sebanyak 300 program berjangka pendek seperti pelatihan bahasa Inggris, IT, pertanian, perbankan, pengembangan pedesaan dan jurnalistik diadakan dengan melibatkan 200 institut.

Menurut dia, Program ITEC merupakan salah satu prakarsa utama India untuk meningkatkan pembangunan kapasitas dan menunjukkan minat India untuk berbagi dengan negara-negara lain sebagai bagian dari kerja sama selatan-Selatan.

Khusus kerja sama dengan Indonesia, Dubes Singh mengatakan Program ITEC telah berhasil melatih lebih 1.500 warga Indonesia di berbagai sektor termasuk sipil dan pertahanan sejak program itu disetujui pada 1994 dan kini lebih 100 peluang disediakan bagi Indonesia terisi tiap tahun.

Ia juga menyebutkan dua pusat pelatihan vokasional di sektor konstruksi yang dibangun dalam kerangka kerja sama patungan dengan Indonesia berjalan di jakarta dan Banda Aceh.

Dalam sambutannya H.S. Dillon mengatakan program ITEC memberikan sumbangsih besar dalam melatih orang-orang Indonesia dan memberi mereka kesempatan menguasai teknologi India.

Menurut dia, India merupakan contoh bagus dari suatu bangsa yang mengarungi gelombang globalisasi guna memperoleh manfaat sebesar-besarnya bagi rakyatnya.

Orang-orang Indonesia hendaknya dapat memanfaatkan peluang yang disediakan Pemerintah India dengan menguasai ketrampilan teknologi dan kewiraswataan, katanya.

Sekembalinya dari mengikuti pelatihan tersebut, kata Dillon, mereka dapat menyediakan jasa bernilai tambah bagi pembangunan Indonesia di segala bidang.

Dia juga mengimbau lulusan Program ITEC untuk membentuk wadah yang memungkinkan mereka dapat beriteraksi dan memberikan saran kepada calon-calon peserta. dengan demikian mereka memainkan peran memperkuat kimitraan strategis antara India dan Indonesia. (bn)

Kehati Tanam 290 Ribu Mangrove Untuk Penghijauan

Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) menanam 290 ribu batang tumbuhan mangrove dalam dua tahun dari yang ditargetkan sebanyak 200 ribu batang sebagai langkah penghijauan di wilayah pesisir Indonesia.

Akom Lakukan Pertemuan Dengan Dpd Golkar Kalsel

Ketua DPR RI Ade Komarudin melakukan pertemuan dengan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I dan II Partai Golkar Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat malam.

Pengamat: Revisi Aturan Dni Melenceng Dari Nawacita

Pengamat Ekonomi Universitas Sam Ratulangi Manado Agus T Poputra mengatakan revisi aturan daftar investasi negatif (DIN) dinilai kebablasan dan akan melukai nasionalisme dan melenceng dari Nawacita.

Dalam Negeri Kuasai Bongkar Barang Pelabuhan Sulut

Pelayaran dalam negeri masih menguasai kegiatan bongkar barangdi sebagian besar pelabuhan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Korban Salah Tangkap Minta Namanya Dipulihkan

Seorang warga bernama Lucky Achadi meminta kepada Kepolisian Resor Pekanbaru, Provinsi Riau, memulihkan nama baiknya karena telah menjadi korban salah tangkap saat aparat menangani kasus narkoba.