Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kerjasama Selatan-Selatan Antara RI dan India

kerjasama, internasional, republik indonesia, india

Posted on 04 Mar 2013. Hits : 317

Kedutaan Besar India di Jakarta menyelenggarakan Hari Kerja Sama Ekonomi Teknik India sebagai bagian dari upaya memperkuat kerja sama Selatan-Selatan India dengan Indonesia.

Demikian siaran pers dari Kedutaan Besar India di Jakarta yang diterima Redaksi www.ciputranews.com, Senin. ITEC Day yang diselenggarakan di Kedubes India Jakarta pada Jumat, 1 Maret 2013, dihadiri antara lain Utusan Khusus Presiden untuk Penanggulangan Kemiskinan H.S. Dillon, para duta besar dan sejumlah peserta pelatihan ITEC.

Duta Besar Gurjit Singh menyampaikan program ITEC yang diprakarsai 1964 dan sebanyak 300 program berjangka pendek seperti pelatihan bahasa Inggris, IT, pertanian, perbankan, pengembangan pedesaan dan jurnalistik diadakan dengan melibatkan 200 institut.

Menurut dia, Program ITEC merupakan salah satu prakarsa utama India untuk meningkatkan pembangunan kapasitas dan menunjukkan minat India untuk berbagi dengan negara-negara lain sebagai bagian dari kerja sama selatan-Selatan.

Khusus kerja sama dengan Indonesia, Dubes Singh mengatakan Program ITEC telah berhasil melatih lebih 1.500 warga Indonesia di berbagai sektor termasuk sipil dan pertahanan sejak program itu disetujui pada 1994 dan kini lebih 100 peluang disediakan bagi Indonesia terisi tiap tahun.

Ia juga menyebutkan dua pusat pelatihan vokasional di sektor konstruksi yang dibangun dalam kerangka kerja sama patungan dengan Indonesia berjalan di jakarta dan Banda Aceh.

Dalam sambutannya H.S. Dillon mengatakan program ITEC memberikan sumbangsih besar dalam melatih orang-orang Indonesia dan memberi mereka kesempatan menguasai teknologi India.

Menurut dia, India merupakan contoh bagus dari suatu bangsa yang mengarungi gelombang globalisasi guna memperoleh manfaat sebesar-besarnya bagi rakyatnya.

Orang-orang Indonesia hendaknya dapat memanfaatkan peluang yang disediakan Pemerintah India dengan menguasai ketrampilan teknologi dan kewiraswataan, katanya.

Sekembalinya dari mengikuti pelatihan tersebut, kata Dillon, mereka dapat menyediakan jasa bernilai tambah bagi pembangunan Indonesia di segala bidang.

Dia juga mengimbau lulusan Program ITEC untuk membentuk wadah yang memungkinkan mereka dapat beriteraksi dan memberikan saran kepada calon-calon peserta. dengan demikian mereka memainkan peran memperkuat kimitraan strategis antara India dan Indonesia. (bn)

Produksi Padi Petani Sidorejo Menurun Akibat Wereng

Produksi padi petani di Desa Sidorejo, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menurun, karena gabah yang dihasilkan tidak berisi akibat serangan hama wereng dan tikus yang berdampak pada kerusakan tanaman padi.

Unjuk Rasa Anti Piala Dunia Berlanjut

Seratusan orang berpawai di jalan-jalan kota Sao Paulo, Selasa (Rabu WIB), yang merupakan lanjutan dari serangkaian unjuk rasa skala kecil untuk memprotes penyelenggaraan Piala Dunia di Brazil tahun ini.

Audisi Gita Bahana Nusantara

Dinas Pariwisata, Kebudayaan Komunikasi dan Informasi (Disbudparkominfo) Samarinda, Kalimantan Timur, menggelar audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) yang akan mewakili daerah itu untuk berlaga di tingkat provinsi.

Persisko Jambi Hadapi Terkendala Finansial

Kegagalan Persisko Jambi memetik kemenangan perdananya sebagai tuan rumah Divisi Utama Liga Indonesia 2014, karena masih adanya kendala finansial yang menjadi beban pemain.

Chevrolet Spin Activ Dibanderol Rp203 Juta

Varian tertinggi Multi Purpose Vehicle (MPV) Chevrolet Spin yakni Spin Activ dijual dengan harga Rp203 juta/unit.