Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kerjasama Selatan-Selatan Antara RI dan India

kerjasama, internasional, republik indonesia, india

Posted on 04 Mar 2013. Hits : 371

Kedutaan Besar India di Jakarta menyelenggarakan Hari Kerja Sama Ekonomi Teknik India sebagai bagian dari upaya memperkuat kerja sama Selatan-Selatan India dengan Indonesia.

Demikian siaran pers dari Kedutaan Besar India di Jakarta yang diterima Redaksi www.ciputranews.com, Senin. ITEC Day yang diselenggarakan di Kedubes India Jakarta pada Jumat, 1 Maret 2013, dihadiri antara lain Utusan Khusus Presiden untuk Penanggulangan Kemiskinan H.S. Dillon, para duta besar dan sejumlah peserta pelatihan ITEC.

Duta Besar Gurjit Singh menyampaikan program ITEC yang diprakarsai 1964 dan sebanyak 300 program berjangka pendek seperti pelatihan bahasa Inggris, IT, pertanian, perbankan, pengembangan pedesaan dan jurnalistik diadakan dengan melibatkan 200 institut.

Menurut dia, Program ITEC merupakan salah satu prakarsa utama India untuk meningkatkan pembangunan kapasitas dan menunjukkan minat India untuk berbagi dengan negara-negara lain sebagai bagian dari kerja sama selatan-Selatan.

Khusus kerja sama dengan Indonesia, Dubes Singh mengatakan Program ITEC telah berhasil melatih lebih 1.500 warga Indonesia di berbagai sektor termasuk sipil dan pertahanan sejak program itu disetujui pada 1994 dan kini lebih 100 peluang disediakan bagi Indonesia terisi tiap tahun.

Ia juga menyebutkan dua pusat pelatihan vokasional di sektor konstruksi yang dibangun dalam kerangka kerja sama patungan dengan Indonesia berjalan di jakarta dan Banda Aceh.

Dalam sambutannya H.S. Dillon mengatakan program ITEC memberikan sumbangsih besar dalam melatih orang-orang Indonesia dan memberi mereka kesempatan menguasai teknologi India.

Menurut dia, India merupakan contoh bagus dari suatu bangsa yang mengarungi gelombang globalisasi guna memperoleh manfaat sebesar-besarnya bagi rakyatnya.

Orang-orang Indonesia hendaknya dapat memanfaatkan peluang yang disediakan Pemerintah India dengan menguasai ketrampilan teknologi dan kewiraswataan, katanya.

Sekembalinya dari mengikuti pelatihan tersebut, kata Dillon, mereka dapat menyediakan jasa bernilai tambah bagi pembangunan Indonesia di segala bidang.

Dia juga mengimbau lulusan Program ITEC untuk membentuk wadah yang memungkinkan mereka dapat beriteraksi dan memberikan saran kepada calon-calon peserta. dengan demikian mereka memainkan peran memperkuat kimitraan strategis antara India dan Indonesia. (bn)

Warga Solok Selatan Pasar Pabukoan Diawasi

Sejumlah warga Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, berharap pemerintah setempat mengawasi penganan berbuka puasa yang diperjualbelikan pedagang karena ada yang tidak layak konsumsi.

Tentara Asal Ngawi Jadi Korban Jatuhnya Hercules

Seorang anggota TNI asal Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, juga ikut menjadi korban kecelakaan pesawat Hercules C-130 milik TNI AU di Medan, Sumatra Utara, Selasa (30/6).

Perusahaan Terkena Moratorium Diminta Tidak Keluar Maluku

Pemerintah Provinsi Maluku meminta empat perusahaan perikanan yang beroperasi di provinsi tersebut dan terkena imbas pemberlakuan moratorium oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk tidak tinggalkan daerah itu.

Kementerian Koperasi /UMKM Sosialisasikan Izin Usaha Mikro Gratis

Kementerian Koperasi dan UMKM menggandeng pemerintah kabupaten/kota untuk mensosialisasikan Perpres Nomor 28 tahun 2015 terkait pemberian izin usaha mikro gratis di tingkat kecamatan.

Pemkab Natuna Biayai Keluarga Korban Tragedi Hercules

Pemerintah Kabupaten Natuna Kepulauan Riau membiayai keberangkatan 68 orang keluarga korban tragedi pesawat Hercules C-130 ke Medan, Sumatera Utara untuk mempermudah identifikasi korban.