Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kerjasama Selatan-Selatan Antara RI dan India

kerjasama, internasional, republik indonesia, india

Posted on 04 Mar 2013. Hits : 371

Kedutaan Besar India di Jakarta menyelenggarakan Hari Kerja Sama Ekonomi Teknik India sebagai bagian dari upaya memperkuat kerja sama Selatan-Selatan India dengan Indonesia.

Demikian siaran pers dari Kedutaan Besar India di Jakarta yang diterima Redaksi www.ciputranews.com, Senin. ITEC Day yang diselenggarakan di Kedubes India Jakarta pada Jumat, 1 Maret 2013, dihadiri antara lain Utusan Khusus Presiden untuk Penanggulangan Kemiskinan H.S. Dillon, para duta besar dan sejumlah peserta pelatihan ITEC.

Duta Besar Gurjit Singh menyampaikan program ITEC yang diprakarsai 1964 dan sebanyak 300 program berjangka pendek seperti pelatihan bahasa Inggris, IT, pertanian, perbankan, pengembangan pedesaan dan jurnalistik diadakan dengan melibatkan 200 institut.

Menurut dia, Program ITEC merupakan salah satu prakarsa utama India untuk meningkatkan pembangunan kapasitas dan menunjukkan minat India untuk berbagi dengan negara-negara lain sebagai bagian dari kerja sama selatan-Selatan.

Khusus kerja sama dengan Indonesia, Dubes Singh mengatakan Program ITEC telah berhasil melatih lebih 1.500 warga Indonesia di berbagai sektor termasuk sipil dan pertahanan sejak program itu disetujui pada 1994 dan kini lebih 100 peluang disediakan bagi Indonesia terisi tiap tahun.

Ia juga menyebutkan dua pusat pelatihan vokasional di sektor konstruksi yang dibangun dalam kerangka kerja sama patungan dengan Indonesia berjalan di jakarta dan Banda Aceh.

Dalam sambutannya H.S. Dillon mengatakan program ITEC memberikan sumbangsih besar dalam melatih orang-orang Indonesia dan memberi mereka kesempatan menguasai teknologi India.

Menurut dia, India merupakan contoh bagus dari suatu bangsa yang mengarungi gelombang globalisasi guna memperoleh manfaat sebesar-besarnya bagi rakyatnya.

Orang-orang Indonesia hendaknya dapat memanfaatkan peluang yang disediakan Pemerintah India dengan menguasai ketrampilan teknologi dan kewiraswataan, katanya.

Sekembalinya dari mengikuti pelatihan tersebut, kata Dillon, mereka dapat menyediakan jasa bernilai tambah bagi pembangunan Indonesia di segala bidang.

Dia juga mengimbau lulusan Program ITEC untuk membentuk wadah yang memungkinkan mereka dapat beriteraksi dan memberikan saran kepada calon-calon peserta. dengan demikian mereka memainkan peran memperkuat kimitraan strategis antara India dan Indonesia. (bn)

MPR RI Akui Dwi Kewarganegaraan Jadi Perhatian

Masalah Dwi Kewarganegaraan (DW) menjadi agenda pembicaraan anggota Dewan selain perlindungan terhadap pekerja migran yang juga menjadi perhatian.

Indonesia Panen Emas Di World Folk Di Bulgaria

Tim Kesenian Indonesia yang diwakili Grup tari Gita Gantari Khatulistiwa (GGK) Jakarta dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Tari Universitas Hassanuddin menorehkan prestasi membanggakan di World Championship of Folklore 'World Folk 2014' di Bulgaria yang berlangsung 22 hingga 30 Agustus lalu.

Presiden : Pemerintah Tak Akan Naikkan Harga BBM

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan pemerintahannya tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi karena dinilai akan menambah beban masyarakat setelah pada 2013 telah menaikkan harga BBM dan pada 2014 secara bertahap menaikkan tarif dasar listrik.

Joao Miranda Dan Mario Mandzukic Bawa Atletico Raih Kemenangan

Joao Miranda dan Mario Mandzukic memimpin Atletico Madrid untuk menang 2-1 atas tamunya di Liga Spanyol pada Sabtu (Minggu WIB), ketika tim tamu Eibar tidak mampu mengatasi serangan udara milik sang juara bertahan.

AS Monaco Ditahan Lille Saat Falcao Absen

Dengan absennya Radamel Falcao dari tim mereka, AS Monaco meneruskan start tidak meyakinkan mereka di Liga Prancis musim ini pada Sabtu ketika mereka bermain imbang 1-1 dengan Lille di Stade Louis II.